everpro

4 Cara Menulis Alamat Paket Sesuai Standar Ekspedisi da Contohnya

cara menulis alamat paket

Tahukah Anda, bahwa cara menulis alamat paket harus sesuai dengan format standar ekspedisi? Agar proses kiriman barang Anda berjalan dengan lancar.

Kasus pengantaran paket tertunda maupun tidak dapat dikirim, diakibatkan oleh penulisan alamat paket yang tidak sesuai dengan standar ekspedisi.

Untuk meminimalisir kejadian tersebut pada Anda. Yuk, simak artikel terbaru Everpro ini hingga tuntas! Supaya barang kiriman Anda tidak mengalami kendala.

Baca juga: Cara Menulis Alamat Paket JNT Sesuai Standar Ekspedisi

Cara Menulis Alamat Paket Yang Benar

cara menulis alamat paket
Sumber: google.com

Catat ya! Cara menulis alamat paket yang benar, bukan hanya tentang alamat saja. Akan tetapi, ada poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan juga.

Jika penulisan alamat tidak jelas atau tidak lengkap, besar kemungkinan paket Anda tak akan sampai ke alamat tujuan penerima.

Terdapat 3 (tiga) poin penting dalam penulisan alamat paket yaitu nama lengkap penerima serta pengirim, alamat lengkap kedua belah pihak, dan nomor telepon aktif.

Dilansir langsung dari berbagai sumber ekspedisi, berikut penjelasan format penulisan alamat paket barang sesuai standar ekspedisi.

Format Cara Menulis Alamat Paket Barang

cara menulis alamat paket
Sumber: google.com

Persiapkan terlebih dahulu selembar kertas dan pulpen dengan tinta tebal, sebelum melakukan cara menulis alamat paket yang benar.

Everpro

Pada intinya, format penulisan alamat penerima paket sama seperti format penulisan pengirim paket yang membedakan hanya pada penempatannya.

Alasan pengirim harus mencantumkan alamat, hal ini berguna apabila kurir tidak bisa menemukan alamat penerima. Sehingga paket dapat dikembalikan pada Anda.

1) Nama Lengkap Penerima

Cantumkan nama lengkap penerima dan boleh menambahkan nama panggilan. Sebab di lingkungan sekitar rumah, tetangga lebih mengenal nama panggilan penerima.

Anda bisa mencantumkan nama panggilan setelah nama lengkap, tak lupa untuk menggunakan tanda kurung tutup dan kurung buka.

2) Nama Lengkap/Toko Pengirim

Jika Anda seorang penjual online, silahkan cantumkan nama lengkap toko Anda yang berada di e-commerce atau marketplace maupun media sosial.

Namun jika Anda bukan seller, cantumkan nama lengkap Anda sesuai dengan nama lengkap penerima barang sesuai penjelasan sebelumnya.

3) Alamat Lengkap

Penulisan alamat lengkap, sama halnya seperti alamat Anda yang tercantum di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Tentu saja, hal tersebut dapat memudahkan pihak kurir.

Apabila alamat penerima tidak memiliki nomor rumah dan blok, bisa menambahkan ciri-ciri rumah seperti warna tembok atau pagar rumah.

  • Nama Jalan
  • Nomor Rumah dan Blok (Jika Ada)
  • Nomor Keterangan RT dan RW
  • Nama Desa/Dusun/Kelurahan
  • Nama Kecamatan
  • Nama Kabupaten/Kota
  • Nama Provinsi
  • Kode Pos

Baca juga: Mudahnya! Cara Menulis Alamat Kirim Paket JNE Berserta Contoh

4) Nomor Telepon Aktif

Kurir akan menghubungi penerima barang, apabila penerima sedang tidak ada di alamat tujuan dan memastikan kiriman paket dalam keadaan aman.

Selain itu, kurir akan menghubungi pengirim barang jika terjadi masalah dalam pengiriman paket. Seperti penerima tidak bisa dihubungi atau sulit menemukan alamat.

Contoh Menulis Alamat Paket

cara menulis alamat paket
Sumber: google.com

Cara menulis alamat paket barang memang terlihat mudah, akan tetapi sebenarnya perlu Anda perhatikan secara seksama jangan asal-asalan.

Nah, supaya Anda lebih paham tentang cara penulisan alamat paket yang benar dan baik. Mari simak contoh di bawah ini dan bisa langsung Anda praktikkan.

Contoh Format Penulisan Alamat Penerima

Yusuf Ramlansyah (Mas Ucup)

Jl. Batu No. 12, RT.09/RW.011, Dusun Pulo, Desa Mulyo, Kecamatan Sindoragi

Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa tengah, Kode Pos 76582

No. Telpon: 0821 2343 5776

Contoh Format Penulisan Alamat Pengirim

Reyhan Ramadhan

Jl. Babakan Blok E No. 34, RT/03/RW.005, Dusun Bambu, Desa Burangrang

Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kode Pos 14402

No. Telpon: 0812 6873 9231

Tips Mengirim Paket Aman

cara menulis alamat paket
Sumber: google.com

Pembahasan utama yakni tentang cara menulis alamat paket yang benar. Dengan menggunakan format cara menulis alamat paket barang, bahkan sudah ada contoh menulis alamat paket.

Lalu berikut ini terdapat beberapa hal tentang hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengirim paket. Supaya keadaan paket tetap aman selama proses pengantaran.

Packing Paket

Tips yang pertama yakni pastikan bahwa pengemasan paket kiriman Anda, sudah terlindungi dengan benar. Mulai dari packing bagian luar paket hingga dalam paket.

Sebagai contoh, Anda hendak mengirim barang yang mudah rusak. Pada hal tersebut, Anda perlu menggunakan double bubble wrap maupun packing kayu pada bagian luar.

Sehingga barang tadi akan terlindungi dengan baik sampai ke lokasi tujuan. Fungsi dari packing paket untuk menjaga barang dari benturan, tumpukan, dan guncangan.

Penulisan Alamat

Kesalahan dalam penulisan paket dapat menyebabkan terjadinya paket tidak sampai ke lokasi penerima. Itulah mengapa, pada artikel telah menyajikan cara beserta contohnya.

Penulisan pada contoh menulis alamat paket secara detail dan jelas. Dapat mengurangi kemungkinan paket sulit tiba ke lokasi tujuan atau alamat rumah penerima paket.

Sebagai tambahan, Anda bisa mencantumkan ciri khas dari alamat penerima. Seperti cat rumah berwarna putih, pagar putih, dan memiliki banyak tumbuhan berbunga.

Informasi tersebut tercantum setelah nama dan alamat penerima. Dengan memberikan tanda kurung tutup. Hal tersebut,  lebih memudahkan pihak kurir ekspedisi.

Jasa Ekspedisi

Saat ini sudah banyak terdapat jasa ekspedisi yang memberikan beragam layanan unggul. Bagi pelanggan dalam pengantaran paket ke seluruh wilayah Indonesia.

Pilih jasa ekspedisi sesuai kebutuhan paket Anda. Mulai dari estimasi waktu pengiriman, tarif ongkos kirim, jenis armada, asuransi paket, dan hal-hal penting lainnya.

Biaya Ongkos Kirim

Salah satu faktor yang mempengaruhi tarif ongkir yaitu jenis barang kiriman termasuk mudah pecah atau elektronik. Sehingga membutuhkan keamanan packing tambahan.

Selain faktor di atas, terdapat pula faktor lainnya. Seperti dimensi paket, berat paket kiriman, dan estimasi waktu pengiriman barang express/cargo/reguler.

Asuransi Paket

Gunakan asuransi paket untuk mengirim barang berupa dokumen penting maupun barang antik yang memiliki nilai tinggi. Hampir setiap jasa ekspedisi memiliki asuransi.

Hal ini memberikan jaminan bagi paket Anda, apabila pada proses pengantaran terjadi sesuatu. Maka penyedia jasa akan bertanggung jawab penuh atas paket tersebut.

Demikian artikel terbaru dari Everpro mengenai cara penulisan alamat paket yang benar sesuai standar ekspedisi. Dengan menerapkan format penulisan alamat paket seperti di Anda, dapat memudahkan proses pengiriman paket.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?