Dalam bisnis online, memikat dan menjaga hubungan dengan pelanggan itu penting banget. Untuk mewujudkannya, komunikasi jadi fokus dan kunci utamanya.
Bisa dengan cara balas pesan dari pelanggan, kasih penawaran atau promo khusus, hingga follow-up ke pelanggan yang sempat tanya-tanya tentang bisnis kamu.
Tapi sayangnya terkadang pebisnis suka kehilangan pelanggan sebelum closing. Ditambah tantangan lain seperti susah dapetin repeat order dan return to sales (RTS) yang kadang tinggi.
Nah, solusi yang paling tepat untuk mengatasi itu adalah lewat aplikasi CRM!
Mengenal Apa itu Aplikasi CRM
Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) merupakan perangkat lunak untuk mengelola dan meningkatkan hubungan dengan cara mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data pelanggan.
Aplikasi CRM ini cocok dimanfaatkan oleh pelaku bisnis apapun, mulai dari para dropshipper, reseller, internet marketers (IMERS), UMKM, hingga corporate.
Selain manajemen data pelanggan, beberapa aplikasi CRM juga kasih fitur yang menunjang hubungan dengan pelanggan, seperti broadcast pesan, auto-reply, notifikasi, dan lain-lain.
Fungsi Fitur Aplikasi Kirim Pesan WA Otomatis untuk Bisnis
Sebagai aplikasi pengirim WA massal, CRM punya salah satu fitur unggulan yaitu Fitur Broadcast Campaign, yang memungkinkan kamu untuk mengirim pesan ke banyak pelanggan dengan label tertentu.
Fitur ini berfungsi untuk:
- Membangun hubungan baik ke pelanggan.
- Membangun komunikasi yang lebih teratur dan efektif.
- Meminimalisir pengeluaran atau biaya operasional.
- Menghemat waktu dan tenaga kerja.
- Meningkatkan penjualan bisnismu.
Selain fitur kirim pesan WA otomatis, juga ada beberapa fitur penunjang yaitu:
- Dashboard Analisis: menyajikan informasi lengkap mengenai aktivitas broadcast yang kamu lakukan, mulai dari jadwal broadcast, broadcast intan, hingga notifikasi WA Shipping.
- WA Notification: untuk atur pesan otomatis ke pelanggan berupa notifikasi status orderan termasuk pengiriman yang berubah pakai fitur yang satu ini.
- Monitoring Broadcast: berguna sebagai pusat informasi untuk memantau status pengiriman broadcast kamu di WhatsApp.
- Nomor WhatsApp: untuk memasukkan seluruh nomor WhatsApp pelanggan yang selalu disinkronkan otomatis jika ada perubahan.
- Data Pelanggan: untuk mengelola, menyimpan, dan mengumpulkan seluruh data pelanggan sehingga tersusun rapi dan bisa diatur sesuai segmentasi.
- Upload Data Order: untuk mencatat seluruh pesanan yang masuk dari WhatsApp, baik itu yang akan diproses, sedang dikirim, dan yang sudah selesai alias sudah diterima pelanggan.
Strategi Pakai Aplikasi Kirim WA Otomatis
1. Tentukan Label Kontak Pelanggan
Pertama-tama, saat membuat data pelanggan kamu bisa membuat label atau segmentasi pelanggan berdasarkan minat, preferensi, hingga demografi mereka.
Sehingga, saat kamu ingin kirim pesan WA otomatis, kamu tinggal pilih label yang sama supaya pesan bisa tepat sasaran.
2. Buat Template Pesan yang Personal dan Relevan
Saat kirim pesan otomatis ke banyak kontak alias broadcast, buatlah template pesan yang personal seperti memanggil nama pelanggan.
Kemudian, sebut produk yang mereka minati dan berikan penawaran untuk memancing ketertarikan pelanggan.
3. Pilih Waktu Terbaik untuk Kirim Pesan WA Otomatis
Kamu bisa atur jadwal kirim pesan dengan menyesuaikan waktu terbaik saat pelanggan sedang aktif, seperti jam istirahat siang, sore hari, atau malam hari.
4. Manfaatkan Fitur Auto-Reply
Saat kirim pesan WA otomatis ke banyak kontak, beberapa pelanggan mungkin akan langsung membalas pesan kamu jika mereka tertarik.
Supaya pelanggan nggak nunggu lama, kamu juga bisa manfaatkan fitur auto-reply yang bakal kirim pesan balasan otomatis ke pelanggan.
5. Monitoring, Analisis, dan Evaluasi
Terakhir, jangan lupa untuk selalu memantau, menganalisis, dan mengevaluasi campaign broadcast yang kamu jalankan. Data yang ada bisa dimanfaatkan sebagai bahan perbaikan agar eksekusinya bisa makin jitu buat kedepannya.
Tips Pilih Layanan Aplikasi Kirim Pesan WA Otomatis untuk Bisnis
- Aksesibilitas: pilih aplikasi yang fitur pesan WA otomatisnya bisa diakses dari mana saja dan support dengan perangkat apapun baik smartphone maupun desktop.
- Sistem pendukung: tidak perlu sistem pendukung tambahan selain koneksi internet, perangkat, dan aplikasi/browser saja.
- Uji coba: aplikasi yang menawarkan uji coba gratis supaya kamu bisa tahu apakah fitur dan keunggulannya cocok dengan kebutuhanmu.
- Harga dan fitur: bandingkan harga dan kelengkapan fitur yang ditawarkan. Fitur yang lengkap lebih disarankan supaya kamu bisa memaksimalkan strategi pemasaran.
- Keamanan: data pelanggan sangatlah krusial, karena itu, pilih aplikasi kirim pesan WA otomatis yang sudah legal dan terjamin keamanan atau sekuritasnya.
- Integrasi dengan layanan lain: kamu juga bisa pilih aplikasi yang bisa terintegrasi dengan layanan lain, seperti Ads, Shipping, Sourcing, hingga Marketplace.
Everpro Sebagai Platform CRM Indonesia Terbaik
Everpro CRM adalah contoh aplikasi pengirim WA massal yang menyediakan banyak fitur tambahan di satu platform aja, seperti fitur data pelanggan, reminder follow-up pelanggan, notifikasi WhatsApp, hingga fitur pesan otomatis beserta halaman analisisnya.
Nggak perlu jauh-jauh lagi cari aplikasi terbaik untuk menjawab segala kebutuhan bisnis kamu!
Saatnya katakan selamat tinggal ke kebiasaan kirim pesan manual satu-satu ke kontak pelanggan yang ribet dan makan waktu. Pakai Everpro CRM, kamu jadi punya banyak waktu untuk mengurus strategi penjualan lainnya.
Yuk, berlangganan Everpro CRM sekarang juga!