Everpro

9 Cara Follow Up Customer Agar Cepat Closing, Dijamin Ampuh!

Sebagai pebisnis online, di ghosting pembeli yang udah tanya-tanya produk ke kamu itu emang bikin galau. Karena itu, yuk cari tahu cara follow up customer agar cepat closing!

Apa sih follow up customer itu? Jadi follow up customer adalah salah satu strategi pemasaran dengan menghubungi kembali dan meyakinkan calon pembeli untuk melakukan closing.

Closing sendiri dalam bisnis maksudnya adalah proses akhir dari penjualan atau negosiasi, yang mana penjual dan calon pembeli mencapai kesepakan transaksi pembelian.

Nah di artikel ini akan membahas seputar cara follow up customer agar cepat closing biar para pebisnis online bisa ningkatin penjualan dan nggak di ghosting lagi.

Pentingnya Follow Up Customer 

cara follow up customer agar cepat closing
Sumber: freepik.com

Meningkatkan Peluang Closing

Follow up ke pelanggan itu seperti kasih reminder ke pelanggan bahwa kamu masih ada dan siap membantu mereka. Karena kadang, pelanggan butuh dorongan sedikit lagi buat ambil keputusan.

Nah dengan follow up ini, kamu bisa ingetin mereka tentang produk atau layananmu dan menjawab keraguan mereka. Jadi, peluang untuk closing nya juga jadi makin lebih besar deh!

Menjaga Hubungan Baik 

Follow up nggak cuma soal jualan aja, tapi juga tentang membangun hubungan baik. Dengan follow up, kamu bisa tunjukan kepedulian kepada konsumen terlebih yang berkaitan dengan produk.

Ketika pelanggan merasa dihargai, biasanya mereka bakal lebih setia, loyal, dan jadi pelanggan tetap.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan & Repeat Order 

Mengidentifikasi Kebutuhan Pasar

Lewat follow up ke customer, kamu bisa lebih paham apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan sebagai target pasar. Trik ini jadi kesempatan bagus buat kamu tanya lebih detail ke pelanggan.

Misalnya, soal masalah apa yang sering dihadapi dan berikan solusi yang pas. Nah, solusi ini bisa kamu arahkan ke penawaran produk atau layanan yang kamu miliki.

Membangun Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan itu penting banget dalam bisnis. Dengan follow up secara rutin, kamu bisa bangun kepercayaan pelanggan. Karena mereka akan merasakan bahwa seller selalu peduli dengan mereka.

Ini bisa bikin mereka lebih percaya dan yakin buat beli dari bisnis kamu dibanding dari pesaing lain.

Baca Juga: 9+ Cara Chat dengan Customer, Ada Contoh Kalimatnya!

Manfaat Follow Up Customer 

cara follow up customer agar cepat closing
Sumber: canva.com

Meningkatkan Penjualan 

Kalau kamu mau nge-boost penjualan, follow up ke konsumen bisa jadi salah satu cara yang efektif. Kadang, konsumen ragu atau lupa untuk melakukan pembelian produk atau jasa kamu.

Dengan kamu ngingetin pelanggan, mereka bakal ingat dan pastinya penjualanmu akan meningkat. Selain itu, kamu juga bisa kasih penawaran atau diskon khusus biar pelanggan lebih tertarik.

Promosi Produk Terbaru 

Bisnis kamu punya produk yang baru launching atau baru di update? Follow up adalah momen yang pas buat ngasih tahu pelanggan tentang hal ini.

Kamu bisa kasih info detail tentang produk tersebut, fitur dan keunggulannya, serta manfaat yang pelanggan dapetin kalau mereka beli produk yang kamu tawarkan.

Dengan begitu, mereka nggak ketinggalan info dan bisa tertarik buat coba produk baru kita.

Membangun Image Positif 

Dengan rajin follow up, tentu kamu bisa ngebangun image positif di mata pelanggan. Mereka bakal lihat bisnis kamu sebagai bisnis yang peduli dan responsif terhadap kebutuhan mereka.

Ini bisa ningkatin kepercayaan mereka ke bisnis kamu. Plus, pelayanan yang baik dan perhatian yang terus-menerus bisa bikin mereka cerita positif tentang bisnis kamu ke orang lain.

Baca Juga: 12+ Template Pesan Customer Service yang Bantu Tingkatkan Pelayanan

Cara Follow Up Customer Agar Cepat Closing

cara follow up customer agar cepat closing
Sumber: canva.com

Tentukan Timing yang Tepat

Pilih waktu yang tepat untuk follow up ke customer itu penting banget! Jangan terlalu buru-buru tapi juga jangan kelamaan.

Misalnya, kalau pelanggan baru aja liat-liat produk kamu, kasih jeda beberapa jam atau hari sebelum follow up. Kamu bisa follow up lebih cepat kalau customer nunjukin minat yang serius.

Yang penting, pastiin timing-nya pas supaya mereka nggak merasa di-pressure atau dipaksa, ya!

Gunakan Berbagai Saluran Komunikasi

Jangan cuma ngandelin satu cara aja buat follow up. Coba deh pake berbagai saluran komunikasi kayak telepon, email, chat, atau bahkan media sosial.

Kadang, pelanggan lebih responsif di satu platform dibanding yang lain. Dengan berbagai saluran, peluang buat closing jadi lebih besar.

Hindari Spam

Biar pelanggan nggak risih sama kamu yang follow up buat ngajakin closing, kamu harus hindari yang namanya spam. Tetap profesional dan jangan terlalu sering ngehubungin mereka.

Pastikan pesan follow up kamu punya nilai dan nggak cuma sekedar “ping” doang. Intinya, bikin pelanggan merasa bahwa kamu peduli, bukan cuma mau jualan.

Personalize Pesan Follow Up

Kamu juga bisa rangkai pesan yang personal untuk follow up ke pelanggan. Karena biasanya pesan yang personal bakal lebih kena di hati pelanggan.

Gunakan nama mereka, referensi percakapan sebelumnya, atau tunjukin kalau kamu ngerti kebutuhan mereka. Pesan yang dipersonalisasi biasanya lebih efektif bikin pelanggan cepat closing.

Tanya Kebutuhan dan Masalah

Ketika follow up, jangan lupa buat nanya ke pelanggan apa yang mereka butuhin atau masalah apa yang mereka hadapi.

Dengan tahu kebutuhan dan masalah mereka, kamu bisa kasih solusi yang tepat. Ini nggak cuma ngebantu mereka tapi juga ningkatin peluang buat closing.

Kasih Penawaran yang Menarik

Siapa sih yang nggak suka penawaran menarik? Kasih diskon khusus, bundling produk, atau promo eksklusif buat pelanggan atau calon customer yang udah kamu follow up.

Penawaran yang menarik bisa jadi pendorong buat pelanggan untuk akhirnya memutuskan beli.

Buat Follow Up yang Menarik

Bikin pesan follow up yang menarik dan nggak ngebosenin. Gunakan bahasa yang friendly, gambar yang menarik, atau video pendek. Pokoknya, buat mereka nggak bosen baca atau dengerin pesan kamu!

Kamu bisa cek contoh pesan follow up yang menarik disini: 10 Contoh Kata-Kata Follow Up Customer Lengkap yang Menarik.

Jaga Hubungan Komunikasi

Jangan cuma follow up sekali terus ilang. Sebagai penjual, kamu harus tetap jaga komunikasi dengan pelanggan.

Update ke pelanggan tentang produk baru, promo, atau event yang kamu adakan. Dengan terus berkomunikasi, kamu bisa ningkatin kepercayaan dan kesetiaan mereka.

Manfaatkan Tools Auto Responder

Cara follow up customer agar cepat closing yang nggak kalah penting adalah dengan memanfaatkan tools auto responder buat ngebantu kamu follow up secara otomatis.

Tools ini bisa ngebantu kamu ngatur jadwal follow up, kirim pesan otomatis, dan monitor respon pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa lebih efisien dan nggak ketinggalan buat follow up.

Kalau kamu bingung cara dapetin tools nya, yuk tinggal pakai layanan CRM di Everpro aja!

Baca Juga: Cara Membuat Pesan Auto Reply WhatsApp

Sukses Follow Up Customer Sampai Closing dengan CRM Everpro

Untuk memastikan follow up customer kamu berjalan mulus dan berujung closing, kamu bisa pakai layanan CRM di Everpro.

Dengan berbagai fitur lengkap seperti broadcast pesan & automasi alur kerja, pengelolaan data pelanggan, dan beberapa fitur lainnya, Everpro bakal bantu kamu agar jualan jadi lebih efisien.

Bareng layanan CRM di Everpro, follow up customer jadi lebih efektif dan closing lebih cepat tercapai. Mari tingkatkan performa bisnis kamu bersama Everpro sekarang juga!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa simak informasi menarik lainnya di blog Everpro ya!

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya