everpro

Cara Menjadi Agen Pos 2024, [TERLENGKAP]

Menjadi agen pos dapat menjadi ide usaha di tengah maraknya belanja digital saat ini. Pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara menjadi agen pos yang bisa kamu jadikan ide usaha yang menguntungkan.

Untuk menjadi agen dapat kamu lakukan dengan cara yang mudah dan tidak bertele-tele. Syarat dan cara yang tidak sulit membuat menjadi agen pos salah satu ide usaha yang dapat kamu pilih saat maraknya belanja melalui e-commerce.

Simak panduan lengkapnya di bawah ini, check it out!

Apa itu Agen Pos

cara menjadi agen pos
Sumber: google.com

Agen pos merupakan salah satu bentuk kerjasama dengan PT Pos Indonesia yang memberikan pelayanan pos dan kirim barang kepada masyarakat. Agen pos bisa perorangan maupun badan usaha yang memiliki tempat usaha.

Selain itu agen juga harus memiliki peralatan seperti komputer, printer dan juga telepon untuk menunjang operasional. Jika menjalin kerjasama dengan PT Pos Indonesia dengan menjadi agen kamu akan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi yang kamu lakukan.

Dengan menjadi agen para mitra dapat melakukan pelayanan seperti berikut:

  • Jasa pengiriman paket, barang jualan online, surat dan dokumen, baik dalam negeri maupun luar negeri.
  • Penjualan benda pos, seperti perangko, materai dan lain sebagainya.
  • Pembayaran tagihan, angsuran dan top up.
  • Pengiriman dan pembayaran uang melalui wesel pos instan.

Baca Juga: Ini Cara Daftar Jadi Agen Shopee Express, Ternyata Mudah dan Cepat!

Keuntungan Menjadi Agen Pos

cara menjadi agen pos
Sumber: google.com

Menjadi agen pos memiliki beberapa keuntungan yang bisa mitra dapatkan. Berikut kami sajikan beberapa keuntungan yang bisa mitra dapatkan jika memutuskan menjadi agen:

  • Meningkatkan omset usaha dengan menambah layanan pos dan kirim barang.
  • Memperluas jaringan usaha dengan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia yang memiliki puluhan ribu titik layanan di seluruh Indonesia.
  • Membantu pemberdayaan sektor ekonomi mikro dan masyarakat sekitar.

Keuntungan tersebut bisa kamu dapatkan jika kamu memutuskan untuk bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk menjadi agen pos.

Syarat Menjadi Agen Pos

Untuk menjadi agen ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Berikut adalah beberapa syaratnya:

  • Kamu harus memiliki tempat usaha yang jaraknya tidak berdekatan dengan kantor pos atau agen pos lain yang sudah ada sebelumnya.
  • Kamu harus memiliki perangkat komputer, printer, dan telepon yang bisa digunakan untuk melayani transaksi, operasional pos dan kirim barang.
  • Kamu harus menyerahkan kiriman dan laporan ke kantor pos penghubung setiap hari pada jam yang telah disepakati.
  • Kamu harus mendapatkan persetujuan dari PT Pos Indonesia melalui kantor pos penghubung.
  • Kamu harus menandatangani perjanjian kerjasama pengelolaan agen pos dengan PT Pos Indonesia.

Baca Juga: Beginilah Cara Daftar Jadi Agen JNT, Cepat dan Mudah!

Langkah-langkah Menjadi Agen Pos

cara menjadi agen pos
Sumber: google.com

Berikut adalah beberapa langkah yang harus mitra lakukan untuk menjadi agen pos:

1. Mengajukan Permohonan Tertulis

Pertama, kamu harus mengajukan permohonan tertulis untuk menjadi agen pos ke kantor pos terdekat. Kamu harus melapirkan beberapa dokumen-dokumen seperti identitas diri, NPWP, surat keterangan domisili usaha, SIUP dan lainnya.

2. Menunggu Hasil Survei Kelayakan

Selanjutnya setelah memberikan permohonan tersebut, kamu harus menunggu hasil survei kelayakan usaha dari PT Pos Indonesia. Survei ini bertujuan untuk menilai apakah tempat usaha kamu memenuhi syarat atau tidak untuk menjadi agen.

3. Menerima Hasil Survei 

Kemudian setelah proses survei selesai kamu akan dinilai apakah permohonan untuk menjadi agen disetujui atau ditolak. Jika permohonan disetujui kamu harus menandatangani perjanjian kerjasama pengelolaan agen pos dengan PT Pos Indonesia.

4. Mengikuti Pelatihan dan Persiapan dari PT Pos

Selanjutnya setelah permohonan disetujui, langkah berikutnya yaitu mengikuti pelatihan dan persiapan pengoperasian agen dari PT Pos. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali mitra dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melayani transaksi pos dan kirim barang.

5. Memulai Usaha

Terakhir, kamu telah resmi menjadi agen dan harus menyerahkan kiriman dan laporan ke kantor pos penghubung. Kiriman dan laporan ini harus mitra kirim setiap hari pada jam yang telah disepakati. Kamu juga harus menjaga hubungan baik dengan PT Pos Indonesia, mitra kerja dan masyarakat sekitar.

Demikianlah informasi terkait agen pos yang bisa kamu jadikan ide usaha yang menguntungkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi usaha.

Informasi di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan peraturan dari PT Pos Indonesia. Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait kemitraan ini kamu dapat mengunjungi laman resmi PT Pos Indonesia di sini.

Selain itu, jika kamu ingin tahu informasi seputar agen ekspedisi lainnya bisa cek di artikel Cara Menjadi Agen Ekspedisi.

Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Ingin mengirim paket dengan aman dan lebih menguntungkan dengan RTS rendah dan cashback s.d. 25%?  Kini kamu bisa mengirim paket dengan mudah dan cepat melalui sistem terintegrasi di Everpro Shipping.

Benefit Everpro Shipping

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 30%
  • 15+ pilihan ekspedisi terbaik ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi.
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya.
  • Laporan aktivitas penjualan

Ayo daftar Everpro Shipping sekarang untuk merasakan keuntungannya!

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya