Cara Jualan di Instagram Agar Laris Manis. Cek Disini!

cara jualan di instagram

Masih bingung bagaimana cara jualan di instagram? Simak artikel ini untuk mendapatkan penjelasan lengkapnya.

Kian berkembangnya dunia digital memberi dampak pada berbagai jenis kegiatan, salah satunya bisnis. Dengan tingginya penggunaan media sosial menjadi peluang dalam meningkatkan bisnis.

Terdapat banyak jenis media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif, salah satunya adalah Instagram. Tercatat, pengguna berusia 16 sampai 64 tahun yang mengakses media sosial Instagram mencapai 86,6% dalam beberapa bulan terakhir. 

Hal ini karena Instagram atau IG terus memperbaharui fitur-fiturnya, termasuk adanya fitur ‘instagram shopping’ untuk memudahkan konsumen berbelanja. Karena Instagram sangat menunjang dari segi promosi untuk meningkatkan brand awareness, dengan adanya fitur ‘instagram shopping’ juga akan membantu meningkatkan penjualan.  

Jika anda ingin memulai usaha online anda dapat menjualnya melalui Instagram, simak terus artikel ini untuk mendapatkan cara jualan di Instagram agar laris manis.

Pengertian Jual Beli Online

jualan di instagram
Sumber: google.com

Sebelum mengetahui cara jualan di instagram, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai apa itu jual beli online. Secara umum, artinya adalah suatu proses berbisnis memakai teknologi elektronik dengan menghubungkan antara perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu dalam bentuk transaksi elektronik.

Secara singkat, jual beli online adalah kegiatan berbisnis yang transaksinya dilakukan secara elektronik melalui media internet. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan sebagainya.

Baca juga: Gunakan 4 Fitur Terbaik Ini, Untuk Cara Jualan di Facebook

Ingin tahu apa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan berjualan melalui Instagram? Mari simak lebih lanjut.

Everpro

Keuntungan Jualan di Instagram

cara jualan di instagram
Sumber: pexels.com

Instagram menjadi salah satu media sosial yang bisa anda gunakan untuk berjualan online. Platform ini dapat anda gunakan untuk promosi karena memiliki tampilan yang baik. Dengan visual yang baik menjadikan instagram unggul untuk menjelaskan produk dan memamerkan mereknya agar lebih menarik perhatian. 

Karena dapat menjadi lahan promosi, akan baik juga untuk anda gunakan sebagai platform jualan online. Berikut keuntungan lain yang bisa anda dapatkan:

1. Memiliki Fitur Insight untuk Memantau Promosi Anda

Akun bisnis di Instagram memiliki fitur insight atau wawasan. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengontrol statistik jumlah pengikut, tayangan, kiriman, klik status, impresi profil, dan masih banyak lagi.

Selain itu anda dapat mengeceknya berdasarkan kategori tertentu seperti usia, gender, serta wilayah. Dengan begitu, anda dapat mengoptimalkan strategi pemasaran yang selanjutnya anda akan lakukan.

2. Dapat Menjangkau Konsumen Secara Luas

Dengan menggunakan akun bisnis di Instagram akan lebih unggul daripada aku pribadi karena jangkauannya yang lebih luas. Selain itu, penggunaan akun bisnis akan terkesan lebih profesional.

Algoritma Instagram akan memberi anda kesempatan untuk menjangkau konsumen lebih luas jika konten atau yang anda iklankan dapat menarik perhatian yang berpengaruh pada reach.

3. Mengetahui Waktu Tepat dan Dapat Menganalisis Target Pasar

Melalui akun bisnis di Instagram anda dapat mengecek waktu terbaik untuk mengunggah konten di platform ini. Hal ini berkat adanya fitur insight, anda dapat melihat statistik hari dan jam optimal saat post paling banyak mendapat respons.

Jadi anda dapat melakukan analisis target pasar yang optimal untuk meningkatkan strategi pemasaran anda yang akhirnya akan berpengaruh ke potensi penjualan anda.

Cara Jualan di Instagram Agar Laris Manis

cara jualan di instagram
Sumber: google.com

Melalui media sosial Instagram anda dapat dengan mudah memulai usaha online. Terdapat banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Namun untuk bisa mendapatkan keuntungan tentu anda harus bisa melakukan cara yang efektif dalam berjualan. Tidak asal hanya mendagangkan saja.

Berikut cara yang bisa anda lakukan agar jualan di Instagram meraup banyak keuntungan:

1. Membuat Akun Bisnis di Instagram

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah merubah yang sebelumnya akun pribadi menjadi akun bisnis. Anda juga bisa membuatnya dari awal akun khusus untuk bisnis.

Dengan begitu profil usaha anda memberi kesan profesional. Salah satu trik yang bisa anda gunakan dalam memberi nama akun bisnis adalah dengan menggunakan kata yang unik atau memiliki ‘keyword’ yang banyak orang cari.

Misalnya,’@mie_lampir’ atau ‘@miesetan_bdg’ bisa juga ‘@CilokBdgAsli’

2. Cari Banyak Followers dengan Target

Untuk dapat memperluas jangkauan konsumen anda harus mengusahakan mendapat followers sebanyak mungkin, tapi tidak asal followers. Anda harus menetapkan jenis followers apa yang sekiranya akan tertarik dengan produk yang anda jual.

Misalnya, anda menjual produk makanan. Anda dapat follow akun influencer makanan dan akun kuliner yang kemungkinan akan tertarik dengan produk yang anda jual dan kemudian akan mem-follow akun anda.

3. Membuat Konten Menarik

Hal lain yang harus anda lakukan agar jualan di Instagram anda laris manis adalah dengan membuat konten menarik mengenai produk yang anda jual baik itu dalam bentuk foto atau video.

Karena hal yang utama dari Instagram adalah visual jadi buatlah semenarik mungkin agar target audiens yang melihatnya melakukan aksi baik like, comment, ataupun share.

Anda juga bisa memanfaatkan tools seperti Like2Buy, TapShop, Boomerang, Instagram Live, dan sebagainya untuk mencuri perhatian target audiens.

4. Menggunakan Hashtag yang Tepat

Cara ini juga merupakan hal yang penting untuk anda lakukan. Buatlah hashtag yang sesuai dengan produk yang anda jual.

Karena dengan menggunakan hashtag produk anda akan dapat tersebar secara luas. Bila yang anda gunakan tidak sesuai atau keliru, hal ini tentu menyulitkan target audiens untuk menemukan akun bisnis anda.

5. Menggunakan Instagram Ads 

Selanjutnya anda juga bisa menggunakan instagram ads untuk jualan anda. Hal ini akan membantu anda menjangkau target audiens lebih luas dalam waktu yang lebih cepat.

Karena anda dapat melakukan pengaturan sendiri jenis target audiens apa yang sesuai dan nantinya akan melihat iklan anda. Dengan begini tentu memberikan potensi penjualan yang tinggi juga.

6. Melakukan Promosi dan Diskon

Ini juga penting untuk anda lakukan, apalagi jika usaha anda masih terbilang baru. Dengan memberikan promo dan diskon anda akan memancing calon pembeli agar tergiur membeli produk anda.

Selain itu anda juga bisa memberikan giveaway untuk menarik banyak target audiens yang ikut serta meramaikan bisnis anda, tentu hal ini bisa memperbesar potensi penjualan.

Meski begitu anda tetap harus memperhitungkannya dengan baik agar tidak rugi, buatlah anggaran promosi tersendiri.

7. Upload Testimoni

Testimoni adalah review atau respon dari konsumen yang sudah membeli produk anda. Testimoni yang bagus penting untuk anda share di Instagram agar menarik calon pembeli lainnya karena produk yang anda jual itu bagus dan dapat dipercaya.

Bentuk testimoninya dapat berupa screenshot chat yang kemudian anda unggah di story atau feed. Jangan lupa jadikan highlight tersendiri agar calon konsumen mudah melihatnya.

 Jadi itulah cara yang bisa anda lakukan agar jualan di Instagram menjadi laris manis. Cocok untuk anda praktekan sekarang juga.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?