everpro

Kenali Akuntansi Manajemen Sejak Dini, Pasti Bermanfaat!

akuntansi manajemen

Semua perusahaan di dunia bisa berjalan dengan baik jika memiliki akuntansi manajemen yang baik di dalamnya.

Akuntansi manajemen adalah jantungnya perusahaan.

Jika terkoordinasi dengan baik maka perusahaan tersebut akan berjalan dengan lancar.

Namun sebaliknya jika tidak bisa mengelola dengan baik maka bersiaplah perusahaan tersebut akan mengalami kekacauan dari segala sisi manajemennya.

Lantas akuntasi manajemen yang sebenarnya itu seperti apa, cari tahu yuk !

Berikut beberapa penjelasan mengenai akuntasi manajemen :

Baca juga : 6 Aplikasi Manajemen Marketplace Gratis dan Mudah

Definisi : Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

akuntansi manajemen
Sumber : Pexels.com

Apa yang di maksud dengan Akuntansi Manajemen?

Akuntansi dalam manajemen adalah salah satu dasar dalam pengambilan keputusan yang memiliki informasi mengenai keuangan dan sumber daya yang di gunakan dalam perusahaan.

Sehingga sebagai penentu setiap keputusan agar tidak salah langkah dalam menentukan masa depan perusahaan.

Everpro

Yuk ketahui definisi terlengkap dari beberapa tokoh mengenai Akuntansi Manajemen dibawah ini :

  • Abdul Halim dan Bambang Supomo

Menurut mereka, ini adalah Kegiatan yang memberikan informasi kepada manajemen berupa keuangan untuk pengambilan keputusan ekonomi dalam pelaksanaan fungsi manajerial.

  • Charles T. Horngren

Menurut Charles T. Horngren, seorang ahli akuntansi Amerika yaitu proses mengidentifikasi, menyiapkan, mengukur, mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan, dan mengkomunikasikan informasi yang dapat membantu eksekutif mencapai tujuan organisasi sehingga tepat sasaran.

Fungsi Akuntansi Manajemen

Setelah anda mengetahui definisi dari beberapa tokoh diatas, ternyata betapa pentingnya hal itu berada dalam sebuah perusahaan.

Untuk itu anda harus tahu apa saja fungsinya bagi perusahaan, agar anda dapat memanfaatkannya sebaik mungkin, berikut penjelasannya :

1. Sumber Data Utama yang Akurat

Memiliki informasi yang sangat lengkap dan akurat sehingga tidak akan di miliki oleh divisi lain, sehingga menjadi sumber data utama di perusahaan.

Maka dengan kata lain berfungsi sebagai sumber data utama yang sangat penting untuk membantu orang-orang di bidang manajemen dalam hal memprediksi pertumbuhan bisnis.

Hal ini sangat di perlukan untuk membuat langkah-langkah yang tepat dalam pengembangan perusahaan.

2. Media Komunikasi Antar Struktur Perusahaan

Semua perusahaan pastilah memiliki berbagai struktur perusahaan di berbagai bidangnya masing-masing.

Ssemua bidang dapat saling berhubungan karena sesuai dengan jobdesk yang harus di kerjakan.

Misalkan bidang yang bertanggung jawab di bagian HRD pasti akan menghubungi Finance untuk mengkonfirmasi terkait gaji karyawannya.

Hal ini membuktikan bahwa proses yang dilakukan  HRD adalah proses akuntansi manajemen yang sedang menyiapkan keuangan untuk memenuhi kebutuhan  para pekerja di perusahaannya.

Selain itu dapat di gunakan juga untuk membangun komunikasi antara Manajemen tingkat atas, tengah dan bawah.

3. Memfasilitasi Tujuan Perusahaan

Dengan memiliki sumber data yang akurat, akuntansi manajemen ini dapat menuntun semua para penentu keputusan untuk melangkah dengan tepat.

Semua perencanaan bisa di prediksi sesuai data, dan ini sangat penting dalam implementasi ke depannya.

Baca juga :  Aktuaria Adalah: Penjelasan Arti, Fungsi, Hingga Tugasnya

Hal yang Membedakan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

akuntansi manajemen
Sumber : Pexels.com
  • Tujuan

Dari segi tujuan kedua hal ini sangatlah berbeda.

Tujuan akuntansi keuangan yaitu menghasilkan laporan yang dapat mendeskripsikan kondisi perkembangan perusahaan di setiap periodenya.

Sedangkan tujuan akuntansi dalam manajemen membuat laporan spesifik dan detail terkait keuangan dan sumber daya bisnis, mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang muncul di organisasi.

  • Laporan

Laporan yang di buat oleh akuntansi keuangan biasanya berupa informasi keuangan perusahaan bagi karyawan atau pihak lain di luar perusahaan.

Jadi tidak ada kaitannya untuk mengambil keputusan tentang perusahaan.

Sedangkan pelaporan akuntansi dalam manajemen berupa laporan mengenai informasi keuangan bagi keperluan internal perusahaan seperti para karyawan. Manajer. Sales, administrasi dan lain-lain.

  • Fokus Informasi

Informasi yang di fokuskan dalam akuntansi keuangan adalah berupa kumpulan informasi keuangan setiap tahunnya di perusahaan sebagai bentuk pertanggung jawaban pengelolaan dana.

Kalau akuntansi manajemen sendiri lebih fokus informasi terhadap orientasi rencana dan penyelesaian berbagai permasalahan yang terjadi di perusahaan agar produktif, efektif, efesien dan sesuai dengan tujuan awal.

  • Rentang Waktu

Akuntansi keuangan menghasilkan laporan keuangan yang kurang fleksibel yang hanya mencakup periode waktu tertentu, seperti hanya setahun, setengah tahun atau sebulan.

Sedangkan laporan akuntansi manajemen memiliki jangka waktu yang jauh lebih fleksibel, seperti harian atau mingguan, dibandingkan dengan akuntansi keuangan.

  • Sifat Informasi

Akuntansi keuangan memiliki sifat informasi yang ketepatannya begitu tinggi, objektif dan harus sesuai dengan kenyataan, sehingga dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya.

Sehingga perlu menggunakan pihak ketiga untuk bisa membuat laporan yang independen.

Sementara itu, sifat informasi dalam akuntansi manajemen sangat di perlukan disiplin ilmu yaitu ilmu manajemen.

Hal ini di karenakan hasil dari laporan akhir manajemen bersifat tertutup dan tidak dipublikasikan kepada pihak di luar manajemen perusahaan.

Sehingga harus mampu mendukung manajemen dalam pengambilan keputusan, baik dalam merencanakan keputusan maupun dalam pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Jadi bagaimana sudah mulai paham tentang akuntansi manajemen ? Semoga bermanfaat ya !

Sekian informasi yang bisa di sampaikan, Jika anda ingin membaca artikel panduan informatif dan menarik lainnya Anda dapat mengunjungi halaman panduan berikut.

Sampai jumpa di artikel berikutnya !

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait