everpro

Apa Kelebihan dan Kekurangan dari Iklan Digital, Penasaran? Kepo Ini!

Apa kelebihan dan kekurangan dari iklan digital, pastinya akan menjadi perbincangan hangat dikala banyak hal yang harus di pelajari. Iklan digital yang selama ini kita kenal tentulah sangat membantu dalam pengerjaan dan tak perlu lagi ribet untuk menggambarkan suatu kondisi dari iklan tersebut. Masih belum kebayang kan iklan digital itu seperti apa? Yuk simak selengkapnya disini!

Baca juga: Kepoin Yuk! Supplier Shopee Termurah dan Terpercaya di Agustus 2023!

Apa itu Iklan Digital?

apa kelebihan dan kekurangan dari iklan digital
Sumber: Pinterest.com

Iklan online atau iklan online adalah bentuk periklanan atau pemasaran di ruang digital seperti website, media sosial, aplikasi dan lain-lain yang dapat diakses melalui internet atau jaringan. Jadi jangan heran jika anda menemukan ikan digital dengan mudah dan dimana-mana.

Apa Kelebihan dan Kekurangan dari Iklan Digital ?

Berikut kelebihan dan kekurangan yang bisa di ketahui dari iklan digital saat ini:

Kelebihan Iklan Digital

Berikut kelebihan dari pembuatan iklan digital:

Semakin Menghemat Biaya

Deengan adanya iklan digital, banyak persyaratan biaya yang tidak perlu kita lakukan, contohnya seperti membayar sewa papan reklame dan lain-lain.

Harus di ketahui ternyata ketika menggunakan papan reklame, ada tiga jenis biaya yang harus di sediakan yaitu biaya izin reklame, pajak reklame, dan juga biaya tidak terduga.

  • Biaya Izin Reklame. Pada umumnya, biaya yang diperlukan mencapai lebih dari 10 juta ke atas. Semakin strategis tempat papan reklamenya, semakin tinggi biayanya. Untuk mengurusnya saja, Anda harus menyiapkan KTP, NPWP, KK, dan juga surat-surat lainnya.
  • Biaya Pajak Reklame. Besarnya pajak papan reklame tergantung pada lokasi, ukuran dan jangka waktu yang di gunakan.
  • Biaya Tak Terduga. Biaya ini harus Anda persiapkan apabila papan reklame yang Anda pasang mengalami masalah, seperti tumbang karena kuatnya angin hujan.

Mudah Menganalisa Performa Iklan 

Tingkat keberhasilan iklan digital bisa di ukur dari penggunaan sistem yang canggih sehingga memudahkan kita  untuk menganalisis perkembangannya.  Belum lagi setiap platform iklan digital memiliki dashboard dengan visualisasi informasi yang mudah di pahami.

Bahkan dengan tools tambahan, seperti Facebook Pixel ataupun Google Analytics, Anda dapat mengetahui seberapa besar jangkauan iklan yang di dapatkan. berapa banyak jumlah pengunjung di dalam website/landing pages, dan performa iklan berdasarkan klik tombol yang di dapatkan.

Data-data seperti inilah yang nantinya memudahkan Anda lakukan performance marketing.

Target Maksimal

Dengan adanya Analisa Performa yang memudahkan, maka iklan digital ini akan lebih bisa menentukan target yang maksimal. Ya, hal ini wajar mengingat Facebook Ads, Google Ads, TikTok Ads menyediakan fitur penempatan iklan berdasarkan demografi tertentu. Anda bisa “menembak” iklan Anda berdasarkan demografi buyer persona yang cocok dengan niche Anda.

Semisal Anda menjalankan bisnis skincare, maka Anda bisa menembak iklan Anda pada demografi audiens dengan gender perempuan, berumur 20-40 tahun, berada di Daerah Ibu Kota Surabaya, dan lain-lain.

Jangkauan Lebih Luas

Bagaimana tidak luas? Semua yang melihat iklan digital tidak hanya berada di dalam satu wilayah. Kalau papan reklame mungkin hanya akan dilihat oleh orang-orang yang lewat saja saat itu. Namun berbeda dengan iklan digital, setelah di posting di media sosial, maka seluruh pengguna sosial memiliki peluang untuk melihat iklan. Bahkan tak hanya dilihat di oleh pengguna sosial satu kota, bahkan antar negara pun bisa melihat iklan digital yang kita buat.

Manajemen Waktu yang Semakin Lebih Efektif dan Efisien

apa kelebihan dan kekurangan dari iklan digital
Sumber: Pinterest.com

Waktu semakin efektif karena iklan digital tidak memerlukan untuk mengurus berbagai surat yang ada seperti dengan papan reklame. Yang perlu di persiapkan hanya akun bisnis sesuai dengan platform iklan digital yang dipilih.

Semisal Anda memilih Facebook Ads, maka yang perlu Anda persiapkan adalah akun Facebook, FansPage Facebook, dan juga akun manager. Untuk membuatnya pun, Anda tidak harus sampai keluar rumah, dan hanya butuh beberapa menit saja.

Tingkat Interaktif Konsumen Lebih Besar

Mudah, praktis dan tidak harus bertatap muka langsung dengan pembeli, makanya banyak orang yang lebih memilih menggunakan transaksi online. Data bahkan menunjukkan sekitar 88% penduduk Indonesia akan berbelanja online melalui e-commerce pada tahun 2021.

Belum lagi iklan digital yang ditemui biasanya memiliki materi iklan yang lebih interaktif dan memudahkan audiens untuk lakukan proses transaksi.

Materi dan Konten Iklan Lebih Menarik

Banyak inovasi dan juga kreasi materi iklan yang lebih kreatif. Anda bisa menjalankan iklan memanfaatkan berbagai elemen multimedia yang ada. Iklan Anda dapat berbentuk gambar, teks,  video, audio, dan juga animasi. Bahkan bisa berbentuk aplikasi hiperaktif.

Semakin menarik materi iklan yang Anda tampilkan kepada konsumen, maka semakin besar pula peluang keterlibatan mereka untuk memulai customer journey lebih dalam.

Lakukan Setting Dengan Mudah

Saat iklan di tampilkan dan terjadi kesalahan, entah itu typo, salah posisi dan sebagainya, maka tim iklan digital pun bisa memperbaikinya secara langsung.

Berbeda jika Anda menggunakan opsi papan reklame. Sekali kesalahan yang Anda buat, maka Anda dipaksa untuk menurunkan iklan yang sudah berjalan, dan menunggu perbaikan yang tidak sebentar.

Kekurangan Iklan Digital

Berikut kelebihan dari pembuatan iklan digital:

Mudah Ditiru

Setiap ada iklan digital maka akan semakin  mudah orangorang meniru konsep, gambar dan isi konen. Hal ini memang sudah biasa di lakukan oleh hampir semua para content creator saat ini.

Pesaing Yang Semakin Banyak

Tentu dengan adanya iklan digital maka pesaingnya akan semakin banyak. Bahkan kemampuan yang dimiliki oleh setiap pesaing pun bisa jadi lebih banyak di bandingkan kita.

Kreatifitas Di Pertaruhkan

Agar tidak tergeser dengan pesaing lain, maka mau tidak mau haruslah upgrade skill sehingga banyak hal yang kita kuasai untuk membuat iklan digital semakin menarik dan berbeda dengan yang lain.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari iklan digital. Kini kamu bisa mencari produk termurah dari supplier tangan pertama di Everpro Product Sourcing! Banyak loh berbagai kemudahan yang bisa di ambil,

distributor kosmetik
Sumber: Pinterest.com
Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman