Syarat dan Cara Kirim Barang Lewat JNT, Cepat dan Mudah!

cara kirim barang lewat JNT

Sedang cari tahu cara kirim barang lewat J&T? Artikel ini akan membahas tentang cara kirim barang lewat JNT, jadi baca selengkapnya disini.

Saat ini peran jasa pengiriman dalam kegiatan bisnis online, semakin penting. Alasan utamanya, yaitu karena perusahaan logistik ini menjadi sarana dalam mendistribusikan pesanan kepada konsumen.

Salah satu perusahaan jasa kirim yang kian berkembang adalah JNT Express. Berkat kualitas layanan dan wilayah cakupannya yang tersebar di seluruh Indonesia, menjadikan perusahaan ini pilihan pengiriman yang diunggulkan.

Hampir di semua marketplace, JNT selalu tersedia sebagai pilihan pengiriman. Begitupun untuk kebutuhan kirim barang individu, banyak yang telah mempercayakan pengirimannya melalui perusahaan ini.

Apakah anda akan mengirim barang lewat JNT juga? Jika iya, anda sedang membaca artikel yang tepat. Karena artikel ini akan membahas cara kirim barang lewat JNT dengan cepat dan mudah, pemula juga bisa mengikutinya.

Jadi simak sampai tuntas ya!

Syarat dan Ketentuan Cara Kirim Barang Lewat JNT

cara kirim barang lewat JNT
Sumber: google.com

Saat ini JNT telah menyediakan tiga jenis layanan yaitu: Reguler (EZ), Eco, dan Super yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan pengiriman. Selain itu wilayah cakupan jasa pengiriman ini terdapat hampir 100 pusat pendistribusian paket, 4.000 titik operasi, dan ribuan armada transportasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Maka dari itu, banyak yang telah mempercayakan urusan pengiriman pada perusahaan ini. Sebelum mengirim barang, anda harus melihat syarat dan ketentuan pengirimannya terlebih dahulu. Berikut syarat dan ketentuan kirim barang lewat JNT yang harus anda penuhi:

  1. Pengirim wajib mengemas barang sebelum dikirim sesuai dengan standar JNT agar aman dan menghindari kerusakan selama proses pengiriman. Pihak JNT tidak bertanggung jawab atas kerusakan akibat pengemasan yang kurang sempurna dari pengirim.
  2. Pengirim wajib mencantumkan informasi isi dan nilai barang yang sebenarnya. Jika tidak, maka tanggung jawab sepenuhnya berada pada pihak pengirim.
  3. Perhitungan berat paket adalah berat asli atau dimensi jika lebih besar. Apabila anda meminta pihak JNT yang mengemas barang, makan berat terhitung dari hasil timbangan setelah dikemas ulang.
  4. Pihak JNT tidak menjamin pengiriman akan selalu lancar dan layak terkait kemungkinan diluar kendali kurir yang dapat menyebabkan paket rusak.
  5. Pihak JNT tidak mengganti rugi atas kerusakan paket yang terjadi akibat kejadian diluar kendali (force majure).
  6. Apabila kerusakan terjadi oleh pihak JNT, maka pengirim dapat mengajukan klaim garansi. Dengan perhintungan ganti rugi maksimal 10x ongkos kirim atau senilai barang kiriman (max. Rp 1 juta). Jika anda menggunakan asuransi, maka nominal ganti rugi maksimal adalah Rp 20 juta.
  7. Apabila tidak terdapat laporan komplain setelah barang sampai ke penerima, maka pengiriman dianggap telah selesai.

Baca juga: Kirim Paket Cepat dengan JNT Express

Everpro

Cara Kirim Barang Lewat J&T

cara kirim barang lewat JNT
Sumber: google.com

Setelah anda memahami syarat dan ketentuan sebelum mengirim barang, berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk kirim barang lewat JNT:

  • Melakukan Cek Tarif dan Layanan JNT

Langkah pertama yang sebaiknya anda lakukan adalah mencari tahu tarif dan layanan yang tersedia. Sehingga anda bisa mempersiapkan biaya yang perlu anda bayarkan ketika mengirim barang.

Caranya mudah karena saat ini tersedia fitur cek ongkir baik dari website resmi maupun alternatif seperti Everpro yang bisa anda kunjungi. Masukkan informasi mengenai kota asal, kota tujuan, dan perkiraan berat barang. Selanjutnya anda bisa memilih akan menggunakan layanan dengan tarif yang mana.

  • Melakukan Pengemasan Sesuai Standar Kirim Barang Lewat JNT

Selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah proses pengemasan barang. Pastikan anda mengemas dengan aman, lapisi barang dengan bubble wrap atau paper wrap

Kemudian rekatkan dengan lakban seluruh sisinya dan pastikan tidak ada celah terbuka yang menyebabkan isi barang dapat keluar dari kemasan. Hindari juga ruang kosong agar isi barang tidak banyak mengalami pergerakan dan mencegah kerusakan.

Apabila anda hendak mengirimkan barang pecah belah atau elektronik sebaiknya lakukan pengemasan dengan keamanan ganda. Lapisi dengan peti kemas, PE Foam di sisi kemasan, atau bubble wrap berlapis-lapis untuk menjaga keamanannya.

  • Mendatangi Drop Point JNT Terderkat

Setelah barang selesai anda kemas, maka datangilah agen JNT terdekat dari lokasi anda. Untuk mengetahui alamatnya, anda bisa melakukan cara cek jnt terdekat melalui fitur drop point JNT, atau Google Maps.

Ikutilah arahan peta untuk sampai ke kantor agen dan menyerahkan paket tersebut.

  • Menyerahkan dan Membayar Biaya Pengiriman Kirim Barang Lewat JNT

Apabila anda sudah sampai ke drop point JNT dengan membawa paket yang telah anda kemas sebelumnya, maka selanjutnya adalah menyerahkan barang yang akan dikirim tersebut. Katakanlah anda hendak mengirim barang menggunakan layanan yang sebelumnya telah anda cari tahu dan pilih.

Selanjutnya admin akan memasukkan data pengiriman dan memberikan informasi tarif yang harus anda bayar. Setelah sepakat maka bayarlah tarif ongkir pengiriman paket anda.

  • Melacak Status Pengiriman

Setelah proses pembayaran selesai, maka admin akan memberikan bukti pengiriman yang berisi nomor resi. Nomor resi tersebut berguna untuk melacak status pengiriman paket.

Anda bisa memberikan informasi tersebut kepada penerima agar memudahkannya untuk mengetahui kondisi paket. Untuk melacak paket, anda bisa melakukan cara cek resi yang merupakan salah satu fitur di web resmi JNT dan juga Evepro.

Baca juga: Cara Mudah Cari Kantor JNT Terdekat, Bisa Lewat HP!

Cara Kirim Barang Lewat JNT Jemput Ditempat

cara kirim barang lewat JNT
Sumber: google.com

Apabila anda tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke drop point untuk mengirim paket, anda juga bisa menggunakan layanan penjemputan dari JNT Express. Layanan jemput paket dari JNT ini juga sangat memudahkan bagi pebisnis online yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengirim barang satu per satu.

Berikut langkah-langkah kirim barang lewat JNT dengan layanan penjemputan atau pick up :

  1. Buka aplikasi atau web resmi JNT, pilih menu Order kemudian klik Pick Up.
  2. Apabila anda belum terdaftar, maka anda bisa melakukan pendaftaran dengan klik ‘Daftar Sekarang’ atau ‘Login with Google’.
  3. Namun jika anda sudah memiliki akun JNT, maka bisa langsung mengisi informasi akun seperti: Nomor Telepon/Nama Pengguna/Email, Kata Sandi, dan Kode verifikasi yang tampil di layar.
  4. Kemudian klik ‘Login’.
  5. Akan tampil tab ‘Pengirim’ yang harus anda isi dengan detail terkait informasi yang mengirimkan barang, meliputi nama, nomor HP, asal, alamat, dan kode pos.
  6. Pada tab ‘Penerima’ anda juga harus mengisi data dan informasi terkait penerima.
  7. Anda juga harus mengisi informasi di bagian ‘Barang’ meliputi nama barang, jenis layanan, jumlah, berat, dan nilai barang.
  8. Lalu klik ‘Selesai’.
  9. Apabila ada pesan khusus atau instruksi kepada Sprinter (kurir) maka isilah terlebih dahulu, kemudian klik ‘Submit’.
  10. Proses memesan layanan pick up telah selesai, dan sprinter akan menjemput paket ke lokasi penjemputan dan langsung memproses pengiriman ke alamat penerima.

Demikian penjelasan mengenai cara kirim barang lewat JNT yang bisa anda lakukan dengan dua jenis pengiriman : melalui drop point atau fitur pick up.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda.

Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?