Auto Text WhatsApp: Pengertian, Keuntungan & Cara Membuat

Penasaran sama fitur auto text dari WhatsApp? yuk, simak artikel ini untuk mengetahui ulasan lengkap seputar fitur auto text dari WhatsApp hanya di bawah ini!

Menurut data yang dikumpulkan oleh Business of Apps total pengguna dari aplikasi WhatsApp di seluruh dunia mencapai 2,45 miliar orang hingga kuartal I/2023.

Hal ini menunjukan jika WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk segala hal tak terkecuali untuk bisnis.

Karena hal tersebut banyak bisnis atau perusahaan yang menggunakan WhatsApp untuk memberikan informasi dan juga menjalin hubungan dengan para pelanggannya.

Dengan melakukan ini bisnis atau brand ini dapat meningkatkan brand awareness kepada pelanggan yang nantinya dapat meingkatkan konversi dari para pelanggannya.

Nah, salah satu cara yang dilakukan oleh beberapa brand besar adalah menggunakan fitur auto text dari WhatsApp. Cara ini sangat membantu bisnis atau brand untuk mengelola komunikasi mereka kepada pelanggan.

Tapi apa fitur auto text dari WhatsApp? dan mengapa banyak brand menggunakan fitur ini untuk mengembangkan bisnisnya? Pada artikel ini kami akan mencoba untuk mengulasnya secara lengkap spesial untuk kamu!

Baca juga: WhatsApp Business, Cocok untuk Pebisnis Kecil

Pengertian Auto Text WhatsApp

auto text whatsapp
Sumber: google.com,

Auto Text merupakan fitur yang ada di aplikasi bertukar pesan WhatsApp. Fitur ini umumnya digunakan untuk bisnis atau brand untuk berinteraksi dengan pelanggan tanpa ribet karena sudah otomatis.

Nah, untuk menggunakan fitur ini pemilik bisnis harus menggunakan fitur Auto Chat terlebih dahulu pada WhatsApp.

Auto Chat merupakan fitur WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk menghubungi kamu tanpa perlu menyimpan kontak bisnis kamu. Mereka hanya perlu mengunjungi link yang sudah kam buat.

Jika mereka mengunjungi link tersebut, kamu dapat memasukkan beberapa pesan otomatis di dalamnya untuk mempercepat dan memudahkan interaksi kamu dengan pelanggan.

Pesan otomatis inilah yang bernama Auto Text. Namun, bagaimana sih cara

? Eitss, nanti dulu, ada beberapa hal yang harus kamu tahu dulu nih soal keuntungan dari fitur ini.

Keuntungan Auto Text WhatsApp

Ternyata ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan fitur ini untuk bisnis yang kamu jalani, lho. Apa aja sih keuntungannya? Berikut adalah beberapa keuntungannya:

  • Membuat Hubungan dengan Pelanggan Terjamin

Lalu. dengan menggunakan beberapa fitur ini, bisnis yang kamu kembangkan dapat memiliki nilai dan kredibilitas yang baik di mata pelanggan. Dengan begitu, pelanggan dapat lebih percaya dengan brand atau bisnis kamu.

  • Media Komunikasi yang Lebih Aman dan Nyaman

Dengan menggunakan fitur ini kamu tidak harus melakukan kontak langsung dengan pelanggan. Kamu bisa dibantu dengan pesan otomatis yang membuat komunikasi yang lebih aman dan nyaman.

  • Menjadi Media Komunikasi Interaktif 

Dengan fitur auto text di WhatsApp ini juga membuat komunikasi berjalan interaktif. Kamu bisa berinteraksi langsung yang mana dapat pelanggan balas begitu pun sebaliknya.

Hal ini dapat meningkatkan kualitas layanan pelanggan dari bisnis yang kamu jalani kepada pelanggan kamu.

  • Mengirim Pesan dengan Cepat

Keuntungan selanjutnya adalah kamu bisa mengirim pesan dengan cepat menggunakan fitur ini. Dengan begitu, kamu bisa melakukan hal lainnya tanpa harus memantau handphone.

  • Mudah Melayani Pelanggan

Dengan fitur ini juga semakin memudahkan kamu sebagai pebisnis karena kamu tidak harus terus-terusan memegang hape dan membalas pesan dari pelanggan.

Fitur ini dapat membantu kamu untuk membalas pesan yang masuk dari pelanggan kamu. Bahkan, fitur ini bisa membalas pesan selama 24 jam selama seminggu, lho. Canggih kan?

  • Efektif

Dengan menggunakan fitur auto text ini kamu bisa lebih efektif dalam menjalankan bisnis kamu. Dengan begitu kamu bisa melakukan hal lain secara bersamaan tanpa perlu memikirkan pesan dari pelanggan karena sudah menggunakan fitur pesan otomatis.

  • Dapat Terintegrasi dengan Aplikasi Lain

Selanjutnya fitur ini juga dapat terintegrasi dengan aplikasi lainnya. Dengan begitu, akan mempermudah penilaian kinerja SDM secara real dan benar.

  • Dapat Menjadi Sarana Survey Loyalitas Customer

Kemudian, dengan menggunakan fitur ini juga kamu dapat berguna sebagai sarana surver loyalitas pelanggan. Dengan begitu kamu bisa menyusun strategi atau mengevaluasi kinerja pelayanan dengan lebih baik.

Baca juga: Jasa WhatsApp Blast yang Baik dan Aman untuk Bisnis Anda!

Cara Membuat Link Auto Chat WhatsApp

Nah, setelah mengetahui pengertian dan keunggulan fitur dari WhatsApp yang bisa membantu dan memudahkan bisnis, mari kita bahas bagaimana cara membuat link auto chat WhatsApp dengan mudah.

Penasaran bagaimana caranya? caranya adalah dengan menggunakan format link https://wa.me/[nomor]. Pada nomor tersebut dapat kamu isikan dengan nomor kamu atau bisnis kamu.

Nomor harus kamu tulis dengan menghilangkan angka 0 (nol), tanda plus, tanda kurung, atau tanda (-). Nomor telepon juga harus diawali dengan kode internasioanl sebagai pengganti 0.

Berikut adalah contohnya:

Jika nomor telepon kamu adalah 085632330987, maka penulisan nomor pada link tersebut adalah 6285632330987. Kode internasioanl di depan adalah 62 yang merupakan kode nomor telepon Indonesia.

Hasilnya untuk link yang kamu buat dengan nomor di atas adalah seperti ini: https://wa.me/6285632330987.

Cara Membuat Auto Text WhatsApp

Nah, kalau sebelumnya adalah cara membuat link auto chat pada WhatsApp, kali ini kami akan memberikan cara membuat pesan auto text WhatsApp dengan mudah.

Berikut adalah langkah-langkah membuat link pesan auto text WhatsApp:

  • Membuat link auto chat WhatsApp dengan cara yang sudah kami jelaskan di atas.
  • Menyiapkan teks dengan URL yang ingin kamu munculkan secara otomatis. Untuk membuatnya kamu harus memasukkan beberapa kode penting ke dalam pesan. berikut beberapa kodenya : &text untuk menambahkan teks pada link WhatsApp
    %20 untuk menambahkan spasi dalam teks
    %0A untuk menambahkan ganti baris/enter pada teks.
    %2C untuk menambahkan koma pada teks. Contoh: Saya ingin mengetahui rincian harga Teks dengan URL: Saya%2C%20ingin%20mengetahui%20rincian%20harga%20produk%201
  • Jika kamu kesulitan dalam memasukkan kode-kode penting di atas kamu dapat menggunakan website berikut https://urldecode.org/. Website tersebut dapat mengubah format teks ke dalam bentuk kode.
  • Selanjutnya, gunakan format https://wa.me/[nomor]?text=[teks dengan URL]. Teks dengan URL berisi pesan yang dibuat pada poin ke 3.
  • Hasilnya akan seperti ini: https://wa.me/6285632330987?text=Halo%2C%20saya%20ingin%20memesan%20produk%20nomor%201

Demikianlah akhir dari artikel seputar fitur auto text di WhatsApp. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menggunakan fitur ini untuk mengembangkan bisnis.

Share artikel ini ke media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Kalo kamu ga ingin ribet membuat pesan automasi sendiri, mendingan pake layanan Everpro Funnel aja! layanan Funnel dari Everpro mempunyai fitur custom keyboard yang bisa bantuin kamu dalam hal melayani pelanggan dan balas chat dengan cepat!

Apa aja keunggulan dari fitur custom keyboard untuk bisnis kamu? Ini dia beberapa keuntungannya!

Benefit Everpro Funnel Custom Keyboard

  • Cek Ongkir dengan mudah
  • Lacak Pesanan dengan mudah
  • Quick Reply
  • Label Pelanggan setiap sesi chat berakhir

Tingkatkan kepuasan pelanggan dan buat kerja CS lebih efisien dengan 1 keyboard yang mempermudah segalanya!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya
Menu
© 2024 Everpro by Evermos.