everpro

Cara Membuat Toko Online dengan Website? Simak Caranya!

cara membuat toko online

Memulai bisnis kini bisa di lakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Bahkan anda pun tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa membuka toko online sendiri. apakah ada cara membuat toko online secara sederhana? 

Bicara soal toko online sendiri sebenarnya bisa juga anda membuka secara online melalui media sosial ataupun e-commerce terpercaya. Layaknya shopee, lazada, tokopedia dan lainnya. 

Namun sebagian orang lebih memilih membuat website toko online sendiri di banding melalui kedua media tersebut.

Meskipun membuat bisnis sendiri dengan website membutuhkan proses yang lebih panjang, nyatanya membuat website sendiri punya kelebihan sendiri.

Salah satunya kita jadi punya kontrol penuh terhadap platform, mulai dari desain, navigasi, tampilan katalog hingga pengalaman berbelanja konsumen.

Walau begitu baik membuat website jualan ataupun melalui media sosial dan e-commerce sama-sama punya kelebihannya masing-masing. 

Membuat website sendiri dari awal kita memang harus mengerti bahasa pemrograman dan coding, namun sekarang sudah banyak platform yang menyediakan jasa membuat website gratis untuk anda yang tidak paham bahasa coding. 

Cara Membuat Toko Online dengan Website untuk Pemula 

cara membuat toko online
Sumber : Pexels.com

Berikut adalah cara membuat toko online sendiri dengan membuat website jualan dari nol untuk pemula. 

1. Membeli Domain dan Menyewa Hosting untuk Website Anda 

Cara membuat bisnis sendiri melalui website yang pertama adalah dengan membeli domain dan menyewa hosting. 

Everpro

Hosting adalah tempat jagat maya dimana anda bisa menaruh domain dan konten-konten website anda. Ibaratkan domain adalah alamat, hosting adalah lahan di mana toko anda berdiri. 

Domain ada banyak macamnya seperti .com, .id, .co.id. 

Untuk harga .com biasanya di hargai mulai dari Rp. 99.000 hingga Rp. 125.000. Harga .id di hargai Rp. 200.000 hingga Rp. 250.000 dan domain .co.id di mulai dari Rp. 275.000 hingga Rp. 350.000. 

Sementara harga sewa hosting di mulai 100 MB dengan harga sewa Rp.5000 per bulan hingga Rp. 150.000 untuk unlimited disk space. 

Maka dari itu sebelum anda menentukan pilihan domain dan hostingnya. Lakukan komparasi harga terlebih dahulu. 

2. Memasang Content Management System (CSM) 

Cara memuat website jualan selanjutnya adalah anda perlu memasang CMS. dengan memasang ini anda bisa lebih mudah mengatur konten dan tampilan website anda. 

WordPress adalah salah satu cms yang di gunakan toko online dan lebih mudah di gunakan. 

3. Pasang Plugin Khusus 

Cara membuat toko online selanjutnya adalah mengintal plugin khusus toko online, seperti WooCommerce. 

Dengan menggunakan WooCommerce, anda bisa menggunakan banyak fitur yang bisa membuat toko online anda semakin intuitif.

Anda hanya perlu mengisi beberapa data pelengkap seperti alamat toko, mata uang yang di gunakan dan jenis produk yang ingin anda jual. 

Lalu anda akan di minta memilih metode pembayaran yang ingin di instal pada website anda. Biasanya menggunakan Paypal. Namun anda juga bisa mengatur metode pembayarannya dan tarif pengiriman produk. 

4. Isi Konten-Konten Toko Online Anda 

Cara membuat website toko online selanjutnya anda bisa langsung isi konten-konten untuk kebutuhan toko online anda. 

Caranya anda bisa klik “menu product: lalu pilih “add new” Lalu anda akan di minta melengkapi informasi terkait produk tersebut, misaljan nama, harga, deskripsi produk, kode produk, hingga foto produk. Anda juga bisa tambahkan informasi lainnya. 

5. Gunakan Payment Gateway 

Menggunakan website online shop berarti anda juga harus menyediakan metode pembayaran yang lebiih fleksibel. Maka anda bisa sediakan Payment Gateway.

Di Indonesia sendiri sekarang sudah banyak perusahaan yang menyediakan Payment Gateway. 

Berapa Modal yang Harus Dikeluarkan untuk Membuat Website Toko Online?

cara membuat toko online
Sumber : Pexels.com

 Sebelum tahu cara membuat toko online dengan membuat website sendiri, nyatanya anda harus mengeluarkan budget yang agak dalam untuk membuat website. 

Di mulai dari membeli domain, menyewa hosting, fitur e-commerce, wordpress hingga payment gateway. Anda kemungkinan harus menyediakan budget sebesar Rp. 15.000.000. Meski begitu dengan website anda bisa lebih leluasa mengatur toko online anda. 

4 Rekomendasi Platform untuk Membuat Website Jualan Gratis Tanpa Ribet

Bagi anda yang tidak masih awam cara membuat toko online dengan website secara mandiri. Kini ada juga berbagai platform yang bisa anda coba untuk membangun website jualan sendiri. Apa sajakah itu? Berikut rinciannya ada disini : 

1. Wix.com 

platform wix
Sumber : Google/bersosial

Mau tahu cara membuat website untuk jualan secara praktis dan gratis? Anda bisa dapatkan melalui Wix.com. 

Wix.com adalah salah satu platform yang bisa memudahkan penggunanya untuk membuat website jualan online. 

Anda juga tidak perlu mendownloadnya, karena bisa melakukannya langsung melalui browser. Terutama melalui platform ini bisa di lakukan siapa saja bahkan untuk orang yang tidak punya basic coding sekalipun. 

Lalu kelebihan lainnya platform ini menyediakan beberapa fitur secara gratis juga. 

2. Weebly.com 

cara membuat toko online
Sumber : Google/bersosial

Sama seperti platform sebelumnya, weeblu juga menghadirkan kemudahan  cara membuat website gratis

Hanya saja ada beberapa fitur saja yang di sediakan secara gratis. Tapi fitur-fitur tersebut memang di sesuaikan untuk kebutuhan online bisnis. 

Menggunakannya juga mudah, cocok untuk anda yang masih pemula. 

3. Shopify 

Shopify
Sumber : Google/bersosial

Shopify adalah salah satu platform website yang paling terkenal. Karena bisa menjangkau target pasar yang sangat luas dan banyak juga yang menggunakannya secara global.  

Platform ini mempunyai 2 layanan, yang gratis dan berbayar. Jika anda pilih yang berbayar anda bisa menggunakan fitur kartu kredit hingga penjualan melalui Facebook. 

4. Webs.com 

webs.com
Sumber : Google/bersosial

Hampir sama seperti lainnya. Webs juga hadir sebagai kemudahan bagi orang-orang yang tidak paham cara membuat toko online dengan website mandiri. 

Bahkan fitur-fitur yang di sediakan juga cukup lengkap bagi para pebisnis yang ingin memiliki website untuk jualan online. 

Demikianlah artikel mengenai cara membuat toko online dengan website mandiri ataupun melalui beberapa rekomendasi platform gratis membuat website. 

Semoga bermanfaat, sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel terkait web development dan design hanya ada di Everpro

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?