Mudahnya Cara Iklan di Instagram, Temukan Disini!

cara iklan di Instagram

Belum tahu cara pasang iklan di Instagram? Simak penjelasan mudah cara iklan di instagram yang efektif berikut ini.

Tahukah anda bahwa pengguna aktif Instagram di Indonesia merupakan yang terbesar keempat di dunia? Melansir keterangan dari dataindonesia.id yang memberikan fakta bahwa pengguna aktif bulanan Instagram pada April 2022 di indonesia yaitu sebesar 99,9 juta.

Selain itu 50% orang lebih tertarik pada suatu brand ketika melihat iklannya di Instagram. Hal ini menjadi peluang besar untuk memasarkan produk atau jasa anda secara efektif.

Dengan mempromosikan iklan melalui Instagram Ads, anda dapat mendorong brand awareness dan meningkatkan basis pelanggan melalui iklan visual. Tentu hal yang menarik untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan mengembangkan bisnis anda.

Dengan membaca tuntas artikel ini, anda akan menemukan cara iklan di Instagram yang efektif. Jadi, simak terus ya!

Apa itu Instagram Ads?

cara iklan di instagram
Sumber: pexels.com

Pernahkah anda melihat feed ataupun story di Instagram dari akun yang tidak anda follow? Itu merupakan contoh dari iklan instagram. Biasanya terdapat tulisan “Ads” di bagian atas iklan tersebut.

Instagram ads adalah sebuah platform iklan yang dikelola oleh media sosial Instagram. Platform ini memungkinkan anda untuk membuat iklan dan menayangkannya di feed dan story Instagram target audiens.

Fitur Ads ini diluncurkan pada tahun 2013, dan memiliki sambutan yang baik dari para pebisnis. Terbukti dari jumlah pengiklan di Instagram pada tahun 2017 yakni mencapai 1 juta pengiklan.

Tentu merupakan kemajuan yang sangat besar. Anda dapat menggunakan Instagram Ads sebagai salah satu strategi marketing yang efektif karena pasarnya yang luas. 

Everpro

Lalu keuntungan apa saja yang bisa anda peroleh dengan menggunakan platform ini? Mari kita bahas lebih lanjut.

Keuntungan Iklan di Instagram Ads

cara iklan di instagram
Sumber: pexels.com

Kini anda sudah mendapatkan gambaran mengenai apa itu Instagram Ads, tapi apa sebenarnya yang bisa menjadi alasan untuk menggunakannya? 

Jawabannya karena tentu Instagram ini menawarkan banyak keuntungan untuk mengoptimalkan promosi anda secara efektif. Berikut penjelasannya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Baik anda yang baru mulai merintis bisnis ataupun sudah sejak lama, penting untuk meningkatkan kesadaran target audiens akan brand dan produk atau jasa yang anda jual. Jika brand anda sudah dikenal baik oleh audiens tentu menjadi peluang besar untuk tinggi nya pelanggan melakukan aksi (conversion).

Berdasarkan data dari Instagram, sebanyak 130 juta pengguna selalu tertarik pada post tentang produk dan 81% persen diantaranya mencari dan melakukan riset mengenai produk atau layanan melalui Instagram.

Hal ini dapat anda manfaatkan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dengan meningkatkan brand awareness. Saat anda membuat Instagram Ads, akan ditanya tujuan dari iklan tersebut yang salah satunya yaitu brand awareness. Kemudian Instagram akan mengatur target pengguna yang tepat untuk menayangkan iklan anda.

Jadi, produk dan brand anda akan semakin dikenal oleh audiens dengan lebih luas. Karena pelanggan akan lebih menyukai merek yang populer. 

Dengan meningkatnya brand awareness, kredibilitas dan kepercayaan calon pelanggan juga akan semakin meningkat.

2. Dapat Menarget Iklan Secara Spesifik

Salah satu keuntungan lainnya yaitu mengenai target audiens yang lebih spesifik. Faktor ini menjadi hal yang penting agar iklan yang anda buat akan muncul pada calon konsumen potensial.

Fitur penargetan ini cukup lengkap sehingga memudahkan anda mendapatkan target pasar yang lebih spesifik. Anda dapat mengaturnya dengan beberapa faktor seperti lokasi, usia, minat, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Semakin spesifik target audiens yang anda atur maka akan semakin baik juga iklan anda akan muncul pada pengguna yang memiliki ketertarikan pada produk atau jasa yang anda iklankan.

3. Dapat Mengatur Budget Sendiri

Anda dapat mempromosikan iklan melalui Instagram Ads dengan biaya yang bisa anda atur sendiri. Biaya yang perlu anda keluarkan berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp 10 juta per hari.

Budget dan durasi penayangan iklan bisa anda sesuaikan dengan tarif tersebut untuk mendapatkan performa yang baik. Anda bisa memulainya dengan biaya yang cukup murah, walaupun begitu efek yang akan didapatkan tetap signifikan daripada hanya mempromosikannya sendiri.

4. Meningkatkan Potensi Penjualan dan Profit

Pengguna aktif di Instagram sangat banyak, anda juga bisa menargetkan target audiens secara spesifik. Dengan ini peluang iklan tampil pada calon konsumen potensial pun semakin besar.

Melalui Instagram Ads anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Maka potensi penjualan yang akan anda miliki juga meningkat. Pada akhirnya, hal ini akan meningkatkan profit bisnis Anda.

Cara Iklan di Instagram yang Efektif

cara iklan di instagram
Sumber: pexels.com

Berdasarkan pemaparan diatas banyak hal yang bisa anda dapatkan dengan beriklan melalui Instagram Ads. Anda tidak perlu bingung bagaimana cara pakai instagram ads.

Berikut adalah langkah mudah cara pasang ads di Instagram:

  1. Buka profil Instagram Business anda. Pilihlah post yang akan anda iklankan, kemudian pilih Boost Post.
  2. Selanjutnya atur tujuan anda iklan dengan menggunakan Instagram Ads tersebut. Terdapat beberapa pilihan seperti: more profile visits, more website visits, dan more messages. Anda dapat sesuaikan pilihannya dengan tujuan anda mempromosikan iklan tersebut.
  3. Lalu anda tambahkan URL tujuan atau website dan pilih Action Button untuk menjelaskan tujuan URL apabila diklik.
  4. Tahap selanjutnya ialah Pilih Target Audiens. Anda bisa menentukan sendiri siapa yang akan menerima iklan anda. Anda bisa memilih Otomatis dan juga Membuat Pilihan Sendiri, yaitu secara manual memasukkan opsi target audiens.
  5. Menentukan Budget dan Durasi. Anda dapat menentukan sendiri harga dan periode iklan sesuai dengan budget yang sudah anda siapkan.
  6. Setelah semuanya terisi, anda dapat melihat ringkasan pengaturan Instagram Ads yang sudah dipilih. Jika anda sudah yakin, selanjutnya klik Boost Post.
  7. Anda akan langsung diarahkan ke halaman pembayaran. Isilah informasi lokasi terlebih dulu.
  8. Kemudian anda pilih metode pembayaran, pilihannya yaitu Debit atau Credit Card. isilah informasi mengenai metode yang sudah anda pilih tersebut.
  9. Langkah terakhir klik Save, dan iklan anda akan segera tayang melalui Instagram Ads.

Jadi itulah cara buat ads di Instagram dengan mudah. Selanjutnya anda dapat memaksimalkan promosi agar efektif dengan tips berikut ini:

  • Memaksimalkan fitur Insta Stories

Insta Stories adalah fitur yang akan menampilkan konten dalam kurun waktu 24 jam. Fakta menyebutkan bahwa 52% pengguna Instagram mengaku tertarik dengan brand dan produk yang mereka lihat melalui stories.

Jadi walaupun durasi penayangannya singkat, dengan memanfaatkan fitur ini akan menjadi kekuatan tersendiri agar hasil penayangan iklan anda efektif.

  • Memperhatikan Kualitas Visual

Instagram merupakan platform untuk melihat konten gambar dan video. Hal ini tentu harus menjadi perhatian anda dalam membuat iklan.

Kualitas visual yang bagus akan membuat target audiens tertarik dan mempermudah iklan anda untuk melakukan tindakan.

  • Membuat Iklan di Instagram Terlihat Natural

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah bagaimana mengetahui selera target audiens. Dengan begitu pesan dan kesan yang anda sampaikan ke audiens lebih mengena.

Anda dapat membuat konten berdasarkan ketertarikan target audiens agar iklan terlihat lebih natural dan smooth, juga mudah disukai karena tidak terkesan ‘memaksa’.

Jadi itulah tips dan cara iklan di instagram yang efektif untuk mengoptimalkan strategi pemasaran anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?