everpro

Cuan Sejak Dini! 20+ Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Mudah dan Minim Modal!

Kamu ingin memiliki penghasilan tambahan sebagai pelajar? Kamu berada di artikel yang tepat! Yuk, simak artikel bisnis online untuk pelajar dan temukan ide yang pas buat kamu!

Sebagai pelajar, bukanlah suatu halangan untuk memulai sebuah bisnis karena ada banyak usaha yang bisa kamu jalankan sembari kamu belajar.

Kendala terbesar bagi pemula adalah selalu bingung memilih peluang bisnis online yang tepat untuk mereka.

Kamu tidak perlu khawatir, dalam artikel ini, Everpro akan memberikan beberapa rekomendasi bisnis online untuk pelajar dengan cara mudah dan pastinya mendapatkan keuntungan yang besar.

Tanpa berlama-lama, langsung saja simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Ide Bisnis Online untuk Pelajar 

Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh pelajar tanpa harus mengganggu waktu sekolahnya. Inilah beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan sambil sekolah dan kuliah:

  • Reseller & Dropshipper

bisnis online untuk pelajar
Sumber: Freepik

Ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar ini tidak membutuhkan modal besar, bahkan bisa tanpa modal, yaitu menjadi reseller dan dropshipper.

Pekerjaan ini bisa memberikan kamu keuntungan yang besar dengan cara memilih supplier yang menjual produk yang sedang viral, tren, memiliki permintaan yang tinggi, serta terpercaya dan memiliki kualitas yang baik.

  • Influencer Media Sosial

bisnis online untuk pelajar
Sumber: Freepik

Media sosial menjadi ladang mencari uang bagi siapa saja, bahkan pelajar juga bisa mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi seorang influencer.

Kamu dapat bekerjasama dengan berbagai brand dan mempromosikan produk mereka dengan koneksi yang luas serta memiliki banyak pengikut (followers).

Menjadi seorang influencer tidaklah mudah, kamu perlu memiliki keahlian dalam membuat konten yang menarik dan berkualitas untuk menarik perhatian audiens kamu.

Kamu juga harus membangun personal branding yang kuat dan konsisten agar dikenal oleh banyak orang dan menjadi ciri khas yang kamu miliki.

  • Jualan Online

bisnis online untuk pelajar
Sumber: Freepik

Membuka jualan online merupakan salah satu ide bisnis yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa membuka jualan online di platform online yang kamu pilih untuk memulai bisnismu.

Perlu diingat, kamu harus memiliki produk dengan kualitas dan harga yang kompetitif agar dapat bersaing di pasar.

  • Fotografer

bisnis online untuk pelajar
Sumber: Freepik

Jika kamu memiliki hobi di bidang fotografi, menjadi seorang fotografer adalah pilihan yang tepat untuk memulai bisnis online sebagai pelajar.

Kamu dapat menawarkan keahlian ini untuk acara, promosi produk, pemotretan menu makanan, dan lain-lain.

Menjadi seorang fotografer tentunya memerlukan kamera dan peralatan fotografi lainnya, serta kemampuan editing untuk menghasilkan foto yang menarik dan berkualitas.

Jika hasil foto kamu bagus, klien akan senang dan tentu memberikan rekomendasi kepada teman-temannya. Kamu juga dapat mencari klien sendiri dengan menaruh portofolio yang sudah dibuat di platform freelance.

  • Virtual Assistant

bisnis online untuk pelajar
Sumber: Freepik

Menjadi virtual assistant sangat cocok untuk mereka yang memiliki kepribadian rapih dan cekatan, karena kamu akan membantu dalam berbagai tugas administratif orang lain, seperti mengatur jadwal, menangani email atau pesan mereka, membuat laporan, dan lain sebagainya.

Kamu harus memiliki kemampuan multitasking dan dapat mengatur waktu dengan efektif dan efisien. Jasa virtual assistant juga bisa dipromosikan melalui platform freelance yang aman.

  • Pengajar Online

bisnis online untuk pelajar
Sumber: Freepik

Menjadi pengajar online juga bisa kamu lakukan bagi yang memiliki keahlian untuk berbagi pengetahuan yang dibagikan kepada orang lain.

Kursus online bisa diakses oleh orang lain dan melalui platform online seperti Zoom atau Google Meet. Kamu tentunya harus mampu menyampaikan materi dengan jelas dan mudah dipahami.

Kamu bisa memilih topik yang ingin kamu ajarkan berdasarkan bidang minat yang kamu sukai atau diminati orang banyak agar bisnis online kamu semakin berkembang.

  • Desain Grafis

graphic design
Sumber: Freepik

Kamu dapat menawarkan desain untuk logo brand, konten Instagram, banner, dan sebagainya. Bidang ini sangat diminati oleh perusahaan atau bisnis.

Jadi, kamu bisa mempromosikan jasa desain grafis dengan cara menaruh portofolio hasil desainmu di platform freelancer dan pastikan desain yang kamu buat menarik dan memiliki kualitas yang baik.

  • Jasa Menulis Blog

blogger
Sumber: Freepik

Membuat blog atau menjadi blogger bisa dijadikan alternatif untuk kamu yang senang sekali dengan menulis.

Kamu bisa memulai dengan menulis artikel dokumenter, cerita, bahkan yang sederhananya yaitu belajar dari menulis caption di Instagram.

Dari menulis, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang tayang di blog pribadimu atau blog yang sedang kamu kelola.

  • Penulis Konten Online

content writer
Sumber: Freepik

Banyak perusahaan atau situs web yang membutuhkan seorang penulis konten untuk membuat artikel berkualitas di situs web mereka.

Seorang penulis konten memiliki tugas antara lain melakukan riset topik, menulis artikel, melakukan editing, dan lain-lain.

Meskipun kelihatannya mudah, menjadi penulis konten memerlukan kemampuan menulis dengan cepat dan baik.

  • Youtuber

youtuber muda berprestasi
Sumber: Freepik

Kamu juga bisa menjadi YouTuber dengan membuat konten video yang menarik dan menghibur, yang akan menarik perhatian audiens.

Kamu juga harus memiliki ide kreatif dan mampu menghasilkan video dengan kualitas yang baik. Agar bisnis kamu semakin sukses, kamu perlu membangun jumlah subscriber yang banyak serta aktif.

  • Affiliate Marketer

kode referal affiliate
Sumber: Freepik

Affiliate marketing salah satu ide menarik karena kamu bisa menjual produk orang lain dengan mendapatkan komisi dari penjualan yang berhasil kamu lakukan.

Untuk bisa menjadi affiliate marketing kamu harus bergabung di dalam program affiliate yang tepat. Tempat untuk kamu mempromosikan produk bisa melalui media sosial, blog, dan lain-lain.

Dalam mempromosikan pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan niche yang kamu tulis agar efektif dalam menyampaikan promosi.

  • Podcaster

podcaster
Sumber: Freepik

Podcast menjadi populer di Indonesia sejak 3 tahun terakhir. Jika kamu memiliki pengalaman kegiatan radio di sekolah atau di kampus, kamu bisa menjadikan menjadi podcaster sebagai pilihan yang tepat untuk kamu.

Mulailah mencoba menjadi podcaster dengan membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi pendengar.

Kamu dapat mempromosikan podcast yang kamu miliki melalui platform seperti Spotify, Noice, Anchor, dan lain-lain.

  • Admin Media Sosial

social media admin
Sumber: Freepik

Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang aktif dan kreatif dalam mengelola media sosial.

Kamu dapat membuka jasa sebagai admin media sosial, misalnya untuk mengelola akun Instagram atau TikTok UMKM atau bisnis orang lain.

  • Streamer

streamer gaming
Sumber: Freepik

Mau hobi bermain game kamu dapat dijadikan uang tambahan? Nah, menjadi streamer adalah jawabannya! Ini adalah ide bisnis online untuk pelajar yang sangat menyenangkan.

Kamu bisa menjalin kontrak dengan platform live streaming untuk bisa mendapatkan uang dari donasi, seperti berupa koin, likes, sticker gift, dan sebagainya.

  • Vlogger

vlogger
Sumber: Freepik

Kamu dapat menciptakan berbagai jenis video dengan tema yang menarik, unik, dan informatif.

Dengan cara ini, kita berharap banyak penonton yang akan men-subscribe setelah menonton video kita, sehingga kita dapat memperoleh pendapatan dari program AdSense.

  • Menjual Kerajinan Tangan

kerajinan tangan
Sumber: Freepik

Bagi kamu yang senang membuat kreasi seperti sulam, gelang tangan, boneka dari benang wol, dan lain sebagainya, kamu dapat memulai menjual kerajinan tangan.

Selain dapat menyalurkan hobi, kamu juga akan memperoleh keuntungan besar dari bisnis ini.

Banyak orang Indonesia yang telah membuktikan kesuksesan bisnis kerajinan tangan hingga ke luar negeri. Peluang usaha yang menarik, bukan?

  • Content Creator

content creator
Sumber: Freepik

Seperti menjadi podcaster atau vlogger, menjadi seorang content creator memiliki cakupan yang lebih luas.

Tidak hanya di YouTube, kamu juga dapat menciptakan konten se-kreatif dan se-menarik mungkin sesuai dengan passion kamu di berbagai platform media sosial seperti TikTok dan Instagram.

  • Ojek Online

ojek online
Sumber: Freepik

Jika kamu masih sekolah atau kuliah dan sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), coba jadilah driver ojek online untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Saat ini, layanan ojek online sangat diminati oleh masyarakat.

Selain membantu kebutuhan sehari-hari, ojek online juga memudahkan mobilitas masyarakat. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan di sela-sela kesibukan sekolah atau kuliah.

  • Jual Pulsa Secara Online

bisnis online untuk pelajar
Sumber: Freepik

Semakin berkembangnya zaman akan mempengaruhi cara belajar dalam menemukan informasi dengan serba cepat di internet.

Untuk mengakses internet tersebut tentunya pelajar membutuhkan pulsa atau paket data internet, sehingga kamu bisa mencari uang tambahan dengan menjual pulsa secara online.

Sebagai pelajar kamu tidak memiliki banyak modal, maka untuk menjalankannya kamu bisa menggunakan aplikasi jual pulsa tanpa modal dalam memulai bisnis online untuk pelajar satu ini.

  • Jual Barang Bekas (Preloved) 

bisnis online untuk pelajar
Sumber: Freepik

Apakah kamu pelajar yang mengetahui trend preloved? Jika kamu masih asing, trend preloved merupakan jual barang bekas yang masih layak pakai atau memiliki kualitas baik.

Nah, bisnis online tanpa modal lewat HP ini bisa kamu jadikan sebagai ide karena mudah untuk dijalankan dan kamu tentunya bisa memulainya dengan minim modal bahkan tanpa modal, lho!

Jadi, apakah kamu ada baju bekas yang masih layak pakai dengan kualitas yang bagus? Yuk, mulai dijual untuk menambah uang jajanmu!

Demikian ide bisnis online untuk pelajar yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam memulai mencari uang tambahan yang menarik dan mudah.

Pastikan kamu memilih bisnis online sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, ya!

Jangan lupa share artikel ini di media sosialmu secara gratis dan nantikan artikel seputar bisnis yang bermanfaat lainnya hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya