7 Cara Mengatasi Lonjakan Pesanan yang Efektif dan Ampuh

Masih bingung gimana cara mengatasi lonjakan pesanan yang efektif dan ampuh? Simak jawabannya hanya di bawah ini! 

Pada periode-periode tertentu seperti pada tanggal kembar, akhir tahun dan masa hari raya lebaran, lonjakan pesanan sering terjadi pada bisnis. Lonjakan pesanan selain memberikan manfaat dalam segi keuntungan ternyata juga bisa membuat para pebisnis kewalahan.

Lonjakan pesanan dapat berisiko menimbulkan masalah seperti keterlambatan pengiriman, kesalahan input order hingga turunnya kualitas layanan karena terlalu banyak pesanan yang masuk dalam satu waktu yang sama.

Untuk itu mengatasi lonjakan pesanan menjadi hal yang penting untuk diketahui para pebisnis. Pasalnya tidak terlalu banyak yang tau cara mengatasi lonjakan pesanan yang efektif dan juga ampuh.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara mengatasi lonjakan pesanan untuk kamu para pebisnis yang masih bingung cara mengatasi lonjakan pesanan pada bisnis. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Masalah yang Sering Terjadi Saat Lonjakan Pesanan

cara mengatasi lonjakan pesanan
Sumber: freepik.com

Berikut beberapa masalah yang sering terjadi saat munculnya lonjakan pesanan:

  • Chat pelanggan menumpuk
  • Kesalahan input pesanan atau pengiriman
  • Lupa follow up atau konfirmasi pembayaran
  • Lambatnya proses balas pesan
  • Data pelanggan tidak tercatat dengan baik

Jika tidak ditangani dengan baik, masalah di atas dapat menjadi bumerang buat bisnis kamu yang sedang banjir orderan.

7 Cara Mengatasi Lonjakan Pesanan dengan Efektif

cara mengatasi lonjakan pesanan
Sumber: freepik.com

Kalau kamu merasa kesulitan untuk mengatasi masalah yang sering terjadi saat lonjakan pesanan. Berikut ada 7 cara mengatasi lonjakan pesanan yang efektif yang bisa kamu coba:

1. Perencanaan yang Matang

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk cara mengatasi lonjakan pesanan adalah dengan melakukan perencanaan yang matang. Ini karena perencanaan merupakan fondasi dasar yang menjadi landasan dalam mengatasi lonjakan pesanan.

Beberapa perencanaan yang bisa dilakukan: 

  • Analisis tren penjualan pada periode sebelumnya agar lebih memahami pola penjualan dan pesanan
  • Menambah stok produk sesuai dengan prediksi permintaan produk
  • Pertimbangkan untuk menambah tenaga kerja tambahan, baik untuk operasional gudang maupun layanan pelanggan
  • Menyusun plan B sebagai rencana cadangan jika terjadi keterlambatan pengiriman atau kendala dalam bidang logistik lainnya

2. Otomatisasi 

Salah satu cara mengatasi lonjakan pesanan adalah dengan memanfaatkan tools otomatisasi. Tools ini tuh bisa membantu bisnis untuk lebih bisa berjalan dengan cepat dan efisien secara operasional.

Ini penting banget apalagi saat terjadi lonjakan pesanan dimana situasi jadi lebih rumit dan membutuhkan operasional yang lebih cepat dan efisien. Otomatisasi juga punya kelebihan dalam mengurangi risiko kesalahan.

3. Pengelolaan Inventaris

Mengelola inventaris juga sangat penting untuk bisnis apalagi jika ada lonjakan pesanan. Dengan pengelolaan stok yang baik ini dapat membantu bisa lebih mudah dijalankan secara operasional. 

Pastikan stok tersedia untuk produk-produk yang laris terjual menggunakan sistem kelola stok atau inventaris otomatis. Ini menjadi salah satu cara mengatasi lonjakan pesanan yang harus dilakukan.

Kamu juga bisa menggunakan metode FIFO (first in first out) agar produk lama terjual lebih dulu dan menghindari barang kadaluarsa. Bisa juga menyiapkan gudang tambahan untuk memastikan penyimpanan dan distribusi barang dapat berjalan optimal.

4. Pelatihan Karyawan

Jika bisnismu berskala menengah keatas dan mempekerjakan karyawan ada baiknya juga untuk memberikan pelatihan. Hal ini dilakukan agar para karyawan lebih kompeten dan siap apabila sewaktu-waktu adalah lonjakan pesanan. 

Dengan begitu bisnis tetap bisa berjalan lebih lancar dan tidak mengganggu operasional meskipun sedang terjadi lonjakan pesanan. Pelatihan dilakukan agar mereka dapat bekerja secara lebih efisien.

5. Peningkatan Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan sangat berisiko terpengaruh jika terjadi lonjakan pesanan. Oleh sebab itu, cara mengatasi lonjakan pesanan adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. Apalagi pada masa lonjakan pesanan itu ekspektasi pelanggan juga turut meningkat.

Pertimbangkan untuk menyediakan saluran komunikasi yang mudah diakses untuk pelanggan untuk menampung pertanyaan dan keluhan pelanggan agar lebih cepat ditangani. Cara ini sangat efektif untuk menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan.

6. Menggunakan Platform Bisnis Terintegrasi Berkualitas

Cara mengatasi lonjakan pesanan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan platform bisnis terintegrasi yang berkualitas dan terpercaya. Platform ini tuh sangat penting dan bermanfaat untuk bisnis karena bisa membantu mengelola bisnis jadi lebih optimal, efektif dan efisien agar bisa meraih keuntungan yang maksimal.

7. Pilih Penyedia Logistik Terpercaya

Pengiriman memainkan peranan penting dalam sebuah bisnis apalagi saat periode lonjakan pesanan. Oleh sebab itu, pebisnis harus memilih penyedia logistik terpercaya agar tidak ada masalah dalam urusan pengiriman paket.

Seperti keterlambatan pengiriman yang bisa mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan apalagi saat periode lonjakan pesanan.

Nah, rekomendasi jasa ekspedisi yang berkualitas dan terpercaya adalah Everpro Shipping. Jasa ekspedisi yang sudah dipercaya oleh banyak brand besar dan menawarkan banyak keunggulan untuk bisnis. 

Dengan Everpro Shipping performa pengiriman tetap stabil saat lonjakan pesanan sekalipun. Berikut beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Everpro Shipping:

  • Rendah angka RTS (Return to sender)
  • Data terpercaya
  • Manajemen tiket dan klaim
  • Fitur Cek Ongkir dan Cashback
  • Dashboard lengkap

Segera daftar Everpro Shipping dan buat urusan pengiriman pada bisnis jadi lebih cepat dan berkualitas untuk raih cuan maksimal. Jangan salah pilih jasa ekspedisi agar tidak ada masalah saat periode lonjakan pesanan!

Picture of Adhitya Rivaldi
Adhitya Rivaldi
Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya