everpro

Lihat Sini Cara Memulai Bisnis Online. Mau Tahu Apa Saja? 

cara memulai bisnis oline

Semakin hari kebutuhan hari-hari semakin meningkat, maka tidak heran kini banyak masyarakat yang memulai bisnis online. Namun sebagian besar dari mereka masih bingung cara memulai bisnis online. 

Yap, bisnis online sekarang banyak digandrungi masyarakat dengan berbagai alasan. Mulai dari kemudahannya sampai memang minim modal. 

Padahal untuk memulainya, sebenarnya tidaklah sulit. Apalagi dengan kehadiran teknologi. Memasarkan produk atau jasa anda jadi lebih mudah. 

Bahkan cara bisnis online bisa di pelajari siapa saja, termasuk anda. Siapapun bisa sukses dengan memulai bisnis online. Asalkan sudah mempunyai strategi yang tepat. 

Lalu bagaimana cara memulai bisnis online? Berikut ada langkah-langkah yang harus anda perhatikan sebelum terjun ke dunia bisnis online. 

Tips Memulai Bisnis Online dari Nol Berupa Produk

cara memulai bisnis online shop tanpa modal
Sumber : Pexels,com

Banyak orang memilih bisnis ini karena sifatnya yang praktis dan fleksibel. Sehingga anda menjadi lebih mudah dalam melakukan pencatatan. Yang terpenting barang yang anda pasar berkualitas tinggi serta pelayanan anda yang nyaman. 

Tidak ada salahnya membuka usaha online shop bukan? Bagaimana cara bisnis online shop tanpa modal? 

1. Tentukan Platform untuk Berjualan

Ketika anda sudah mantap memulai usaha. Tentukan dahulu media mana yang ingin anda pakai untuk berjualan. Yaitu bisa berupa media sosial, marketplace, website pribadi atau e-commerce. 

Semua tergantung kebutuhan anda. Akan lebih baik jika anda memang bisa mengoperasikan semua media untuk bisnis online. 

Everpro

Karena tentu saja akan membuka kesempatan baru produk anda laris. Tapi pertimbangkan juga apakah anda mampu mengoperasikan semuanya supaya tidak keteteran.

2. Riset Pasar dan Kompetitor 

 Cara memulai bisnis online selanjutnya dengan melakukan riset terlebih dahulu. Lihatlah di sekitar anda, siapa saja yang cocok menjadi pasar anda. Lalu pertimbangkan juga produk anda apakah cocok dengan target pasar anda. 

Tidak kalah penting, anda juga harus perhatikan kompetitor anda., lihat dulu apakah ide jualan anda memang banyak di cari orang? Jika ada kompetitor ada yang menjual barang sesuai ide anda maka kemungkinan ide anda laku di pasaran. Begitupun sebaliknya. 

Kemudian cek bagaimana kelebihan dan kekurangan mereka. Maka anda bisa ambil kelebihan mereka lalu melakukan improvisasi dari hal yang tidak ada dari mereka. 

3. Cari Supplier yang Tepat 

Ini juga satu hal yang krusial dalam memulai bisnis online. Benar, anda harus cari supplier yang tepat. 

Supplier yang tepat disini berarti anda harus mempertimbangkan supplier dengan pelayanan yang baik serta kualitas produk yang di berikan juga bagus dan kuat. 

Namun anda juga harus sesuaikan dengan target pasar anda berdasarkan kemampuan beli mereka serta keuntungan yang ingin anda dapat. 

Namun jika anda ingin memulai usaha online shop tanpa modal juga bisa. Anda hanya tinggal menjadi dropshipper dan iklankan produk-produk dari supplier tersebut. 

4. Buatlah Keunikan Sendiri 

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah ciptakan sendiri keunikan dari bisnis anda. Misalkan dari tampilan packagingnya, cara melayaninya, atau promosi-promosi yang anda berikan. 

Dengan ini para pelanggan akan lebih cepat mengenal bisnis anda dan tak mudah melupakannya. Tentukan sesuai yang anda sukai. 

5. Ciptakan Desain Tampilan Bisnis Anda 

Tidak lupa ketika anda membangun bisnis pastinya anda butuh media penjualannya bukan? Maka desainlah tampilan marketplace atau website anda sendiri agar beda dari yang lain. 

Meski terlihat sepele, nyatanya hal ini cukup berpengaruh pada brand awareness bisnis anda. Selain itu para konsumen juga mendapatkan kepuasan visual ketika berkunjung ke toko anda. 

Lebih baik lagi jika anda sesuaikan tema tampilan bisnis anda dengan produk yang anda jual. Misalkan jika anda jual perlengkapan bayi maka desainlah tampilan media bisnis anda dengan hal-hal yang berkaitan dengan bayi. 

6. Tampilkan Foto Produk yang Profesional

 Cara memulai bisnis dari nol selanjutnya adalah anda harus tambahkan foto produk bukan? Ini tentu sudah jelas. 

Namun pastikan foto yang anda tampilkan jernih, bersih dan tidak buram. Karena hampir semua pelanggan melakukan keputusan akhir pembelian itu setelah melihat gambar. 

Jika gambar yang di tampilkan tampak buram, tentu pelanggan akan berpikir 2 kali untuk membelinya. 

7. Tentukan Strategi Penetapan Harga

Setiap bisnis manapun pasti akan menetapkan harga yang cocok pada produk yang anda jual. Afa beberapa pertimbangan yang harus anda perhatikan. 

Misalkan target pasar atau karakteristik pelanggan toko anda. Anda juga bisa bandingkan harga anda dengan kompetitor untuk jenis produk yang sama. Tak lupa juga sesuaikan harga dan supplier. 

8. Deskripsi

pastikan anda tambahkan deskripsi produk, dimulai dari nama, ukuran, warna, bahan dan lainnya agar pelanggan bisa lebih puas dengan pelayanan anda. 

9. Rajin Promosi

Dan yang terakhir adalah anda harus rajin memberikan promosi. Karena semua orang tertarik dengan mendapatkan keuntungan dari harga yang lebih murah. 

Maka dari itu usahakan melakukan promosi dan sesuaikan dengan budget anda. 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Berupa Jasa?

cara memulai bisnis online
Sumber : Pexels,com

Selain memasarkan produk, sebagian orang juga memilih usaha di bidang jasa. Banyak orang juga yang memilih ranah ini karena anda bisa melakukannya meski tanpa modal sama sekali. 

Yang anda butuhkan hanya skill dan kreatifitas. Untung yang di hasilkan juga cukup menjanjikan. Lalu bagaimana cara memulai tanpa modal ini? 

1.  Kenali Potensi Anda 

 Yang paling mendasar dari cara memulai bisnis online ini adalah anda harus tahu dulu potensi apa yang anda punya. Karena percuma saja jika anda memaksakan untuk mengerjakan tapi anda tidak memahaminya secara detail. 

Maka dari itu renungkanlah sejenak, apa yang anda sukai? Bidang apa yang sekiranya cocok untuk anda kerjakan. 

2. Perdalam Skill Anda 

Jika anda sudah menemukan potensi anda, selanjutnya anda harus perdalam skill anda. Meski memang anda mampu. Tapi sekedar “tahu” saja tidaklah cukup. 

Mulailah melatih diri anda dengan mengikuti beberapa course online. Tenang saja. Banyak juga course online yang tersedia secara gratis. 

3. Buatlah Portofolio 

Meski anda memang sudah ahlinya namun jika anda tidak punya portofolio bagaimana calon client anda bisa percaya dengan anda? 

Walau anda masih pemula, buatlah beberapa portofolio terkait pekerjaan yang ingin anda geluti. Setelahnya anda bisa pasang portofolio di media sosial atau website pribadi anda. 

4. Carilah Media yang Tepat 

Cara memulai bisnis online selanjutnya anda bisa cari media yang tepat. Biasanya jika anda ingin memulai bisnis online bidang jasa banyak tersedia di situs-situs freelance. 

Anda juga bisa pasang CV bahkan portofolio anda. Dengan ini calon klien anda bisa tahu kemampuan anda serta mempengaruhi kredibilitas anda. 

5. Mulai Ambil Proyek yang Kecil Dahulu 

Karena anda masih pemula, pastinya jam terbang anda belum banyak, kemungkinan anda belum begitu di percaya untuk mengambil proyek-proyek besar. 

Sehingga sambil belajar, mulailah ambil proyek yang kecil terlebih dahulu. Apabila anda sudah terbiasa anda bisa juga mulai ambil proyek yang lebih besar. 

Demikianlah artikel mengenai cara memulai bisnis online, semoga bermanfaat. Sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel informatif seputar bisnis online hanya di Everpro

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?