Everpro

Harus Tahu! Ini Cara Follow Up Customer Lewat Telepon

Masih bingung gimana cara mempertahankan hubungan dengan para customer pada bisnis kamu? Coba deh simak artikel ini untuk mengetahui cara follow up customer lewat telepon yang bisa jadi solusinya!

Melakukan hubungan melalui telepon dengan customer merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk dua tujuan. Pertama, dengan follow up telepon kamu bisa menyakinkan dan mendorong pembeli untuk melakukan pembelian.

Sedangkan, tujuan yang kedua kamu bisa menjaga hubungan dengan pembeli yang sudah melakukan pembelian. Kedua tujuan ini sangat penting untuk menjaga eksistensi pada bisnis yang kamu punya.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana cara follow up lewat telepon yang efektif bagi bisnis. So, tanpa berlama-lama lagi yuk simak informasinya sampai habis ya!

Baca juga: 9 Cara Follow Up Customer Agar Cepat Closing, Dijamin Ampuh!

Apa itu Follow Up

cara follow up customer lewat telepon
Sumber: pexels.com

Follow up adalah salah satu cara yang dilakukan untuk membuat dan mendorong calon customer potensial untuk melakukan aktivitas yang kita inginkan. Salah satu aktivitas yang diinginkan dalam bisnis yang paling umum adalah untuk melakukan pembelian.

Nah, follow up ternyata gak cuma dilakukan untuk melakukan pembelian aja. Follow up juga bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan dengan para customer yang sudah melakukan pembelian. Hal ini untuk menjaga kesetiaan mereka sehingga dapat melakukan repeat order.

Jenis Follow Up pada Bisnis

Ada beberapa jenis follow up pada bisnis yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan dan konversi pada pelanggan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Follow Up Pelanggan Lewat WhatsApp
  • Follow Up Pelanggan Lewat Email
  • Follow Up Pelanggan Lewat Media Sosial
  • Follow Up Pelanggan Lewat Telepon

Manfaat Follow Up Customer Lewat Telepon

cara follow up customer lewat telepon
Sumber: pexels.com

Melakukan follow up pada pelanggan dapat memberikan banyak keuntungan. Berikut beberapa keuntungan melakukan follow up pada pelanggan:

  • Meningkatkan Penjualan

Follow up bisa meningkatkan penjualan jika dilakukan dengan efektif. Kamu bisa memperkuat minat beli mereka dan mendorong konversi penjualan.

  • Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Dengan melakukan follow up kamu bisa membangun hubungan baik dengan pelanggan. Karena follow up dapat menunjukkan sikap perhatian terhadap kebutuhan dari calon customer. Kamu juga bisa memperkuat loyalitas pada pelanggan.

  • Dapat Menjadi Media Promosi

Follow up juga dapat menjadi media promosi yang kamu gunakan untuk memberikan informasi terkait penawaran, diskon atau promosi tertentu. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan partisipasi dan memastikan pelanggan tidak melewatkan kesempatan.

  • Mengumpulkan Feedback dan Memperbaiki Layanan

Melakukan follow up kepada pelanggan, kamu bisa mengumpulkan feedback dari mereka terkait pengalaman pada produk atau layanan. Informasi ini sangat penting untuk bahan untuk memperbaiki layanan dan memenuhi harapan pelanggan.

  • Meningkatkan Retensi Pelanggan

Terakhir, dengan melakukan follow up secara teratur kamu bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka panjang. Dengan menjaga hubungan baik ini, kamu bisa membuat pelanggan puas yang mana ini cenderung berbelanja kembali.

Baca juga: 10 Contoh Kata-Kata Follow Up Customer Lengkap Dengan Tips Membuatnya!

Cara Follow Up Customer Lewat Telepon

cara follow up customer lewat telepon
Sumber: pexels.com

Berikut ada beberapa cara untuk melakukan follow up customer lewat telepon:

  • Memberikan Sambutan yang Hangat

Ketika kamu pertama kali terhubung dengan customer melalui telepon, ingatlah selalu untuk memulai percakapan dengan sambutan yang hangat. Dengan sambutan hangat ini, kamu bisa membuat percakapan menjadi lebih cair.

  • Menggunakan Nada yang Halus dan Rendah

Ketika berbicara dengan pelanggan, ingatlah selalu untuk menggunakan nada yang halus dan rendah. Pastikan juga jika nada bicara yang kamu lakukan dapat terdengar dengan jelas dan dapat dimengerti dengan baik oleh pelanggan.

  • Mengurangi Basa Basi yang Tidak Diperlukan

Melakukan basa-basi sebenarnya masih bisa ditolerir asal masih dalam batas kewajaran. Berbeda dengan melakukan panggilan telepon dengan teman atau saudara, follow up pada customer harus kamu lakukan dengna profesional dan mengurangi hal-hal yang tidak diperlukan. Pastikan untuk fokus pada apa yang ingin kamu sampaikan saja ya.

  • Lemparkan Pertanyaan untuk Mengumpulkan Informasi

Ketika terhubung dengan customer lewat telepon hindari membicarakan produk dan layanan yang kamu jual. Alasannya karena membicarakan itu terus-menerus pasti akan membuat pelanggan akan bosan dan bisa berakibat menutup telepon. Oleh sebab itu, kamu bisa melemparkan pertanyaan untuk mengumpulkan informasi.

  • Memperhatikan Durasi Telepon

Terakhir, kamu harus memastikan durasi telepon dengan baik. Jangan terlalu banyak melakukan panggilan telepon dengan durasi yang panjang seperti 20-30 menit. Kamu bisa melakukan follow up dengan baik dengan tempo waktu yang cukup singkat, lho. Waktu yang disarankan adalah sekitar 10 menit ya!

Demikianlah akhir dari artikel terkait follow up customer melalui telepon. Jangan lupa untuk melakukan follow up dengan baik kepada pelanggan karena hal tersebut bisa memberikan manfaat yang sangat baik bagi bisnis.

Kamu bisa share artikel ini di media sosial kamu secara gratis dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di blog Everpro.id!

Kesulitan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelangganmu? Susah meyakinkan pelanggan untuk membeli produk kamu? Coba pake Everpro CRM aja! Everpro CRM adalah solusi untuk mengelola hubungan baik dengan pelangganmu dengan fitur CRM yang keren abis seperti broadcast, labelling, dan otomasi pesan.

Benefit Everpro CRM

Everpro CRM punya banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan sebagai berikut:

  • Bisa broadcast pesan sebanyak-banyaknya
  • Buat pesan makin dilirik dengan gambar
  • Hemat waktu & tenaga impor kontak otomatis
  • Simpan pesan sekali untuk dikirim berkali-kali
  • Kelola data pelanggan jadi ladang cuan
  • Sapa pelanggan lebih akrab dan personal
  • Kirim pesan kapan saja & dimana saja
  • Jangkau pelanggan relevan dengan label & segmentasi
  • Tekan RTS dengan kirim resi otomatis
  • Impor kontak instan dari grup WA

Gimana menarik kan? Yuk, jangan sampai kelewatan layanan keren yang bisa bikin bisnis kamu makin optimal lagi dengan klik tombol daftar di bawah ini!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya