Berapa Biaya Iklan Google Ads per Rupiah? Temukan Jawabannya!

Mempromosikan sebuah produk pastinya memerlukan biaya terutama jika menggunakan jasa Google ads pastinya perlu biaya iklan google ads yang harus di siapkan. Namun harus di ketahui ternyata hitungan biaya iklan di google ads sangat terjangkau.

Meskipun tak semua tau tentang pembayaran iklan, namun di sini akan di bahas secara lengkap, yuk simak informasinya di bawah ini.

Baca juga: Inspiratif! Inilah 10 Contoh Iklan Penawaran Jasa yang Efektif

Apa itu Google ads?

biaya iklan google ads
Sumber: google.com

Google Ads adalah platform periklanan online dari Google yang memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian Google, di situs web yang telah bermitra dengan Google, dan di aplikasi seluler. Iklan yang di tampilkan di Google ads adalah iklan PPC (pay-per-click), yang berarti bahwa pengiklan hanya membayar ketika seseorang mengklik iklan mereka.

Biaya iklan Google ads bervariasi tergantung pada banyak faktor, termasuk kata kunci yang di pilih, target geografis, dan saingan yang membidik kata kunci yang sama. Pengiklan dapat menentukan anggaran harian atau bulanan dan menyesuaikan tawaran mereka untuk menentukan seberapa sering iklan mereka di tampilkan.

Berapa Biaya Google Ads?

Biaya Google Ads bervariasi karena Google menggunakan sistem lelang. Anda perlu mengoptimalkan iklan Anda agar muncul di unit iklan yang paling hemat biaya. Di Indonesia, biaya klik mulai 800 rupiah untuk search, 150 rupiah untuk display dan 30 rupiah per view untuk video.

Namun sebagai pengiklan, Anda memiliki kendali atas anggaran iklan harian Anda dan jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar per klik. Apabila Anda menawar terlalu rendah, misalnya 100 rupiah per klik, iklan Anda kemungkinan tidak akan tampil meskipun sistem menerima tawaran Anda, karena secara keseluruhan iklan Anda di anggap memiliki Peringkat Iklan yang sangat rendah.

Sebagai pengguna iklan Google Anda, Anda harus dapat menentukan tingkat di mana biaya iklan Anda cukup untuk menghasilkan keuntungan.

Bagaimana Cara Perhitungan Biaya Iklan Google Ads?

Biaya iklan Google ads di hitung berdasarkan sistem lelang online yang kompleks. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi biaya iklan Google ads, antara lain:

Tawaran

Pengiklan menentukan tawaran mereka untuk kata kunci atau kelompok iklan mereka. Semakin tinggi tawaran, semakin besar kemungkinan iklan mereka untuk muncul di hasil pencarian.

Kualitas Iklan

Google menggunakan skor kualitas untuk menentukan seberapa baik iklan dan halaman arahan (landing page) sesuai dengan kata kunci dan relevan untuk pengguna. Semakin baik kualitas iklan, semakin rendah biaya per klik (CPC).

Tingkat Persaingan

Jika ada banyak pengiklan yang menargetkan kata kunci yang sama, biaya per klik dapat lebih tinggi karena persaingan yang ketat.

Relevansi

Iklan yang lebih relevan dan spesifik cenderung memiliki biaya per klik yang lebih rendah karena Google menganggap iklan tersebut lebih bermanfaat bagi pengguna.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Google menggunakan sistem lelang untuk menentukan peringkat iklan dan biaya per klik. Iklan dengan peringkat yang lebih tinggi (dalam hal tawaran, kualitas iklan, dan relevansi) akan muncul lebih sering dan pada posisi yang lebih tinggi di hasil pencarian Google.

Sering ngalamin boncos saat beriklan? Nyesel deh kalau gak daftar layanan Everpro Google Ads Whitelisted Account. Karena layanan ini sudah pasti bikin iklanmu jadi lebih efektif dan menghasilkan traffic serta penjualan yang maksimal.
Segera daftar layanan Everpro Google Ads Whitelisted Account karena banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan. Klik banner di bawah ini untuk detail informasinya! Klik banner di bawah ini untuk detail informasinya! 


Biaya iklan Google ads tidak di tentukan dengan biaya tetap atau berdasarkan tarif, melainkan di tentukan oleh faktor-faktor di atas dan di tagih berdasarkan model pembayaran PPC (pay-per-click). Artinya, biaya iklan hanya di kenakan ketika seseorang mengklik iklan Anda. Biaya per klik dapat bervariasi dari beberapa sen hingga ratusan dolar, tergantung pada kata kunci dan tingkat persaingan di pasar yang relevan.

Baca juga: Terbaik! 5 Jenis Analisis pada Digital Marketing

Tips Gunakan Google Ads Efektif

biaya iklan google ads
Sumber: google.com

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan Google ads dengan efektif:

Lakukan Riset Kata Kunci

Pastikan untuk melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang paling relevan dan efektif untuk iklan Anda.

Membuat Iklan yang Menarik

Iklan Anda harus menarik dan informatif untuk menarik minat calon pelanggan Anda.

Atur Target yang Tepat

Gunakan fitur targeting Google ads untuk memastikan bahwa iklan Anda di tampilkan pada target audiens yang tepat, seperti lokasi geografis, usia, jenis kelamin, minat, dan lain sebagainya.

Gunakan Tawaran yang Tepat

Pastikan untuk mengatur tawaran yang tepat agar iklan Anda muncul dalam hasil pencarian yang relevan.

Monitor Kinerja Iklan Anda

Lakukan monitoring terus-menerus terhadap iklan Anda dan sesuaikan strategi Anda sesuai dengan kinerja iklan yang terukur.

Uji Coba

Lakukan uji coba dengan beberapa versi iklan dan landing page untuk menemukan kombinasi yang paling efektif.

Dengan memperhatikan tips ini, Anda dapat menggunakan Google ads dengan efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda dan menghasilkan konversi yang lebih banyak.

Demikian pembahasan mengenai biaya iklan google ads. Yuk sukseskan usahamu dengan memiliki media iklan yang terpercaya di Google Ads. Selain itu tingkatkan penghasilan usahamu dengan cara mudah dengan mengoptimalkan performa iklan Google secara mudah, cepat, dan aman dengan akses Ads Account bersama Everpro dan dapatkan kenyamanan berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Jadi yuk manfaatkan segera fasilitas yang akan membantu teman-teman dalam mengaplikasikan Google Ads pada bisnis impianmu!

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, download EBook Kiat Sukses Membangun Bisnis Online di Marketplace, Gratis!

Artikel Lainnya