everpro

9 Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Ads, Auto Cuan!

Mau cari uang tambahan tapi bingung lewat mana? Simak artikel ini untuk mengetahui cara mendapatkan uang dari Facebook Ads!

Platform Facebook seringkali diketahui sebagai platform social media yang memiliki beragam fitur di dalamnya. Salah satu fitur yang dapat digunakan untuk memaksimalkan pemasaran produk dan layanan oleh para pebisnis yaitu Facebook Ads. Selain dapat mengiklankan bisnis dan layanan Facebook Ads juga menawarkan cara menghasilkan uang. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari Facebook Ads? 

Sebelum anda bisa mengetahui apa saja cara untuk mendapatkan penghasilan dari Facebook Ads, simak dan pahami terlebih dahulu dengan membaca artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu Facebook Ads?

cara mendapatkan uang dari facebook ads
Sumber: freepik.com

Bagi sebagian orang terutama yang bukan merupakan pebisnis mungkin masih begitu asing mendengar istilah Facebook Ads.

Supaya dapat mengetahui dan memahami fitur berikut mari mengenal dahulu apa itu Facebook Ads.

Facebook Advertising atau biasa disebut dengan FB Ads merupakan fitur yang ditawarkan oleh Facebook kepada para pemilik bisnis agar dapat mengiklankan usaha mereka di akun Facebook. 

Untuk dapat menggunakan fitur ini biasanya para pemilik usaha perlu membayar kepada pihak Facebook agar dapat mengatur pemasaran mereka sesuai dengan target pasar, interest, gender, umur atau lokasi dan domisili yang ingin ditargetkan.

Setelah mengetahui istilah dari Facebook Ads berikut ini kita dapat mengetahui bahwa FB Ads dapat mengiklankan sebuah bisnis. Lalu, seperti apa cara kerja dari Facebook Ads? 

Baca Juga: Panduan Riset Kompetitor Menggunakan Facebook Ads Library, Worth It!

Bagaimana Cara Kerja Facebook Ads?

Hadirnya fitur FB Ads tentu memudahkan dan membantu para pemilik bisnis untuk menjangkau target bisnis mereka dengan iklan yang sesuai.

Hingga kini sudah terdapat milyaran pengguna Facebook yang aktif setiap harinya, dengan begitu menjadi peluang yang menguntungkan bagi para pebisnis.

Agar iklan yang ditampilkan oleh pemilik usaha bisa muncul kepada orang yang tepat, pemilik usaha harus dapat menentukan beberapa kriteria yang sesuai dengan bisnis.

Kriteria yang dibutuhkan mulai dari umur, jenis kelamin, demografi, dan ketertarikan, hingga penggunaan device yang digunakan sehari-hari.

Setelah para pemilik usaha dapat menentukan kriteria dan karakteristik yang tepat untuk memulai iklan mereka, barulah mereka bisa mengatur campaign yang dibutuhkan melalui FB Ads.

Dapat kita tarik kesimpulan bahwa FB Ads dapat menampilkan iklan para pebisnis kepada audience yang sudah ditentukan oleh pemilik bisnis sebelumnya.

Tak hanya strategi seperti kriteria dan karakteristik yang disebutkan tadi saja, penentuan budget juga akan mempengaruhi performa iklan.

Apakah Facebook Ads Berbayar?

Seperti yang kita ketahui, Facebook Ads merupakan layanan yang ditujukan kepada para pebisnis untuk membantu mereka mengoptimalkan bisnis dengan cara melakukan iklan di sosial media.

Tentunya dengan peluang yang menggiurkan tersebut menjadikan pebisnis yang menggunakannya perlu membayar sejumlah budget kepada Facebook Ads.

Biaya untuk beriklan di Facebook sendiri per 2023 yaitu berkisar antara $50 hingga $50.000 per minggunya atau mulai dari Rp10 ribu per harinya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Adsense?

Sesuai dengan pembahasan diatas kita dapat mengetahui bahwa Facebook Ads sangat bermanfaat bagi para pemilik usaha.

Meski begitu, bukan berarti orang biasa atau pebisnis tidak dapat menggunakannya untuk mencari lahan penghasilan. 

Jika anda mendaftarkan akun Facebook untuk dimonetisasi sesungguhnya anda sudah bisa melakukan cara mendapatkan uang dari Facebook Ads.

Dengan mempertimbangkan cara kerja Facebook Ads yang hampir mirip dengan Google Adsense anda bisa menghasilkan uang dengan membuat konten hingga Facebook dapat “meminjam” akun anda agar dapat diselipkan iklan.

Setelah selang waktu berjalan serta iklan yang dipasang oleh Facebook Ads mendapatkan sejumlah tayang, mereka akan membayar anda dalam bentuk komisi. 

Agar dapat melakukannya anda perlu lolos beberapa syarat seperti jumlah followers minimum dan persyaratan lainnya.

Baca Juga : Facebook Marketplace, Cara Kerja Hingga Tips Berjualan di FB!

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook yang Ampuh

  • Jual Produk atau Layanan

cara mendapatkan uang dari facebook ads
Sumber: freepik.com

Kini anda sudah tahu bahwa Facebook Ads dapat menampilkan iklan bagi para pemilik usaha yang mau membayar. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi anda juga yang merupakan pengusaha kecil-kecilan untuk berjualan di platform Facebook.

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari Facebook dengan menjual produk atau layanan yang anda miliki secara luas dengan memposting jasa anda melalui status atau komunitas Facebook.

  • Integrasi Akun Shopify ke Akun Facebook

Tahukah anda tentang platform Shopify? Platform web e-commerce builder ini dapat anda manfaatkan untuk berjualan secara mancanegara atau internasional.

Bisa anda bayangkan ada berapa banyak target pasar yang dapat dijangkau oleh toko online anda di Facebook, bukan?

Anda bisa mengintegrasi akun Shopify dengan akun Facebook anda untuk melakukan ekspansi usaha di luar negeri.

  • Pasang Iklan dengan Youtube Partnership Program

cara mendapatkan uang dari facebook ads
Sumber: freepik.com

Memiliki followers Facebook yang banyak merupakan salah satu keunggulan bagi pengguna akun dan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

Cara berikut ini dapat anda lakukan terutama bagi anda yang menjadi konten kreator di platform YouTube.

Sederhananya YouTube memberikan kemudahan dan penghasilan tambahan dengan menawarkan program partnership bagi anda yang aktif di Facebook dan YouTube.

Jadi anda bisa melakukan upload konten di YouTube kemudian tinggal menautkan link tautan Facebook pada konten sehingga siapa saja yang melihat konten dapat melakukan identifikasi akun anda.

Baca Juga : Ini Dia ! Contoh Iklan FB Ads Terbaik, It Works!

  • Menjadi Influencer

Siapa saja kini bisa menjadi trending bahkan dapat memanfaatkannya untuk menghasilkan rupiah. Apakah anda tertarik juga?

Sebutan dari orang yang punya personal branding yang kuat dalam bidang tertentu serta punya pengaruh inilah disebut dengan influencer.

Hanya saja influencer berbeda dengan artis yang memiliki jangka waktu kontrak dalam pekerjaannya.

Influencer bisa mencari uang dengan membangun personal branding yang kuat, memperluas relasi sehingga bisa bekerjasama untuk memperluas branding milik usaha orang lain dan mendapatkan imbalan komisi.

  • Buat Grup untuk Pemasaran Afiliasi

Pernah mendengar istilah affiliate marketing? Affiliate marketing merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan secara online dengan memasarkan produk atau jasa orang lain dengan menautkan link pranala agar berhasil terlaksana.

Nah, platform Facebook bisa menjadi platform yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk membagikan konten dan link afiliasi agar pemasaran yang dilakukan sukses.

  • Layanan Pengelolaan Fanspage

cara mendapatkan uang dari facebook ads
Sumber: freepik.com

Halaman fan atau fanspage biasanya akan melakukan pemasaran dan branding secara berkala untuk melayani kebutuhan audience fanspage tersebut.

Kegiatan fanspage biasanya dikelola oleh admin yaitu berupa mengunggah konten, mengelola komentar, menawarkan produk, mempromosikan fanspage kepada pengguna Facebook hingga meningkatkan jumlah likes fanspage.

Apabila anda memiliki keterampilan dalam bidang komunikasi dan pemasaran bisnis digital, manfaatkan potensi tersebut untuk mencoba menawarkan layanan pengelolaan fanspage di Facebook.

  • Monetisasi Facebook Creator Studio

cara mendapatkan uang dari facebook ads

Facebook juga mengenalkan fitur Facebook Creator Studio yang berfungsi untuk melacak seberapa besar potensi dalam postingan untuk menjangkau audiens dan mendapatkan respon.

Bagi anda yang senang berpikir kreatif, inovatif dan menghasilkan konten yang memiliki value lebih, gunakan daya kreativitas untuk mempelajari Facebook Creator Studio.

Dengan adanya fitur Facebook Creator Studio anda dapat membuka peluang untuk melakukan monetisasi pada akun Facebook anda. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan uang dari Facebook creator.

  • Affiliate Marketing

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk dapat uang dari facebook adalah dengan melakukan affiliate marketing. Ini merupakan salah satu metode pemasaran yang sedang naik daun akhir akhir ini.

Anda akan mendapatkan komisi setiap kali seseorang melakukan transaksi pembelian melalui link yang kamu bagikan.

  • Dropshipping

Kemudian, cara selanjutnya ini juga bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari Facebook. Model bisnis dropshipping merupakan salah satu model bisnis yang dapat memberikan keuntunga yang cukup besar tanpa memerlukan produk.

Itulah beberapa penjelasan cara mendapatkan uang dari Facebook yang bisa anda terapkan. 

Bagaimana, apakah anda sudah siap untuk mendapatkan cuan dari Facebook?

Bagi para pebisnis online melakukan pemasaran melalui Facebook Ads bukanlah hal yang mudah. Selain menyusun strategi dan kriteria yang diperlukan untuk mencapai target bisnis yang tepat, anda juga harus menyesuaikan anggaran untuk iklan.

Belum lagi ada persoalan serta kendala yang harus dihadapi saat beriklan misalnya akun yang kena banned oleh penyedia layanan Facebook.

Mau meningkatkan omset penjualan dan scale up bisnis hingga 5x lipat dengan tepat dan mudah? Yuk bergabung dengan Everpro sekarang juga dan gunakan layanan Ads Account Support yang meliputi Google Ads Account Support dan Facebook Ads Account Support.

Picture of Sarah Nurjannah

Sarah Nurjannah

Sarah Nurjannah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang berpengalaman membagikan konten Informatif seputar Bisnis Jasa Pengiriman.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya