8 Langkah Cara Membuat Link Shopee Affiliate Biar Dapet Cuan!

Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal dari Shopee Affiliate Program, kamu perlu membuat link Shopee Affiliate yang bisa dilacak dan menghasilkan komisi. 

Apa itu link Shopee Affiliate? Bagaimana cara membuat link yang efektif? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat link Shopee Affiliate dengan mudah. 

Simak informasi selengkapnya sampai habis ya!

Apa itu Shopee Affiliate Program

cara membuat link shopee affiliate
Sumber: google.com

Shopee Affiliate Program adalah salah satu program Shopee untuk para content creator agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan berupa komisi dengan cara mempromosikan produk-produk di Shopee melalui media sosial. 

Platform yang bisa digunakan sangat beragam, mulai dari Instagram, YouTube, Facebook, TikTok, hingga Twitter. 

Para content creator diberi kebebasan untuk memilih produk yang ingin mereka promosikan dan platform yang ingin mereka gunakan.

Apa Itu Link Shopee Affiliate?

cara membuat link shopee affiliate
Sumber: google.com

Link Shopee Affiliate adalah link khusus yang mengandung kode unik yang bisa mengidentifikasi sumber trafik dan penjualan dari produk-produk di Shopee

Link Shopee Affiliate bisa dibuat dari link toko atau link produk yang dijual di Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller.

Produk yang dilarang dijual adalah produk seperti rokok, vape, ganja, obat-obatan terlarang, produk dewasa, produk yang mengandung unsur pornografi, dan produk tidak original atau palsu.

Dengan menggunakan link Shopee Affiliate, kamu bisa mendapatkan komisi untuk setiap pembelian melalui link tersebut. 

Komisi Shopee Affiliate akan dibayarkan melalui ShopeePay atau Bank Transfer setiap minggu pada hari Kamis

Berikut ini adalah skema komisi Program Afiliasi Penjual:

  • Komisi 10% maks. Rp10.000 didapatkan jika pesanan berasal dari Pembeli baru Shopee yang belum pernah melakukan transaksi di Shopee sebelumnya.
  • Komisi 5% maks. Rp10.000 didapatkan jika pesanan berasal dari Pembeli setia Shopee yang sudah pernah melakukan transaksi di Shopee sebelumnya.

Cara Membuat Link Shopee Affiliate

Untuk membuat link Shopee Affiliate, kamu perlu mendaftar sebagai Shopee Affiliate terlebih dahulu melalui situs Shopee Affiliate Program. 

kamu harus login dengan akun Shopee yang sudah dimiliki atau membuat akun baru jika belum memiliki

Butuh passive income dan menghasilkan komisi TANPA BATAS? Gabung jadi affiliator di Everpro aja! Kamu dapat mengembangkan komunitas bisnis dan dapat komisi yang fantastis. Tentunya kamu mendapatkan dukungan penuh dari Tim Everpro.
Untuk info daftar dan cara mudah raih komisi dari Everpro Affiliate Program, langsung cek informasinya dengan 
klik banner di bawah ini ya! 


Setelah mendaftar, Shopee akan meninjau terlebih dahulu akun kamu selama 3 hari kerja. kamu akan mendapatkan notifikasi dan email konfirmasi jika seluruh proses pendaftaran telah selesai.

Setelah menjadi Shopee Affiliate, kamu bisa mulai membuat link Shopee Affiliate dari link toko atau link produk yang ingin kamu promosikan. 

Berikut beberapa langkah untuk membuat link Shopee Affiliate:

1. Dapatkan Link Toko atau Link Produk

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mendapatkan link toko atau link produk yang ingin kamu promosikan. Berikut cara kamu bisa mendapatkan link tersebut:

  • Buka aplikasi Shopee dan cari produk di Shopee yang akan dibuat tautan Affiliate nya.
  • Buka halaman detail produk tersebut dan klik tombol bagikan di bagian bawah layar.
  • Pilih opsi salin tautan untuk menyalin URL halaman produk tersebut ke clipboard.

2. Kunjungi Dashboard Khusus Program Afiliasi Penjual

Selanjutnya adalah mengunjungi dashboard khusus program afiliasi penjual melalui aplikasi Shopee atau situs program afiliasi penjual. 

Dashboard khusus program afiliasi penjual adalah halaman yang memungkinkan kamu untuk menyalin link, cek performa toko, dan cek komisi.

Berikut cara kamu bisa mengakses dashboard khusus program afiliasi penjual:

  • Buka aplikasi Shopee dan klik ikon saya di bagian kanan bawah layar.
  • Klik ikon koleksiku di bagian atas layar.
  • Gulir ke bawah dan klik banner program afiliasi penjual.
  • Atau buka situs Shopee Affiliate Program dan login dengan akun Shopee kamu.

3. Pilih Menu Penawaran

Langkah ketiga untuk membuat link Shopee Affiliate adalah memilih menu penawaran di dashboard khusus program afiliasi penjual. 

Menu penawaran adalah menu yang berisi berbagai fitur untuk membuat link Shopee Affiliate, seperti penawaran Shopee, komisi XTRA, penawaran produk, dan custom link. 

Berikut cara kamu bisa memilih menu penawaran:

  • Buka dashboard khusus program afiliasi penjual melalui aplikasi Shopee atau situs program afiliasi penjual.
  • Klik menu penawaran di bagian bawah layar.

4. Pilih Fitur Custom Link

Langkah keempat adalah memilih fitur custom link di menu penawaran. 

Fitur custom link adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk membuat custom link dari link toko atau link produk yang kamu salin sebelumnya. 

Berikut cara kamu bisa memilih fitur custom link:

  • Buka menu penawaran di dashboard khusus program afiliasi penjual melalui aplikasi Shopee atau situs program afiliasi penjual.
  • Klik fitur custom link di bagian bawah layar.

5. Tempelkan Link Toko atau Link Produk

Langkah kelima adalah menempelkan link toko atau link produk yang kamu salin sebelumnya ke kolom tautan khusus. 

Kolom tautan khusus adalah kolom yang berfungsi untuk mengubah link toko atau link produk menjadi link Shopee Affiliate. 

Berikut cara kamu bisa menempelkan link toko atau link produk:

  • Buka fitur custom link di menu penawaran di dashboard khusus program afiliasi penjual melalui aplikasi Shopee atau situs program afiliasi penjual.
  • Tempelkan (paste) link toko atau link produk yang kamu salin sebelumnya ke kolom tautan khusus.

6. Masukkan Tag

Langkah keenam adalah memasukkan tag ke kolom tag. 

Tag adalah kode unik yang bisa kamu buat sendiri untuk mengidentifikasi sumber trafik dan penjualan dari link Shopee Affiliate kamu. 

Berikut cara kamu bisa memasukkan tag:

  • Buka fitur custom link di menu penawaran di dashboard khusus program afiliasi penjual melalui aplikasi Shopee atau situs program afiliasi penjual.
  • Masukkan tag yang kamu inginkan ke kolom tag.

7. Lakukan Membuat Tautan Afiliasi Shopee

Langkah ketujuh untuk membuat link Shopee Affiliate adalah melakukan membuat tautan afiliasi Shopee dengan mengklik tombol buat link. 

Tombol buat link adalah tombol yang berfungsi untuk mengubah link toko atau link produk menjadi link Shopee Affiliate dengan tag yang kamu masukkan sebelumnya. 

Berikut cara kamu bisa melakukan membuat tautan afiliasi Shopee:

  • Buka fitur custom link di menu penawaran di dashboard khusus program afiliasi penjual melalui aplikasi Shopee atau situs program afiliasi penjual.
  • Klik tombol buat link di bagian bawah layar.

8. Bagikan Link Shopee Affiliate

Langkah kedelapan adalah membagikan link yang sudah kamu buat tadi ke media sosial yang kamu gunakan. 

Berikut cara kamu bisa membagikan link Shopee Affiliate:

  • Buka fitur custom link di menu penawaran di dashboard khusus program afiliasi penjual melalui aplikasi Shopee atau situs program afiliasi penjual.
  • Klik tombol salin link untuk menyalin link Shopee Affiliate yang sudah kamu buat ke clipboard.
  • Buka media sosial yang kamu gunakan, seperti Instagram, YouTube, Facebook, TikTok, atau Twitter.
  • Bagikan link yang sudah kamu salin ke media sosial tersebut dengan cara yang sesuai, seperti mencantumkan link melalui bio pada TikTok atau swipe up link pada Instagram, description box pada video YouTube, link di dalam thread Twitter, floating text atau caption pada TikTok, maupun pada postingan Facebook.

Tips Menjadi Shopee Affiliate Sukses

cara membuat link shopee affiliate
Sumber: google.com

Setelah kamu membuat dan membagikan link, kamu tentu ingin mendapatkan hasil yang optimal dari program ini.

 Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjadi Shopee Affiliate sukses:

  • Pilih Produk Secara selektif.

Kamu harus memilih produk yang relevan dengan niche dan audiens kamu, serta memiliki kualitas dan reputasi yang baik. kamu bisa melihat rating, ulasan, dan jumlah penjualan produk tersebut sebelum memilihnya.

  • Buat Konten yang Menarik dan Meyakinkan.

Kamu harus membuat konten yang bisa menarik perhatian dan meyakinkan audiens kamu untuk mengklik link Shopee kamu. kamu bisa menggunakan kata kunci yang sesuai dengan produk dan pencarian audiens kamu. 

Dengan cara menggunakan kalimat aktif dan sederhana untuk menyampaikan manfaat produk tersebut, menggunakan kalimat transisi untuk menghubungkan ide-ide dalam konten kamu, menggunakan tkamu seru (!), tkamu tanya (?), atau tkamu kutip (“).

Hal ini untuk menarik perhatian audiens kamu. Dan  menggunakan panggilan untuk bertindak (call to action) untuk mendorong audiens kamu untuk melakukan tindakan yang kamu inginkan.

  • Gunakan Custom Link Shopee Affiliate. 

Kamu bisa membuat custom link dengan tag yang bisa kamu buat sendiri untuk mengidentifikasi sumber trafik dan penjualan dari link Shopee Affiliate kamu.

Dengan custom link, kamu bisa melacak kinerja link kamu dengan lebih mudah dan akurat.

  • Manfaatkan Dashboard Khusus Program Afiliasi Penjual. 

Kamu bisa mengakses dashboard khusus program afiliasi penjual melalui aplikasi Shopee atau situs program afiliasi penjual untuk menyalin link, cek performa toko, dan cek komisi. 

Dengan dashboard khusus program afiliasi penjual, kamu bisa mengelola dan mengoptimalkan kampanye Shopee Affiliate kamu dengan lebih efektif dan efisien.

Kesimpulan

Cara membuat link Shopee Affiliate adalah dengan mendaftar terlebih dahulu melalui situs Shopee Affiliate.

Kemudian mendapatkan link toko atau link produk yang ingin kamu promosikan dari aplikasi Shopee, lalu mengunjungi dashboard khusus program afiliasi penjual melalui aplikasi Shopee atau situs program afiliasi penjual.

Pada situs atau aplikasi Shopee akan mengarahkan kamu untuk membuat custom link dengan tag yang kamu inginkan.

Kemudian terakhir membagikan link Shopee Affiliate tersebut ke media sosial yang kamu gunakan.

Dengan membuat link Shopee Affiliate, kamu bisa mendapatkan komisi untuk setiap pembelian melalui link tersebut.

Komisi Shopee Affiliate akan Shopee bayarkan melalui ShopeePay atau Bank Transfer setiap minggu pada hari Kamis.

Untuk menjadi affiliator sukses, kamu perlu memilih produk secara selektif, membuat konten yang menarik dan meyakinkan, menggunakan custom link, dan manfaatkan dashboard khusus program afiliasi penjual.

Shopee Affiliate Program adalah salah satu program Shopee untuk para content creator agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Penghasilannya berupa komisi dengan cara mempromosikan produk-produk di Shopee melalui media sosial.

Program ini cocok bagi kamu yang ingin memiliki penghasilan tambahan tanpa harus keluar rumah.

Nah untuk kamu yang masih ngerasa komisi dari Shopee Affiliate kurang dan masih pingin nambah pendapatan tambahan, ada Everpro Affiliate Program!

Emang apa aja keuntungan dari Everpro Affiliate?

  • Komisi yang menguntungkan
  • Dashboard monitoring yang detail
  • Layanan Pro yang menyeluruh
  • Dukungan penuh dari tim Everpro

Banyak kan keuntungannya? Tunggu apalagi ayo daftar sekarang!

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, download EBook Kiat Sukses Membangun Bisnis Online di Marketplace, Gratis!

Artikel Lainnya