everpro

Worth It! Cara Iklan di Marketplace Aman dan Mudah

Mencari cara untuk bisa sukses tidak selalu sulit, dengan mengetahui cara iklan di marketplace, hal ini bisa membantu teman-teman untuk bisa menunjang kesuksesan usaha penjualan anda secara membludak.

Masih penasaran bagaimana cara memasang iklan di Marketplace, yuk simak info selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Datangkan Banyak Pembeli! Inilah 100+ Nama Olshop yang Bagus

Apa itu Iklan Marketplace?

cara iklan di marketplace
Sumber: Pexels.com

Iklan Marketplace adalah bentuk promosi produk atau jasa di platform online marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Lazada. Iklan ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual di antara persaingan yang tinggi di marketplace dan menjangkau target pasar yang lebih luas.

Tak hanya itu, Iklan marketplace bisa berupa iklan yang muncul di hasil pencarian, iklan banner, atau iklan yang muncul di halaman utama marketplace.

Penjual biasanya membayar biaya tertentu untuk menempatkan promosi mereka di marketplace, dan biaya ini dapat bervariasi tergantung pada platform marketplace yang di gunakan serta fitur iklan yang di pilih.

Apalagi kalau dengan pasang Iklan marketplace dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif bagi penjual untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa mereka dan memperluas jangkauan bisnis di platform online marketplace.

Tips Membuat Iklan yang Efektif

Membuat promosi yang efektif di marketplace adalah kunci untuk menarik perhatian calon pembeli dan meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat di ambil dalam membuat promosi yang efektif di marketplace:

  1. Tentukan jenis iklan yang ingin dibuat – ada beberapa jenis promosi yang tersedia di marketplace, seperti iklan pencarian, iklan banner, dan iklan produk yang dipromosikan. Pilih jenis promosi yang paling cocok dengan tujuan pemasaran Anda.
  2. Pilih format iklan yang tepat – setiap platform marketplace memiliki format iklan yang berbeda-beda, seperti video, gambar, atau teks. Tentukan pilihan format promosi yang tepat untuk produk atau jasa yang ingin Anda promosikan dan sesuaikan dengan karakteristik platform marketplace.
  3. Tulis teks iklan yang menarik perhatian pembeli – buat teks promosi yang jelas dan deskriptif. Sebutkan manfaat dan keunggulan produk atau jasa Anda secara singkat dan jelas sehingga pembeli dapat dengan mudah memahami apa yang Anda tawarkan.
  4. Tambahkan gambar produk yang berkualitas – gambar produk yang berkualitas dan menarik dapat membantu menarik perhatian calon pembeli dan meningkatkan kemungkinan pembeli untuk membeli produk atau jasa Anda. Pastikan gambar yang di gunakan berkualitas baik, menampilkan produk dengan jelas, dan sesuai dengan ukuran yang di syaratkan oleh marketplace.
  5. Perhatikan aturan dan pedoman marketplace – sebelum membuat iklan, pastikan Anda memahami aturan dan pedoman marketplace yang berlaku untuk produk atau jasa Anda. Pastikan promosi Anda sesuai dengan aturan dan pedoman tersebut agar promosi tidak di tolak atau bahkan di hapus oleh marketplace.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat promosi yang efektif di marketplace dan meningkatkan kesadaran merek serta penjualan produk atau jasa Anda.

Baca juga: Inilah 30+ Nama Toko Baju Anak yang Bagus, Bagi Pemula!

Cara Memasang Iklan Marketplace di Facebook

cara iklan di marketplace
Sumber: Pexels.com

Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang iklan Marketplace di Facebook:

Buatlah Akun Bisnis

jika Anda belum memiliki akun bisnis di Facebook, buatlah terlebih dahulu melalui tautan business.facebook.com. Jika Anda sudah memiliki akun bisnis, masuklah ke akun tersebut.

Buat Kampanye

Pilih opsi “Create Campaign” untuk membuat kampanye baru. Setelah itu, pilih tujuan kampanye Anda, seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, atau meningkatkan kunjungan ke website.

Atur Target Audience

Pilih target audience yang ingin Anda jangkau, termasuk lokasi, usia, jenis kelamin, minat, dan demografi lainnya.

Tentukan Anggaran dan Jadwal

Atur anggaran harian atau total yang ingin Anda habiskan pada kampanye, serta jadwal berapa lama kampanye akan berjalan.

Pilih Format Iklan

Pilihlah format promosi yang ingin Anda gunakan, seperti gambar, video, atau karusel.

Buat Iklan

Mulai buatlah promosi dengan menambahkan teks, gambar atau video, judul, deskripsi, dan tautan untuk mengarahkan pengguna ke halaman tujuan.

Review dan Kirim

Setelah selesai membuat promosi online, tinjau kembali dan pastikan semuanya sudah terisi dengan benar. Jika sudah, klik “Submit” untuk mengirim iklan Anda ke Facebook.

Pantau Kinerja Iklan

Setelah iklan Anda terbit, pantau kinerjanya melalui fitur pelaporan Facebook Ads Manager. Pantau metrik seperti jumlah tampilan, klik, dan konversi untuk memastikan promosi Anda berhasil.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memasang iklan di Facebook. Dengan memanfaatkan fitur iklan di Facebook, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek dan penjualan produk atau jasa Anda dengan lebih efektif.

Demikian cara pasang iklan marketplace untuk berjualan online maupun offline. Agar semakin mudah mendapatkan pembeli banyak dan ingin usaha Anda semakin sukses, yuk coba kerjasama dengan Everpro Marketplace Enabler! 

Ada 3 Layanan Unggulan Kami: 

  • Optimasi Toko dan Campaign
  • Tingkatkan kenyamanan customer dengan CS dan Admin Toko
  • Dapatkan performa iklan terbaik

Mari daftar sekarang juga ke layanan Marketplace Enabler, nikmati keuntungannya dan siap-siap omzet jualan Anda meningkat!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya