Cara Menulis Alamat Paket JNT Sesuai Standar Ekspedisi

cara menulis alamat paket jnt

Tahukah Anda, bahwa terdapat standar penulisan alamat paket? Jika belum tahu, simak artikel cara menulis alamat paket JNT. Informasi ini sangat berguna bagi Anda saat melakukan pengiriman barang.

Adanya standar penulisan sesuai ekspedisi guna memudahkan proses dari penjemputan, pengiriman, dan penerimaan paket. Sebab, sering terjadi paket lama tiba atau tidak bisa diterima karena kesalahan dalam penulisan alamat paket.

Baca juga: Informasi Proses Pengiriman JNT Reguler, Cek Disini!

Cara Menulis Alamat Paket JNT Yang Benar

cara menulis alamat paket jnt
Sumber: google.com

Sebenarnya, cara menulis alamat paket JNT yang benar itu tidaklah sulit. Karena penulisan alamat paket sama halnya seperti Anda menulis alamat surat kepada keluarga jauh maupun sahabat pena.

Bukan hanya tentang alamat paket saja, namun ada beberapa hal yang perlu Anda cantumkan pada kemasan paket. Meliput nama lengkap dari penerima dan pengirim, alamat lengkap dari kedua belah pihak, dan nomor ponsel aktif.

Penjelasan selanjutnya, yaitu mengenai 3 (tiga) format penting cara menulis alamat paket. Supaya Anda dapat lebih memahami poin-poin penting tersebut, langsung simak penjelasannya di bawah ini.

3 Format Cara Menulis Alamat Paket Barang JNT

cara menulis alamat paket jnt
Sumber: google.com

Sebelum melakukan cara menulis alamat paket barang JNT, persiapkan terlebih dahulu selembar kertas dan pulpen dengan tinta tebal. Agar tulisan Anda terlihat jelas serta mudah dipahami oleh pihak kurir barang.

Nama Lengkap

Penulisan pertama yaitu mencantumkan nama lengkap kedua belah pihak. Jika Anda seorang penjual online atau seller, silahkan cantumkan nama toko online e-commerce serta nama lengkap pembeli.

Anda dapat menambahkan nama panggilan penerima, apabila konteks pengiriman barang bukan untuk jual beli online. Pada umumnya, lingkungan sekitar rumah lebih mengenal tetangganya dengan nama panggilan dari pada nama asli.

Everpro

Alamat Lengkap

Pada bagian kedua, tulislah alamat lengkap dari kedua belah pihak antara penerima dan pengirim paket. Sama halnya seperti alamat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), guna memudahkan pihak kurir untuk menemukan lokasi tujuan barang.

  • Nama Jalan Rumah (jika ada)
  • Nomor dan Blok (jika ada)
  • Nomor RT/RW
  • Nama Desa dan Kecamatan
  • Nama Kabupaten dan Kota
  • Nama Provinsi dan Kode Pos

Dari 6 (enam) poin di atas, sudah dapat mewakili cara menulis alamat paket. Disini pun Anda dapat menambahkan deskripsi rumah seperti warna cat tembok, warna pagar rumah, atau semisal terdapat banyak tanaman.

Nomor Telepon Aktif

Bagian ketiga penulisan, cantumkan nomor telepon aktif yang mudah dihubungi oleh pihak pengantar paket. Ketika kurir kesulitan menemukan alamat rumah penerima, Anda dapat share live location melalui aplikasi WhatsApp.

Namun saat pihak JNT tidak dapat menghubungi nomor penerima, maka Ia akan menghubungi Anda selaku pengirim barang. Saat itulah konfirmasi dilakukan untuk melanjutkan pengiriman atau barang dikembalikan pada pengirim.

Contoh Cara Menulis Alamat Pengiriman Paket J&T

cara menulis alamat paket jnt
Sumber: google.com

Cara menulis alamat pengiriman paket J&T memang terlihat mudah tetapi Anda harus menulisnya secara detail (jangan asal-asalan). Berikut ini contoh dari cara menulis alamat paket JNT sesuai standar ekspedisi yang mudah.

Natasya Kamila (Mila)

Jl. Mutiara 1 No. 177 Blok D, RT.04/RW.08, Desa Sukamukti, Kecamatan Lebak Asih, Kota Cianjur, Jawa Barat, Kode Pos 91182

(Rumah dan Pagar berwarna cat putih)

No. Telepon 0813 7768 8192

Baca juga: JNT Cargo: Solusi Kirim Paket Besar Tercepat dan Termudah

Demikian informasi mengenai cara menulis alamat paket JNT mulai dari penulisan standar ekspedisi, format penting penulisan, beserta contohnya. Informasi di atas, tentu dapat memudahkan proses pengiriman barang.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?