6 Cara Membuat Website Gratis dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Website Gratis

Cara membuat website gratis – Untuk Anda yang ingin memiliki website sendiri tanpa harus bayar dan memakan waktu lama, coba gunakan cara membuat website gratis berikut ini.

Kehadiran website memang menjadi salah satu hal yang sangat membantu berbagai keperluan.

Misalnya Anda yang memiliki usaha online dan ingin menjual produk dengan jangkauan pelanggan yang lebih luas, salah satu caranya adalah menggunakan website.

Selain itu website juga banyak digunakan untuk menuangkan hobi seperti menulis cerita, menulis jurnal harian dan lain sebagainya.

Nah, jika Anda ingin memiliki website pribadi dengan mudah dan gratis, simak penjelasan lengkapnya tentang cara membuat website gratis berikut ini.

6 Langkah Mudah Cara Membuat Website Gratis

Bagi Anda yang ingin membuat website gratis dan mudah, coba perhatikan 6 hal berikut ini dengan seksama:

1. Cara membuat website gratis, tentukan dahulu jenis website-nya

Cara Membuat Website Gratis
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum Anda membuat website, tentukan terlebih dahulu jenis website yang akan Anda pilih, ada beberapa jenis website yang bisa Anda tentukan.

Penentuan jenis website adalah hal yang sangat penting dan tak bisa dilewatkan, kaena jika sudah menentukan jenis web maka Anda akan lebih menghemat banyak waktu.

Apalagi kalau Anda tak punya gambaran jelas jenis website macam apa yang bisa dibuat menggunakan WordPress. Faktanya, hampir semua website di seluruh dunia dibuat menggunakan WordPress.

Everpro

Berikut ini adalah beberapa jenis website yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan jenis website Anda:

a. Website Pribadi

Jenis website ini dimiliki oleh seseorang sebagai sebuah identitas online. Jenis website ini sering berisi opini pribadi tentang suatu hal atau pengalaman sehari-hari.

b. Blog

Blog adalah jenis website ini menampilkan informasi yang selalu up-to-date. Ciri dari blog adalah menampilkan informasi terbaru paling atas. Blog bisa dimiliki oleh pribadi maupun perusahaan.

c. Website Sekolah

Banyak sekolah yang saat ini membuat website untuk memudahkan akses informasi. Tidak hanya untuk mengetahui lokasi dan fasilitas yang dimiliki, website sekolah sering dimanfaatkan untuk menampilkan kegiatan belajar mengajar.

d. Website Toko Online

Toko online atau Ecommerce adalah website yang digunakan untuk berjualan online. Mulai dari produk barang, produk digital hingga jasa. Toko online dilengkapi dengan fitur untuk memudahkan transaksi online dan mengamankan pembayaran.

e. Website Instansi

Jenis website ini banyak dimanfaatkan oleh instansi pemerintah dalam rangka keterbukaan informasi publik. Tidak hanya berisi kegiatan instansi tertentu, tapi juga terkait transparansi anggaran.

f. Website Berita 

Sesuai namanya, website berita menampilkan berita terbaru. Lingkup berita yang ditampilkan bisa nasional, regional atau berdasarkan topik tertentu. 

Selain portal berita besar seperti Detik dan Kompas, Anda juga bisa membuat website berita Anda sendiri lalu mendaftarkannya ke layanan Google News. Atau, Anda juga bisa menyimak panduan cara membuat website berita.

g. Website Komunitas

Jenis website ini diperuntukkan pada komunitas tertentu. Bisa berupa komunitas pembaca online seperti Goodreads atau penggemar otomotif seperti MyCarForum.

2. Cara Membuat Website Gratis dengan Menggunakan WordPress.org

Cara Membuat Website Gratis
Sumber: google.com/bersosial

Setelah Anda menentukan jenis website apa yang akan Anda buat, maka selajuntnya adalah gunakan wrodpress.org untuk membuar website gratis.

WordPress.org sendiri sifatnya open source, bebas digunakan, bisa dimodifikasi, dan gratis. Selain itu, ada segudang pilihan untuk tema dan plugin yang bisa diinstall.

Jadi, bisa dibilang menggunakan WordPress.org merupakan salah satu cara terampuh untuk membuat website gratis.

3. Cara Membuat Website Gratis dengan Install WordPress

Kemudian yang harus Anda lakukan adalah menginstall wordpress. Namun sebelum itu Anda juga haus menentukan nama domain yang akan digunakan.

Anda bisa menginstall WordPress melalui Softaculous Apps Installer. Berikut cara menginstall WordPress dan membuat website gratis:

  • Buka cPanel. Biasanya cPanel bisa diakses dengan menambahkan /cpanel pada alamat website Anda. Contoh: namadomain.com/cpanel;
  • Masukkan username dan password;
  • Pada kolom pencarian ketikkan Softaculous Apps Installer dan klik dua kali;
  • Selanjutnya ketikkan WordPress pada laman Softaculous;
  • Setelah ketemu, klik Install.
  • Kemudian isi informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kolom yang diminta;
  • Lanjutkan dengan klik tombol Install di bagian paling bawah halaman.

Jika sudah melakukan hal itu, maka Anda sudah bisa menggunakan wordpress miliki Anda sendiri secara gratis.

4. Install Tema Gratis agar Website Lebih Menarik

Setelah Anda memiliki website sendiri, maka selanjutnya adalah install tema secara gratis agar website lebih menarik.

Anda tinggal menuju ke Dashboard > Appearance > Themes. Kemudian klik tombol Add New di pojok atas halaman dan cari tema sesuai keinginan. Langsung klik tombol Install pada tema yang diincar.

Kalau Anda sudah terlebih dulu mencari tema dan mendapatkannya dari WordPress Directory ataupun platform jual beli tema lainnya, Anda tinggal upload tema yang dimaksud. 

Caranya silahkan menuju Dashboard > Appearance > Themes. Kemudian klik tombol Add New dan klik kembali tombol Upload Theme. Pilih tema file dalam ekstensi .ZIP kemudian klik Install Now.

5. Lengkapi Cara Membuat Website Gratis dengan Pasang Plugin Gratis

Cara Membuat Website Gratis
Sumber: google.com/bersosial

Selanjutnya adalah memasang plugin untuk melengkapi website Anda. Cara untuk memasangnya sangat mudah.

Anda bisa langsung menuju menu Plugins > Add New. Kemudian cari plugin yang dibutuhkan. Ketika sudah ketemu, klik tombol Install Now. 

Tunggu beberapa saat sampai muncul tombol Activate, klik tombol yang dimaksud. Tinggal kustomisasi dan lakukan pengaturan sebentar, maka plugin siap beroperasi.

Tak masalah juga semisal Anda hanya punya file dari plugin. Anda masih tetap bisa menginstallnya. Caranya sama saja sebetulnya. 

Tinggal kunjungi menu Plugins > Add New > Upload plugin. Kemudian pilih file dalam ekstensi .zip dan klik tombol Install Now.

6. Optimasi Website agar Lebih Mudah Dikunjungi Orang Lain

Nah, jika Anda sudah melakukan langkah di atas, maka selanjutnya adalah mengoptimasi web yang Anda miliki agar banyak dikunjungi oleh pengguna internet.

Hal yang harus dioptimasi adalah page speed dan SEO. Untuk page speed gunanya agar kecepatan loading halaman web Anda menjadi cepat dan tidak membuat pengunjung menunggu terlalu lama.

Karena jika page speed-nya lambat akan berpengaruh pada sepinya web Anda, karena pengunjung tidak suka dengan web yang loading-nya lama.

Kemudian SEO adalah Search Engine Optimization, yakni untuk membuat artikel yang Anda tulis berada di peringkat atas mesin pencarian Google.

Mudah bukan cara membuat website gratis seperti langkah di atas? Jika sudah memahaminya, selamat mencoba!

Untuk membaca artikel lainnya tentang website, silahkan klik di sini.

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Daftar Sekarang

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?