everpro

Cara Mengembalikan Barang di Shopee dengan Mudah dan Cepat

Barang yang kamu terima dari Shopee rusak? Jangan khawatir karena kamu bisa mengembalikan barang di Shopee melalui fitur pengembalian barang.

Pada artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap cara mengembalikan barang di Shopee untuk kamu. Simak informasinya sampai habis ya!

Pengajuan Pengembalian Barang di Shopee

cara mengembalikan barang di shopee
Sumber: pexels.com

Sebelum membahas langkah-langkah untuk pengajuan pengembalian barang, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang aturan dan kebijakan yang berlaku. 

Perlu kamu ketahui, barang di Shopee bisa kamu kembalikan dalam waktu 7 hari kerja sejak barang telah kamu terima. 

Ada beberapa kondisi barang yang bisa kamu kembalikan, seperti barang cacat, barang salah, atau barang tidak sesuai dengan deskripsi.

Namun, ada beberapa barang yang tidak bisa kamu kembalikan, termasuk barang-barang pribadi (seperti kosmetik, pakaian dalam), makanan, dan barang yang sudah kamu buka atau gunakan. 

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memeriksa kebijakan pengembalian barang sebelum melakukan pembelian.

Syarat Mengembalikan Barang di Shopee

cara mengembalikan barang di shopee
Sumber: pexels.com

Shopee memberikan kebijakan pengembalian barang untuk memastikan kepuasan pelanggan. Namun, ada beberapa syarat dan kondisi yang harus pelanggan penuhi. 

Berikut adalah beberapa syarat pengembalian barang di Shopee:

1. Jangka Waktu Pengembalian

Barang harus dikembalikan dalam 7 hari kerja sejak barang pelanggan terima.

2. Kondisi Barang

Barang yang kamu kembalikan harus dalam kondisi yang sama seperti saat kamu terima. Barang tidak boleh rusak, cacat, atau telah digunakan. 

Jika barang datang dengan kemasan asli, label, atau aksesoris, semua item tersebut harus dikembalikan.

3. Alasan Pengembalian

Alasan pengembalian harus valid. Misalnya, barang yang telah kamu terima tidak sesuai dengan deskripsi, barang salah, atau barang rusak atau cacat.

4. Bukti Pembelian

Pelanggan harus dapat memberikan bukti pembelian yang valid, seperti detail transaksi atau invoice.

5. Bukti Kerusakan atau Masalah

Jika alasan pengembalian adalah kerusakan atau masalah dengan barang, pelanggan harus dapat memberikan bukti, seperti foto atau video.

6. Bukti Pengiriman

Jika pengembalian barang disetujui, pelanggan harus mengirimkan barang kembali ke penjual dan memberikan bukti pengiriman, seperti resi pengiriman.

Namun, ada beberapa barang yang tidak bisa kamu kembalikan, seperti barang-barang pribadi (misalnya, kosmetik, pakaian dalam), makanan, dan barang yang sudah kamu buka atau gunakan.

 Oleh karena itu, selalu cek kebijakan pengembalian barang dari Shopee dan penjual sebelum melakukan pembelian.

Cara Mengembalikan Barang di Shopee Seller

cara mengembalikan barang di shopee
Sumber: google.com

Berikut adalah langkah-langkah pengajuan pengembalian Shopee:

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Shopee di smartphone kamu. Pastikan kamu sudah masuk ke akun Shopee kamu.
  2.  Cari dan pilih barang di Shopee yang ingin kamu kembalikan. Kamu bisa melakukannya dengan mengklik Pembelian Saya, lalu pilih pesanan yang relevan. Klik pada pesanan tersebut.
  3. Klik Pengembalian Barang & Dana. Kamu akan menemukan opsi ini di bagian bawah detail pesanan. Klik pada opsi tersebut untuk memulai proses pengembalian barang.
  4. Kamu akan diminta untuk mengisi form pengembalian, meliputi alasan pengembalian dan penjelasan lebih detail tentang masalah yang dihadapi. Berikan informasi yang jujur dan lengkap agar proses pengembalian dapat berjalan dengan lancar.
  5. Jika ada, kamu bisa upload foto atau video sebagai bukti bahwa barang yang kamu terima tidak sesuai harapan. Hal ini akan membantu penjual memahami alasan pengembalian kamu dan mempercepat proses pengembalian.
  6. Setelah semuanya selesai, klik Kirim untuk mengajukan pengembalian barang.

Setelah pengajuan dikirim, kamu harus menunggu konfirmasi dari penjual. Jika penjual menyetujui pengajuan kamu, kamu akan menerima instruksi lebih lanjut tentang pengembalian barang tersebut. 

Cara Mengembalikan Barang di Shopee Mall

cara mengembalikan barang di shopee
Sumber: google.com

Shopee Mall adalah salah satu fitur di Shopee yang menawarkan produk berkualitas dari merek-merek terpercaya dengan berbagai keuntungan, seperti gratis ongkir, garansi 15 hari, dan pengembalian barang & dana yang mudah. 

Pengembalian pada Shopee Mall tidak terlalu berbeda dengan pengembalian pada Seller di Shopee. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengajukan pengembalian barang & dana di Shopee Mall: 

  1. Buka aplikasi Shopee di smartphone atau situs web Shopee di browser.
  2. Masuk ke akun Shopee kita dengan memasukkan username dan password.
  3. Pilih menu Pesanan Saya di bagian bawah layar atau di pojok kanan atas layar.
  4. Cari dan pilih pesanan yang ingin kita kembalikan barangnya.
  5. Pilih opsi Pengembalian Barang & Dana di bagian bawah detail pesanan.
  6. Pilih alasan pengembalian barang & dana yang sesuai dengan kondisi barang yang kita terima, misalnya Barang Rusak, Barang Tidak Sesuai, atau Barang Tidak Lengkap.
  7. Unggah foto atau video sebagai bukti bahwa barang yang kita terima tidak sesuai atau rusak. Pastikan foto atau video yang kita unggah jelas dan menunjukkan keseluruhan kondisi barang.
  8. Masukkan jumlah dana yang ingin kita kembalikan dari penjual. Jumlah ini bisa sama dengan jumlah pembayaran awal atau lebih rendah, tergantung pada kesepakatan dengan penjual.
  9. Pilih metode pengembalian dana yang kamu inginkan, yaitu ShopeePay atau Rekening Bank. Pastikan data rekening bank yang kita masukkan benar dan sesuai dengan nama pemilik akun Shopee kita.
  10. Klik tombol Ajukan Pengembalian untuk mengirimkan permintaan pengembalian barang & dana ke penjual.

Setelah mengajukan pengembalian barang & dana, kita harus menunggu konfirmasi dari penjual dalam waktu 3 hari kerja. 

Jika penjual menyetujui permintaan kita, maka kita akan mendapatkan notifikasi dari Shopee untuk mengirimkan kembali barang yang ingin kita kembalikan ke gudang Shopee.

Mengirimkan Barang Kembali ke Penjual

Setelah pengajuan kamu disetujui, kamu perlu mengirimkan barang tersebut kembali ke penjual. Pastikan kamu memiliki dokumen pengiriman yang dibutuhkan, seperti resi yang terdaftar di aplikasi Shopee. 

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Sebelum mengirimkan barang, pastikan barang telah kamu kemas dengan baik untuk mencegah kerusakan saat pengiriman. Jika memungkinkan, gunakan kemasan asli produk tersebut.
  2. Isi alamat pengiriman sesuai dengan yang tertera di aplikasi Shopee. Jika kamu ragu, jangan ragu untuk menghubungi penjual atau layanan pelanggan Shopee.
  3. Setelah semua selesai, serahkan barang tersebut ke jasa pengiriman. Pastikan kamu mendapatkan resi yang terdaftar sebagai bukti pengiriman.
  4. Kembali ke aplikasi Shopee dan masukkan nomor resi pada halaman Pengembalian Barang & Dana. Klik Kirim untuk mengkonfirmasi pengiriman.

Selanjutnya, kamu tinggal menunggu konfirmasi dari penjual bahwa barang telah diterima. Jika barang telah penjual terima dan telah melalui proses pengecekan, kamu akan menerima pengembalian dana.

Nah, itu tadi panduan lengkap cara mengembalikan barang di Shopee, cek informasi bermanfaat lainnya di Everpro ya!

Daripada kamu kecewa karena paket kamu rusak, pecah atau tidak sesuai ketika diterima pelanggan, beralih deh ke Everpro Shipping dijamin hal tersebut bakal jarang banget kamu alami!

Everpro Shipping juga ngasih kamu banyak keuntungan, lho. Apa aja sih keuntungannya kalo kamu pakai jasa Everpro Shipping?

Benefit Layanan Shipping

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler. (Ref: Promo Page)
  • Gratis biaya retur paket (Sejauh ini hanya berlaku hingga 31 Maret 2023)
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi 
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
  • Butuh data aktivitas penjualan? Tenang, semua orderan bisa kamu unduh dalam bentuk laporan.

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya