everpro

Tips Efektif Cara Menghapus Video di TikTok Mudah dan Cepat!

Apakah Anda pengguna TikTok yang ingin menghapus video yang tidak diinginkan? Jika demikian, simak panduannya di sini!.

Apakah Anda pengguna TikTok baru? Jika demikian, penting untuk memahami bagaimana mengelola konten pribadi di platform sosial baik itu berupa foto ataupun video.

TikTok adalah salah satu platform media sosial paling populer saat ini, dan seiring dengan meningkatnya popularitasnya, semakin banyak orang yang mengunggah video pribadi ke platform tersebut.

Namun, penting untuk menjaga keamanan privasi dalam era digital yang semakin kompleks membuat konten pribadi Anda dapat berdampak buruk jika tidak dikelola dengan baik.

Artikel ini hadir untuk memberikan tips dan cara menghapus video TikTok dengan mudah dan cepat.

Baca Juga : Spill Cara Mendapatkan Koin di Tiktok, Paling Gampang!

Kenapa Orang Menghapus Video TikTok ?

Cara Menghapus Video di TikTok
Sumber. Freepik.com

Ada banyak alasan mengapa orang ingin menghapus video di TikTok, berikut adalah beberapa alasan yang paling umum:

1. Alasan Privasi 

Jika berkaitan dengan privasi Pengguna mungkin merasa bahwa perubahan kebijakan privasi TikTok tidak lagi sesuai dengan nilai-nilai mereka, atau mereka mungkin khawatir tentang bagaimana data pribadi mereka akan digunakan di masa depan.

Selain itu juga bisa karena isi konten yang berisi informasi pribadi yang sensitif sehingga pengguna mungkin ingin menghapus video untuk melindungi privasi mereka.

2. Alasan Perubahan Preferensi

Perubahan preferensi ini berkaitan dengan kualitas konten,  Pengguna mungkin merasa bahwa video tersebut tidak memenuhi standar kualitas atau gaya konten yang mereka inginkan.

Misalnya, video yang mungkin memiliki kualitas gambar atau audio yang buruk, atau kontennya mungkin tidak menarik atau informatif. Atau juga mencoba untuk membuat konsep konten konten yang baru.

3. Alasan Kesalahan Pengunggahan

Alasan selanjutnya adalah karena Pengguna melakukan kesalahan yang tidak sengaja. Salah satunya adalah kesalahan teknis, dimana video mungkin yang telah terunggah terdapat kesalahan dalam judul atau tagar, atau gangguan koneksi internet.

4. Alasan Respon Pengguna Lain

Alasan yang mungkin paling memiliki urgensi adalah tentang respon dari Pengguna lain terhadap video tersebut. Jika video tersebut mendapatkan respons negatif atau komentar yang tidak diinginkan, pengguna mungkin memilih untuk menghapusnya untuk menghindari drama atau konflik.

5. Alasan Memperbaiki Tampilan Feeds

Alasan ini bisa terjadi untuk beberapa konten kreator yang mengalami perubahan arah konten tapi harus memulai dari awal lagi karena jumlah followers.

Pengguna mungkin ingin membersihkan arsip video untuk mencerminkan perubahan tersebut. Misalnya, seorang pengguna yang awalnya fokus pada video musik mungkin ingin menghapus video-video lama yang tidak lagi relevan dengan konten baru mereka

6. Alasan Ketidaknyamanan 

Alasan berikutnya mungkin bisa terjadi karena Pengguna mungkin merasa tidak nyaman dengan tingkat eksposur atau perhatian yang diterima dari video tertentu.

Misalnya, seorang pengguna yang tidak ingin dikenali oleh orang-orang di kehidupan nyata mungkin menghapus video yang menunjukkan wajah mereka.

7. Alasan Keamanan

Dalam beberapa kasus, alasan keamanan pribadi mungkin mendorong seseorang untuk menghapus video tertentu. Misalnya, seorang pengguna yang menerima ancaman kekerasan mungkin menghapus video yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi mereka. 

Dalam beberapa kasus, TikTok juga dapat menghapus video secara otomatis, misalnya jika video tersebut melanggar kebijakan platform.

Baca Juga : 3 Cara Melihat Riwayat Pesanan di TikTok Shop, Mudah!

3 Cara Menghapus Video TikTok 

Cara Menghapus Video di TikTok
Sumber. Everpro.id

Berikut ini adalah 3 cara menghapus konten video di TikTok yang bisa Anda lakukan melalui ponsel Android maupun IOS:

1. Menghapus Video TikTok yang Sudah Terpublish

Berikut adalah langkah-langkah menghapus video TikTok yang sudah terpublish:

  • Buka aplikasi TikTok di perangkat Anda.
  • Ketuk ikon profil Anda di pojok kanan bawah layar.
  • Ketuk video yang ingin Anda hapus.
  • Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  • Pilih “Hapus“.

2. Menghapus Video Story TikTok

Kedua adalah cara menghapus video yang Pengguna unggah ke dalam story, dan ikuti langkah-langkah berikut : 

  • Buka aplikasi TikTok di perangkat Anda.
  • Ketuk ikon profil Anda di pojok kanan bawah layar.
  • Ketuk “Story” di bagian atas layar.
  • Ketuk video yang ingin Anda hapus.
  • Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  • Pilih “Hapus“.

3. Menghapus Video TikTok di Draft

Cara terakhir adalah untuk menghapus video dalam bentuk draf sebagai berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi TikTok di perangkat Anda.
  • Ketuk ikon profil Anda di pojok kanan bawah layar.
  • Ketuk “Draft” di bagian bawah layar.
  • Ketuk video yang ingin Anda hapus.
  • Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  • Pilih “Hapus“.

Tips Mengelola Konten di Tiktok

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengelola konten video di sosial media TikTok, agar bisa bijak dalam mengelola sosial media.

1. Pertimbangkan Tujuan

Pertimbangkan tujuan Anda saat mengunggah video. Jika Anda ingin video Anda dilihat oleh sebanyak mungkin orang, Anda dapat mengaturnya dalam bentuk pilihan “Publik”.

Namun, jika Anda ingin membatasi akses ke video Anda, Anda dapat mengaturnya agar hanya dapat terlihat oleh pengikut Anda, teman Anda, atau hanya Anda.

2. Periksa Secara Teratur

TikTok secara otomatis mengatur video Anda agar publik saat Anda pertama kali mengunggahnya. Anda harus memeriksa pengaturan privasi Anda secara teratur untuk memastikan bahwa video Anda diatur sesuai dengan keinginan Anda.

3. Gunakan Mode Privasi Sementara

Mode privasi sementara memungkinkan Anda untuk membagikan video dengan pengikut Anda, tetapi video tersebut akan hilang setelah 24 jam. Ini adalah cara yang bagus untuk membagikan video yang Anda tidak yakin apakah ingin Anda bagikan secara permanen. Ideal cara ini untuk berbagi konten sementara.

4. Pastikan Video Terhapus Permanen

Pastikan Anda melakukan penghapusan video TikTok tidak hanya di perangkat ponsel Anda, tetapi juga secara resmi dari platform. Jika Anda hanya menghapus video dari perangkat ponsel, ingat bahwa video tersebut masih akan tersimpan di server TikTok.

Setelah proses penghapusan, disarankan untuk menunggu beberapa hari sebelum mengonfirmasi bahwa video telah dihapus secara permanen, mengingat TikTok mungkin membutuhkan waktu tertentu untuk menghapusnya dari servernya.

Jika masih ada kekhawatiran terkait video yang telah dihapus, Anda memiliki opsi untuk menghubungi dukungan pelanggan TikTok.

Dengan mengajukan bantuan kepada TikTok, Anda dapat memastikan bahwa video tersebut dihapus secara permanen dari server platform.

 Lalu untuk memastikan keamanan dan privasi konten Anda di TikTok. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus video TikTok secara permanen:

  • Buka aplikasi TikTok di perangkat Anda.
  • Ketuk ikon profil Anda di pojok kanan bawah layar.
  • Ketuk video yang ingin Anda hapus.
  • Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  • Pilih “Hapus“.
  • Ketuk “Hapus video ini“.
  • Ketuk “Hapus” lagi untuk mengonfirmasi.

Dengan tips di atas, Anda dapat lebih efektif mengelola privasi video TikTok, memastikan pengalaman berbagi konten sesuai dengan preferensi Anda dalam lingkungan digital yang dinamis.

Semoga Artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Everpro.id.

Picture of Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya