everpro

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama, Cari Partner Bisnismu!

Dalam dunia bisnis, mencari supplier tangan pertama yang andal dan berkualitas merupakan langkah penting dalam memastikan kelancaran operasional dan kesuksesan usaha.

Di era digital seperti sekarang, mencari supplier di Indonesia menjadi lebih mudah dengan berbagai platform dan teknologi yang tersedia.

Namun, dibalik kemudahan tersebut, tetap diperlukan strategi yang efektif untuk menemukan mitra bisnis yang tepat.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara mencari supplier tangan pertama di Indonesia yang dapat membantu kamu dalam menjalankan bisnis kamu dengan sukses.

Simak informasinya sampai habis ya!

Apa itu Supplier Tangan Pertama

cara mencari supplier
Sumber: pexels.com

Supplier tangan pertama, juga dikenal sebagai produsen atau distributor utama, adalah pihak yang memasok barang atau produk langsung dari sumbernya ke konsumen atau pengecer.

Mereka merupakan tahap pertama dalam rantai pasok dan berperan dalam menghubungkan produsen dengan pasar konsumen akhir.

Dalam konteks bisnis, supplier tangan pertama adalah pihak yang memiliki akses langsung ke produk atau barang dari produsen atau pabrik.

Mereka biasanya memiliki perjanjian langsung dengan produsen untuk memasok produk-produk tertentu dalam jumlah besar.

Supplier tangan pertama ini bertanggung jawab dalam menyediakan barang dengan harga dan kondisi yang disepakati kepada pelanggan atau pengecer.

Keuntungan Membeli di Supplier Tangan Pertama

cara mencari supplier
Sumber: pexels.com

Membeli barang langsung dari supplier memiliki beberapa keuntungan yang penting untuk bisnis kamu. Berikut ini adalah beberapa keuntungan utama dalam membeli barang dengan supplier:

1. Harga yang Lebih Kompetitif

Salah satu keuntungan utama dalam membeli barang dengan supplier adalah kemampuan untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif. Supplier biasanya menjual barang dengan harga grosir, yang biasanya lebih rendah dibandingkan dengan harga eceran.

Dengan membeli langsung dari supplier, kamu dapat menghemat biaya pembelian dan meningkatkan margin keuntungan kamu.

2. Ketersediaan Barang yang Konsisten

Supplier yang handal biasanya memiliki sistem manajemen persediaan yang baik. Ini berarti mereka memiliki stok yang konsisten dan dapat memenuhi permintaan kamu dengan cepat.

Layanan Cepat Tanggap

Dengan memiliki ketersediaan barang yang konsisten, kamu dapat memastikan kelancaran operasional bisnis kamu dan melayani pelanggan kamu dengan baik.

3. Produk yang Berkualitas

Supplier tangan pertama biasanya memiliki akses langsung ke produsen atau pabrik. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyediakan produk yang berkualitas tinggi.

Dengan membeli langsung dari supplier, kamu dapat yakin bahwa produk yang kamu beli adalah asli dan sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan.

4. Layanan Pelanggan yang Baik

Supplier yang baik akan memberikan layanan pelanggan yang baik kepada kamu. Mereka akan siap membantu kamu dalam proses pembelian, memberikan informasi yang kamu butuhkan, dan menjawab pertanyaan atau keluhan kamu dengan cepat dan efisien.

Layanan pelanggan yang baik dapat memperkuat hubungan bisnis kamu dengan supplier dan meningkatkan pengalaman belanja kamu.

5. Kesempatan untuk Mendapatkan Informasi dan Sumber Daya Tambahan

Bekerja dengan supplier yang berpengalaman dapat memberikan kamu akses ke pengetahuan industri, tren terbaru, dan sumber daya tambahan.

Mereka dapat memberikan saran dan rekomendasi mengenai produk atau layanan terkait, memberikan informasi tentang inovasi terbaru, atau membantu kamu dalam mengembangkan strategi bisnis yang lebih baik.

6. Kemudahan dalam Penyesuaian Pesanan

Dalam beberapa kasus, bekerja dengan supplier yang baik dapat memberikan fleksibilitas dalam penyesuaian pesanan.

Jika kamu memiliki kebutuhan spesifik atau ingin menyesuaikan pesanan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu, supplier yang terpercaya akan bekerja sama dengan kamu untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam memilih supplier, penting untuk melakukan riset, membandingkan, dan mengevaluasi pilihan yang tersedia.

Pastikan untuk mempertimbangkan reputasi, kualitas produk, harga, layanan pelanggan, dan kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan kamu secara konsisten.

Dengan bekerja dengan supplier yang tepat, kamu dapat memaksimalkan keuntungan bisnis kamu dan membangun hubungan yang saling menguntungkan dalam jangka panjang.

Mencari Supplier Tangan Pertama 

cara mencari supplier
Sumber: pexels.com

1. Mencari Supplier Tangan Pertama di Shopee

Shopee merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai produk dari berbagai penjual. Salah satu cara yang efektif untuk mencari supplier tangan pertama adalah melalui Shopee.

Kamu dapat menggunakan fitur pencarian dengan kata kunci yang relevan untuk menemukan distributor dan supplier yang menyediakan produk yang kamu butuhkan.

Pilihlah penjual yang memiliki rating yang baik dan ulasan positif dari pelanggan sebelumnya. Baca juga deskripsi produk dan ketentuan penjual dengan cermat untuk memastikan keandalan dan kualitas produk yang ditawarkan.

2. Pembanding Harga Melalui Platform E-commerce

Selain Shopee, terdapat juga berbagai platform e-commerce lainnya seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lainnya. Platform ini menyediakan fitur pembanding harga yang memungkinkan kamu untuk membandingkan harga dan penawaran dari berbagai supplier.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat dengan mudah menemukan supplier tangan pertama yang menawarkan harga yang kompetitif dan sesuai dengan anggaran kamu.

Pastikan juga untuk membaca ulasan dan rating dari pelanggan sebelumnya untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang reputasi dan kualitas produk yang ditawarkan.

3. Mencari Supplier Melalui Pameran Dagang

Pameran dagang adalah tempat yang ideal untuk menjalin hubungan dengan distributor dan supplier tangan pertama. Di Indonesia, terdapat banyak pameran dagang yang diadakan secara reguler di berbagai sektor industri.

Menghadiri pameran dagang yang relevan dengan bisnis kamu dapat memberikan kesempatan untuk bertemu langsung dengan para supplier potensial.

Kamu dapat berinteraksi dengan mereka, mengetahui lebih lanjut tentang produk dan layanan yang mereka tawarkan, serta membentuk hubungan bisnis yang saling menguntungkan.

Selain itu, pameran dagang juga menjadi kesempatan untuk mempelajari tren terbaru dalam industri dan menjalin jaringan dengan pelaku bisnis lainnya.

4. Mencari Supplier Melalui Asosiasi Industri

Asosiasi industri merupakan wadah yang menghimpun para pelaku bisnis dalam suatu sektor industri tertentu. Bergabung dengan asosiasi yang relevan dengan bisnis kamu dapat memberikan akses ke jaringan yang luas, termasuk distributor dan supplier tangan pertama.

Asosiasi ini biasanya memiliki database atau daftar anggota yang dapat kamu manfaatkan untuk mencari supplier yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain itu, melalui kegiatan dan acara yang diadakan oleh asosiasi, kamu dapat memperluas pengetahuan kamu tentang industri tersebut, memperluas jaringan, dan mendapatkan rekomendasi langsung dari sesama anggota asosiasi.

5. Mencari Supplier Melalui Referral dan Rekomendasi

Mencari supplier melalui referral atau rekomendasi dari bisnis lain yang serupa atau terkait dapat menjadi langkah yang efektif.

Kamu dapat menghubungi mitra bisnis, kolega, atau teman yang berada dalam industri yang sama atau terkait dan meminta rekomendasi tentang supplier tangan pertama yang mereka percaya dan telah bekerja sama dengan baik.

Rekomendasi dari orang yang kamu percayai dapat memberikan kepercayaan tambahan dan mempermudah proses seleksi supplier.

6. Verifikasi Ulang Supplier

Sebelum  melakukan transaksi atau berbagi informasi pribadi, usahan selalu melakukan verifikasi dan penelusuran secara lebih teliti mulai dari website sosial media atau website official yang mereka punya, lalu jika ada lokasi yang bisa Anda kungjungi lebih baik check lewat google maps dan google bisnis jika memang perlu.

Saat ini pun sudah ada teknologi yang bisa membantu Anda melacak informasi seseorang dengan menggunakan nomor kontak. Jadi selalu berhati-hati agar terhindar dari segala bentuk penipuan

Kesimpulan

Mencari supplier tangan pertama yang berkualitas dan terpercaya merupakan langkah penting dalam membangun bisnis yang sukses di Indonesia.

Dalam mencari supplier, kamu dapat menggunakan berbagai strategi seperti mencari melalui platform e-commerce, membandingkan harga, menghadiri pameran dagang, bergabung dengan asosiasi industri, serta memanfaatkan referral dan rekomendasi.

Dengan melakukan riset yang cermat, membaca ulasan pelanggan, dan membangun hubungan yang baik dengan supplier, kamu dapat menemukan mitra bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan kamu dan membantu bisnis kamu berkembang.

Dengan begitu, kamu dapat memastikan kelancaran operasional dan keberlanjutan bisnis kamu di Indonesia.

Kamu tertarik untuk berbisnis tapi takut harga produk jadi mahal karena bukan dari tangan pertama? khawatir sama ketersediaan stok yang ga terjamin oleh supplier?

Jangan khawatir karena ada Everpro Product Sourcing! Emang Everpro Sourcing bisa kasih apa aja sih ke kamu?

Benefit Everpro Sourcing

Tunggu apalagi? Segera daftar Everpro  Sourcing sekarang untuk bangun bisnis cemerlang dan nikmati keuntungan berikut ini:

  • Stok Terjamin
  • Margin Tebal
  • Bisa Dropship
  • Marketing Kit Lengkap
  • Terintegrasi dengan Sistem Everpro

 

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman