everpro

Cara Buat Instagram Bisnis untuk Pemula 

cara membuat instagram bisnis

Mengembangkan bisnis bisa di lakukan dengan banyak cara. Salah satunya mengiklankan dengan fitur-fitur terbaru di banyak media sosial. Salah satunya Instagram Ads. namun beberapa orang yang masih bingung cara buat Instagram bisnis. 

Padahal menggunakan fitur periklanan ini terbilang cukup efektif karena bisa menjangkau target pasar yang sesuai dengan lebih besar. Terutama hampir setiap orang kini tidak lepas dengan media sosial. 

Apalagi Indonesia juga merupakan negara pengguna Instagram terbesar ke empat di dunia. Maka jika mengiklankan bisnis kita di sini pasti lebih efektif bukan? 

Maka jika anda punya bisnis kecil dan punya budget lebih, tidak ada salahnya mencoba menggunakan Instagram ini. 

Bagi yang masih bingung cara buatnya? ternyata sangat mudah. Untuk tahu selengkapnya silahkan simak artikel ini secara saksama. 

Apa Itu Instagram Bisnis? 

cara membuat instagram bisnis
Sumber : Pexels.com

Instagram Bisnis adalah salah satu fitur di laman yang bisa di manfaatkan menjadi lapak menjalani bisnis. 

Bisa di bilang fitur ini bisa di gunakan sebagai marketing usaha. 

Karena instagram di nilai media sosial yang kuat untuk melakukan periklanan. Mengingat media sosial ini lebih menampilkan foto-foto serta video. Tidak heran kehadiran fitur baru ini sangat membantu para pelaku usaha untuk membangun bisnisnya. 

Fitur dari Instagram Khusus Bisnis

cara membuat instagram bisnis
Sumber : Pexels.com

Sebenarnya baik  bisnis maupun Instagram personal juga terlihat mirip. Bahkan caranya pun juga hampir sama seperti akun personal. 

Everpro

Namun Bisnis mempunyai beberapa fitur yang tidak ada di Instagram personal. Berikut informasinya. 

1. Instagram Insights 

Instagram Insights adalah sebuah tool analytics. Jika anda beralih ke akun bisnis maka tool ini akan otomatis muncul. 

Fungsinya adalah untuk menyajikan data lengkap mengenai performa akun bisnis anda. Karena tool ini bisa menampilkan statistik jumlah followers, impresi foto yang diunggah, jumlah post, jangkauan postingan, hingga berapa jumlah klik tautan. 

Fungsi lainnya anda bisa menyimak data demografi para pengikut bisnis anda secara detail. Mulai dari gender, umur, lokasi sampai engagement. 

2. Tombol Kontak 

Pada profil akun bisnis, anda bisa pasang informasi kontak tempat khusus. Sehingga tidak perlu lagi menuliskan banyak informasi di kolom bio. Karena anda sudah punya tombol kontak sendiri secara terpisah. 

Bahkan informasi semacam rute alamat, telepon, serta email dapat di buat tombolnya masing-masing. 

3. Shopping dan Checkout 

Fitur selanjutnya dari akun bisnis adalah tombol shopping dan Checkout. Dengan fitur ini anda bisa langsung melakukan tagging langsung foto produk di feeds dan langsung di arahkan ke halaman Shopping. 

Fungsinya ini memudahkan penggunanya untuk melihat-beli-checkout. Selain itu pengguna juga bisa langsung melakukan transaksi tanpa repot. 

4. Instagram Ads 

Cara buat instagram bisnis juga pasti akan selalu bergantung dengan fitur satu ini. Yaitu Instagram Ads. fitur ini akan membantu akun bisnis anda untuk menjangkau target pasar sesuai yang lebih luas. 

Dengan profil bisnis, anda bisa mengatur, menjalankan dan melacak kampanye iklan secara real-time. 

Anda juga bisa promosikan postingan yang di unggah jika butuh meningkatkan jangkauan audiens. 

5. Quick Replies

Fitur ini membantu anda untuk membalas pesan DM secara cepat, sehingga anda bisa mengatur jawaban pesan berdasarkan daftar pernyataan yang sering masuk. 

Jawabannya juga bisa di atur sepersonal mungkin. Sehingga pengikut bisnis anda masih merasa di jawab oleh manusia, bukan robot. 

6. Branded Content Approval 

Sebagai pemilik akun bisnis, anda bisa membatasi siapa saja yang bisa tag akun anda terkait konten brand. 

Dengan begini anda bisa mencegah pengguna lain yang salah tag atau sengaja tag agar seolah-olah mendapatkan endorsement. 

7. Later 

Jika anda membuat sebuah konten di Instagram bisnis maka anda pun bisa mengatur jadwal postingan anda secara otomatis layaknya schedule. Anda hanya perlu atur semuanya lalu pilih kapan tanggal dan jam tayang postingan anda. 

Sehingga anda tidak perlu khawatir kalau-kalau anda lupa posting atau sedang berada di lokasi tertentu yang tidak memungkinkan tertangkap sinyal. 

Cara Buat Instagram Bisnis

1. Buatlah Akun Bisnis Anda Terlebih Dahulu

Cara buat instagram bisnis anda tentu saja dengan membuat akun bisnis anda terlebih dahulu. Cara membuatnya pun sama persis seperti Instagram personal biasa. 

Hanya saja ganti saja nama akun anda dengan bisnis anda serta masukan email khusus bisnis. 

2. Beralih ke Menu Profil 

Setelah anda membuat Instagram personal untuk bisnis anda, selanjutnya anda ke menu profil lalu klik tombol garis tiga di pojok kanan atas anda. 

3. Klik Pengaturan 

media sosial
Sumber : Youtube.com/@papan tutorial

Selanjutnya anda lanjut dengan klik “Pengaturan” lalu klik “akun” setelah itu anda scroll sampai bawah hingga menemukan beralih ke akun profesional. 

4. Pilih Kategori yang Sesuai dengan Anda 

media sosial
Sumber : Youtube.com/@papan tutorial

Selanjutnya  adalah anda akan di tampilkan beberapa pernyataan dari Instagram lalu klik terus “lanjutkan” hingga anda dapat tampilan seperti ini . setelah itu klik kategori yang memang menggambarkan profil bisnis anda. 

5. Masukan Data-data Bisnis Anda 

Selanjutnya dari cara buat instagram bisnis anda adalah klik kategori “bisnis” lalu masukan data pribadi seperti nama bisnis anda, email serta alamat bisnis anda. 

6. Hubungkan dengan Facebook 

Cara buat Instagram bisnis yang terakhir adalah anda tinggal langsung hubungkan dengan Facebook dan selesai, akun anda sudah jadi. 

Demikianlah artikel mengenai cara buat instagram bisnis, semoga bermanfaat. Sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel terkait seputar media sosial hanya di Everpro

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?