everpro

Praktis! Inilah Cara Pasang Iklan di Marketplace Facebook Gratis

Kini sudah tak asing lagi untuk menggunakan iklan di berbagai platform, apalagi kalau sudah tau cara pasang iklan di marketplace facebook gratis, pasti akan sangat di manfaatkan untuk kemajuan usaha. Yuk simak info selengkapnya di sini.

Baca juga: Inilah Cara Split Test Facebook Ads, Ternyata Seru Loh! 

Apa itu Marketplace Facebook?

cara pasang iklan di marketplace facebook gratis
Sumber: Pinterest.com

Marketplace Facebook memiliki tampilan yang mirip dengan platform e-commerce, di mana pengguna dapat menjelajahi kategori produk, melihat deskripsi, foto, dan harga barang, serta menawar atau membeli secara langsung. Marketplace ini juga memiliki fitur penilaian dan ulasan yang memungkinkan pengguna untuk memberikan umpan balik tentang pengalaman mereka dengan penjual.

Dengan demikian, Marketplace Facebook memberikan kesempatan bagi bisnis dan individu untuk mempromosikan produk mereka kepada khalayak yang lebih luas, baik secara gratis maupun melalui opsi iklan berbayar yang tersedia di platform Facebook Ads Manager.

Keuntungan Marketplace Facebook

Jangkauan Pengguna yang Luas

Facebook memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, sehingga Marketplace Facebook memberikan potensi jangkauan yang sangat besar bagi produk atau layanan Anda.

Tidak Ada Biaya List Produk

Anda dapat memasukkan produk atau layanan Anda di Marketplace Facebook tanpa biaya listing tambahan. Ini memberikan kesempatan untuk mempromosikan dan menjual barang tanpa biaya awal.

Interaksi Lokal

Marketplace Facebook memungkinkan Anda berinteraksi dengan pembeli atau penjual yang berada di daerah yang sama atau di sekitar Anda. Hal ini memudahkan transaksi dan pengiriman barang secara lokal.

Kemudahan Penggunaan

Platform Marketplace Facebook mudah digunakan dengan antarmuka yang intuitif dan sederhana. Anda dapat dengan mudah mengunggah foto produk, menambahkan deskripsi, dan mengatur harga dalam waktu singkat.

Baca juga: Facebook Ads vs Instagram Ads, Siapakah yang Terbaik? 

Kekurangan Marketplace Facebook

Berikut beberapa kekurangan pada marketplace facebook, yaitu:

Persaingan yang Tinggi

Marketplace Facebook adalah platform yang sangat populer, sehingga persaingan untuk menarik perhatian pembeli bisa sangat tinggi. Anda perlu membuat iklan yang menonjol agar bisa bersaing dengan penjual lainnya.

Keterbatasan Fungsi

Marketplace Facebook mungkin tidak memiliki fitur yang sama lengkapnya seperti platform e-commerce yang khusus. Anda mungkin tidak memiliki kontrol yang sama atas tampilan, fitur, atau kemampuan kustomisasi lainnya seperti yang dapat Anda dapatkan di platform e-commerce mandiri.

Kurangnya Keamanan

Karena Marketplace Facebook mendorong interaksi antara pengguna secara langsung, ada risiko penipuan atau transaksi yang tidak aman. Anda perlu berhati-hati dan melakukan due diligence dalam bertransaksi dengan pengguna lain di Marketplace Facebook.

Keterbatasan Targeting

Di bandingkan dengan Facebook Ads Manager, Marketplace Facebook mungkin memiliki opsi penargetan yang lebih terbatas. Anda mungkin tidak dapat memilih audiens dengan tingkat detail yang sama seperti saat menggunakan platform iklan berbayar.

Saat mempertimbangkan Marketplace Facebook, penting untuk mengevaluasi keuntungan dan kekurangan ini sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan Marketplace Facebook sebagai tambahan dari strategi pemasaran Anda yang lebih luas, seperti menggabungkannya dengan kampanye iklan berbayar di Facebook Ads Manager atau menggunakan platform e-commerce mandiri untuk keperluan penjualan online Anda.

Cara Pasang Iklan di Marketplace Facebook Gratis\

cara pasang iklan di marketplace facebook gratis
Sumber: Pinterest.com

Saat membuka toko online, pertanyaan tentang bagaimana cara menjual produk yang sedang berjalan dan terlihat oleh banyak orang pasti akan muncul. Nah, salah satu caranya adalah beriklan. Namun perlu Anda ketahui bahwa iklan memiliki cara agar iklan yang dipasang dapat menarik perhatian calon pembeli. Inilah cara Anda dapat menempatkan iklan yang bagus dan nyata di Facebook Marketplace secara gratis, berikut cara nya:

  • Bergabunglah dengan halaman Facebook Anda dengan masuk.
  • Klik menu Aplikasi, lalu klik More Info. Ketik Market pada kolom pencarian di pojok kanan atas, lalu klik Enter.
  • Klik Buka Aplikasi dan tetapkan target pasar Anda dengan mengklik Pengaturan Lokal > Indonesia.
  • Pilih jenis iklan Anda dari menu di atas. Jenis iklannya antara lain Sell It, Sell with Target, Give Away atau Ask. Jika ya, Anda akan di bawa ke langkah berikutnya berdasarkan jenis iklan yang Anda pilih. Ketika Anda memilih iklan yang mengatasnamakan Alasan Jual, Anda bisa langsung memilih produk yang ingin di jual lalu klik Submit.
  • Masukkan informasi tentang produk yang Anda jual dan mengapa Anda menjual produk tersebut. Kemudian tambahkan harga, nilai jual, dan deskripsi produk lainnya.

Setelah semuanya selesai, tinjau syarat dan ketentuan dan klik Kirim. Jika katalog produk Anda di hentikan, Anda dapat mengklik lanjutkan sekarang dan menulis sesuatu yang akan muncul di beranda teman Facebook Anda. Jika ya, klik Terbitkan dan iklan Anda berhasil di pasang.

Perbedaan utama antara iklan Facebook berbayar dan iklan Facebook gratis adalah area pembayaran. Tidak seperti iklan berbayar, memposting iklan gratis tidak membawa Anda ke menu pembayaran Facebook. Pada saat yang sama, memasang iklan di Facebook Marketplace memerlukan biaya untuk memenuhi tujuan periklanan Facebook.

Demikian info sekilas mengenai cara pasang iklan di marketplace facebook gratis. Nikmati juga berbagai kemudahan beriklan agar sustainable dan semakin optimal dengan layanan Facebook ads Support, inilah benefit yang Anda dapatkan:

  • Edukasi Facebook ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis
  • Bisa Mendapat Akses FB Ads dengan minimal top up cuma Rp500.000. GRATIS semua biaya* sampai akumulasi top up mencapai Rp15.000.000

Ayo daftarkan usahamu melalui Layanan Everpro dengan bantuanFacebook ads Account Support, nikmati kemudahannya sekarang juga!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya