everpro

10 Aplikasi Marketplace Terbaik di Indonesia 2024

Sedang mencari tahu pilihan marketplace Indonesia terbaik? Berikut penjelasan tentang aplikasi marketplace paling laris dan banyak digunakan tahun 2024 ini. Simak sekarang!

Semakin majunya perkembangan teknologi memudahkan aktivitas ekonomi masyarakat, seperti penjualan dan pembelian yang bisa anda lakukan secara online. Salah satu faktornya karena hadirnya marketplace yang pertumbuhannya kian meningkat setiap tahun.

Setiap marketplace memiliki ciri khas atau karakteristik seperti perbandingan harga, variasi produk, layanan logistik, reputasi, hingga karakter penggunanya. Secara tidak langsung karakteristik setiap marketplace menunjukkan keunggulan dan target penggunanya.

Keunggulan dan target pengguna tersebut bisa anda manfaatkan untuk kepentingan bisnis. Yaitu dengan menyesuaikan jenis produk tertentu yang akan anda jual di marketplace yang lebih cocok. Dengan begitu anda dapat mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Melalui artikel ini akan membahas tentang aplikasi marketplace terbaik dan terlaris di Indonesia beserta keunggulannya. Baca hingga tuntas untuk mendapatkan informasinya.

Apa itu Aplikasi Marketplace?

aplikasi marketplace
Sumber: google.com

Mengutip dari hasil survei pada Konferensi Pers Parenting Digital Day, sebanyak 98% responden mengaku senang menggunakan marketplace untuk berbelanja. Karena berbelanja online menjadi solusi untuk transaksi yang mudah dari rumah, dan bisa mendapatkan harga lebih murah daripada toko offline.

Pengertian apa itu marketplace yaitu media perantara untuk melakukan aktivitas berbelanja antara penjual dan pembeli secara online. Jadi, aplikasi marketplace adalah wadah atau platform yang menunjang aktivitas jual beli online tersebut, atau disebut sebagai e commerce di Indonesia.

Melalui platform ini anda dapat menemukan berbagai barang untuk setiap kebutuhan hingga pembayaran tagihan. Tidak hanya kebutuhan pokok, hiburan dan perjalanan juga bisa anda beli tiketnya, seperti tiket bioskop, tiket kereta, bahkan tiket pesawat.

Selain kemudahan dalam bertransaksi, marketplace juga memberi keuntungan kepada pengguna dengan banyaknya diskon atau promo. Sedangkan untuk pengusaha, hal ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan.

Saat ini tersedia lebih dari 15 marketplace di Indonesia. Dengan mengetahui keunggulan dan mana yang terbaik anda bisa mengoptimalkan strategi berbisnis untuk meningkatkan keuntungan.

Baca juga: Marketplace Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Peringkat Kinerja Aplikasi Marketplace Online

aplikasi marketplace
Sumber: google.com

Berdasarkan riset dari iPrice, menunjukkan bahwa 93% masyarakat di Indonesia lebih senang menggunakan smartphone untuk berbelanja daripada laptop. Karena penggunaan laptop lebih awam dan yang menggunakannya hanya oleh masyarakat tertentu seperti pelajar atau pekerja. 

Sedangkan smartphone merupakan perangkat yang hampir semua lapisan masyarakat menggunakannya. Maka dari itu aplikasi marketplace hadir agar lebih mudah untuk digunakan.

Karena kondisi pengguna yang lebih banyak juga, menjadikan performa kinerja setiap platform bisa teridentifikasi. Berikut peringkat performa marketplace berdasarkan beberapa kategori:

  • Aplikasi Marketplace Berdasarkan Ranking di Appstore

AppStore merupakan platform resmi untuk mengunduh aplikasi ponsel berbasis iOS, milik brand ternama yaitu Apple. Kinerja performa aplikasi marketplace bisa anda lihat berdasarkan banyaknya unduhan di App Store.

Berikut peringkat aplikasi marketplace yang ada di kategori ‘shopping’ berdasarkan informasi dari similarweb:

  1. Shopee
  2. Tokopedia
  3. Lazada
  4. Akulaku
  • Aplikasi Marketplace Berdasarkan Ranking di Play Store

Sama seperti App Store, Play Store merupakan platform untuk mengunduh aplikasi di smartphone, namun hanya untuk ponsel yang berbasis Android. Masih merujuk dari informasi Similarweb, berikut hasil peringkat di Play Store:

  1. Shopee
  2. Lazada
  3. Akulaku
  4. Tokopedia
  • Berdasarkan Kinerja Website Marketplace

Selain melihat kinerja melalui peringkat di mobile phone, bisa juga mengetahuinya dari performa di website. Adapun matriks untuk mengukur kinerja websitenya adalah sebagai berikut:

  • Website total visitor: jumlah kunjungan pengguna secara keseluruhan ke website marketplace dalam jangka waktu tertentu dari sejak diluncurkannya.
  • Monthly visitor: rata-rata kunjungan per bulan dari sebuat marketplace hingga periode tertentu.
  • Page per visit: jumlah kunjungan halaman dari website dalam satu kali. Semakin banyaknya kunjungan halaman dalam satu waktu oleh setiap pengguna, akan memberi potensi yang besar juga untuk transaksi ekonomi di website tersebut.
  • Unique visitor: jumlah kunjungan pengguna dari satu IP address.
  • Average visit: rata-rata waktu yang pengguna habiskan saat berada di website marketplace. Jadi semakin tingginya durasi, akan semakin besar juga target pencapaian website tersebut.
  • Bounce rate: analisis persentase pengguna yang datang dan langsung meninggalkan laman website yang dikunjungi. 
  • Search traffic: mengukur seberapa ramai lalu lintas sebuah website marketplace. Matriks ini juga dapat meninjau kinerja marketing yang telah bekerja.

Mengutip dari hasil peringkat di similarweb hingga Agustus 2022, Shopee masih memiliki peringkat 1 sebagai website yang paling sering dikunjungi. Selanjutnya diikuti oleh website marketplace dari Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak.

Baca juga: 10 Strategi Sukses Cara Jualan di Marketplace Terbaik

Aplikasi Marketplace Terlaris di Indonesia

aplikasi marketplace
Sumber: google.com

Setelah melihat kinerja dari setiap marketplace berdasarkan beberapa kategori, berikut penjelasan lebih lanjut dari aplikasi sebagai contoh marketplace yang paling laris di Indonesia atau contoh e commerce di Indonesia:

  • Shopee

Aplikasi Shopee menjadi peringkat pertama yang paling banyak diunduh berdasarkan kategori yang sudah dibahas sebelumnya. Alasan utama banyak konsumen yang memilih Shopee yaitu karena harga dari produknya yang terjangkau.

Adapun kategori produk yang paling populer di marketplace ini adalah kecantikan, fashion (khususnya muslim fashion), dan peralatan rumah tangga. Terdapat fitur seperti ShopeeLive, asisten penjual, chat bot, dan masih banyak lagi yang dapat memudahkan penggunanya.

  • Tokopedia

Melansir hasil survei dari ecommerceIQ, alasan banyak yang memilih menggunakan aplikasi ini adalah banyaknya ragam pilihan produk yang tersedia. UMKM mendominasi jumlah merchant pada marketplace ini.

Terdapat fitur yang dapat memudahkan penjual seperti promosi, statistik toko, broadcast chat, hingga keuangan untuk meminjam modal untuk mengembangkan usaha,

Kategori produk yang pencariannya paling banyak dalam aplikasi ini antara lain: produk elektronik, fashion, dan bahan makanan.

  • Lazada 

Aplikasi marketplace ini memiliki reputasi yang baik di kalangan pengguna dengan harganya yang terjangkau. Selain itu, jumlah pengikut Lazada di media sosial Facebook menjadi  yang paling banyak daripada marketplace lainnya.

Kategori populer dalam platform ini antara lain produk fashion dan elektronik.

  • Blibli 

Salah satu alasan konsumen menggunakan aplikasi ini untuk berbelanja adalah karena reputasi pelayanan dan produk yang otentik. Saat ini, mitra dari marketplace Blibli telah mencapai 16 ribu toko yang tersebar lebih dari 300 kota.

Kategori produk yang paling banyak diminati dari aplikasi manajemen marketplace ini adalah elektronik, fashion, dan bahan makanan. 

  • Bukalapak

Harga produk yang murah dan banyaknya pilihan produk juga menjadi alasan banyaknya yang menggunakan aplikasi ini. Untuk pengusaha terdapat fitur seperti inventaris barang dan pantau saingan yang bisa anda manfaatkan.

Untuk kategori populer dari aplikasi ini berada pada produk elektronik, fashion, hobi dan gaya hidup.

  • Bhinneka

Awalnya Bhinneka yang hadir pada tahun 1999 sebagai toko online ini hanya menjual produk elektronik. Namun saat ini telah menjadi platform untuk merchant menjual berbagai macam produk seperti otomotif, keperluan industri, dan masih banyak lagi.

Bhinneka, menjadi marketplace untuk memenuhi kebutuhan bisnis (B2B) juga operasional pemerintah (B2G).

  • Orami 

Selanjutnya, Orami yang memiliki segmentasi berbeda dari beberapa marketplace sebelumnya. Target segmentasi aplikasi ini yaitu untuk orang tua dan ibu hamil.

Model bisnisnya yaitu inventori, menjual barang secara langsung yang diambil dari brand dan penjual. 

Kategori produk yang paling banyak terjual dari aplikasi ini adalah produk untuk ibu hamil dan menyusui, perawatan bayi dan anak, perabot kamar bayi, dan masih banyak lagi.

  • OLX Indonesia

OLX Indonesia adalah platform marketplace yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual berbagai jenis barang bekas maupun baru. Pengguna dapat menemukan beragam kategori produk seperti mobil, motor, properti, elektronik, fashion, dan masih banyak lagi.

  • Berrybenka

Berrybenka adalah platform marketplace yang fokus pada produk fashion dan kecantikan. Mereka menawarkan berbagai pilihan pakaian, sepatu, aksesoris, kosmetik, dan produk perawatan tubuh dari berbagai merek lokal dan internasional.

  • JD Sports

JD Sports adalah salah satu marketplace yang menjual produk khusus peralatan olahraga. Jika kamu sedang mencari produk olahraga, kamu bisa mencarinya melalui JD Sports.

Jadi itulah penjelasan lengkap mengenai aplikasi marketplace terbaik di tahun 2024 ini. Selanjutnya, anda dapat membuat strategi penjualan di platform tersedia dan meningkatkan keuntungan.

Demikian penjelasan mengenai aplikasi marketplace, selain jasa ekspedisi di atas, kini ada rekomendasi layanan pengiriman terbaik untuk teman-teman yang terpercaya dan bebas hambatan.

Dengan layanan ini, teman-teman bisa mengatur orderan dengan mudah dan cepat dalam sistem yang terintegrasi langsung ke pengiriman dengan fitur pengiriman di Everpro. 

Benefit Everpro Shipping

Mari gunakan layanan Shipping Everpro dengan benefit:

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 35%
  • Gratis biaya retur paket
  • 15+ pilihan ekspedisi favorit ke seluruh Indonesia, bebas pilih!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Bebas tentukan jadwal dan lokasi penjemputan
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Tunggu apalagi? Yuk segera beralih ke layanan Everpro Shipping sekarang juga !

https://customer.everpro.id/deeplink/create-regular-order/?utm_source=direct-web&utm_medium=banner&utm_campaign=LPEVPShipping-Daftar&evp_campaign_id=MC20231002162146

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya