everpro

Fantastis! 5 Affiliate Marketing Indonesia Bikin Sukses Tanpa Modal

Kini banyak beragam bisnis yang bisa di lakukan salah satunya yaitu menjadi affiliate marketing Indonesia. Affiliate marketing telah menjadi salah satu pilihan usaha masa kini yang semakin populer karena banyak keuntungan yang di tawarkan.

Dengan menggeluti usaha ini, Anda bisa meraih banyak keuntungan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Yuk simak info selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Harus Tahu! Affiliate Indonesia: Keuntungan dan Cara Memulainya

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah sebuah strategi pemasaran di mana seorang affiliate (afiliasi) mempromosikan produk atau layanan dari seorang merchant (pedagang) kepada konsumen. Affiliate akan memperoleh komisi dari setiap penjualan yang di lakukan melalui tautan atau link yang di promosikan.

Pertumbuhan Affiliate Marketing di Indonesia

Affiliate marketing telah mengalami pertumbuhan pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini terjadi karena semakin banyaknya pengguna internet dan peningkatan minat masyarakat Indonesia dalam berbelanja online.

Menurut data dari iPrice Group, pada tahun 2020, sekitar 80% dari total penjualan e-commerce di Indonesia berasal dari program afiliasi. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran affiliate marketing dalam dunia bisnis online di Indonesia.

Selain itu, semakin banyaknya platform afiliasi yang tersedia juga membuat affiliate marketing semakin mudah di akses oleh masyarakat umum.

Konsep dasar affiliate marketing

Konsep dasar affiliate marketing melibatkan tiga pihak yaitu merchant, affiliate, dan konsumen. Berikut ini adalah penjelasan lebih detail tentang masing-masing pihak dalam affiliate marketing:

Merchant (Pedagang)

Arti dari Merchant atau pedagang adalah pemilik produk atau layanan yang ingin di promosikan. Merchant akan membayar komisi kepada affiliate setiap kali ada penjualan atau tindakan tertentu yang di lakukan oleh konsumen melalui tautan atau link yang di promosikan oleh affiliate.

Affiliate (Afiliasi)

Kalau ingin mencari tahu, arti dari Affiliate atau afiliasi adalah pihak yang mempromosikan produk atau layanan dari merchant dengan tujuan untuk memperoleh komisi. Affiliate bisa berupa blogger, vlogger, influencer, atau website yang memiliki traffic atau pengunjung yang tinggi.

Konsumen

Definisi konsumen adalah pihak yang melakukan pembelian produk atau layanan melalui tautan atau link yang di promosikan oleh affiliate. Konsumen bisa berasal dari berbagai negara di seluruh dunia.

Keuntungan dari affiliate marketing adalah bahwa merchant dapat memperluas jangkauan pasar dengan biaya pemasaran yang lebih rendah, sementara affiliate dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan mempromosikan produk atau layanan yang relevan dengan audience mereka.

Konsumen juga dapat memperoleh manfaat dari affiliate marketing karena mereka dapat menemukan produk atau layanan yang relevan dengan kebutuhan dan minat mereka melalui tautan atau link yang di promosikan oleh affiliate.

Keuntungan affiliate marketing bagi merchant di Indonesia adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Penjualan dan Popularitas Brand

Melalui affiliate marketing, merchant dapat memperluas jangkauan pasar mereka dengan biaya pemasaran yang lebih rendah. Affiliate yang di pilih oleh merchant biasanya memiliki audience atau pengunjung yang relevan dengan produk atau layanan yang di promosikan.

Dengan demikian, merchant dapat memperoleh lebih banyak peluang untuk menjangkau konsumen potensial yang mungkin tidak akan di temukan melalui saluran pemasaran tradisional. Selain itu, setiap penjualan yang di lakukan melalui affiliate akan meningkatkan penjualan produk atau layanan dari merchant, sehingga membantu meningkatkan popularitas brand mereka.

Mengurangi Biaya Pemasaran

Salah satu keuntungan utama dari affiliate marketing adalah biaya pemasaran yang lebih rendah di bandingkan dengan saluran pemasaran tradisional.

Merchant hanya perlu membayar komisi kepada affiliate setiap kali terjadi penjualan atau tindakan tertentu yang di lakukan oleh konsumen melalui tautan atau link yang dipromosikan oleh affiliate. Dengan demikian, merchant dapat menghemat biaya pemasaran yang biasanya di keluarkan untuk iklan, promosi, atau pemasaran lainnya.

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Dengan semakin banyaknya affiliate yang tersedia, merchant dapat menjangkau pasar yang lebih luas secara online. Affiliate dapat mempromosikan produk atau layanan dari merchant kepada audience mereka yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh merchant sebelumnya.

Dengan demikian, merchant dapat memperoleh lebih banyak peluang untuk menjangkau konsumen potensial dari berbagai wilayah atau negara yang mungkin sulit dijangkau dengan saluran pemasaran tradisional.

Program Affiliate di Indonesia

Program affiliate di Indonesia bervariasi tergantung pada merchant yang menawarkannya. Beberapa program affiliate yang tersedia di Indonesia antara lain:

1. Program Affiliate Network

Program Affiliate Network adalah platform yang menyediakan program afiliasi dari berbagai merchant. Affiliate dapat bergabung ke dalam platform tersebut dan memilih program afiliasi yang sesuai dengan audience mereka.

Beberapa contoh program afiliasi network yang tersedia di Indonesia antara lain Admitad, CJ Affiliate, dan Rakuten Marketing.

2. Program In-House Affiliate

Program In-House Affiliate adalah program afiliasi yang di selenggarakan oleh merchant secara langsung tanpa melalui platform pihak ketiga. Merchant akan memberikan tautan atau link khusus kepada affiliate yang di pilihnya. Biasanya program ini ditujukan untuk mempromosikan produk atau layanan dari merchant yang sudah dikenal luas oleh masyarakat.

Beberapa contoh merchant yang memiliki program In-House Affiliate di Indonesia antara lain Bukalapak, Lazada, dan Tokopedia.

3. Program Affiliate Blogger/Vlogger

Program Affiliate Blogger/Vlogger adalah program afiliasi yang ditujukan untuk blogger atau vlogger yang memiliki traffic atau pengunjung yang tinggi di situs web atau media sosial mereka.

Affiliate akan mempromosikan produk atau layanan dari merchant melalui konten yang dibuatnya dan akan mendapatkan komisi setiap kali terjadi penjualan atau tindakan tertentu yang dilakukan oleh konsumen melalui tautan atau link yang dipromosikan.

Beberapa contoh merchant yang memiliki program Affiliate Blogger/Vlogger di Indonesia antara lain Shopee dan Zalora.

Program affiliate di Indonesia ini memiliki keuntungan bagi affiliate dan merchant. Affiliate dapat memperoleh penghasilan tambahan, sedangkan merchant dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan produk atau layanan mereka.

Baca juga: Affiliate Adalah, Cara Kerja, dan 7 Strateginya yang Worth It Dicoba

5 Contoh Program Affiliate Marketing Indonesia

Beberapa contoh program afiliasi atau affiliate marketing di Indonesia yang terkenal antara lain:

Lazada Affiliate

Lazada Affiliate merupakan program afiliasi dari Lazada, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.

affiliate marketing indonesia
Sumber: Pexels.com

Affiliate dapat bergabung ke dalam program ini dan mempromosikan produk yang dijual oleh Lazada melalui tautan atau link yang diberikan. Setiap kali terjadi penjualan melalui tautan atau link tersebut, affiliate akan mendapatkan komisi.

affiliate marketing indonesia
Sumber: Pexels.com

Tokopedia Affiliate

Tokopedia Affiliate adalah program afiliasi dari Tokopedia, e-commerce yang juga sangat populer di Indonesia. Affiliate dapat mempromosikan produk yang dijual oleh Tokopedia melalui tautan atau link khusus. Setiap kali terjadi penjualan melalui tautan atau link tersebut, affiliate akan mendapatkan komisi.

Nilai komisi maksimal Rp50.000 untuk setiap kategori per penjualan. Tokopedia dapat mengubah persentase & nominal komisi sewaktu-waktu.

Tokopedia akan memberikan komisi sebesar Rp50 untuk setiap kunjungan terverifikasi, dan akan masuk ke Saldo Affiliate kamu 1 hari setelah kunjungan dihitung.

Kunjungan terverifikasi adalah kunjungan yang sah berdasarkan syarat dan ketentuan Tokopedia Affiliate (bukan bot, spam, atau kunjungan yang tidak wajar).

Komisi yang sah

Kunjungan dari pengguna yang sudah login akun Tokopedia.

Komisi yang tidak sah

Kunjungan dari pengguna yang belum login, bot, atau kunjungan lain yang melanggar syarat dan ketentuan.

Komisi Menarik

Dapatkan komisi hingga 10% maksimal Rp50.000 per penjualan dan Rp50 untuk setiap kunjungan terverifikasi dari link yang kamu bagikan.
Komisi (%)Kategori

10% untukEverproMakanan & Minuman sertaEverproKecantikan

8% untuk EverproFashion danEverproRumah Tangga

5% untuk EverproKesehatan danEverproIbu & Bayi sertaEverproHandphone & Gadget

3% untuk EverproOlahraga,EverproHobi dan EverproElektronik

2% untuk EverproLainnya

1% untuk EverproOtomotif

*Lainnya adalah kategori-kategori yang tidak tertera di atas.

Komisi Ekstra

Tambahan komisi hingga 20% dari Toko pilihan tanpa maksimum komisi per penjualan.

Mudah tarik komisi

Minimal Rp10.000, kapan pun dari aplikasi

Syarat mudah

Kamu cukup jadi pengguna Tokopedia yang aktif di sosial media berapa pun jumlah followers-mu

Akses ke Akademi Kreator Tokopedia

Bisa asah skill gratis dan perluas koneksi

Promosikan jutaan produk

Bisa pilih produk dari Official Store & Power Merchant

Laporan real-time

Akurat dan transparan yang bisa kamu pantau dari HP

Shopee Affiliate

Shopee Affiliate adalah program afiliasi dari Shopee, e-commerce yang berkembang pesat di Indonesia. Affiliate dapat bergabung ke dalam program ini dan mempromosikan produk yang di jual oleh Shopee melalui tautan atau link khusus.

affiliate marketing indonesia
Sumber: Pexels.com

Setiap kali terjadi penjualan melalui tautan atau link tersebut, affiliate akan mendapatkan komisi.

affiliate marketing indonesia
Sumber: Pexels.com

Traveloka Affiliate

Traveloka Affiliate adalah program afiliasi dari Traveloka, platform booking tiket pesawat, hotel, dan paket liburan yang terkenal di Indonesia. Affiliate dapat mempromosikan produk yang di jual oleh Traveloka melalui tautan atau link khusus.

affiliate marketing indonesia
Sumber: Pexels.com

Setiap kali terjadi transaksi melalui tautan atau link tersebut, affiliate akan mendapatkan komisi.

Bukalapak Affiliate

Bukalapak Affiliate adalah program afiliasi dari Bukalapak, e-commerce yang juga sangat populer di Indonesia. Affiliate dapat bergabung ke dalam program ini dan mempromosikan produk yang dijual oleh Bukalapak melalui tautan atau link khusus.

Setiap kali terjadi penjualan melalui tautan atau link tersebut, affiliate akan mendapatkan komisi.

affiliate marketing indonesia
Sumber: Pexels.com

Syarat & Ketentuan

1. Komisi di berikan setiap 30 hari dan jumlah pengguna baru akan di reset menjadi 0 (tidak diakumulasikan).

2. Komisi Afiliasi hanya di berikan saat pengguna baru memasukkan Kode Referral.

3. Komisi Transaksi di dapat saat pengguna baru melakukan transaksi.

4. Jika jumlah pengguna baru yang di dapat di bawah 100, maka tidak akan mendapat komisi.

5. Program ini tidak dapat di gabung dengan Program Ajak Kerabat jadi Mitra.

6. Tim Mitra Bukalapak akan melakukan proses kurasi dan peserta program yang lolos kurasi akan di hubungi terlebih dahulu.

7. Jika Mitra memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait dengan program ini, silakan hubungi Buka Bantuan Mitra.

Demikian pembahasan mengenai affiliate marketing indonesia kali ini. Ingin mencoba menjadi Affiliator?

Yuk coba buat iklan semenarik mungkin agar Anda bisa menjadi Affiliate Marketing yang di minati penjualannya dengan mengoptimalkan iklan dengan menggunakan layanan dari Everpro pada Google Ads Account.

GOOGLE ADS WHITELISTED

Optimalkan performa iklan Google secara mudah, cepat, dan aman dengan akses Ads Account bersama Everpro dan dapatkan kenyamanan berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Tunggu apalagi? Ayo buat iklan bisnis affiliatemu segera!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya