Punya bisnis jualan makanan di Instagram tapi sepi pelanggan? Coba deh pakai contoh bio ig untuk jualan makanan yang kami berikan di bawah ini!
Berjualan di Instagram memang menggiurkan karena pelanggan yang dapat di jangkau sangat banyak dan beragam. Tapi masih banyak penjual di Instagram yang belum mengerti bagaimana berjualan di Instagram dengan benar.
Nah, berjualan dengan benar di Instagram membutuhkan beberapa strategi, salah satunya adalah dengan memaksimalkan bio Instagram jualan kamu. Bio ig memiliki peran yang krusial dalam menarik dan meyakinkan pelanggan di Instagram.
Oleh sebab itu, membuat bio ig terutama untuk berjualan sangat penting untuk keberlangsungan bisnis dan mendapatkan tujuan utama yaitu keuntungan.
Tapi jangan khawatir karena pada artikel ini kami akan memberikan informasi mendalam seputar bio ig dan contoh bio ig yang bisa kamu gunakan. So, tanpa berlama-lama lagi mari simak informasi selengkapnya!
Baca juga: 65+ Contoh Bio Instagram Bisnis, Ampuh Pikat Pelanggan!
Daftar Isi:
ToggleApa itu Bio Ig?
Bio dalam Instagram merupakan sebuah deskripsi dari akunmu yang bisa digunakan untuk menulis sampai maksimal 150 karakter dan muncul pada bagian paling atas dalam laman profil kamu, di samping foto profil.
Bio ini merupakan salah satu bentuk semua gambaran Instagram kamu dan cara cepat untuk menunjukan kepada pengguna lainnya siapa kamu dan tentang kamu. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki bisnis di ig, kamu harus menggunakan bio ig untuk mendeskripsikan bisnis kamu.
Fungsi Bio Ig untuk Bisnis
Karena digunakan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan akun, bio ig yang baik dapat memberikan manfaat pada bisnis. Mari kita simak apa saja yang bisnis bisa dapatkan jika membuat bio ig yang baik dan benar.
Berikut adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari bio ig yang sukses:
- Menunjukan pelanggan dimana dan bagaimana membeli produk yang kamu jual
- Menunjukan cara untuk melakukan komunikasi dengan tim kamu
- Memberikan alamat dan toko offline (jika ada)
- Mendorong orang untuk melakukan tindakan tertentu seperti melakukan pemesanan atau melihat toko
- Memberikan bukti sosial yang membangun kepercayaan dan kredibilitas
- Sebagai media promosi
Dengan beberapa keuntungan di atas pada bisnis kamu, menunjukan jika bio ig merupakan hal yang penting untuk mengembangkan sebuah bisnis di Instagram.
Baca juga: 100+ Contoh Bio IG Aesthetic, Bikin Profilmu Makin Kece!
Elemen Penting pada Bio Ig Bisnis
Sebenarnya untuk bisa mengoptimasi sebuah toko atau bisnis yang ada di Instagram membutuhkan strategi yang utuh. Dan untuk bio ig bukan satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk itu.
Karena bio ig hanya bisa menuliskan 150 karakter, kamu bisa mengoptimasi bio ig dengan cara yang lebih jauh lagi. Berikut adalah beberapa elemen penting yang bisa kamu lakukan:
Memilih Instagram Username
Menggunakan username yang mewakilkan bisnis kita di Instagram dapat membantu calon pelanggan untuk menemukan bisnis yang kita punya. Username ini juga merupakan sebuah kunci sinyal ranking untuk pencarian, pilihlah username yang pelanggan cari.
Memasukkan Nama Bisnis di Instagram
Nah, kalo yang selanjutnya ini, kamu bisa memasukkan nama profil kamu yang muncul tepat di bawah foto profil kamu. Pilihlah nama lengkap dari bisnis kamu dan gunakan role seperti contoh TanboyKun | Food Vlogger.
Dengan menggunakan cara ini pelanggan dapat mengetahui dengan cepat jika TanboyKun adalah seorang food vlogger.
Memilih Kategori Instagram
Kemudian, kamu juga bisa memilih kategori pada bio ig. Dengan cara menambahkan kategori ini, kamu bisa memberitahu pelanggan bisnis apa yang kamu punya. Jika kamu memiliki bisnis makanan kamu bisa memasukkan kategori restoran.
Upload Foto Profil Instagram
Menggunakan foto profil instagram akan membantu para pelanggan untuk mengidentifikasi bisnis dengan cepat. Dalam beberapa kasus, logo atau foto dari lokasi kamu adalah foto yang ideal. Pilihlah foto profil dengan ukuran 320 x 320 agar gambar jelas terlihat.
Tambahkan Opsi Kontak Bisnis
Profil Instagram memudahkan calon pelanggan untuk mengontak bisnis kamu. Kamu dapat memasukkan beberapa kontak pada profil, dengan begitu calon pelanggan dapat memilih yang ia suka.
Memberikan Tombol Call to Action (CTA)
Instagram menyediakan tombol CTA seperti Order Food, Book Now, dan Reserve untuk restoran, cafe, atau service provider. Tombol ini dapat kamu pasangkan dengan platform pihak ketiga.
Memasukkan Instagram Bio Copy
Selanjutnya, kamu juga harus menulis copy untuk bio pada bisnis profil Instagram. Kamu dapat menuliskan sampai 150 kata untuk mendeskripsikan bisnis kamu. Penggunaan emoji, nomor dan tanda baca juga penting agar lebih menarik.
Menambahkan Instagram Bio Link
Jangan lupa untuk menautkan link ke website atau homepage bisnis yang kamu punya. Pastikan jika landing page yang kamu buat sudah mobile-friendly agar dapat pelanggan akses dengan baik. Dengan cara ini, pelanggan dapat mengikuti link yang kamu tautkan di setiap post, story atau bio.
Bonus: Highlights Story
Nah, agar profil Instagram bisnis kamu semakin menarik, kamu juga bisa memanfaatkan fitur highlights story dari Instagram. Kamu bisa memasukan beberapa story yang mewakili bisnis pada fitur ini.
Kamu dapat memasukkan FAQ, informasi produk, dan layanan yang kamu tawarkan, atau bahkan memberikan review atau tutorial.
Baca juga: 50 Ide Bio IG Lucu: Seni Membuat Profil Unik, Followers Naik!
Contoh Bio Ig Jualan Makanan
Berikut kami berikan beberapa contoh bio ig jualan makan dari beberapa akun yang populer di Instagram:
1. Bebek Carok
2. Jco
3. Cheesecuit
4. Pizzahut
5. Bebek Kaleyo
Demikianlah akhir dari artikel terkait contoh bio ig jualan makanan. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagi kamu.
Jangan lupa share artikel ini di media sosial kamu dan nantikan informasi menarik dan bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di blog Everpro.id!