Penasaran Cara Buat Website? Ternyata Mudah dan Tidak Ribet

cara membuat website

Hampir semua kegiatan kini tergantung dengan website. baik itu pendidikan, pekerjaan, bahkan sekedar website pribadi untuk portofolio dan data diri. website juga sering di gunakan untuk “penghubung” antara pengunjung  dan pemiliknya, maka sudah terlihat jelas website memegang peranan penting untuk berbagai kegiatan. lalu bagaimana cara membuat website? kini tidak sulit lagi. simak informasinya di sini!

Di masa sekarang, sebuah bisnis perusahaan hampir tidak bisa berjalan jika tidak ada website. Alasannya sederhana. Yaitu agar promosi lebih efisien. 

Dengan kehadiran  fitur ini , kita tidak perlu repot-repot melakukan promosi dari ke orang ke orang. Kebiasaan masyarakat menggunakan internet jadi sebuah alasan untuk penggunaan website. 

Apalagi sekarang  kita bisa mengatur sendiri informasi yang tertera, tampilan hingga “jalan pintas” langsung pada kontak perusahaan. 

Kehadiran fitur canggih ini memang sangat membantu perusahaan. Tapi ternyata  kini semua bisa punya dan di lakukan siapa saja bahkan untuk usaha kecil sekalipun. 

Lantas bagaimana cara membuat website sendiri tanpa harus coding dan repot? Ternyata mudah sekali. Namun sebelumnya anda harus tahu dulu pengertian dari laman sebagai berikut. 

Apa Itu Website? 

langkah membuat website
Sumber : Pexels.com

Di kutip dari katadata website adalah sebuah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan seluruh file saling terkait. 

Web terdiri dari kumpulan halaman yang di beri nama homepage yang berada di posisi teratas dan halaman-halaman terkaitnya berada di bawahnya. 

Biasanya halaman-halaman terkait atau child page berisi banyak hyperlink yang bisa menghubungkan langsung ke web yang lain. 

Everpro

Sehingga laman tidak hanya sebagai sarana media informasi saja. Tapi juga bisa penghubung antara konsumen dan pihak perusahaan. 

Dahulu membuat website sendiri butuh teknik khusus dan harus paham lebih dalam mengenai IT. tapi kini banyak sekali cara membuat website dengan mudah. 

Penasaran bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai habis! 

Langkah Langkah Membuat Website 

membuat website
Sumber : Pexels.com

Ada 5 langkah cara membuat laman sebagai berikut: 

1. Tentukan Tipe Website 

Cara membuat website yang pertama adalah  menentukan ide atau jenis website. Misalkan membuat website pribadi atau laman edukasi atau mungkin laman berita. 

Namun jika anda membuat laman untuk kepentingan bisnis, maka website toko online adalah pilihan terbaik.

Dari sini anda bisa promosikan dan menjual produk ke pelanggan di seluruh dunia, ini jauh lebih efisien di banding anda menjual secara langsung serta target pasar yang lebih luas. 

2. Pilih Web Hosting

Web hosting adalah sebuah tempat penyimpanan data situs anda. Sama halnya seperti SD card pada ponsel. Web hosting menyimpan seluruh akses data hingga transaksi data dari laman anda. 

Hanya saja jangkauan web hosting jauh lebih besar di banding SD card atau lainnya. 

Pada langkah cara membuat website ini, pastikan terlebih dahulu kebutuhan web hosting apa. Dalam membuat website ada 3 jenis web hosting yang bisa anda pilih yaitu shared hosting, cloud hosting dan VPS hosting. 

  • Shared Hosting 

Shared hosting ini paling cocok jika anda baru memulai membuat laman sederhana. Karena layanan ini menaungi banyak user dan di tujukan untuk laman berskala kecil hingga medium. 

Cara kerjanya menggunakan resource yang sama dari satu server fisik. Sehingga tidak bisa begitu banyak menampung data. 

Masalah biaya, harha hosting ini sangat terjangkau, hanya saja ada batasan yang ketat agar tiap user bisa menggunakannya bersama-sama dan tidak menyalahgunakan resource. 

  • Cloud Hosting 

Cloud hosting terbilang lebih unggul karena di lengkap dengan kecanggihan virtual server. Oleh sebab itu jenis hosting ini kerap kali di pakai banyak laman toko online atau laman berita. 

Cara kerjanya dengan menyimpan salinan  di beberapa server fisik yang saling bekerja sama. Sehingga jika salah satu ada yang mengalami down maka server lainnya akan menjadi penopang supaya laman bisa tetap online. 

  • VPS Hosting 

Jika anda ingin membuat skala besar maka anda bisa pilih tipe hosting ini. VPS Hosting pilihan yang tepat bagi anda yang ingin kebebasan kontrol menyeluruh dan mengelola platform website. 

Hanya saja menjalankan butuh manajemen server dan tahu cara operasi terminal. 

  3. Pilih Nama Domain/URL 

Langkah membuat website selanjutnya adalah memilih nama domain/URL. Hal ini sangat penting karena nama ini akan di kenal dan di temukan saat di ketik di mesin pencarian. 

Maka dari itu pastikan anda membuat nama domain yang tidak sulit di eja dan mudah di hapal. Jika tertarik membuat bisnis anda bisa membuat laman toko online dan  bisa menggunakan nama merek untuk nama domainnya. 

Nama domain mempunyai beberapa manfaat sebagai berikut : 

  • Sebagai identitas online 
  • Membangun personal branding yang mudah di ingat
  • Dapat di jadikan email yang profesional 
  • Membangun brand awareness terhadap bisnis yang anda kelola

 Contoh nama domain . “Wikipedia.com” , “ Kaskus.co.id” dan lain-lainnya. 

4. Daftarkan Nama Domain/URL Anda

Begitu anda telah menentukan nama domain. Cara membuat website selanjutnya anda bisa daftarkan langsung ke beberapa layanan pendaftaran nama domain. 

Ada beberapa nama layanan untuk pendaftaran nama domain seperti pandi.id, exabytes dan lain-lainnya. 

5. Koneksikan Nama Domain dengan Web Hosting 

Cara membuat website selanjutnya adalah dengan menghubungkan nama domain dengan web hosting. Namun sebagian besar web hosting sudah menyediakan langkah membuat website ini. 

Sehingga anda akan lebih mudah untuk ke tahap selanjutnya. 

6. Install WordPress 

Membuat website tidak hanya sekedar “membuat” sajja bukan? Anda juga harus mengelola, menyesuaikan dan membangun situs web anda. 

Salah satu caranya dengan menginstall wordpresss. Sistem ini dapat membantu anda menjalankan bagian belakangan situs web anda. 

Tidak hanya itu, wordpress juga gratis dan salah satu platform terbaik perangkat lunak yang tersedia untuk membuat situs web, memulai blog atau membangun bisnis. 

Sehingga wordpress tergolong cukup efektif bagi pemula. Setelah anda menginstall anda bisa langsung memilih tema  anda. 

Tema yang di berikan ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, tergantung kebutuhan anda.

Begitu selesai anda bisa langsung konfigurasikan laman anda sehingga bisa memberikan pengalaman terbaik bagi para pengunjung situs. 

7. Navigasikan Laman Anda 

Website anda sudah siap anda gunakan. Tapi cara membuat  agar lebih nyaman, lebih baik navigasikan juga website anda. 

Hal ini di lakukan supaya pengunjung lebih mudah mengetahui tentang situs web anda dan beri akses mudah ke bagian terpenting situs web anda. 

Gunakan 2 atau 3 warna saja agar semakin menarik perhatian para pengunjung dan anda bisa langsung isi  dengan berbagai konten. 

Dan selamat laman anda sudah siap dan tinggal di pantau saja! Mudah bukan? Dengan cara ini siapapun bisa melakukannya termasuk pelaku usaha rumahan. 

Demikianlah artikel mengenai cara membuat website. Semoga bermanfaat, Sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel seputar web development & design hanya ada di Everpro

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?