Kemajuan teknologi digital mengharuskan para pelaku bisnis untuk pakai aplikasi balas chat supaya bisa praktis dalam berinteraksi secara online dengan pelanggan.Â
Tapi sayanganya, ternyata tidak semua aplikasi balas chat cocok dipakai untuk bisnis, terutama jika tidak punya fitur pendukung seperti otomatisasi, broadcast, hingga tracking.Â
Kalau saat ini kamu lagi mengalami kendala seperti susah mengorganisir chat pelanggan yang menumpuk, terlambat balas chat, susah follow-up pelanggan, hingga tidak bisa tracking performa chat, mungkin kamu belum pakai aplikasi balas chat yang tepat.Â
Karena itu, kamu bisa simak artikel ini untuk lebih mengenal aplikasi balas chat, jenis-jenisnya, dan rekomendasi aplikasi yang cocok untuk bisnis.Â
Apa itu Aplikasi Balas Chat?
Secara umum, aplikasi balas chat adalah software yang dirancang untuk bantu pengguna mengelola dan membalas chat pelanggan dari berbagai platform di dalam satu tempat.
Pelanggan bisa datang dari marketplace, landing page, Instagram, dan platform lainnya. Nah, karena pakai aplikasi balas chat, kamu tak perlu lagi buka aplikasi tersebut satu-satu.Â
Namun seperti penjelasan di atas, tidak semua aplikasi balas chat yang diperuntukkan untuk bisnis. Ini bisa dilihat dari fitur-fitur yang tersedia di aplikasi tersebut.Â
Jenis Aplikasi Balas Chat Berdasarkan FungsinyaÂ
Karena tiap pengguna punya kebutuhan yang berbeda-beda, maka hadir berbagai jenis aplikasi balas chat berdasarkan fungsinya, diantaranya:Â
1. Aplikasi Chat StandarÂ
Aplikasi chat standar adalah aplikasi yang dirancang dengan fitur-fitur dasar untuk menunjang komunikasi instan antara dua atau lebih pengguna.Â
Karena paling sering dipakai untuk kebutuhan mendasar, fitur aplikasi chat standar biasanya terdiri dari fitur kirim pesan teks, foto, video, dan panggulan suara atau video.Â
2. Aplikasi Chat Bot
Aplikasi chat bot merupakan perangkat lunak berbasis kecerdasan buatan (AI) yang punya yang menyimulasikan percakapan manusia lewat audio atau teks.Â
Beda dengan aplikasi chat standar yang harus dikendalikan secara manual, aplikasi chat bot bisa respon pesan secara otomatis tanpa harus menunggu kamu membalas satu per satu.
Dalam bisnis, chat bot biasanya dipakai untuk menjawab pertanyaan umum pelanggan secara cepat hingga memberikan informasi produk.Â
3. Aplikasi Chat CommerceÂ
Seperti namanya, aplikasi chat commerce adalah perangkat lunak yang memudahkan pebisnis kelola pesan pelanggan dari berbagai platform e-commerce lewat satu platform aja.Â
Dengan aplikasi ini, bisnis tidak cuma menjual produk atau layanan saja, tapi juga menciptakan pengalaman interaksi yang memuaskan kepada pelanggan.Â
Nah, dari ketiga jenis aplikasi balas chat di atas, bayangkan kamu bisa nikmati seluruh fungsinya, mulai dari chat manual, chat bot, hingga chat commerce lewat satu aplikasi aja.
Yuk, kenalan dengan aplikasi balas chat dari Everpro Chat!
Fitur dan Keuntungan Aplikasi Balas Chat dari EverproÂ
Everpro Chat merupakan platform komunikasi bisnis yang dirancang khusus untuk bantu pelaku usaha supaya bisa kelola chat pelanggan secara lebih praktis dan efisien.Â
Terhubung ke WhatsApp Business, aplikasi balas chat dari Everpro juga udah terintegrasi langsung dengan API resmi Meta, memungkinkan kamu untuk pakai akun WA resmi dan bisa dapatkan akses ke banyak fitur canggih.Â
Berikut ini fitur dan keunggulan Everpro Chat yang bisa kamu manfaatkan:
1. Fitur Chat Bot untuk Balas Pesan OtomatisÂ
Kalau ada pelanggan yang bertanya dengan kata kunci tertentu, Chat Bot yang smart reply akan otomatis menjawab sesuai pesan yang sudah kamu atur.Â
Fitur ini sangat berguna ketika kamu belum bisa respon langsung chat yang masuk dari pelanggan, bisa karena di luar jam operasional toko, atau kamu kekurangan tim CS. Â
2. Fitur Real Chat Tracking untuk Pantau Performa Iklan
Everpro Chat juga punya fitur untuk meninjau seberapa baik iklan yang udah kamu publikasikan lewat WhatsApp Business, termasuk jumlah closing dari iklan tersebut.Â
Jadi lewat data performa iklan yang akurat dan selalu update, kamu bisa tahu bagian mana yang ampuh dan yang perlu dimaksimalkan.Â
3. Fitur Verifikasi WhatsApp Centang BiruÂ
Sebagai partner strategi resmi Meta, Everpro chat juga akan bantu kamu untuk verifikasi nomor WhatsApp sehingga mendapatkan centang hijau.Â
Verifikasi centang biru ini menandakan akun chat kamu adalah akun resmi sehingga pelanggan lebih percaya.Â
4. Fitur Broadcast untuk Kelola dan Kirim Pesan Massal
Everpro Chat juga punya fitur Broadcast yang memungkinkan kamu kirim pesan massal ke banyak pelanggan tanpa harus simpan nomor satu per satu.Â
Lewat dashboard Everpro Chat, kamu bisa pantau seluruh broadcast mulai dari yang akan dikirim, berhasil dikirim, sampai broadcast yang gagal dikirim.Â
5. Terintegrasi dengan Everpro CRM untuk Kelola Data Pelanggan
Aplikasi balas chat sangat potensial untuk bantu kamu mengumpulkan data pelanggan, mulai dari nama, alamat, preferensi, minat, hingga produk yang pernah dicari.Â
Nah, kamu bisa dengan mudah kelola data tersebut di Everpro karena juga terintegrasi dengan sistem Everpro CRM. Layanan ini khusus dibuat untuk manajemen database pelanggan.Â
6. Terintegrasi dengan Everpro Shipping untuk Proses Pengiriman
Bukan cuma bisa kelola data pelanggan, Everpro Chat juga bisa kamu hubungkan ke layanan Everpro Shipping. Jadi seluruh orderan yang masuk lewat WhatsApp Business bisa langsung diproses pengirimannya, mulai dari pesan kurir sampai tracking paket.Â
Everpro Chat Platform Kelola Bisnis yang Paling PraktisÂ
Kalau kamu cari aplikasi balas chat yang cocok untuk bisnis, Everpro Chat jadi pilihan yang tepat karena bisa menghubungkan WhatsApp Business dengan satu dashboard praktis.Â
Dibanding pakai aplikasi chat biasa, Everpro Chat dirancang khusus untuk kamu yang mau balas pesan pelanggan lebih cepat, teratur, dan profesional.Â
Bahkan kamu juga bisa atur pembagian chat yang masuk ke beberapa admin, sehingga manajemen CS juga lebih tertata. Nggak ada lagi chat yang menumpuk dan bikin pusing!
Tertarik pakai Everpro Chat? Yuk, daftar sekarang juga!