everpro

6 Cara Menulis Alamat Paket JNT Sesuai Standar Ekspedisi

Tahukah Anda, bahwa terdapat standar penulisan alamat paket? Jika belum tahu, simak artikel cara menulis alamat paket JNT agar tidak salah tulis alamat lagi!

Adanya standar penulisan sesuai ekspedisi guna memudahkan proses dari penjemputan, pengiriman, dan penerimaan paket. Sebab, sering terjadi paket lama tiba atau tidak bisa diterima karena kesalahan dalam penulisan alamat paket.

Baca juga: Informasi Proses Pengiriman JNT Reguler, Cek Disini!

Bagaimana Cara Menulis Alamat Paket JNT?

cara menulis alamat paket jnt
Sumber: google.com

Sebenarnya, cara menulis alamat paket JNT yang benar itu tidaklah sulit. Karena penulisan alamat paket sama halnya seperti Anda menulis alamat surat kepada keluarga jauh maupun sahabat pena.

Bukan hanya tentang alamat paket saja, namun ada beberapa hal yang perlu Anda cantumkan pada kemasan paket. Meliput nama lengkap dari penerima dan pengirim, alamat lengkap dari kedua belah pihak, dan nomor ponsel aktif.

Penjelasan selanjutnya, yaitu mengenai 3 (tiga) format penting cara menulis alamat paket. Supaya Anda dapat lebih memahami poin-poin penting tersebut, langsung simak penjelasannya di bawah ini.

6 Cara Menulis Alamat Paket Barang JNT

cara menulis alamat paket jnt
Sumber: google.com

Sebelum melakukan cara menulis alamat paket barang JNT, persiapkan terlebih dahulu selembar kertas dan pulpen dengan tinta tebal. Agar tulisan Anda terlihat jelas serta mudah dipahami oleh pihak kurir barang.

1) Tulis Nama Lengkap

Penulisan pertama yaitu mencantumkan nama lengkap kedua belah pihak. Jika Anda seorang penjual online atau seller, silahkan cantumkan nama toko online e-commerce serta nama lengkap pembeli.

Anda dapat menambahkan nama panggilan penerima, apabila konteks pengiriman barang bukan untuk jual beli online. Pada umumnya, lingkungan sekitar rumah lebih mengenal tetangganya dengan nama panggilan dari pada nama asli.

2) Cantumkan Alamat Lengkap

Pada bagian kedua, tulislah alamat lengkap dari kedua belah pihak antara penerima dan pengirim paket. Sama halnya seperti alamat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), guna memudahkan pihak kurir untuk menemukan lokasi tujuan barang.

  • Nama Jalan Rumah (jika ada)
  • Nomor dan Blok (jika ada)
  • Nomor RT/RW
  • Nama Desa dan Kecamatan
  • Nama Kabupaten dan Kota
  • Nama Provinsi dan Kode Pos

Dari 6 (enam) poin di atas, sudah dapat mewakili cara menulis alamat paket. Disini pun Anda dapat menambahkan deskripsi rumah seperti warna cat tembok, warna pagar rumah, atau semisal terdapat banyak tanaman.

3) Nomor Telepon Aktif

Bagian ketiga penulisan, cantumkan nomor telepon aktif yang mudah dihubungi oleh pihak pengantar paket. Ketika kurir kesulitan menemukan alamat rumah penerima, Anda dapat share live location melalui aplikasi WhatsApp.

Namun saat pihak JNT tidak dapat menghubungi nomor penerima, maka Ia akan menghubungi Anda selaku pengirim barang. Saat itulah konfirmasi dilakukan untuk melanjutkan pengiriman atau barang dikembalikan pada pengirim.

4) Mencantumkan Informasi Penerima di Bagian Atas

Setelah selesai menuliskan informasi penerima mulai dari nama dan alamat lengkap, serta nomor kontak yang masih aktif, selanjutnya adalah menempelkan informasi tersebut di bagian atas paket.

Anda memang bisa langsung menulis di paket, namun lebih baik menulis di secarik kertas kemudian tempel di bagian atas paket dan rekatkan dengan isolasi bening agar lebih kuat dan tulisan tetap terbaca.

5) Tulis Nama, Alamat, dan Kontak Pengirim

Selanjutnya tuliskan juga informasi pengiriman seperti nama lengkap serta nomor telepon aktif.

Hal ini bertujuan agar jika terjadi sesuatu saat mengirimkan ke alamat penerima, kurir bisa langsung menghubungi pengirim.

Dalam beberapa kasus, alamat pengirim juga perlu agar kurir dapat mengembalikan paket ke pengirim jika tidak ada yang menerima atau hal lainnya.

6) Tempel di Bagian yang Mudah Terlihat  

Sama seperti yang sebelumnya, tuliskan informasi pengirim di secarik kertas. Kemudian tempelkan di bagian yang mudah terlihat contohnya seperti di bawah informasi penerima. Berikan juga tanda pengirim, agar lebih memudahkan kurir untuk membedakannya.

Format Pengiriman Paket

alamat jnt
Sumber: google.com

Cara menulis alamat paket J&T adalah sesuai format pengiriman paket. Anda perlu menuliskan informasi pengiriman dengan benar, jelas, dan lengkap agar memudahkan kurir untuk menemukan lokasi tujuan.

Adapun format pengiriman paket J&T untuk informasi penerima adalah sebagai berikut:

format pengiriman paket penerima
Sumber: google.com

Anda juga perlu menuliskan alamat pengirim, dengan format berikut ini:

cara menulis alamat paket jnt

Cara Menulis Alamat Paket J&T

Cara menulis alamat yang benar untuk mengirim paket adalah hal yang penting. Karena dengan menuliskan alamat secara jelas dan lengkap, akan mempermudah kurir dalam mengirimkan paket ke alamat tujuan.

Maka dari itu pastikan telah mengetahui apa saja yang perlu dituliskan tentang alamat penerima. Adapun cara menulis alamat yang benar untuk mengirim paket adalah dengan format berikut ini:

Nama jalan, Nomor rumah, Nomor RT dan RW,  Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Kode Pos.

Berikut adalah contoh cara menulis alamat paket JNT yang benar: Jl. Anggrek Cinta No. 25 Blok. A, RT. 03/RW. 06, Kel. Jagakarsa, Kec. Bidadari, Kota Angkasa, 4567.

Baca juga: JNT Cargo: Solusi Kirim Paket Besar Tercepat dan Termudah

3 Contoh Cara Menulis Alamat Paket Barang J&T

alamat jnt
Sumber: google.com

Cara menulis alamat pengiriman paket J&T memang terlihat mudah tetapi Anda harus menulisnya secara detail (jangan asal-asalan). Berikut ini contoh dari cara menulis alamat paket JNT sesuai standar ekspedisi yang mudah.

1) Contoh Menulis Alamat Paket J&T Penerima

Natasya Kamila (Mila)

Jl. Mutiara 1 No. 177 Blok D, RT.04/RW.08, Desa Sukamukti, Kecamatan Lebak Asih, Kota Cianjur, Jawa Barat, Kode Pos 91182

(Rumah dan Pagar berwarna cat putih)

No. Telepon 0813 7768 8192

2) Contoh Cara Menulis Alamat Paket Pengirim

Tamia Lasyarina (Tata)

Jl. Kembang 3 No. 44 Blok A, RT.07/RW.11, Desa Mukti, Kecamatan Margana, Kota Bandung, Jawa Barat, Kode Pos 15547

No. Telepon 0882 6788 6877

3) Contoh Cara Menulis Alamat Paket Pengirim (Toko Online)

Toko Rara Berlina (Fashion)

Nomor Resi: JNT782901776

No. Telepon 0812 3556 7790

Cara Melakukan Packing Agar Penulisan Alamat Terlihat Jelas

Tentunya anda sudah mengerti bagaimana cara mengemas paket dengan baik sesuai dengan jenis paketnya.

Apabila mengirimkan paket berupa dokumen, maka lapis amplop tersebut dengan plastik putih agar lebih aman dan informasi alamat tetap terlihat jelas.

Sedangkan, jika jenis ingin mengemas menggunakan kardus, maka lapis dengan bubble wrap minimal 3 – 4 layer paket yang akan dikirim dan sisipkan kertas agar tidak bergerak.

Kemudian masukkan barang dalam kardus, dan lapis lagi menggunakan plastik bening serta lakban putih agar semakin aman.

Baru kemudian tempel alamat dengan melapisinya menggunakan isolasi bening agar semakin rekat namun tetap terlihat.

Tips Mengirim Paket Barang Aman

Bukan hanya cara menulis alamat pengiriman paket J&T. Namun masih ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, saat hendak mengirim paket agar selalu tetap aman.

Hal pertama, perhatikan pengemasan atau packing paket barang dari mulai dalam hingga luar. Kemas paket secara aman dengan bubble wrap sebagai pelindung.

Hal kedua, Anda dapat menambahkan stiker “Fragile” atau “Barang Mudah Pecah” pada luas kemasan paket. Tempelkan stiker di bagian luar, tepatnya atas kardus.

Hal ketiga yakni, rutin melakukan cek resi JNT. Untuk mengetahui keberadaan paket secara real time mulai dari waktu, nama lokasi, dan nama lengkap kurir ekspedisi.

Demikian informasi mengenai cara menulis alamat paket JNT mulai dari penulisan standar ekspedisi, format penting penulisan, beserta contohnya. Informasi di atas, tentu dapat memudahkan proses pengiriman barang.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Jika ingin mengirimkan produk bisnis Anda menggunakan JNT atau layanan ekspedisi lainnya, kini bisa kirim lebih aman dan terintegrasi bersama Everpro.

Dengan menggunakan layanan Shipping Everpro, Anda bisa mengatur pesanan dengan lebih mudah, cepat, dan aman karena terintegrasi langsung ke sistem pengiriman. Rasakan juga manfaat lainnya berikut ini:

Benefit Everpro Shipping

  • Kirim paket murah dengan Cashback hingga 35% 
  • Gratis biaya retur paket
  • 15+ pilihan ekspedisi favorit ke seluruh Indonesia, bebas pilih!
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Bebas tentukan jadwal dan lokasi penjemputan
  • Mendapat laporan aktivitas penjualan
  • Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker

Yuk, mudahkan aktivitas pengiriman produk dan perluas jangkauan bisnis Anda dengan mendaftar ke layanan Everpro Shipping sekarang!

Daftar Sekarang

Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya