everpro

Gratis! Gunakan 10 Aplikasi Cetak Label Pengiriman yang Efisien

Aplikasi cetak label pengiriman – banyak pembelian menandakan bahwa sebagai penjual pun sebaiknya menyiapkan label pengiriman yang jelas, singkat dan bisa di mengerti oleh berbagai pihak.

Pihak yang sangat memerlukan label pengiriman yaitu pihak pengirim, pihak penerima dan pihak yang memberikan layanan jasa pengiriman.

Dengan kondisi saat ini yang penuh dengan kemajuan teknologi, kini membuat label pengiriman teman-teman tidak perlu lagi membuat secara manual, karena saat ini sudah banyak berbagai aplikasi yang bisa membuat dan mencetak label pengiriman.

Yuk simak info selengkapnya di bawah ini.

Definisi Label Pengiriman

Label pengiriman adalah sebuah etiket atau tag yang di lekatkan pada paket atau dokumen yang akan di kirimkan.

Label pengiriman biasanya berisi informasi tentang alamat pengirim dan penerima, informasi tentang ukuran dan berat paket, dan informasi lain yang di perlukan untuk memudahkan proses pengiriman.

Informasi ini dapat di cetak pada label pengiriman secara manual atau dengan menggunakan perangkat lunak yang tersedia, dan biasanya membantu mengarahkan paket atau dokumen ke tujuannya dan memastikan bahwa paket atau dokumen tersebut sampai pada penerima yang benar.

10 Aplikasi Cetak Label Pengiriman Terbaik di Playstore

Bagi teman-teman yang ingin mencetak label pengiriman tanpa ribet membuat formatnya, kini di playstore sudah di sediakan berbagai fitur untuk memudahkan pengguna dalam pembuatan struk label.

Setiap aplikasi memiliki format label yang berbeda-beda, namun tujuannya tetap sama yaitu memberikan informasi terkait data pengirim dan penerima serta barang yang akan di kirimkan.

Berikut aplikasi cetak label pengiriman yang bisa di gunakan secara gratis:

1. Aplikasi Print Label

aplikasi cetak label pengiriman
Sumber: Playstore.com

Pernah dengar satu aplikasi yang kini sering di gunakan oleh banyak pembisnis? Aplikasi ini memiliki kapasitas sebesar 47 MB. Kalau belum tahu yuk simak ini.

Print label adalah sebuah program atau software yang di gunakan untuk membuat dan mencetak label pada berbagai jenis media, seperti kertas label, kertas karton, atau bahkan langsung pada benda seperti botol atau kemasan produk.

Aplikasi ini biasanya di gunakan untuk keperluan bisnis atau industri dalam membuat label produk, label pengiriman, atau label inventaris.

Di playstore aplikasi ini sudah lebih dari 100.000 pengguna. Cara menggunakannya pun mudah, teman-teman tinggal download di playstore, kemudian buka aplikasi dan isi sesuai dengan kebutuhan yang tersedia.

Baca juga: Ketahui! Jam Kerja Sicepat Saat Ini di Ramadhan 2023

2. Clodeo

Salah satu aplikasi yang memudahkan pengguna untuk membuat label pengiriman dengan cepat.

Aplikasi ini bisa di download secara gratis di Playstore, tak hanya itu Clodeo pun memiliki kapasitas 28 MB dan sudah di download oleh 10.000 lebih pengguna.

Berikut rekap fitur Clodeo:

  • Pengelolaan orderan lebih mudah
  • Cek ongkir / resi
  • Cetak label pengiriman otomatis
  • Integrasi dengan webstore
  • Pengelolaan stok barang
  • Laporan bisnis yang akurat
  • Integrasi web-commerce
  • Integrasi dengan pengiriman
  • Bisa melakukan COD
  • Order by chat menggunakan parsing order

3. Sirclo

Sirclo adalah sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan berbagai layanan untuk mendukung bisnis online, termasuk aplikasi untuk mencetak label pengiriman.

Dalam aplikasi ini, pengguna dapat membuat label pengiriman dengan memasukkan informasi penerima, alamat pengiriman, dan jenis layanan pengiriman yang di pilih. Setelah label selesai di buat, pengguna dapat mencetaknya langsung dari aplikasi menggunakan printer yang terhubung.

Aplikasi Sirclo dapat membantu memudahkan proses pengiriman dan manajemen pesanan pada bisnis online.

Sirclo sudah di gunakan oleh 5000 lebih pengguna dengan kapasitas 8,5 MB.

4. Kasir Pintar

Kini tidak perlu repot lagi menulis label pengiriman secara manual, karena teman-teman dapat mencetak label pengiriman dengan mudah melalui website/back office Kasir Pintar. Melalui fitur ini, Anda dapat mengunduh label pengiriman pada transaksi yang telah di lakukan.

Silahkan melakukan transaksi terlebih dahulu melalui aplikasi Kasir Pintar Free, Pro, POS, dan Desktop. Setelah transaksi di lakukan, silahkan ikuti cara berikut untuk mengunduh label pengiriman:

  1. Silahkan login ke website/back Office 
  2. Pilih MenuLaporan pada halaman sidebar
  3. Pilih Laporan Penjualan > Data Transaksi untuk menuju ke halaman Laporan Data Transaksi.
  4. Pada halaman Laporan Data Transaksi, pilih ID Struk yang akan di lakukan cetak label pengiriman. Selanjutnya klik icon PDF pada ID struk transaksi yang telah dipilih.
    Catatan:
    *Perlu di ketahui bahwa icon PDF akan muncul jika data pelanggan telah lengkap terisi, terutama pada bagian “Alamat pelanggan”.
    Selanjutnya teman-teman akan di arahkan ke halaman preview label pengiriman. Klik tombol Download PDF untuk mengunduh label pengiriman dalam bentuk file PDF
  5. Label pengiriman berhasil di unduh dalam bentuk file PDF
  6. Selanjutnya Anda dapat mencetak dan menempelkan label pengiriman tersebut ke paket barang yang akan di kirimkan kepada pelanggan Anda.

Lebih mudah bukan, selamat mencoba!

Sebagai informasi tambahan untuk mencetak bukti pembayaran, teman-teman juga bisa mendownloadnya di Playstore dengan nama “Kasir Pintar”. Kini Kasir Pintar yang menggunakan sudah lebih dari 500.000 lebih pengguna, dengan kapasitas 26 MB, sehingga tak heran mendapatkan rating 4.4 bintang di Playstore.

5. Buku Warung

Aplikasi ini menjadi aplikasi terbanyak yang di gunakan oleh jutaan orang, bahkan di Playstore telah tercatat bahwa sudah 5 juta pengguna yang mendownload aplikasi ini. Sungguh fantastis bukan?

Selain dapat mencetak label pengiriman barang, aplikasi besutan PT. Buku Usaha Digital ini memiliki banyak fitur unggulan. Berikut di antaranya:

  • Fitur tagih atau bayar langsung terkirim
  • Bisa jual pulsa dan token listrik
  • Mengetahui laporan keuangan yang bisa memberi tahu untung atau ruginya
  • Fitur pencatatan transaksi dengan sistem yang rapi

Untuk menggunakan aplikasi ini di awal pemakaian cukup dengan kapasitas 27 MB.

Baca juga: Cari Label Pengiriman Olshop Kosong? Inilah Tips dan Contohnya!

6. Print Order Marketplace

Platform ini pun menyediakan format otomatis untuk mencetak label pengiriman, teman-teman bisa mendownloadnya di Playstore.

Aplikasi ini ternyata hanya membutuhkan 5,7  MB, meskipun terbilang baru namun bisa memudahkan pekerjaan untuk cetak label secarab praktis.

7. Everpro

aplikasi cetak label pengiriman
Sumber: Playstore.com

 

Aplikasi yang sudah berganti nama ini tetap beroperasi sesuai dengan fungsinya. Dulu namanya bukan Everpro melainkan Popaket.

Dengan kapasitas 26 MB, teman-teman sudah bisa menggunakan aplikasi ini di hp kalian. Berdasarkan info Playstore ternyata aplikasi ini sudah di gunakan oleh 100,000 lebih pengguna.

Aplikasi yang berasa dari perusahaan Evermos, kini telah bekerjasama dengan lebih dari 15 ekspedisi di Indonesia, loh. Ekspedisi tersebut antara lain:

  • JNE
  • SiCepat
  • SAP
  • J&T Express
  • TiKi
  • Lalamove
  • Sentral Cargo
  • Indah Logistik Cargo
  • Grab
  • Gojek
  • Ateraja

Cukup terpercaya bukan, selamat mencoba!

8. E-Nota Digital

aplikasi cetak label pengiriman
Sumber: Playstore.com

Aplikasi E-Nota digital adalah sebuah versi digital dari nota atau faktur yang biasanya di gunakan untuk mencatat transaksi bisnis. E-Nota digital dapat di simpan dan di akses melalui perangkat elektronik seperti komputer atau smartphone, dan biasanya memiliki format file yang terstandarisasi seperti PDF atau XML.

E-Nota digital dapat di gunakan untuk berbagai jenis transaksi bisnis dan dapat mempermudah proses pencatatan keuangan, pengarsipan, serta dapat membantu mengurangi penggunaan kertas.

Beberapa negara atau wilayah telah menerapkan regulasi atau kebijakan terkait penggunaan e-nota digital dalam bisnis, seperti e-faktur atau e-invoice.

9. Maulagi

Setelah banyak aplikasi yang telah di jelaskan, jika masih ingin mencari aplikasi yang mudah untuk mencetak label, mungkin inilah salah satu solusinya.

Maulagi sudah di gunakan oleh 50.000 lebih pengguna, dengan kapasitas 6.3 MB.

Aplikasi ini juga memiliki keunggulan lainnya loh. Berikut fitur unggulan yang dapat menjadi bahan pertimbangan teman-teman:

  • Scan QR Code untuk pembayaran
  • Download file cetak resi per nomor
  • Download file cetak resi secara multiple (sesuai kebutuhan)

Jadi bagaimana tertarik dengan Maulagi?

10. Majoo

Salah satu aplikasi yang tersedia di Playstore dengan kapasitas 91 MB meskipun paling berat di antara aplikasi lainnya, namun aplikasi ini sudah di gunakan oleh 100.000 pengguna.

Adapun fitur uggulannya antara lain:

  • Aplikasi kasir
  • Self-order
  • Order display
  • Dashbard
  • Kitchen display
  • Otomasi penjualan (yang memungkinkan printing struk order, pembayaran serta printer bar)
  • Kemampuan untuk tetap dapat di gunakan meski tanpa internet (offline)
  • Bisa di gunakan di Andorid dan PC

Hal yang Harus di Perhatikan Saat Cetak Label Pengiriman

Berikut adalah beberapa hal yang harus di perhatikan saat mencetak label pengiriman:

  1. Informasi pengirim dan penerima: Pastikan bahwa informasi tentang nama, alamat, kota, negara, dan kode pos pengirim dan penerima benar dan lengkap.
  2. Ukuran dan berat paket: Pastikan bahwa informasi tentang ukuran dan berat paket benar dan sesuai dengan paket yang akan di kirimkan.
  3. Informasi pengiriman: Pastikan bahwa informasi tentang jenis layanan pengiriman yang di pilih, tarif, dan waktu pengiriman benar dan lengkap.
  4. Kualitas cetak: Pastikan bahwa label pengiriman di cetak dengan baik dan jelas, dan tidak ada bagian yang terpotong atau kabur.
  5. Kertas dan tinta: Gunakan kertas dan tinta yang sesuai dengan jenis printer yang Anda gunakan, dan pastikan kertas tidak basah atau rusak.
  6. Posisi cetak: Pastikan bahwa label pengiriman di tempel dengan benar dan tidak bergeser atau terlepas dari paket atau dokumen.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat memastikan bahwa label pengiriman di cetak dengan benar dan paket atau dokumen tersebut sampai pada tujuannya dengan lancar.

Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat! Nantikan artikel inspiratif dan informatif lainnya di Everpro.id!

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya