everpro

Belajar TikTok Ads di Everpro Academy Untuk Pemula

Tingkatkan peluang sukses bisnis di TikTok Shop dengan mempelajari panduan basic belajar TikTok Ads untuk pemula!

Sejak lima tahun terakhir, TikTok telah menjadi aplikasi yang booming dan banyak digunakan.

Berbagai macam konten video pendek, mulai dari tren hingga challenge viral, meramaikan platform ini, diiringi dengan backsound music yang menarik.

Tidak hanya fokus pada hiburan, TikTok juga melakukan beberapa perubahan, seperti menghadirkan fitur jual beli yang mirip dengan e-commerce dan marketplace.

Karena hal tersebut, semakin menarik banyak orang untuk menggunakan aplikasi ini.

Menyadari tingginya minat pengguna, TikTok pun membuka layanan iklan sendiri yang dinamakan TikTok Ads.

Layanan ini bertujuan untuk mendukung kegiatan penjualan bagi akun online shop yang membuka tokonya di TikTok.

Bagi para penjuak online shop yang berjualan di TikTok Shop namun masih awam dengan TikTok Ads, artikel ini akan memberikan informasi terkait panduan basic belajar TikTok Ads yang cocok untuk pemula.

Baca Juga : Ini Dia Pelatihan TikTok Ads yang Wajib Diikuti Pengusaha Masa Kini

Apa itu TikTok Ads?

belajar tiktok ads
Sumber. Google.com/bersosial

TikTok Ads adalah platform iklan yang disediakan oleh TikTok untuk membantu bisnis dan individu menjangkau target audience mereka dengan lebih efektif.

Platform ini menawarkan berbagai jenis iklan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan Kamu beriklan.

Manfaat TikTok Ads 

TikTok Ads ternyata tidak hanya memiliki manfaat bagi penjual tapi bisa juga untuk para konten kreator.

Dengan menggunakan platform ini, Kamu dapat mencapai tujuan bisnis dan kreatif  dengan lebih efektif seperti berikut ini : 

Manfaat TikTok Ads Bagi Penjual atau Online Shop

  • Bisa meningkatkan penjualan karena dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli dan mendorong konversi.
  • Membangun Brand Awareness agar meningkatkan kesadaran merek dan reputasi di TikTok.
  • Menargetkan audiens yang tepat untuk menjangkau audiens yang ideal berdasarkan minat, demografi, dan perilaku.
  • Meningkatkan traffic website dengan mengarahkan kunjungan ke website atau toko online melalui link yang disematkan dengan CTA (Call to Action).
  • Mampu mengukur dan menganalisis performa iklan untuk optimasi ke depannya.

Manfaat TikTok Ads Bagi Konten Kreator

  • Bisa menjangkau lebih banyak pengguna dan meningkatkan jumlah pengikut.
  • Meningkatkan engagement pengguna lain dengan konten Kamu dan membangun komunitas.
  • Mendapatkan penghasilan dengan memonetisasi  Akun TikTok melalui program TikTok Ads.
  • Membangun kredibilitas dan reputasi sebagai kreator konten yang profesional.
  • Mendapatkan peluang untuk berkolaborasi dengan Brand ternama karena jumlah followersnya banyak.

Jenis-Jenis Iklan TikTok Ads dan Fungsinya

belajar tiktok ads
Sumber. TikTok.com

TikTok Ads menawarkan berbagai jenis iklan yang dapat Kamu gunakan untuk mencapai tujuan marketing bisnis.

Setiap jenis iklan memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis iklan TikTok Ads yang populer beserta fungsinya:

1. Top View

Jenis iklan yang pertama adalah Top View dimana bentuk iklannya berupa video layar penuh yang muncul selama 3-5 detik ketika pengguna membuka aplikasi TikTok.

Fungsi jenis iklan ini untuk meningkatkan brand awareness dan menjangkau target audience yang luas, contohnya iklan produk jasa dari Grab Indonesia.

2. In-Feed Ads

Jenis iklan yang kedua adalah In-Feed Ads yang bentuk iklannya berupa video yang muncul di antara video organik di FYP (For You Page)  pengguna.

Fungsi iklan ini untuk meningkatkan brand awareness, mendorong konversi, dan menjangkau target audience yang spesifik.

Contohnya iklan produk Samsung yang menggunakan CTA (Call to Action) untuk mengunjungi website toko online.

3. Spark Ads

Jenis iklan yang ketiga adalah Spark Ads yang bentuk iklannya yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan konten organik dari brand yang beriklan tersebut.

Fungsi iklan ini untuk meningkatkan engagement atau interaksi, mendorong UGC (User Generated Content), dan meningkatkan brand awareness.

Contohnya iklan challenge dance dengan hashtag khusus seperti iklan Susu Frisian Flag x Eka Gustiwana untuk produk minuman.

4. Branded Effects

Terakhir adalah iklan Branded Effect dimana bentuknya bisa berupa  filter, dan efek AR (Augmented Reality) yang dapat digunakan pengguna saat membuat video TikTok dengan versi TikTok terbaru.

Fungsinya untuk meningkatkan brand awareness, mendorong engagement, dan membuat konten yang menarik dan interaktif.

Contohnya filter bertema produk lipstik kosmetik dari Brand Maybelline yang dapat dicoba pengguna secara virtual.

Struktur Iklan TikTok Ads

belajar tiktok ads
Sumber. Tiktok.co.id

Setelah mengetahui jenis-jenis iklan Kamu perlu tahu struktur TikTok Ads untuk bisa membuat iklan yang sukses. Struktur TikTok Ads memiliki tiga bagian yaitu sebagai berikut:

1. Kampanye (Campaign)

Struktur TikTik Ads pada tingkatan paling atas adalah Campaign. Pada bagian Campaign ini mewakili tujuan dan anggaran keseluruhan dari iklan yang Kamu buat.

Contohnya Kamu beriklan untuk  berbagai tujuan seperti meningkatkan brand awareness, mendorong konversi, atau meningkatkan traffic ke website.

Kamu juga bisa mengatur anggaran yang dikeluarkan untuk iklan di campaign ini bisa secara harian atau tanpa batas. Dalam satu campaign Kamu bisa membuat beberapa grup iklan.

2. Grup Iklan (Ad Group)

Kemudian turun di bawah Campaign ada yang namanya Ad Group.

Pada bagian ini Kamu bisa mengatur penempatan iklan, target audien, jadwal publish dan penawaran untuk setiap grup iklan di tingkat grup iklan.

Kamu dapat membuat beberapa Grup Iklan dalam satu Campaign untuk menargetkan audiens yang berbeda atau menguji strategi bidding yang berbeda.

3. Iklan (Ads)

Barulah dibagain terakhir setelah Ad Group adalah jenis iklannya atau disebut juga Ads.

Pada bagian ini adalah untuk membuat atau mengupload konten kreatif iklan sesuai yang sudah Kamu siapkan sebelumnya.

Kamu dapat membuat beberapa Iklan dalam satu Grup Iklan untuk menguji format iklan yang berbeda dengan A/B testing agar tahu mana yang lebih sesuai dengan jenis iklan beserta tujuannya.

Demikianlah panduan basic untuk belajar TikTok Ads untuk pemula yang belum mengetahui terkait mekanismenya.

Agar lebih lengkap lagi pengetahuanmu tentang TikTok Ads bisa banget buat coba program Everpro Academy yang akan membantu Kamu belajar dari para ahli di bidang digital marketing yang punya pengalaman lebih dari 10 tahun.

Benefit Everpro Academy

  • Belajar dengan Ahli Profesional
  • Lifetime Akses Ke 50+ Video Materi Pembelajaran
  • 70% Praktis Iklan Langsung
  • Akses Eksklusif Produk Bermargin Tebal
  • Gabung Komunitas Belajar Suportif

Bergabunglah dengan Everpro Academy dan jadilah master TikTok Ads Sekarang!

DAFTAR SEKARANG

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya