Penjualan di TikTok lagi stuck? Gak perlu khawatir, cari tahu cara meningkatkan GMV TikTok yang ampuh dan efektif di bawah ini!
Punya bisnis di TikTok tapi penjualan gak naik-naik? Bingung mau jalanin strategi apa? Tenang, gak sedikit yang merasakan apa yang kamu rasakan.
Masalah ini pasti bikin kita pusing sebagai pemilik bisnis karena tujuan memulai bisnis pasti untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk meningkatkan penjualan atau GMV (istilah yang digunakan di marketplace). Nah, buat kamu yang kamu kesulitan untuk meningkatkan penjualan dan ingin cepat scale up penjualan di TikTok kamu harus simak artikel ini sampai habis.
Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa cara meningkatkan GMV TikTok yang ampuh dan efektif. Penasaran apa aja caranya? Simak selengkapnya di bawah ini!
Apa itu GMV TikTokÂ
GMV TikTok (Gross Merchandise Value TikTok) merupakan istilah yang merujuk kepada total nilai penjualan barang atau jasa yang terjadi di platform TikTok Shop dalam periode tertentu.
Jumlah tersebut mencakup semua transaksi yang terjadi, tanpa memperhitungkan diskon, pengembalian barang, atau biaya layanan dari platform.
Contohnya: jika dalam sebulan kamu berhasil menjual 150 produk seharga Rp10.000 per produknya maka GMV kamu adalah Rp15.000.000.
Mengapa GMV TikTok Penting Bagi Bisnis
GMV TikTok merupakan informasi sejauh mana produk kamu diminati dan seberapa efketif strategi pemasaranmu di platform tersebut. Oleh karena itu, GMV bisa dibilang merupakan istilah penting bagi bisnis.
Berikut beberapa alasan lainnya mengapa GMV TikTok penting bagi bisnis:
1. Mengukur Pertumbuhan Bisnis
Kenaikan GMV menunjukkan peningkatan penjualan dan jangkauan pasar.
2. Evaluasi Strategi Marketing
GMV yang stagnan bisa jadi sinyal bahwa strategi konten atau promosi kurang efektif dan perlu adanya evaluasi atau pembaruan.
3. Menarik Investor atau Mitra Bisnis
GMV Tinggi menunjukkan potensi pasar dan daya tarik produk dan brand kamu di mata pihak ketiga.
4. Optimasi Operasional
GMV dapat digunakan sebagai bahan analisis tentang efisiensi campaign hingga waktu promosi efektif.
Strategi Cara Meningkatkan GMV TikTok
Berikut beberapa strategi dan cara meningkatkan GMV TikTok:
1. Live Streaming TikTok
Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur live streaming di TikTok untuk meningkatkan interaksi dan urgensi pembelian. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan GMV TikTok.
2. Optimalkan Konten Produk
Buatlah konten yang menarik dan menarik untuk produk yang kamu jual. Kamu bisa kreasikan semaksimal mungkin seperti menggunakan musik yang sedang viral atau mengikuti tren.
3. Kolaborasi dengan KOL/Affiliate
Selanjutnya kamu bisa berkolaborasi dengan KOL (Key Opinion Leader) atau affiliate. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk secara cepat serta menjangkau audiens yang lebih luas.
4. Menggunakan Promo & Flash Sale
Diskon dan promo menjadi salah satu faktor penting bagi pembeli untuk akhirnya melakukan konversi. Kamu bisa coba memberikan promo atau mengikuti event flash sale untuk bisa meningkatkan GMV.
5. Analisis Data dan A/B Testing
Mencoba terus merupakan hal yang penting untuk mengetahui strategi dan juga promosi yang cocok bagi bisnis kamu. Coba dalam segi format konten, waktu posting, dan CTA yang diselipkan untuk melihat mana yang paling efektif.
Cara Mengatasi Kendala Penjualan yang Stagnan
Jika kamu mengalami penjualan yang stagnan kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini:
1. Review Insight Konten
Cara meningkatkan GMV TikTok yang pertama adalah melakukan review insight dari konten yang telah kamu buat. Apakah viewersnya menurun atau video masih muncul di FYP?
2. Evaluasi Harga dan Penawaran
Selanjutnya kamu bisa mengevaluasi harga dan penawaran. Pastikan untuk memasang harga yang kompetitif serta penawaran yang punya nilai plus di mata pembeli.
3. Upgrade Kualitas Konten
Pelajari apakah konten yang kamu buat sudah memiliki kelebihan atau nilai jual. Cari tahu apakah konten kamu justru membosankan dan tidak ada poin yang ingin disampaikan. Ini bisa jadi penyebab minat pembeli rendah.
4. Interaksi dengan Komunitas
Membangun hubungan dengan calon pembeli merupakan faktor penting dalam dunia bisnis. Pastikan jika kamu aktif untuk menjawab apapun yang ditanyakan pembeli seperti komentar atau DM, ini dapat memberikan rasa nyaman dan percaya kepada calon pembeli.
5. Diversifikasi Produk atau CampaignÂ
Terakhir kamu bisa menguji varian produk baru atau campain dengan pendekatan berbeda. Ini agar celah untuk meraih keuntungan dapat bertambah sehingga kemungkinan penjualan bertambah juga makin besar.
Solusi Cara Meningkatkan GMV TikTok
Gak perlu pusing mikirin semua strategi, harus analisis dan lain-lain, karena Everpro punya solusi praktis dan efektif untuk kamu yang ingin meningkatkan penjualan di TikTok. Solusinya adalah Everpro Marketplace Enabler.
Layanan ini bisa bantuin kamu mengelola bisnis di TikTok atau marketplace lainnya secara menyeluruh mulai dari operasional, konten, pemasaran, hingga distribusi, pokoknya dari hulu ke hilir!
Gak perlu khawatir karena Everpro merupakan partner resmi TikTok Indonesia so, pastinya aman banget. Selain itu, Everpro Marketplace Enabler juga menawarkan banyak kelebihan yang bisa kamu dapetin biar bisnis makin cuan lagi.
Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan Everpro:
- Optimasi tampilan Toko
- Jasa CS yang Gercep & Tuntas
- Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
- Performa Iklan Terbaik
- Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
- Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat
- Bikin campaign jadi gacor
- Ngobrol dan konsultasi bareng ahlinya
- Strategi iklan yang hasilin cuan
- Bebas pilih paket apa aja sesuai kebutuhan
Udah gak perlu banyak mikir, serahin semuanya sama Marketplace Enabler dari Everpro biar kamu bisa santai nikmatin cuannya!