7 Cara Mudah Untuk Berjualan di Marketplace Facebook, Catat!

Kamu ingin berjualan di Facebook? Simak caranya berjualan di marketplace Facebook pada artikel ini!

Facebook Marketplace adalah fitur yang memungkinkan kamu menjual dan membeli barang secara online melalui media sosial Facebook. Dengan fitur ini, kamu bisa menjangkau jutaan pengguna Facebook yang berpotensi menjadi pelanggan kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai keuntungan jualan di marketplace Facebook. Namun, untuk bisa sukses berjualan di marketplace Facebook, kamu perlu mengetahui cara jualan di fb yang tepat dan efektif.

Berikut adalah beberapa tips dan langkah-langkah yang bisa kamu ikuti. Simak sampai habis ya sobat Everpro!

Apa itu Facebook Marketplace

cara berjualan di marketplace facebook
Sumber: pexels.com

Namun, sebelum melangkah jauh kita membahas dahulu apa itu Facebook Marketplace. Facebook Marketplace adalah platform jual beli dalam aplikasi Facebook yang memungkinkan pengguna menjual dan membeli barang baru maupun bekas.

Platform ini dirilis oleh Facebook pada tahun 2016 dan sejak itu telah berkembang menjadi salah satu tempat populer untuk jual beli barang online.

Dengan Facebook Marketplace, pengguna dapat menjual barang langsung dari profil mereka dan berinteraksi dengan pembeli melalui pesan langsung di Facebook Messenger.

Marketplace dirancang untuk membuat transaksi jual beli barang lokal menjadi lebih mudah, dengan menampilkan produk yang dijual di sekitar lokasi pengguna.

Produk yang dijual di marketplace dapat bervariasi dari elektronik, perabotan rumah tangga, mobil, rumah, dan banyak lagi.

Setiap postingan produk dapat disertai dengan foto, deskripsi, harga, dan lokasi penjual. Pengguna juga dapat mencari produk berdasarkan kategori atau melalui tag pencarian.

Perlu diingat, walaupun Facebook menyediakan platform ini, tetapi transaksi jual beli terjadi langsung antara penjual dan pembeli. Facebook tidak bertanggung jawab atas kualitas barang, pembayaran, atau pengiriman barang.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk melakukan pengecekan dan komunikasi yang baik sebelum melakukan transaksi.

Cara Membuat Toko di Marketplace Facebook

Everpro
Sumber: pexels.com

Untuk bisa berjualan barang atau membuka toko di Facebook Marketplace, pengguna harus memiliki toko di FB Marketplace. Berikut cara membuat marketplace di Facebook Marketplace, dilansir dari laman resminya:

  1. Login akun Facebook menggunakan aplikasi atau website.
  2. Pada halaman Beranda, klik ikon Marketplace di menu bagian atas.
  3. Klik Jual Barang, lalu klik Barang untuk Dijual.
  4. Pilih kategori yang sesuai dengan barang yang kamu jual, misalnya Elektronik, Fashion, atau Rumah Tangga.
  5. Masukkan informasi tentang barang kamu, seperti nama, harga, deskripsi, lokasi, dan foto atau video.
  6. Klik Selanjutnya, lalu pilih tempat untuk memposting iklan kamu. kamu bisa memilih Marketplace saja, atau juga grup atau halaman yang terkait dengan barang kamu.
  7. Klik Terbitkan untuk memposting iklan kamu.

Selamat! kamu sudah berhasil membuat toko dan menjual barang di marketplace Facebook. kamu bisa mengelola iklan kamu melalui menu Jualan Saya di halaman Marketplace.

“Punya kendala sulit beriklan di facebook? Ingin maksimalkan iklan, tapi terhambat budget harian hingga khawatir dengan keamanan transaksi beriklan? Jika IYA, itu pertanda kamu butuh layanan Everpro FB Ads Account Support.

Dengan layanan ini, kamu akan mendapatkan edukasi Facebook Ads, kemudahan dalam scale up iklan, transaksi terjamin aman dan melakukan top up saldo akun FB jadi lebih praktis. Daftar segera layanan ini untuk solusi beriklan mudah, cepat, dan aman untuk jangkau pasar yang lebih luas. Info selengkapnya, klik banner di bawah ini!


Persiapan Sebelum Berjualan di Marketplace Facebook

cara berjualan di marketplace facebook
Sumber: pexels.com

Sebelum berjualan di Marketplace Facebook, ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan untuk memastikan bisnis kamu berjalan lancar. Berikut ini adalah beberapa langkah persiapan yang bisa kamu lakukan:

1. Mengerti Tentang Facebook Marketplace

Sebelum berjualan, penting bagi kamu untuk memahami apa itu Facebook Marketplace, bagaimana cara kerjanya, serta peraturan dan ketentuan yang berlaku di platform tersebut. Kamu bisa mencari informasi ini melalui website resmi Facebook atau sumber online lainnya.

2. Siapkan Produk yang Akan Dijual

Kamu perlu menyiapkan produk yang akan dijual. Pastikan produk tersebut dalam kondisi baik dan siap untuk dijual. Selain itu, tentukan juga harga yang kompetitif untuk produk tersebut.

3. Fotografi Produk

Foto produk yang bagus bisa meningkatkan daya tarik produk kamu di mata konsumen. Pastikan kamu memiliki foto produk yang berkualitas tinggi, jelas, dan menarik. Foto produk dari berbagai sudut dan tunjukkan detail produk tersebut.

4. Deskripsi Produk

Selain foto, deskripsi produk yang jelas dan informatif juga penting. Deskripsi yang baik harus mencakup detail produk, kondisi produk, harga, metode pembayaran, dan cara pengiriman.

5. Atur Waktu Respons

Sebagai penjual, kamu harus responsif dalam membalas pesan atau pertanyaan dari pembeli. Pastikan kamu selalu memeriksa notifikasi dan membalas pesan secepat mungkin.

6. Strategi Promosi

Kamu juga perlu merencanakan strategi promosi untuk meningkatkan penjualan. Kamu bisa memanfaatkan fitur promosi yang ada di Facebook, seperti berbagi postingan produk ke grup yang relevan atau memanfaatkan Facebook Ads.

7. Pelajari Pesan Transaksi

Sebelum berjualan, pelajari bagaimana proses transaksi, pengiriman, dan pengembalian di Facebook Marketplace. Hal ini akan membantu kamu ketika berhadapan dengan situasi terkait.

Dengan persiapan yang matang, kamu akan lebih siap dan percaya diri untuk berjualan di Marketplace Facebook. Semakin kamu mengenal dan memahami platform ini, semakin besar peluang kamu untuk sukses. Selamat mencoba!

Cara Jualan di FB yang Efektif

Everpro
Sumber: pexels.com

Setelah membuat toko dan iklan di marketplace Facebook, langkah selanjutnya adalah meningkatkan penjualan kamu dengan cara jualan di facebook yang efektif. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

  • Gunakan Foto atau Video Produk yang Menarik dan Berkualitas

Pastikan foto atau video kamu jelas, terang, dan fokus pada produk kamu. Kamu bisa mengunggah hingga 10 foto atau video untuk setiap iklan.

  • Tulis Deskripsi Produk yang Lengkap dan Informatif

Jelaskan apa itu produk yang kamu jual dan manfaat produk kamu bagi pembeli. Gunakan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan produk kamu, seperti cara berjualan di handphone murah, handphone bagus murah, dan sebagainya.

  • Berikan Harga yang Kompetitif dan Jujur

Bandingkan harga produk kamu dengan produk sejenis di marketplace Facebook atau tempat lain. Jangan menaikkan harga secara tidak wajar atau menipu pembeli dengan harga palsu.

  • Pilih Kategori dan Lokasi Penjual yang Tepat

Sesuaikan kategori produk kamu dengan kategori yang tersedia di marketplace Facebook. Pilih lokasi penjual yang dekat dengan konsumen target kamu atau sesuai dengan cakupan pengiriman kamu.

  • Gunakan Fitur Tag Pencarian Untuk Meningkatkan Visibilitas Iklan

Tag pencarian adalah kata kunci yang bisa membantu pembeli menemukan produk kamu saat mencari di marketplace Facebook. Pilih tag pencarian yang relevan dengan produk kamu dan sesuai dengan permintaan pembeli.

  • Sebarkan Iklan Berbagai Grup atau Halaman Facebook

Ini bisa membantu kamu menjangkau lebih banyak pembeli potensial yang tertarik dengan produk kamu. Pastikan kamu mematuhi peraturan jualan di marketplace atau grup yang kamu masuki.

  • Responsif dalam Membalas Pesan atau Pertanyaan

Gunakan Facebook Messenger untuk berkomunikasi dengan pembeli secara langsung dan cepat. Jawab semua pertanyaan atau keluhan dari pembeli dengan sopan dan ramah. Berikan informasi yang dibutuhkan pembeli, seperti stok, ukuran, warna, atau cara pembayaran dan pengiriman.

  • Berikan Layanan yang Baik dan Profesional

Pastikan kamu mengirimkan barang sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Berikan nomor resi pengiriman kepada pembeli. Konfirmasi penerimaan barang dan minta ulasan atau testimoni dari pembeli. Berikan ucapan terima kasih dan tawarkan produk lain yang mungkin diminati pembeli.

Peraturan Berjualan di Marketplace Facebook

cara berjualan di marketplace facebook
Sumber: pexels.com

Namun, perlu kamu ingat bahwa berjualan di marketplace Facebook juga memiliki peraturan yang harus kamu taati. Oleh sebab itu, pastikan kamu membaca dan memahami peraturan tersebut sebelum berjualan di marketplace. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan bisnis dengan lancar tanpa mengalami masalah dengan pihak Facebook.

Itulah beberapa tips dan cara berjualan di marketplace Facebook yang bisa kamu coba. Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa meningkatkan penjualan kamu di marketplace Facebook dan mendapatkan keuntungan jualan di marketplace Facebook yang besar. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Ingin jualan kamu di marketplace Facebook jadi lebih cuan? Coba pakai Everpro Facebook Ads Support Marketplace! Dengan bantuan Everpro Facebook Ads Support Marketplace kamu akan berkembang dan memberikan pundi-pundi rupiah untuk kamu!

Everpro Facebook Ads Support adalah solusi untuk kamu meningkatkan penjualan kamu di Facebook!

Benefit Everpro Facebook Ads Support

  • Edukasi Facebook Ads.
  • Kemudahan Scale Up Iklan.
  • Transaksi Terjamin Aman.
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis.

Ayo segera bergabung dengan Everpro Facebook Ads Support dan rasakan manfaatnya!

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, download EBook Kiat Sukses Membangun Bisnis Online di Marketplace, Gratis!

Artikel Lainnya