everpro

Apa yang Menunjukkan Kualitas Suatu Iklan Google Search

Ingin tahu bagaimana iklan Google Search bisa muncul di halaman pertama Google? Temukan informasi  mengenai faktor yang menunjukkan kualitas suatu iklan dan mengapa iklan tersebut muncul di halaman pertama dalam artikel ini.

Google Ads adalah platform iklan online populer dari  Google, platform ini memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan di berbagai situs web, aplikasi seluler, dan hasil pencarian Google. 

Lalu untuk menargetkan audiens yang tepat berdasarkan kata kunci, lokasi geografis, minat, demografi, dan banyak lagi.

Semakin banyaknya yang beriklan maka timbul  dampak persaingan dengan kompetitor agar bisa muncul di halaman satu atau dua. 

Jadi pentingnya memahami kualitas iklan google search seperti apa yang menang setelah proses seleksi Google

Baca : Google Ads Editor: Aplikasi Pengelola Iklan Dari Google!

Google Search Ads 

Apa yang Menunjukkan Kualitas Suatu Iklan
Sumber: google.com/bersosial

Google search ads atau search engine marketing (SEM) adalah bentuk iklan yang tampil pada hasil pencarian Google. 

Iklan tersebut muncul di bagian atas atau di bagian bawah halaman hasil pencarian, dengan tanda “Ads” atau “Bersponsor” yang jelas menandakan statusnya. 

Iklan ini muncul berdasarkan relevansi terhadap kata kunci dari hasil pencarian oleh pengguna.

Bagaimana Cara Google Bekerja Untuk Iklan

Cara Google bekerja dalam menyeleksi iklan mana yang muncul pada halaman satu dan dua itu karena algoritma google, yang sebutannya Ad Rank. 

Dengan menggunakan Ad Rank, Google akan mempertimbangkan berbagai faktor seperti relevansi iklan dengan kata kunci pencarian, kualitas halaman tujuan yang terhubung dengan iklan, dan tingkat klik (click-through rate).

Cara Menghitung Ad Rank

Ad Rank dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk advertaiser bidding, kualitas iklan (Quality Score), dan ekstensi iklan. Faktor-faktor ini akan kita bahas satu per satu untuk lebih memahaminya.

1. Advertaiser Bidding

Sesuai dengan namanya strategi penawaran (bidding), adalah proses untuk menentukan budget yang Anda keluarkan dalam membuat sebuah iklan dalam saru hari. 

Berikut adalah beberapa strategi umum yang bisa Anda Gunakan sesuai dengan kebutuhan.  Sebetulnya ada lebih dari 6, namun berikut ini adalah yang pada umunya sering digunakan.

  • Manual CPC (Cost-Per-Click): Strategi ini mengoptimalkan penawaran untuk mendapatkan klik sebanyak mungkin dengan biaya yang efisien. Strategi ini umumnya digunakan ketika awal beriklan dan tidak memeiliki budget yayang banya. Karena kita bisa menentukan harga untuk 1x klik.  Jadi jika Anda membuat strategi Bid dengan budget Rp 50.000/ hari, dan menggunakan manual CPC dengan memasang harga Rp 1.000an / klik.
  • CPA (Cost-Per-Action): Strategi ini mengoptimalkan penawaran untuk memperoleh konversi yang diinginkan. Contohnya seperti pembelian produk atau mengisi formulir. Penawaran disesuaikan berdasarkan harga maksimum yang diperbolehkan untuk mendapatkan satu konversi.
  • Enhanced CPC (ECPC): Strategi ini mengoptimalkan penawaran secara otomatis berdasarkan kemungkinan konversi lebih tinggi. Google Ads akan menyesuaikan iklan yang memiliki quality score yang bagus saat lelang berlangsung.
  • ROAS (Return on Advertising Spend): Strategi ini mengoptimalkan penawaran berdasarkan tingkat pengembalian investasi iklan. Penawaran disesuaikan untuk memaksimalkan pendapatan atau nilai transaksi yang diperoleh dari biaya iklan.
  • Maximizing Clicks: Strategi ini bertujuan untuk mendapatkan sebanyak mungkin klik dengan anggaran yang telah ditentukan. Google secara otomatis mengoptimalkan penawaran untuk memaksimalkan jumlah klik yang diperoleh.
  • Target Impression Share: Strategi ini memungkinkan penayang iklan untuk menentukan persentase banyaknya tampilan iklan di halaman hasil pencarian.

Itulah beberapa bid strategi yang bisa Anda gunakan, semakin tinggi budget yang  maka iklan yang tayang juga akan semakin tinggi. 

Namun ini bukanlah hal indikator penentu utama. Karena untuk iklan Anda bisa muncul pada halaman satu, masih ada 2 indikator lain yang juga berperan penting.

Jadi penting untuk melakukan uji coba dan pemantauan secara teratur untuk menentukan strategi penawaran yang paling efektif untuk iklan Google Search.

2.Quality Score 

Apa yang Menunjukkan Kualitas Suatu Iklan
Sumber: Google.com/bersosial

Quality Score Google Search Ads adalah skor untuk menilai kualitas keseluruhan iklan, dengan metrik skala pengukuran 1-10. Berikut ini adalah indikator penentu Quality Score sampai indikatornya berwarna hijau:

  • Ad Copy (teks iklan): Google menilai sejauh mana teks iklan relevan dengan kata kunci dan halaman tujuan. Iklan yang relevan dengan kata kunci dan menarik minat pengguna cenderung memiliki Quality Score yang lebih tinggi.
  • Landing Page (User Experience): Google mengevaluasi kecepatan muat halaman, relevansi konten, dan pengalaman pengguna pada halaman tujuan yang terhubung dengan iklan. Halaman tujuan yang relevan dengan kata kunci dan memberikan pengalaman pengguna yang baik akan mendapatkan Quality Score yang lebih tinggi.
  • Expected Click-Through Rate : Google memperkirakan tingkat klik iklan berdasarkan sejarah performa iklan dan kata kunci yang digunakan. Jika iklan memiliki tingkat klik yang harapanya tinggi, Quality Score akan lebih tinggi.

Quality Score sangat penting karena mempengaruhi peringkat iklan dan biaya per klik (CPC). Semakin tinggi Quality Score kemungkinan semakin baik posisi iklan dan bisa rendah biaya per klik  untuk mendapatkan penayangan.

3.Extension Ad

Ekstensi iklan (Ad extensions) merupakan fitur di Google Search Ads  yang juga  yang memungkinkan pengiklan untuk menambahkan informasi tambahan ke iklan mereka. 

Ekstensi iklan membantu meningkatkan visibilitas iklan, memberikan informasi lebih lengkap kepada pengguna, dan meningkatkan potensi klik. Berikut adalah beberapa ekstensi iklan yang ada:

  • Sitelink Extensions: Memungkinkan pengiklan menambahkan tautan langsung ke halaman-halaman spesifik di situs web mereka. Ini membantu pengguna langsung mengakses bagian penting atau produk/jasa yang mereka cari.
  • Callout Extensions: Memungkinkan pengiklan menambahkan teks singkat yang menyoroti keunggulan atau fitur utama dari bisnis mereka. Hal ini membantu menarik perhatian pengguna dan membedakan iklan dari pesaing.
  • Call Extensions: Memungkinkan pengiklan menampilkan nomor telepon bisnis mereka di iklan. Pengguna dapat langsung menghubungi bisnis tanpa harus mengklik ke halaman situs web.
  • Location Extensions: Memungkinkan pengiklan untuk menampilkan alamat fisik atau penanda peta bisnis mereka di iklan. Ini berguna untuk bisnis lokal yang ingin menarik pengguna yang berada di dekat lokasi mereka.
  • Review Extensions: Memungkinkan pengiklan untuk menampilkan ulasan positif atau penghargaan yang diterima oleh bisnis mereka. Ini membantu membangun kepercayaan pengguna terhadap bisnis tersebut.
  • Sitelink Extensions with Description: Serupa dengan Sitelink Extensions, tetapi dengan tambahan deskripsi singkat untuk setiap tautan. Ini memberikan informasi lebih lanjut kepada pengguna tentang halaman yang akan mereka kunjungi.

Pengunaan extension ad ini tidak bisa kita yang menentukan mana yang akan muncul, Google sendiri yang nantinya akan memberikan fitur mana yang sesuai dengan relevansi iklannya. Baca artikel berikut juga untuk dapatkan informasi cara meningkatkan CTR google Ads.

Baca Juga : 12 Cara Meningkatkan CTR Google Ads, Dijamin Jitu!

Kesimpulan

Jadi yang menunjukkan kualitas suatu iklan google search pada halaman satu dengan melihat dari 3 Indikator mulai dari advertiser bid, quality score, dan juga extension Ad. 

Menurut penulis dari ketiga indikator tersebut yang paling utama adalah mengoptimalkan kualitas skor dengan penggunaan kata kunci yang relevan dan juga ad copy creative. 

Semakin relevan iklan dengan kata kunci yang ada pada headline dan meta description maka semakin baik kualitasnya. 

Faktor lainnya adalah tingkat klik (click-through rate) iklan, yang menunjukkan sejauh mana iklan bisa menarik minat pengguna. Maka buatkan copywriting yang baik hingga CTR nya tinggi namun biayanya murah. 

Selain itu, kualitas halaman tujuan yang terhubung ke iklan juga memainkan peran penting, meliputi kecepatan muat halaman dan relevansi konten ini berkaitan dengan desain landing page. 

Google juga mempertimbangkan pengalaman pengguna, transparansi iklan, dan sejumlah faktor lainnya untuk menentukan kualitas suatu iklan di Search.

Promo End Year Google Ads Whitelisted

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk memaksimalkan iklan Anda dengan promo akhir tahun dari Everpro. Dapatkan manfaat menarik dengan menggunakan Google Ads Whitelisted. Berikut ini adalah benefit dari layanan Everpro Google Ads Whitelisted :

  • Mengurangi resiko  iklan restict / banned
  • Scale up iklan lebih mudah dan cepat
  • Minimal top-up Rp 5.000.000
  • Support CS team
  • Gratis Semua biaya layanan untuk 2 Bulan Pertama

 

DAFTAR SEKARANG

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya