everpro

8 Cara Mudah Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Kamu mau mendalami ilmu digital marketing tapi bingung harus mulai dari mana? Don’t worry, artikel ini bakal kasih kamu cara mudah belajar digital marketing untuk pemula!

As you know yaa, digital marketing tuh sekarang udah jadi ilmu yang penting banget, nggak cuma karena prospek karirnya aja tapi juga untuk ningkatin penjualan bisnis UMKM sampai bisnis gede.

Nah, untuk ahli di bidang digital marketing ini, kamu nggak harus belajar lagi di perguruan tinggi. Karena ada banyak cara buat belajar digital marketi sekalipun kamu adalah pemula.

Yuk, simak beberapa cara dan tips nya berikut ini!

Baca Juga: Upgrade Skill! 7 Layanan Kelas Digital Marketing Termurah

Jenis-jenis Digital Marketing

belajar digital marketing
Sumber. Freepik.com

Kamu tahu nggak sih, bahwa ternyata digital marketing itu ilmu yang luas banget. Ada banyak spesialisasi digital marketing yang bisa kamu pelajari, berikut diantaranya:

1. Search Engine Optimization (SEO), yaitu tentang optimasi website agar muncul di halaman pertama Google secara content dan technical.

2. Search Engine Marketing (SEM), mulai dari menjalankan campaign iklan di Google Ads dan platform lainnya.

3. Social Media Marketing, mampu membuat konten yang menarik dan engaging untuk media sosial, serta mampu menganalisis data dan mengelola campaign media sosial.

4. Email Marketing, mampu membuat email yang menarik dan efektif, serta mampu menganalisis data dan mengelola campaign email marketing.

5. Content Marketing, mampu membuat konten yang menarik dan informatif, serta mampu mendistribusikan konten tersebut sesuai platform bisa lewat media sosial dan media online yang tujuanya untuk brand awareness ataupun conversion .

6. Google Analytics, dimana mampu menganalisis data website dan campaign marketing untuk mendapatkan insights dan membuat keputusan yang tepat.

7. Web Development, memiliki pengetahuan dasar tentang web development untuk dapat membuat website dan landing page yang simple.

Baca Juga : Ketahui! 12 Penyebab Kenapa Iklan Google Ads Tidak Muncul

Cara Belajar Digital Marketing untuk Pemula

belajar digital marketing
Sumber. Freepik.com

1. Pahami Digital Marketing Fundamental

Sama kaya bangun rumah, fondasi itu penting banget! Gitu juga kalau kamu mau belajar digital marketing. Jadi, kamu harus pahami dasar-dasar digital marketing dulu.

Mulai dari pembagian ilmu digital marketing, kayak SEO, SEM, FB Ads, Social Media Marketing, Email Marketing, Content Marketing, dan lain-lain.

Pilih sumber pembelajaran yang lengkap dan terpercaya. Kamu bisa belajar lewat YouTube, blog, website, atau ikut kelas digital marketing.

2. Pahami Digital Marketing Funnel

Digital marketing funnel adalah tahapan perjalanan konsumen mulai dari pertama kali kenal sampai beli suatu produk/jasa.

Nah, marketing funnel ini juga termasuk ilmu dasar yang harus kamu pahami, terutama supaya bisa nentuin strategi marketing yang tepat untuk bisnis.

Setidaknya ada 5 tahapan di marketing funnel, mulai dari awareness, consideration, conversion, retention, sampai advocacy.

3. Ketahui Channel dan Metrik di Digital Marketing

Channel digital marketing adalah platform yang digunakan untuk menjangkau target konsumen, contohnya Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, SEO, Paid Ads dan Email marketing.

Sedangkan metrik adalah alat untuk ngukur keberhasilan strategi digital marketing.

Contoh metrik yaitu ada Engagement Rate (ER) untuk mengukur jumlah orang yang melakukan berinteraksi dengan konten yang biasanya digunakan di patform sosial media.

Impression adalah jumlah tayangan konten Kamu muncul di beranda target audiens yang sesuai.

4. Kemampuan Copywriting

Copywriting adalah seni menulis konten yang menarik dan persuasif yang tujuannya adalah pembelian.

Kemampuan copywriting penting untuk membuat konten yang dapat menjual dan menarik perhatian target konsumen agar mendorong mereka untuk melakukan tindakan.

5. Kemampuan Riset Pasar dan Riset Kompetitor 

Riset pasar tuh penting banget untuk memulai strategi digital marketing. Dengan riset pasar, kamu juga bisa analisis target konsumen kamu termasuk karakteristik dan kebiasaan mereka.

Nggak cuma riset target pasar, riset kompetitor juga nggak kalah penting. Tujuannya ya pastinya supaya bisnis kamu nggak kalah saing sama bisnis lain yang nawarin produk atau jasa yang sama.

6. Kuasai Beberapa Tools Digital Marketing

Tools digital marketing membantu kamu untuk melakukan berbagai tugas seperti membuat konten, menganalisis data, dan mengelola campaign.

Beberapa  tools yang harus menguasai Facebook Ads Manager untuk membuat dan mengelola campaign iklan di Facebook.

7. Lakukan Praktik Langsung

Emang nggak salah lagi, kalau pengen ahli di digital marketing nggak bisa cuma belajar aja, tapi harus praktik langsung. Kamu bisa coba strategi dan teknik marketing buat tahu mana yang efektif.

Contohnya bikin blog dan tulis konten yang menarik sesuai niche yang kamu sukai dan kuasai.

8. Ketahui Pembaharuan Algoritma

Algoritma di beberapa platform digital marketing selalu berubah. Algoritma adalah serangkaian langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang user cari.

Jadi kamu perlu mengikuti perkembangan terbaru agar strategi marketing yang digunakan relevan.

Contohnya algoritma Google tentang kriteria artikel yang dapat muncul di halaman pertama Google harus seperti apa, begitu juga dengan algoritma social media.

Baca Juga: Cara Setelan Iklan Akun Google Search, Pemula Wajib Tahu!

Tips Belajar Digital Marketing yang Efektif

belajar digital marketing
Sumber. Freepik.com

Berikut ini tips ampuh yang bisa kamu lakukan ketika akan atau sedang belajar digital marketing :

  • Mulailah belajar dari dari yang kecil jangan langsung mencoba semua strategi digital marketing. Fokuslah pada beberapa strategi yang paling sesuai dengan tujuan marketing.
  • Praktek adalah kunci utama untuk bisa menguasai bidang ini. Terapkan apa yang Kamu pelajari dan terus bereksperimen untuk menemukan strategi yang paling efektif.
  • Jangan mudah menyerah, belajar digital marketing membutuhkan waktu dan usaha untuk menguasainya.
  • Tetap up-to-date dengan mengikuti trend terbaru dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan bisa lewat course atau bootcamp jika diperlukan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Iklan di Facebook Tanpa Kartu Kredit? Ini Jawabannya!

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, Kamu dapat belajar digital marketing dan meningkatkan kemampuan  untuk memulai karir ataupun untuk mempraktekannya pada bisnis yang Kamu punya.

Jika untuk keperluan praktik pasang iklan lewat Facebook dan TikTok Ads bisa banget coba program kelas Everpro Academy.

Kamu akan dapat mentor dari para ahli yang sudah bekerja 10 tahun lebih di bidang digital marketing dan dapatkan keuntungan lainnya.

Benefit Program Everpro Academy

  • Promo Spesial Hanya  Rp 250.000/ 3 Bulan 
  • Belajar dengan Ahli Profesional 
  • Lifetime Akses Ke 50+ Video Materi Pembelajaran
  • 70% Praktik Iklan Langsung
  • Akses Eksklusif Produk Bermargin Tebal
  • Gabung Komunitas Belajar Suportif

Bergabunglah dengan Everpro Academy dan Jadilah Digital Marketer Profesional Sekarang!

DAFTAR SEKARANG

Picture of Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya