everpro

Asuransi Pengiriman Tokopedia: Fungsi, Ketentuan, dan Cara Klaim

Ingin pengiriman dari transaksi jual-beli online aman? Gunakan asuransi pengiriman Tokopedia! Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Dalam menjalankan aktivitas jual-beli secara online potensi kerusakan atau barang hilang dari proses pengiriman menjadi salah satu tantangan para penjual.

Begitupun dengan pembeli, tentu akan merugi jika pesanan datang dalam kondisi rusak atau bahkan hilang.

Tokopedia telah menyediakan asuransi pengiriman yang bisa menjadi solusi penanganan jika hal buruk terjadi saat proses pengiriman.

Lantas bagaimana cara menggunakan asuransi pengiriman Tokopedia?

Baca ulasan artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan penjelasan lengkapnya.

Tentang Asuransi Pengiriman Tokopedia

asuransi pengiriman tokopedia
Sumber: google.com

Melansir dari Pusat Edukasi Seller Tokopedia, asuransi pengiriman Tokopedia adalah sebuah layanan perlindungan transaksi yang terjadi di platform ini. Tokopedia saat ini telah bekerja sama dengan PT. Asuransi Tokio Marine untuk melindungi transaksi jual-beli online.

Adapun perlindungan transaksi tersebut mencakup segala proses pengiriman, mulai dari pengiriman awal (shipment), retur (return), hingga pengiriman kembali (re-shipment).

Khusus untuk pengiriman kembali atau re-shipment berlaku jika pembeli tidak menerima barang yang sesuai. Dengan menggunakan asuransi ini, baik pembeli maupun penjual akan terlindungi dari kendala proses pengiriman yang mungkin terjadi.

Berikut adalah beberapa kondisi kendala dalam proses pengiriman yang dimaksud:

  • Barang pesanan hilang secara keseluruhan.
  • Barang pesanan hilang atau rusak sebagian.
  • Sebagian maupun keseluruhan paket rusak. 

Baca juga: Tokopedia Seller: Buat Akun, Login, dan Cara Berjualan

Fungsi Menggunakan Asuransi Pengiriman

fungsi asuransi pengiriman tokopedia
Sumber: google.com

Sebagian pengguna mungkin masih berpikir apa pentingnya menggunakan asuransi pengiriman. Namun, perlu anda ketahui bahwa dengan menggunakan asuransi baik pembeli maupun penjual akan lebih terlindungi.

Karena, apabila terjadi kehilangan atau kerusakan barang saat proses pengiriman, maka akan menjadi tanggung jawab seller.

Sementara itu, tanpa adanya asuransi proses pengajuan retur bagi pembeli juga akan lebih rumit. Oleh karena itu, menggunakan asuransi sangatlah dianjurkan.

Karena fungsi utama dari asuransi pengiriman Tokopedia adalah untuk melindungi kendala atas proses pengiriman, mulai dari penanganan hingga pengembalian dana.

Lebih lanjut, mengutip dari seller.tokopedia.com, berikut adalah beberapa keuntungan dan fungsi penggunaan asuransi pengiriman Tokopedia:

  • Premi yang Lebih Murah

Keuntungan pertama yang bisa pembeli dapatkan dengan menggunakan asuransi adalah biaya yang lebih murah, yakni hanya 0,5% dari total harga barang plus ongkos kirim. Biaya asuransi tersebut juga berlaku pembulatan.

  • Dana Pertanggungan Besar

Tokopedia yang telah bekerja sama dengan PT Asuransi Tokio Marine ini, dapat memberikan ganti rugi atas barang rusak, cacat, maupun hilang sesuai dengan syarat dan ketentuan asuransi.

Adapun nominal pertanggungan yang diberikan yaitu mencapai Rp100 juta.

  • Biaya Pengembalian Gratis

Keuntungan lainnya dengan menggunakan asuransi adalah pembeli maupun penjual terbebas dari biaya pengembalian, karena asuransi telah mencakup layanan gratis untuk retur (return) dan pengiriman kembali (re-shipment).

Apa yang terjadi jika tidak menggunakan asuransi?

Apabila terjadi kerusakan atau hilang baik sebagian maupun keseluruhan, maka tentu menjadi tanggung jawab seller

Tanpa menggunakan asuransi, seller hanya menerima refund sebesar 10x ongkos kirim (maksimal Rp 1 juta) atau seharga barang, dengan ketentuan mendapatkan nominal paling rendah antara keduanya.

Sedangkan jika menggunakan asuransi, penjual akan mendapatkan refund sebesar 100% dari harga produk

Syarat dan Ketentuan

syarat dan ketentuan
Sumber: google.com

Terdapat banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan asuransi Tokopedia. Agar mempermudah penggunaan atau klaim asuransi ini, perhatikan syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.

Melansir dari tokopedia.com berikut adalah syarat dan ketentuannya:

  1. Klaim terkait pesanan yang terkendala dapat pembeli ajukan maksimal 2×24 jam setelah pesanan tiba dan berstatus Pesanan Tiba/Delivered, namun tidak bisa mengajukan klaim jika status Selesai.
  2. Premi asuransi yang pengguna bayarkan adalah 0,5% dari total harga barang plus ongkos kirim dengan pembulatan keatas. Namun, tidak ada premi tambahan jika belanja di Official Store.
  3. Asuransi pengiriman Tokopedia sepenuhnya menjadi tanggung jawab partner asuransi, sehingga penjual tidak perlu bayar premi ke partner Logistik.
  4. Partner asuransi berhak membatalkan pengajuan klaim jika terindikasi dan/atau terbukti adanya penipuan atau manipulasi data.
  5. Asuransi pengiriman tidak berlaku jika pengguna melakukan pengiriman atau pengembalian barang dengan resi terpisah untuk 1 invoice.
  6. Tidak berlaku untuk pengiriman awal menggunakan kurir instant/same day secara pribadi dan tidak tercatat sistem Tokopedia.
  7. Tidak menjamin atau tidak berlaku untuk keterangan barang yang berbeda antara invoice dan aslinya.
  8. Asuransi tidak berlaku untuk jenis makanan, minuman, dan/atau obat-obatan yang tidak dalam daftar BPOM.
  9. Asuransi tidak berlaku jika terjadi sudah ada pergantian dari kurir.
  10. Tidak berlaku untuk barang jual beli yang tidak boleh diperjual belikan di situs Tokopedia.
  11. Batas waktu pelaporan klaim awal adalah 7×24 jam, atau 3×24 jam untuk kurir instan, terhitung sejak status pesanan sampai.

Cara Menggunakan Asuransi Pengiriman Tokopedia

asuransi pengiriman tokopedia
Sumber: tokopedia.com

Untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan atas transaksi yang terjadi di platform ini, penjual sebaiknya mengaktifkan asuransi pengiriman di Tokopedia.

Mengutip dari Pusat Edukasi Seller Tokopedia, berikut adalah cara menggunakan asuransi ini bagi penjual:

  1. Masuk dan Login akun Tokopedia Seller
  2. Kemudian pilih menu Tambah Produk atau Daftar Produk jika sudah menambahkan produk
  3. Selanjutnya pada bagian Berat & Pengiriman, perhatikan kolom Asuransi Pengiriman
  4. Lalu klik Ya, dan klik Simpan

Di samping itu, pembeli juga sebaiknya menggunakan asuransi dalam setiap transaksi pembelian, dengan cara berikut ini:

  1. Pertama, klik Checkout untuk membeli barang sesuai pilihan
  2. Kemudian, di bagian bawah halaman Pengiriman klik atau centang kolom Asuransi Pengiriman 
  3. Setelah itu selesaikan pembayaran, dan barang kiriman telah mendapat asuransi

Bagi penjual, jika ada yang membeli menggunakan asuransi, maka wajib untuk menempelkan label pengiriman Tokopedia sebagai bukti barang telah mendapat asuransi.

Cara Klaim Asuransi Pengiriman Tokopedia

asuransi pengiriman tokopedia
Sumber: google.com

Melansir dari Tokopedia Care, berikut adalah cara melakukan klaim asuransi atas barang pesanan rusak fungsi maupun fisik:

  1. Pertama, cek notifikasi untuk mengisi formulir klaim barang rusak
  2. Selanjutnya, anda akan menuju halaman Pesanan Dikomplain
  3. Lalu pilih invoice pesanan yang akan anda klaim, kemudian klik Isi Form Klaim
  4. Berikutnya unggah foto KTP asli dengan cara klik Upload Foto KTP kemudian klik Upload Sekarang
  5. Kemudian ceritakan alur kejadian minimal 30 karakter terkait penerimaan barang rusak, lalu klik Lanjut
  6. Setelah itu bisa juga mengunggah bukti tambahan untuk memperkuat pengajuan, klik Upload Bukti dan tambahkan informasi (jika perlu)
  7. Lalu klik Ajukan Klaim, dan klik Lanjutkan Ajukan Klaim untuk mengkonfirmasi data klaim
  8. Setelah berhasil mengajukan klaim, tunggu status pengajuan klaim menjadi Selesai, klik Selengkapnya untuk pengecekan berkala
  9. Jika pengajuan klaim selesai, maka akan menerima pengembalian dana ke saldo refund atau limit kredit sesuai metode pembayaran sebelumnya

Baca juga: Biaya Admin Tokopedia Seller Info Terbaru 2023, Simak!

Demikian penjelasan mengenai asuransi pengiriman Tokopedia yang berguna agar belanja online menjadi lebih aman dan nyaman.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya