everpro

Mudah! Inilah Cara Membuat Website Gratis di HP yang Perlu Dicoba

Pernah terpikir apakah bisa membuat website di HP? Ternyata bisa kok! Simak artikel ini untuk mengetahui informasi selengkapnya terkait cara membuat website di HP!

HP merupakan salah satu alat yang sangat membantu dan dapat menunjang aktivitas kita sehari-hari. Mulai dari mencari informasi, mengerjakan pekerjaan kantor bahkan bermain game bisa dilakukan melalui HP.

Selain aktivitas-aktivitas tersebut, ternyata kita juga bisa membuat website di HP dengan mudah, lho. Emang bisa ya buat website hanya bermodalkan HP? Bisa dong!

Pada era digital saat ini banyak sekali kemudahan yang bisa dapatkan dan salah satunya adalah kita bisa membuat website di HP dengan praktis dan mudah.

Buat kamu yang ingin membuat website dengan hanya bermodalkan HP, kamu wajib pantengin terus artikel ini sampai habis.

Karena pada artikel ini kami akan mengulas bagaimana cara membuat website gratis di HP dengan mudah dan praktis untuk seorang pemula. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 6 Aplikasi Pembuat Website Mudah Namun Profesional, Wajib Dicoba!

WordPress untuk Membuat Website di HP

cara membuat website di hp
Sumber: google.com

Salah satu CMS atau Content Management System yang akan kita gunakan dalam membuat website melalui HP yaitu WordPress. CMS satu ini merupakan CMS yang paling banyak pengguna gunakan untuk websitenya.

Hal ini karena WordPress memberikan beberapa kelebihan yang bisa penggunanya dapatkan seperti:

  • Sifatnya Open Source
  • Fleksibilitas Tinggi
  • Mudah Dipelajari
  • Mudah dikelola
  • Pilihan tema dan plugin yang banyak
  • Mobile friendly
  • SEO friendly
  • Gratis
  • Komunitas besar
  • Instalasi dan Update mudah

Nah, karena kelebihannya yang banyak tersebut, maka kami akan memilih WordPress sebagai CMS yang akan kita gunakan untuk membuat website melalui HP.

Tanpa berlama-lama lagi yuk, masuk ke pembahasan inti kita pada artikel yaitu cara membuat website gratis di HP pada pembahasan selanjutnya.

Cara Membuat Website di HP Menggunakan WordPress

cara membuat website di hp
Sumber: unsplash.com

Bagaimana sih cara membuat website di HP menggunakan WordPress? Tenang, kita bahas bersama-sama di bawah ini.

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar kamu bisa membuat website menggunakan WordPress. Yuk, coba langkah-langkah untuk membuat website di HP di bawah ini:

  • Menentukan Tipe Website

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat website adalah menentukan tipe website yang ingin kamu buat. Pikirkan tipe website seperti apa yang ingin kamu buat.

Ada banyak tipe website yang bisa kamu pilih seperti website pribadi, laman edukasi, portal bahkan bisnis. Pastikan kamu sudah menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

  • Menentukan Web Hosting

Selanjutnya, kamu bisa menentukan web hosting untuk website yang akan kamu buat nanti. Web Hosting merupakan sebuah tempat penyimpanan data untuk website.

Hosting akan menyimpan seluruh akses data hingga transaksi data dari laman yang kamu buat. Kamu juga harus memastikan kebutuhan untuk website yang kamu buat dalam menentukan web hosting.

  • Memilih Nama Domain/URL

Setelah menentukan web hosting untuk website kamu, kemudian kamu harus memilih nama domain atau URL yang akan kamu gunakan sebagai alamat dan identitas website kamu.

Hal ini sangat penting karena domain ini berguna sebagai nama website pada mesin pencarian. Kamu bisa membuat nama domain yang unik, mudah diingat dan sesuai dengan niche website yang kamu buat.

  • Download dan Install WordPress

Jika kamu sudah menentukan hal-hal di sebelumnya, selanjutnya kamu bisa men-download dan install WordPress di HP kamu. WordPress sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Setelah berhasil install, kamu bisa buka aplikasinya dan login atau daftar dengan WordPress.com. Isi kolom email dengan email aktif yang akan kamu gunakan untuk mendaftar dan membuat akun WordPress.

Jika sudah, kamu bisa melakukan proses verifikasi dengan memeriksa email. Klik link verifikasi pada email dan lanjutkan proses pendaftaran dengan klik Daftar ke WordPress.com.

  • Pilih Nama Website

Setelah berhasil mendaftar dan login pada akun WordPress kamu, selanjutnya kamu pilih menu buat Situs Baru untuk memulai membuat website.

Kemudian, pilih nama domain yang ingin kamu gunakan pada website yang kamu buat. Jika sudah memilih domain, kamu bisa klik Buat Situs.

Setelah itu akan muncul tampilan website yang berhasil kamu buat dan klik OK untuk melanjutkan pengaturan pada website yang kamu buat.

Baca juga: Bingung Cara Membuat Website Gratis? Begini Caranya!

  • Mengatur Website pada Pengaturan/Settings

Setelah website berhasil dibuat, ada beberapa penyesuaian yang harus kamu lakukan sebelum menggunakan website tersebut.

Untuk melakukannya kamu bisa klik Pengaturan Situs, untuk melakukan penyesuaian seperti mengganti judul, logo, bahasa dan lain-lain untuk website kamu. Pada menu ini kamu bisa atur sesuai keinginan dan kebutuhan.

  • Membuat Halaman atau Postingan Pertama

Jika kamu sudah melakukan beberapa penyesuaian pada website kamu, selanjutnya kamu sudah bisa untuk membuat halaman atau postingan pertama pada website kamu.

Caranya sangat mudah kamu bisa klik ikon (+) pada bagian bawah kanan dan pilih Pos Blog. Setelah itu kamu bisa menulis artikel atau konten yang kamu inginkan.

Jika sudah, kamu bisa menerbitkan atau mempostingnya dengan cara klik Terbitkan pada pojok kanan atas dan pilih Publikasikan Sekarang.

Setelah postingan berhasil kamu buat, kamu bisa mengeceknya pada bagian Dipublikasikan. Pada menu ini kamu bisa melihat postingan yang ada pada website kamu.

Nah, itulah cara membuat website di HP menggunakan WordPress sebagai CMSnya. Bagaimana, mudah kan cara membuat website di HP? sekarang kamu bisa membuat website hanya dengan perangkat HP.

Demikianlah artikel cara membuat website di HP yang bisa kami berikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan selamat mencoba!

Kamu bisa share artikel ini ke media sosial dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Indah Cargo

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim kendaraan

JNE

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim kendaraan