everpro

Contoh Barang Bebas: Arti dan Perbedaan dari Barang Ekonomis

contoh barang bebas

Barang bebas adalah suatu barang yang mudah untuk ditemukan dan diperoleh. Lalu apa saja contoh barang bebas? Simak selengkapnya.

Beberapa sumber daya sangatlah langsung dan sulit untuk dapat menemukannya. Beberapa juga harus melalui suatu proses untuk dapat mengkonsumsi dan memperolehnya. 

Namun, ada juga beberapa sumber daya yang tersedia tanpa harus sulit mencarinya. Dari tingkat kelangkaan sumber daya lahirlah ilmu ekonomi. Hal tersebut menjadikan barang terbagi menjadi dua kategori, yaitu barang bebas dan barang ekonomi.

Lalu apa pengertian dan contoh barang bebas serta perbedaannya dari barang ekonomi? 

Baca ulasan artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan jawabannya.

Pengertian Barang Bebas Adalah?

contoh barang bebas
Sumber: pexels.com

Mengutip informasi dari buku Ekonomi Mikro oleh Sugiarto, dkk. Pengertian barang bebas adalah barang yang tidak memiliki harga atau nilai ekonomi. Sebutan lain untuk barang bebas adalah sumber daya tak terbatas atau free resources.

Jadi pada dasarnya barang bebas merupakan suatu barang pemenuh kebutuhan manusia dengan jumlah tanpa batas dan tidak perlu mengeluarkan pengorbanan atau biaya untuk memperolehnya.

Ketersediaan atau penawaran barang bebas selalu lebih besar daripada permintaannya. Maka dari itu, barang bebas akan selalu ada, tidak akan habis, tidak memiliki harga, dan semua orang bisa mendapatkannya secara gratis.

Agar dapat mengenali contoh barang bebas, perlu mengetahui ciri-ciri atau karakteristik dari barang bebas itu sendiri. 

Everpro

Jadi, karakteristik barang bebas adalah memiliki manfaat, tersedia dalam jumlah yang banyak dan lebih besar dari permintaannya, tidak perlu melakukan pengorbanan untuk memperolehnya.

Baca juga: Cara Menghitung HPP dan Rumusnya, Cari Tahu Disini!

Contoh Barang Bebas

contoh barang bebas
Sumber: pexels.com

Sebenarnya barang bebas dapat berubah menjadi barang ekonomi, ketika terdapat perbedaan tempat, waktu, dan kondisi yang menghilangkan karakteristik dari barang bebas.

Setelah memahami pengertian dan karakteristik dari barang bebas, bisa lebih mudah dalam mengidentifikasi mana yang barang bebas dan ekonomi. 

Adapun contoh barang bebas adalah sebagai berikut:

  • Udara

Contoh barang bebas yang pertama adalah udara yang merupakan kebutuhan dasar manusia agar bisa bernapas. Udara menjadi barang bebas karena kita dapat menghirupnya setiap saat dan ketersediaan yang tak terbatas.

Normalnya manusia dapat menghirup udara sebanyak 11.000 hingga 12.000 liter per hari. Manusia dapat menghirup udara dari manapun dan kapanpun, tanpa perlu mengeluarkan pengorbanan besar atau gratis.

  • Air

Air yang termasuk barang bebas adalah yang terdapat di alam bebas dengan jumlah banyak tanpa harus membayar sedikitpun, seperti air dari aliran sungai, air terjun, air laut, bahkan air hujan. 

Biasanya di daerah pegunungan terdapat sumber mata air bersih dalam jumlah yang sangat banyak, sehingga air tersebut termasuk dalam kategori barang bebas.

Namun, berbeda dengan air dalam kemasan yang untuk memperolehnya harus mengeluarkan biaya tertentu. Air dalam kemasan masuk kedalam kategori barang ekonomi.

  • Pasir

Pasir yang terdapat di gurun atau padang pasir dan pantai merupakan contoh barang bebas. Sesuai dengan karakteristiknya, yaitu tersedia dalam jumlah yang melimpah dan tidak memiliki nilai ekonomis. 

Manusia bisa mendapatkannya dengan langsung datang ke area tersebut. Pasir tidak lagi menjadi barang bebas jika terjadi kelangkaan atau dalam kondisi yang berbeda.

Misalnya, pasir yang ada di toko bangunan maka tidak termasuk kategori barang bebas.

  • Sinar Matahari

Sinar matahari tersedia sejak matahari terbit di pagi hari hingga tenggelam di sore hari. Cahaya dari matahari menjadi kebutuhan manusia  baik itu untuk tubuh maupun untuk melakukan berbagai kegiatan. 

Manusia dapat merasakan sinar matahari secara gratis tanpa harus melakukan pengorbanan apapun. Oleh karena itu, matahari merupakan salah satu contoh barang bebas.

  • Angin

Setiap manusia membutuhkan angin, karena membantu manusia untuk mendapatkan gas oksigen agar tetap bernapas dan bertahan hidup.

Tak hanya itu, pergerakan angin juga berpengaruh pada tingkat kelembaban udara, yang akan berdampak pada kesehatan tubuh manusia.

Angin memang berkaitan dengan udara dan ketersediaannya tidak terbatas. Berdasarkan karakteristiknya, maka angin merupakan contoh barang bebas.

Baca juga: Kunci Peluang Usaha Sebenarnya Terletak Pada? Simak!

Apa Perbedaan Barang Bebas dan Barang Ekonomi?

perbedaan dengan barang ekonomi
Sumber: pexels.com

Setelah memahami pengertian, karakteristik, hingga contoh barang bebas maka akan lebih mudah untuk membedakannya dengan barang ekonomi.

Berdasarkan pengertiannya, barang bebas adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya tak terbatas, sehingga tidak perlu melakukan pengorbanan untuk mendapatkannya.

Sedangkan, barang ekonomi adalah barang yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia namun dalam jumlah terbatas, dan perlu mengeluarkan biaya atau melakukan pengorbanan tertentu untuk mendapatkannya.

Jadi perbedaan barang bebas dan barang ekonomi adalah tingkat ketersediaan dan cara memperolehnya. Barang bebas bisa berubah menjadi barang ekonomi ketika salah satu karakteristiknya hilang.

Misalnya, jika terjadi kelangkaan, atau terdapat suatu proses untuk mengolah untuk menambah nilai dan fungsi sehingga menjadi barang ekonomi.

Sebagai contoh, air yang sebenarnya barang bebas di daerah mata air namun berubah menjadi barang ekonomi di perkotaan. Karena masyarakat perkotaan perlu membeli air untuk minum atau membayar listrik agar aliran air di rumah tetap lancar.

Jadi itulah penjelasan contoh barang bebas hingga perbedaannya dari barang ekonomi.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait