everpro

Campaign Adalah: Definisi, Fungsi, Jenis, Hingga Contohnya Ada Disini!

Campaign adalah strategi yang penting dalam pemasaran. Apa itu campaign? Mari simak penjelasan lengkapnya melalui artikel ini.

Dalam menjalankan bisnis, pemasaran memiliki peran yang penting untuk membantu pencapaian target penjualan.

Melalui aktivitas pemasaran, target konsumen dapat lebih mengenali bisnis dan produk atau jasa yang ditawarkan. 

Terlebih, dengan teknik pemasaran yang tepat dan menarik tentu mendorong target konsumen untuk melakukan aksi seperti konversi hingga pembelian.

Salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan konversi adalah melalui campaign. Namun, nyatanya masih banyak yang belum memahami dengan baik terkait kampanye pemasaran.

Maka dari itu artikel kali ini akan memberi informasi terkait apa itu campaign hingga cara membuatnya, sehingga dapat memberi gambaran untuk membuat rencana kampanye yang tepat. Simak selengkapnya!

Baca juga: Schema Markup, Kode Khusus untuk Tingkatkan Situs Web di Hasil Pencarian

Apa Itu Campaign?

campaign adalah
Sumber: pexels.com

Melansir dari Bigcommerce, pengertian dari campaign adalah:

Campaign adalah serangkaian kegiatan strategi yang mempromosikan sebuah tujuan atau sasaran bisnis.”

Jadi dalam marketing, campaign adalah upaya untuk mempromosikan bisnis dengan produk atau layanannya melalui berbagai media, seperti media internet, media massa, dan lainnya.

Kegiatan kampanye ini merupakan proses perencanaan sampai ke pelaksanaan pemasaran produk, layanan, atau bisnisnya itu sendiri.

Adapun hasil akhir atau output dari campaign bisa bervariasi tergantung dari tujuan yang ditetapkan. Misalnya untuk meningkatkan kesadaran (brand awareness), feedback, hingga konversi.

Fungsi Campaign Adalah?

campaign adalah
Sumber: pexels.com

Melihat dari pengertiannya, sudah terlihat bahwa fungsi dari kampanye marketing adalah untuk mencapai tujuan dari kegiatan pemasaran.

Lebih jelasnya lagi, berikut adalah beberapa manfaat campaign:

  • Membangun Citra Bisnis (Brand Image)

Salah satu manfaat dari kampanye marketing adalah dapat membangun image perusahaan atau brand dari produk atau layanan yang tersedia. 

Dengan melakukan kegiatan ini, akan meningkatkan brand awareness dan target konsumen mudah mengenali brand dengan pandangan yang baik.

Dengan begitu banyak calon konsumen maupun konsumen yang sudah ada semakin mempercayai brand atau perusahaan tersebut.

  • Menaikkan Konversi

Fungsi berikutnya dari melakukan campaign adalah dapat mendatangkan konversi yang lebih banyak dari konsumen.

Karena ketika konsumen mulai mengenal produk/layanan dan bisnis, maka akan muncul ketertarikan dengan mencari tahu lebih lanjut. 

Hal tersebut pada akhirnya dapat membuat target audiens atau calon konsumen akhirnya melakukan konversi sesuai tujuan campaign.

  • Meningkatkan Penjualan

Secara tidak langsung kampanye marketing juga dapat meningkatkan penjualan. Karena calon konsumen cenderung lebih yakin untuk membeli produk atau menggunakan layanan dari brand yang familiar.

Jadi, dengan meningkatkan brand image tentu berpengaruh pada keputusan seseorang untuk membeli produk atau layanan. Hal tersebut akhirnya dapat membantu dalam meningkatkan penjualan.

  • Meningkatkan Loyalitas Konsumen 

Manfaat lain dari campaign adalah dapat mempertahankan atau meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Berkat campaign yang berhasil maka produk atau layanan bisnis lebih dikenal masyarakat. 

Karena sudah merasakan atau mengetahui kualitas produk atau layanan, konsumen menjadi lebih percaya dan tetap loyal dengan apa yang bisnis anda tawarkan.

Jenis-Jenis Campaign

campaign adalah
Sumber: pexels.com

Dalam menjalankan kampanye tentu perlu mengetahui juga beberapa jenisnya. Dengan begitu, dapat memudahkan saat merencanakan kampanye marketing.

Berikut ini adalah jenis-jenis campaign:

  • Brand Awareness Campaign

Sesuai namanya, brand awareness campaign adalah upaya mempromosikan bisnis dan produk/layanan yang bertujuan untuk mengenalkannya kepada target konsumen.

Dengan begitu, calon konsumen dapat mengetahui lebih lanjut mengenai brand pada produk tertentu sesuai dengan apa yang dipromosikan.

  • Rebranding Campaign

Kampanye rebranding memiliki fokus utama pada peluncuran ulang suatu produk dengan brand yang berbeda, 

Melalui hal ini, maka konsumen dapat mengenali dengan lebih baik atas rebranding produk. Pada akhirnya, penjualan akan tetap tinggi meski meluncurkan produk dengan brand yang berbeda.

  • Marketing

Marketing campaign adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk memastikan bahwa target konsumen mengenali produk dengan baik.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada tingkat konversi yang sesuai dengan target.

  • SEO

SEO campaign adalah jenis kampanye melalui optimasi di mesin pencari. Tujuannya adalah konsumen yang mencari menggunakan kata kunci tertentu akan menemukan produk dari brand tersebut.

  • Referral

Jenis lainnya adalah kampanye referral kepada konsumen melalui program referral. Contohnya adalah melalui program afiliasi marketing. Dengan begitu beberapa pihak mendapatkan keuntungan.

Beberapa Contoh Campaign yang Sukses

contoh kampanye
Sumber: pexels.com

Kegiatan kampanye memang sudah tidak asing dan banyak dilakukan oleh perusahaan besar. Bahkan dari suksesnya campaign juga berdampak pada bisnis yang semakin berkembang.

Beberapa campaign yang sukses juga cukup viral dan membuatnya banyak dikenali masyarakat luas. Lantas apa saja contohnya? Yuk, simak contoh campaign yang sukses berikut ini.

Slogan Indomie

contoh campaign
Sumber: google.com

Indomie.. Seleraku..

Apakah anda membaca dengan melantunkan nadanya? Kemungkinan sebagian besar akan menjawab ya.

Itu adalah salah satu contoh sukses dari sebuah campaign slogan dari brand mie instan paling populer yaitu Indomie. Faktanya, slogan tersebut sudah ada sejak tahun 1982 dan masih terngiang sampai saat ini.

Menakjubkan bukan? Suatu slogan sederhana yang hanya terdiri dari dua kata dapat terekam di benak setiap orang dengan baik. Hal tersebut karena slogan yang singkat namun memiliki tingkat sugesti yang cukup kuat.

Terlebih faktor yang tak kalah penting adalah repetition atau pengulangan. Semakin sering slogan ini terucap atau terlihat di berbagai bentuk promosi lain, maka semakin mudah untuk orang mengingatnya dan membentuk persepsi bahwa “Indomie adalah seleraku”.

Slogan Teh Botol Sosro

contoh campaign
Sumber: google.com

Pernahkah mendengar “Apapun makanannya, minumnya teh botol sosro”?

Itu adalah contoh lain dari campaign yang sukses. Sama seperti Indomie, campaign Teh Botol Sosro ini juga berbentuk slogan yang menguatkan sugesti dan membentuk persepsi.

Slogan ini sudah sangat terkenal, bahkan walaupun terdapat banyak lain yang diplesetkan, tetap tidak merubah persepsi masyarakat. Bahkan hal tersebut semakin mengingatkan dengan produk minuman teh botol dari Sosro ini.

McDonald – BTS Meal

contoh campaign
Sumber: google.com

Tak hanya kampanye berbentuk slogan, ada juga contoh sukses lainnya dari campaign adalah BTS Meal oleh McDonald Indonesia. 

Seperti yang banyak orang ketahui bahwa BTS merupakan salah satu boyband yang sangat populer di Indonesia. Memanfaatkan hal tersebut, McDonald berhasil memikat banyak konsumen untuk membeli produk terbatas BTS Meal.

Kampanye ini mendapatkan antusias yang besar di masyarakat Indonesia. Bahkan, banyak video aksi seseorang yang berhasil membeli produk terbatas ini, misalnya dengan menyimpan bungkusnya dalam figura.

Lebih hebohnya lagi, beberapa orang sampai menjual ulang bungkus produk tersebut dengan harga yang cukup tinggi. Maka tak heran campaign BTS meal by McDonald ini berhasil dan menjadi viral karena mampu menarik perhatian para fans BTS Indonesia.

Cara Membuat Campaign Adalah?

cara membuat kampanye
Sumber: pexels.com

Contoh sukses dari kampanye tersebut menarik bukan? Banyak hal yang bisa bisnis dapatkan dari suksesnya suatu kampanye marketing.

Lantas bagaimana cara membuatnya? Berikut adalah beberapa langkah untuk melakukan kegiatan ini:

  • Tetapkan Tujuan

Langkah pertama adalah menentukan tujuan dari kegiatan kampanye itu sendiri, apakah ingin meningkatkan brand awareness, konversi, atau bahkan penjualan.

Dalam menetapkan tujuan juga perlu memahami kondisi bisnis saat ini. Untuk brand yang belum banyak orang tahu sebaiknya lebih berfokus pada brand awareness daripada langsung penjualan.

Dengan menentukan tujuan maka dapat membuat perencanaan yang sesuai, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Lakukan Riset

Langkah penting selanjutnya adalah melakukan riset yang optimal. Tentu tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan target. 

Lakukan riset terkait penggunaan media yang tepat, target konsumen, dan sebagainya agar memudahkan untuk membuat perencanaan yang sesuai.

  • Konsisten dalam Menjalankan Campaign

Perlu anda ketahui bahwa banyak contoh sukses suatu campaign adalah karena konsisten. Buatlah penjadwalan kapan kampanye tersebut berjalan, sehingga hasilnya lebih efektif.

  • Evaluasi

Tentunya evaluasi juga merupakan hal yang penting setelah melakukan kegiatan kampanye. 

Dengan melakukan evaluasi, maka bisa melihat hasil dari kampanye tersebut, apa saja yang kurang, dan apa yang berhasil. Dengan begitu dapat menjadi insight untuk memaksimalkan kampanye selanjutnya.

Baca juga: Social Media Marketing, Pelajari Definisi hingga Strateginya!

Demikian penjelasan dari campaign yang merupakan strategi pemasaran penting untuk bisnis lakukan. Karena hal ini akan membantu dalam perkembangan bisnis.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda simak berbagai artikel informatif lainnya dari Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya