Apa benar cara kerja auto reply WA (WhatsApp) dapat menciptakan peluang repeat order dari pelanggan loyal? Benar kok! Karena chat dibalas cepat serta ramah, pelanggan merasa dihargai, mengakhiri chat dengan solusi, dan performa penjualan bisnismu tidak akan menurun.
Apalagi kalau kamu nggak punya sistem yang membantu tim Admin/CS secara otomatis. Maka sudah pasti pesan pelanggan bisa menumpuk, chat jadi berantakan, dan yang paling seram itu “peluang repeat order dari pelanggan bisa lepas begitu saja” karena nggak terpantau.
Jadi, Apa Itu Auto Reply WA?
Auto reply WA adalah fitur yang memungkinkan akun WhatsApp bisnis kamu bisa membalas pesan ke pelanggan secara otomatis, tanpa perlu sentuhan langsung dari tim CS. Cara kerja auto reply WA berdasarkan kata kunci, waktu kirim pesan, atau kondisi akun. Contohnya:
- Chat dari Pelanggan: “Kak, ready warna maroon?”
- Auto Reply WA: “Hai kak! Stok warna maroon masih tersedia. Yuk, klik link ini untuk order .”
Nah, tadi itu cara kerja auto reply wa berdasarkan kata kunci tertentu. Kalau chat dari pelanggan masuk di waktu kirim pesan (malam hari), kamu bisa membuat template chat seperti ini karena admin/cs tetap perlu istirahat dan pelanggan tetap merasa dilayani dengan baik.
- Chat dari Pelanggan: “Kak, kalau warna lilac masih ada nggak”
- Auto Reply WA: “Hai kak! Terima kasih sudah tertarik dengan produk kami. Admin akan membalas chat Kakak mulai pukul 08.00 pagi yaa. Selamat malam Kak.”
Gimana Cara Kerja Auto Reply WA?
Sebenarnya cara kerja auto reply WA cukup sederhana secara teknis, tetapi berdampak besar banget buat bisnis kamu. Dengan sistem ini, kamu bisa optimasi WhatsApp bisnis makin praktis dan hemat waktu, juga bisa menjaga kualitas komunikasi yang baik dengan semua pelanggan.
- Sistem mendeteksi kata kunci atau pola tertentu. Misal: kata “harga”, “ongkir”, “ready”, “bayar”, “stok”, “warna”.
- Sistem menghubungkan kata kunci dengan template pesan: “Hai Kak! Ongkir ke Jawa Timur di Rp18.000. Tapi kita lagi ada Spesial Gratis Ongkir kalau Kakak order lebih dari 3 pcs dengan warna yang berbeda.”
- Pengaturan auto reply WA bisa diatur ulang sesuai kebutuhan: Misal pesan auto reply malam hari hanya diaktifkan mulai jam 07.00 malam.
Kegunaan Smart Reply di Everpro Chat
Nah, di sinilah keunggulan Smart Reply di Everpro Chat yang bisa membaca konteks dan kebutuhan pelanggan secara lebih dalam. Jadi, bukan cuma membalas auto reply tapi membantu mengarahkan pelanggan ke langkah berikutnya sesuai kebutuhan.
- Bisa menjawab pertanyaan umum dengan cepat dan akurat
- Bisa membedakan chat informasi, komplain, atau pesanan baru
- Bisa langsung menghubungkan pelanggan ke CS manusia
Cara kerja auto reply wa di Everpro chat, bukan cuma mempermudah CS/Admin. Namun juga membantu bisnis kamu tetap jalan seperti biasanya meskipun sedang sibuk. Bahkan kamu juga bisa melihat performa admin cs melalui data yang jelas dalam pengambilan keputusan.
Cara Kerja Auto Reply WA di Everpro Chat
Perlu di garis bawahi, ya! Cara kerja auto reply WA bukan berarti kamu nggak butuh tim CS. Justru, sistem ini membantu tim CS bekerja secara optimal dan efisien. Nah, dengan Smart Reply dari Everpro Chat, kamu bisa mendapatkan berbagai kemudahan seperti: menjawab pelanggan tanpa delay, menjaga pengalaman pelanggan tetap positif, mempermudah follow up.
1.Balasan Otomatis saat CS Offline
Kamu tetap bisa mengatur auto reply WA untuk tetap aktif di luar jam kerja Admin atau CS. Jadi ketika ada chat masuk dari pelanggan saat hari libur Nasional (cuti bersama), sistem akan tetap membalas pesan dan tone komunikasi yang hangat dan ramah.
“Hai Kak! Terima kasih sudah tertarik dengan produk kami. Mohon maaf ya kak, CS kami sedang istirahat di hari Libur Nasional ini. Besok CS kami akan langsung membalas pesan Kakak mulai pukul 08.00 pagi ya! Have a great day, Kak.”
2. Balas Pertanyaan Umum secara Instan
Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan melalui pesan WhatsApp bisnis yaitu: “Ongkir ke Bandung berapa Kak?”, “Min, bisa COD nggak?”, “Nomor rekeningnya apa Kak?”. Jadi seputar hal biaya ongkos kirim atau metode pembayaran.
Pertanyaan seperti itu bisa dijawab langsung alias otomatis, dengan pesan yang telah kamu sesuaikan sendiri mengikuti gaya bahasa brand kamu. Cara kerja auto reply wa di Everpro Pro membantu kamu dalam menghemat waktu, tenaga, dan pikiran.
3. Trigger Khusus sesuai Kata Kunci
Kamu bisa mengatur sendiri kata kunci atau keyword pemicu balasan otomatis. Misalnya seperti ini:
- Kata “Harga”
Balasan “Hai Kak, untuk harga produk terbaru bisa langsung cek katalog kami di sini ya Kak: [cantumkan link]”
- Kata “Diskon”
Balasan: “Ada promo spesial di minggu ini, Kak! Cek info selengkapnya ada disini: [cantumkan link]”
4. Terhubung ke Sistem Order dan Tracking
Cara kerja auto reply Everpro Chat bisa langsung terintegrasi ke fitur lainnya. Jadi CS/Admin kamu nggak cuma membalas chat pelanggan, tetapi juga bisa langsung memproses pesanan atau follow up pelanggan dari dashboard yang sama.
Yuk, waktunya kerja lebih cerdas bersama Everpro Chat! Gunakan dan rasakan sendiri betapa ringannya cara kerja auto reply wa di bisnis kamu mulai hari ini. Memaksimalkan cuan berlimpah dengan kelola semua chat pelanggan hanya melalui 1 akun WhatsApp Official.