everpro

Panduan Praktis untuk Bidding Strategy Google Ads

Google Ads, yang sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords, adalah platform periklanan daring yang di sediakan oleh Google. Google Ads memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan mereka di berbagai jaringan Google, termasuk mesin pencari Google, situs web mitra, aplikasi seluler, dan platform YouTube. Platform ini memainkan peran penting dalam kampanye periklanan online dan memberikan peluang yang luas bagi bisnis untuk mencapai audiens target mereka. Yuk simak di bawah ini!

Baca juga: Kembangkan Bisnis Anda dengan Jasa Google Ads di Jakarta! 

Pentingnya Strategi Penawaran yang Efektif

bidding strategy google ads

Strategi penawaran yang efektif dalam Google Ads sangatlah penting karena memiliki dampak langsung pada kesuksesan kampanye periklanan. Dengan strategi penawaran yang tepat, pengiklan dapat mengoptimalkan penggunaan anggaran iklan mereka, meningkatkan visibilitas iklan, dan mencapai tujuan bisnis yang di inginkan. Tanpa strategi penawaran yang efektif, kampanye dapat menghasilkan biaya yang tinggi dan kinerja yang rendah.

Pemahaman Dasar Penawaran di Google Ads

Dalam Google Ads, penawaran adalah proses di mana pengiklan menentukan jumlah maksimum yang mereka bersedia bayar untuk setiap tindakan yang di inginkan, seperti setiap kali pengguna mengklik iklan mereka atau setiap seribu tayangan iklan. Penawaran ini membantu Google menentukan peringkat iklan di halaman hasil pencarian atau di tempat lain di jaringan mereka.

Jenis-jenis Penawaran yang Tersedia

Berikut jenis pemeriksaan:

  1. CPC (Cost-Per-Click): Dalam penawaran CPC, pengiklan membayar setiap kali iklan mereka di klik oleh pengguna. Biaya yang dikeluarkan bergantung pada seberapa kompetitif kata kunci yang di targetkan dan seberapa banyak pengiklan bersedia bayar per klik.
  2. CPM (Cost-Per-Thousand-Impressions): Dalam penawaran CPM, pengiklan membayar per seribu tayangan iklan mereka, terlepas dari apakah pengguna mengkliknya atau tidak. Jenis penawaran ini lebih cocok untuk kampanye brand awareness di mana tujuan utama adalah meningkatkan eksposur iklan.
  3. CPA (Cost-Per-Acquisition): Dalam penawaran CPA, pengiklan menentukan jumlah maksimum yang mereka bersedia bayar untuk setiap tindakan yang mengarah pada akuisisi, seperti pembelian produk atau pengisian formulir. Google menggunakan optimasi untuk mengoptimalkan penayangan iklan agar mencapai tingkat konversi yang di inginkan dengan biaya yang efisien.
  4. ROAS (Return-On-Ad-Spend): Penawaran ROAS adalah strategi penawaran yang berfokus pada menghasilkan nilai pengembalian iklan yang di inginkan. Dalam penawaran ini, pengiklan menentukan target ROAS tertentu, yang merupakan rasio antara pendapatan yang dihasilkan oleh kampanye iklan dengan biaya iklan yang di keluarkan.

Baca juga: Catat Segara! Inilah Jasa Iklan Google Ads: Definisi, Manfaat dan Caranya 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Strategi Penawaran

bidding strategy google ads
Sumber: Google.com

Inilah beberapa faktor terkait strategi penawaran:

Tujuan Kampanye

Tujuan kampanye iklan akan mempengaruhi pilihan strategi penawaran. Jika tujuan adalah meningkatkan kesadaran merek, penawaran CPM mungkin lebih cocok. Jika tujuan adalah meningkatkan konversi, maka penawaran CPA atau ROAS bisa lebih sesuai.

Anggaran Iklan

Jumlah anggaran iklan yang tersedia akan mempengaruhi seberapa tinggi pengiklan dapat menawar untuk mendapatkan posisi yang di inginkan. Anggaran yang lebih besar dapat mendukung penawaran yang lebih tinggi.

Kata Kunci yang di Targetkan

Tingkat persaingan dan nilai konversi kata kunci yang di targetkan akan memengaruhi strategi penawaran. Kata kunci yang sangat kompetitif mungkin memerlukan penawaran yang lebih tinggi untuk bersaing.

Demikian pembahasan mengenai jasa iklan google ads. Yuk sukseskan usahamu dengan memiliki maps yang bisa di lihat oleh semua orang. Selain itu tingkatkan penghasilan usahamu dengan cara mudah lainnya dengan mengoptimalkan performa iklan Google secara mudah, cepat, dan aman dengan akses Ads Account bersama Everpro dan dapatkan kenyamanan berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Jadi yuk manfaatkan segera fasilitas yang akan membantu teman-teman dalam mengaplikasikan Google Ads pada bisnis impianmu!

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman