Sebagai penjual online, pernahkah kamu menerima komplain pelanggan mengenai barang rusak saat pengiriman? Situasi ini tentu bikin kamu khawatir dan kebingungan.Â
Pasalnya, tak jarang toko online yang dapat komplain kerusakan barang, padahal sudah dikemas dengan baik. Akibatnya, justru berimbas ke rating dan review buruk.Â
Sebenarnya siapa sih yang bertanggung jawab terhadap barang yang rusak saat pengiriman? Untuk tahu jawabannya serta solusi dan cara mengantisipasinya, yuk simak artikel ini!
Siapa yang Bertanggung Jawab Terhadap Barang Rusak Saat Pengiriman?
Secara umum, barang rusak saat pengiriman sebetulnya jadi tanggung jawab pihak ekspedisi, khususnya kurir serta pengangkut paket. Namun, tidak menutup kemungkinan kerusakan ini juga tanggung jawab penjual atau konsumen. Berikut penjelasannya:
1. Tanggung Jawab Ekspedisi
Selama pengiriman, kurir dan pengangkut harus menangani paket dengan baik, alasan tidak kasar, seperti membanting, melempar, atau menjatuhkan paket secara sengaja.Â
Selain itu, kerusakan akibat kecelakaan selama pengiriman yang melibatkan kurir juga jadi tanggung jawab ekspedisi.Â
2. Tanggung Jawab Penjual
Ketika barang yang dikirim merupakan barang pecah belah, barang penting, atau yang rentan patah, namun tidak dikemas dengan kokoh, maka penjual juga bertanggung jawab atas kerusakan barang.Â
3. Tanggung Jawab Pelanggan
Pelanggan juga bertanggung jawab untuk mendokumentasikan kerusakan, bahkan dari awal paket dibuka hingga selesai, sebagai bukti yang kuat untuk pengaduan. Â
Dampak Barang Rusak Saat Pengiriman Terhadap BisnisÂ
Meskipun sebagian besar kasus kerusakan barang saat pengiriman adalah tanggung jawab ekspedisi, namun tak jarang bisnis juga terdampak negatif, diantaranya:
-
Kerugian FinansialÂ
Kalau penyebab utamanya karena sebagai penjual kamu tidak mengemas barang dengan kokoh dan kurang mempertimbangkan jenis barang, maka sebagai penjual kamu bisa aja jadi bertanggung jawab penuh terhadap kerusakan.Â
Tentu ini akan menimbulkan kerugian finansial. Kamu harus mengeluarkan biaya ganti rugi sesuai harga barang dan membayar biaya pengiriman.Â
-
Merusak Reputasi BisnisÂ
Tak jarang juga barang rusak saat pengiriman meninggalkan ulasan dan rating rendah dari pelanggan. Padahal, bisa aja penyebab utamanya memang karena kurir ekspedisi.Â
Biasanya, pelanggan akan meninggalkan ulasan kekecewaan di toko online kamu. Tentu ini bakal merusak reputasi bisnis kamu di mata target pasar.Â
-
Kehilangan Kepercayaan Pelanggan
Bukan cuma kehilangan kepercayaan pelanggan, ulasan dan rating rendah juga bisa berdampak pada kehilangan kepercayaan calon pelanggan.Â
Mereka jadi berpikir dua kali untuk order di toko kamu karena khawatir keselamatan paket saat pengiriman. Termasuk karena pengemasan yang kurang kuat dan kokoh.
Cara Mengajukan Barang Rusak Saat PengirimanÂ
Lalu, bagaimana cara mengatasi barang rusak saat pengiriman? Sebagai penjual, kamu bisa bantu pelanggan untuk memproses pengajuan klaim dengan cara berikut:
1. Pahami Kebijakan Pengajuan Klaim Kerusakan
Pertama, kamu harus pahami kebijakan klaim dari jasa kirim yang dipakai, mulai dari batas waktu pelaporan, melapor kemana, dan jenis kerusakan yang bisa diklaim.Â
Pahami juga kenapa barang bisa rusak saat pengiriman. Apakah benar karena proses pengiriman yang lalai dari ekspedisi, atau karena kemasan yang tidak aman dan kokoh?Â
2. Minta Pelanggan Mendokumentasikan Kerusakan
Sebelum barang dikirim ke pelanggan, kamu bisa minta pelanggan untuk mendokumentasikan paket saat sampai ke alamat, seperti video unboxing dari awal sampai akhir.Â
Sehingga, ketika barang ditemukan rusak, pelanggan ada bukti kuat yang bisa memudahkan pengajuan klaim ke pihak ekspedisi.Â
3. Kumpulkan Bukti Tambahan Sebagai Pendukung
Minta juga pelanggan untuk melampirkan bukti-bukti pendukung, seperti kondisi barang saat diterima, foto kemasan luar dan label pengiriman, bukti pembayaran, dan resi pengiriman.
Sebagai penjual, kamu juga bisa bantu menyertakan foto sebelum barang dikirim dan video pengemasan paket. Ini untuk memperkuat bukti ke pihak ekspedisi.Â
4. Menghubungi Layanan Pelanggan Ekspedisi
Selanjutnya, pelanggan perlu hubungi layanan pelanggan ekspedisi terkait. Sampaikan keluhan barang yang rusak saat pengiriman dan sertakan bukti-bukti di atas. Pihak ekspdisi biasanya akan langsung menanggapi keluhan pelanggan.Â
5. Ajukan Klaim Kerusakan BarangÂ
Setelah pengajuan kerusakan barang saat pengiriman diterima oleh layanan ekspedisi, pelanggan akan diminta untuk mengisi formulir online.Â
Selain itu, tetap ikuti prosedur klaim dari pihak ekspedisi. Untuk menjaga reputasi bisnis, kamu bisa membantu pelanggan hingga masalah ini teratasi dengan baik.
7. Pantau Status Klaim Sampai Selesai
Terakhir, tinggal pantau status klaim sampai berhasil. Jika pengajuan klaim diterima pihak ekspedisi, maka pelanggan akan mendapat ganti rugi dari ekspedisi berupa dana.
Artinya, sebagai penjual kamu tidak perlu mengeluarakan uang untuk ganti rugi.Â
Tips Pebisnis Mengantisipasi Barang Rusak Saat Pengiriman
Meskipun barang rusak saat pengiriman umumnya tanggung jawab ekspedisi, namun karena bisa berdampak buruk ke bisnis, berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi:
-
Pastikan Kemasan Sudah Kuat dan Aman
Kemasan barang sangat menentukan apakah paket akan aman diperjalanan atau sebaliknya. Karena itu, saat orderan masuk, pastikan kamu mengemas paketnya sebaik mungkin.Â
Gunakan kardus yang kuat dan kokoh, serta jangan sisakan banyak ruang di kemasan paket. Sebelum masuk ke kardus, kamu bisa lindungi barang dengan buble wrap terlebih dahulu.Â
-
Pilih Jasa Ekspedisi yang TepatÂ
Memilih jasa ekspedisi yang berkualitas juga penting banget, karena mereka punya kurir yang profesional dan tahu bagaimana memperlakukan barang dengan benar.Â
Jadi barang pelanggan tidak akan dibanting, dilempar, atau diperlakukan kasar secara sengaja selama proses pengantaran ke alamat tujuan.Â
-
Gunakan Asuransi PengirimanÂ
Untuk kirim barang-barang bernilai tinggi, pecah belah, elektronik, dan barang penting lainnya, sangat disarankan untuk pakai asuransi pengiriman.Â
Kamu bisa menawarkan asuransi ini ke pelanggan sebelum mereka transaksi ke bisnis kamu. Sehingga, jika terjadi kerusakan saat pengiriman, proses klaim jadi lebih mudah dan cepat.Â
-
Manfaatkan Sistem Pelacakan dan KomunikasiÂ
Manfaatkan sistem pelacakan paket untuk tahu udah sampai mana barang diantar, termasuk saat paket tidak bergerak. Makin lama barang diperjalanan, makin rentan rusak.Â
Sebagai penjual, kamu bisa terus berkomunikasi dengan pelanggan dan ekspedisi selama paket masih diperjalanan dan belum sampai ke alamat tujuan.
Apa Cara Efektif yang Bisa Saya Lakukan Ketika Barang Rusak Saat Pengiriman?Â
Selain tips antisipasi di atas, untu mencegah hal ini ke depannya, kamu juga bisa percayakan pengiriman paket bisnismu dengan pihak ketiga yang udah terintegrasi dengan banyak ekspedisi terbaik di Indonesia, yaitu Everpro Shipping!
Everpro Shipping dibuat khusus untuk bisnis online dengan menyediakan 15+ kurir ekspedisi, mulai dari JNE, JNT, Indah Kargo, IDExpress, Ninja Express, dan banyak lagi.Â
Bersama ekspedisi terbaik dan berkualitas ini, Everpro Shipping akan menjamin pengiriman paket yang aman dan selamat sampai ke alamat pelanggan.Â
Everpro Shipping Solusi Kirim Paket yang Terjamin Aman Sampai Tujuan
Barang rusak saat pengiriman tentu jadi mimpi buruk, baik bagi penjual maupun pembeli. Nah, itulah pentingnya pakai Everpro Shipping. Selain pilihan kurir yang banyak, berikut ini beberapa fitur dan keunggulan lainnya yang bisa kamu nikmati:
- Semua proses pengiriman paket dari awal sampai akhir cukup dilakukan di satu dashboard terintegrasi.Â
- Bisa cek tingkat keberhasilan kurir dan ketepatan waktu kurir untuk wilayan pengiriman kamu.Â
- Bisa jemput paket ke alamat penjual tanpa minimum jumlah dan berat barang dengan layanan pick up.Â
- Dana COD cair otomatis ke saldo penjual 1×24 jam setelah paket diterima pelanggan.Â
- Bisa kirim dan kelola hingga ratusan paket hanya dalam satu kali transaksi.Â
- Bisa akses data pengiriman dan data pelanggan yang lengkap lewat satu dashboard aja.Â
- Manajemen tiket dan klaim yang mudah.Â
- Bisa cek ongkir dengan praktis dan punya banyak cashback yang menguntungkan.
Bayangkan, semuanya bisa kamu nikmati cuma pakai satu aplikasi, tanpa khawatir lagi barang rusak saat pengiriman termasuk karena kelalaian ekspedisi.
 Karena itu, tunggu apa lagi, yuk daftar dan berlangganan di Everpro sekarang juga!