everpro

Mudah! Ini Cara Kirim Barang ke Luar Negeri Lewat JNE

Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri Lewat JNE – JNE adalah salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang sudah terkenal di Indonesia. 

Selain melayani pengiriman dalam negeri, JNE juga menawarkan layanan pengiriman ke luar negeri dengan berbagai pilihan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk kirim barang ke luar negeri lewat JNE, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan persiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Syarat Pengiriman Paket JNE Internasional

cara kirim barang ke luar negeri lewat jne
Sumber: google.com

Untuk dapat mengirim barang ke luar negeri dengan JNE, kamu harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku, antara lain:

  • Kamu harus menyertakan commercial invoice dari pihak pengirim dengan menggunakan bahasa Inggris dan tidak boleh menggunakan tulisan tangan. Commercial invoice harus mencantumkan detail harga barang dan jumlah barang.
  • Kamu harus menuliskan alamat penerima dengan lengkap, termasuk kode pos, nomor telepon, dan alamat email (jika memiliki) .
  • Kamu harus memilih jasa ekspedisi yang sesuai dengan tujuan pengiriman kamu.
  • JNE memiliki beberapa produk dan layanan internasional, seperti JNE Express Worldwide (JEXW), JNE International Cargo (JIC), JNE International Freight Forwarding (JIFF), dan JNE International Logistics (JIL).
  • Kamu harus memperhatikan jenis barang yang akan kamu kirim. Ada beberapa barang yang dilarang atau dibatasi untuk dikirim ke luar negeri, seperti obat-obatan terlarang, senjata api, bahan peledak, bahan berbahaya, uang tunai, perhiasan, makanan mudah busuk, dan lain-lain .
  • Kamu harus menyertakan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengiriman barang tertentu, seperti MSDS (Material Safety Data Sheet) untuk barang berupa cairan atau bubuk, sertifikat kesehatan untuk pengiriman produk makanan, atau dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan negara tujuan.

Cara Cek Tarif JNE Internasional

Sebelum kamu kirim barang ke luar negeri lewat JNE, tentu kamu ingin tahu berapa biaya yang harus kamu keluarkan. Untuk itu, kamu bisa melakukan pengecekan tarif JNE internasional dengan beberapa cara berikut ini:

  • Mengunjungi website resmi JNE di www.jne.co.id dan memilih menu Produk & Layanan > International Service. Di sana kamu bisa melihat daftar produk dan layanan internasional beserta tarifnya.
  • Menghubungi customer service JNE di nomor (021) 2927 8888 atau email [email protected] dan menanyakan tarif pengiriman ke negara tujuan kamu.
  • Menggunakan aplikasi JNE Mobile yang bisa kamu unduh di Google Play Store atau App Store. Di aplikasi ini kamu bisa memasukkan data pengiriman kamu, seperti asal, tujuan, berat, dan jenis barang, lalu melihat estimasi tarifnya.

Baca juga: Catat! Segini Biaya Kirim Paket ke Luar Negeri

Cara Kirim Barang ke Luar Negeri Lewat JNE

cara kirim barang ke luar negeri lewat jne
Sumber: google.com

Setelah kamu mengetahui syarat dan tarif pengiriman paket JNE internasional, langkah selanjutnya adalah melakukan proses pengiriman barang ke luar negeri lewat JNE. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu ikuti:

1. Persiapkan barang yang akan kamu kirim dengan baik. Pastikan barang dalam kondisi baik dan aman untuk dikirim. Bungkus barang dengan kertas atau plastik agar tidak rusak atau basah selama perjalanan. Beri label nama dan alamat pengirim dan penerima dengan jelas.

2. Bawa barang kamu ke kantor cabang JNE terdekat atau hubungi customer service JNE untuk meminta penjemputan barang di lokasi kamu.

3. Serahkan barang kamu beserta dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti commercial invoice, MSDS, atau dokumen lainnya sesuai dengan jenis barang dan negara tujuan.

4. Bayar biaya pengiriman sesuai dengan tarif yang berlaku. Biaya pengiriman belum termasuk duty & tax di negara tujuan yang dibebankan kepada pihak penerima. Jika pihak penerima menolak untuk membayar, maka biaya tersebut akan dibebankan kembali kepada pihak pengirim.

5. Dapatkan nomor resi pengiriman dari petugas JNE. Simpan nomor resi tersebut dengan baik untuk keperluan pelacakan status pengiriman.

Cara Mengecek Tarif JNE Internasional

Untuk mengetahui status dan lokasi barang kamu yang sudah dikirim ke luar negeri lewat JNE, kamu bisa melakukan pelacakan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Mengunjungi website resmi JNE dan memilih menu Lacak Kiriman. Masukkan nomor resi pengiriman kamu dan klik tombol Lacak. kamu akan melihat informasi detail tentang status dan lokasi barang kamu.
  • Menghubungi customer service JNE di nomor (021) 2927 8888 atau email [email protected] dan menyebutkan nomor resi pengiriman kamu. Petugas akan memberitahu kamu status dan lokasi barang kamu.
  • Menggunakan aplikasi JNE Mobile yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Di aplikasi ini kamu bisa memasukkan nomor resi pengiriman kamu dan melihat informasi status dan lokasi barang kamu.

Kelebihan dan Kekurangan Kirim Barang ke Luar Negeri Lewat JNE

Kirim barang ke luar negeri lewat JNE memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih jasa pengiriman ini. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan

  • JNE memiliki jaringan yang luas dan bisa mengirim barang ke berbagai negara di dunia dengan berbagai pilihan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  • JNE memiliki sistem pelacakan yang mudah dan akurat, sehingga kamu bisa memantau status dan lokasi barang kamu kapan saja dan di mana saja.
  • JNE memiliki customer service yang ramah dan profesional, yang siap membantu kamu dalam hal apapun terkait pengiriman barang ke luar negeri.

Kekurangan

  • JNE memiliki tarif pengiriman yang cukup tinggi, terutama untuk pengiriman non-dokumen. Selain itu, biaya pengiriman belum termasuk duty & tax di negara tujuan yang bisa menambah beban biaya bagi pihak pengirim atau penerima .
  • JNE memiliki estimasi waktu pengiriman yang bervariasi tergantung pada zona negara tujuan. Hal ini bisa menyebabkan keterlambatan atau ketidakpastian dalam penyampaian barang .
  • JNE memiliki syarat dan ketentuan yang cukup ketat untuk pengiriman barang tertentu, seperti cairan, bubuk, makanan, atau barang lainnya. Hal ini bisa menyulitkan kamu jika barang kamu termasuk dalam kategori tersebut .

Kesimpulan

cara kirim barang ke luar negeri lewat jne
Sumber: google.com

Kirim barang ke luar negeri lewat JNE adalah salah satu pilihan jasa pengiriman yang bisa kamu gunakan jika kamu ingin mengirim barang ke berbagai negara di dunia.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan jasa ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti syarat dan ketentuan, tarif, cara pengiriman, cara pelacakan, serta kelebihan dan kekurangan dari jasa ini.

Dengan mengetahui informasi-informasi tersebut, kamu bisa mempersiapkan barang kamu dengan baik.

Serta dapat menghindari masalah atau kesalahan yang bisa terjadi selama proses pengiriman.

Selain itu, kamu juga bisa membandingkan dengan jasa pengiriman lainnya, seperti TIKI, Pos Indonesia, atau DHL, untuk menemukan jasa pengiriman yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang mau kirim paket ke luar negeri lewat JNE.

Kamu punya bisnis online tapi pengiriman paket ke konsumen lama? Ekspedisi yang kamu pilih ga ada fitur COD?  Beralih ke Everpro Shipping aja!

Benefit Everpro Shipping

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler. (Ref: Promo Page)
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi.
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
  • Butuh data aktivitas penjualan? Tenang, semua orderan bisa diunduh dalam bentuk laporan.

Tingkatkan Bisnis Online-mu Tanpa Ragu. Bersama Everpro, Semua kebutuhan bisnis terkelola secara praktis!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya