5 Contoh Email Marketing Terbaik Untuk Menarik Minat Audiens

contoh email marketing

Masih bingung contoh email marketing yang efektif? Simak artikel ini yang akan membahas contoh email marketing yang menarik sebagai media promosi anda.

Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, anda dapat melakukan promosi secara digital. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan email marketing.

Email marketing menjadi salah satu cara yang penting dalam melakukan strategi digital marketing. Namun masih banyak yang meragukan keefektifannya.

Tapi, tahukah anda bahwa hasil penelitian dari McKinsey & Company menunjukkan bahwa email marketing memiliki tingkat efektivitas 40 kali lebih baik dari penggunaan kombinasi marketing Facebook dan Twitter?

Selain itu, hasil survei Blue Kangaroo Study pada tahun 2012 menyatakan bahwa 7 dari 10 orang menggunakan kupon atau diskon dari penawaran yang mereka dapat melalui email marketing.

Berdasarkan fakta tersebut, sudah menjadi hal yang penting untuk anda mulai menggunakan email marketing sebagai media promosi anda.

Masih bingung bagaimana caranya? Tidak perlu khawatir, melalui artikel ini anda akan mendapatkan contoh email marketing menarik yang bisa anda jadikan referensi.

Mari simak lebih lanjut penjelasannya.

Pentingnya Email Marketing

contoh email marketing
Sumber: google.com

Terdapat banyak channel digital marketing yang bisa anda manfaatkan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran anda. Email marketing menjadi salah satunya.

Everpro

Baca juga: Ingin Belajar Digital Marketing? Berikut Bahasan Lengkapnya!

Email marketing adalah cara mempromosikan bisnis anda dengan mengirimkan pesan kepada penerima melalui email. Target penerima juga beragam, anda bisa mengirimkannya untuk calon konsumen, konsumen baru, hingga ke konsumen loyal.

Melalui cara ini anda bisa mendapatkan berbagai macam tujuan dari mengenalkan produk atau layanan hingga penawaran diskon. Maka dari itu menggunakan cara ini menjadi hal yang penting untuk strategi pemasaran anda.

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa email sudah ketinggalan zaman. Namun, tentu anda sudah paham bahwa setiap orang yang menggunakan media sosial pasti memiliki email.

Anda tahu sendiri bukan, ada begitu banyak media sosial saat ini, dan pasti banyak juga yang memiliki email. Bahkan survei dari databoks, menunjukkan bahawa terdapat 125,4 juta alamat email pribadi dan 5 juta email perusahaan dari pengguna internet yang ada di Indonesia.

Bisa kita simpulkan bahwa email marketing masih penting dan efektif sebagai media promosi bisnis. Berikut penjelasan peran pentingnya:

  • Media Promosi yang Rendah Budget

Bisa dikatakan bahwa email marketing terbilang murah, namun sangat efektif. Karena, anda dapat mengirim satu pesan yang dapat menjangkau semua konsumen yang terdaftar (broadcast) dengan proses satu klik saja.

Salah satu sumber yaitu Litmus, menyatakan bahwa 60% konsumen melakukan pembelian dari email marketing. Dengan ini, mampu menghasilkan rata-rata return on investment sebesar 40 kali.

  • Membantu Memelihara Leads Menjadi Pembeli

Dengan memberikan serangkaian email automation yang telah anda personalisasi untuk mereka, menjadi langkah dalam memelihara leads. Jadi anda dapat memperbesar peluang konversi.

  • Meningkatkan Engagement

Email marketing menjadi channel yang tepat untuk anda meningkatkan engagement karena pesan yang mereka terima bersifat personal. Karena sudah tersedia banyak tools untuk membantu mengirimkan email secara profesional dan efisien.

Misalnya di awal email anda melakukan sapaan dengan menyebutkan nama penerima, seperti “Hi, Daniel!”. Dengan hal itu email yang mereka terima terasa lebih personal dan dapat meningkatkan engagement.

  • Menjangkau Konsumen dengan Lebih Mudah

Melalui email marketing anda dapat mengirimkan ke seluruh tipe konsumen/calon konsumen. Anda dapat menggunakan data yang telah dikumpulkan mengenai target audiens dan mengelompokkan profil konsumen tersebut berdasarkan kategori tujuan. 

Contohnya, anda ingin melakukan penawaran atas loyalitas konsumen, anda dapat mengirimkannya ke daftar konsumen loyal dari data yang telah anda kelompokkan.

Baca juga: Email Marketing: Pengertian, Strategi Khusus, Manfaat

Elemen Penting Email Marketing

contoh email marketing
Sumber: pexels.com

Agar pesan yang anda kirimkan tepat sasaran, anda perlu memperhatikan beberapa elemen berikut ini

  • Tampilan yang Responsif

Maksudnya anda perlu memperhatikan kenyamanan penerima saat menerima email anda dengan tampilan yang bisa sesuai dengan device apapun. Yaitu dengan mengoptimalkan resolusi tampilan berkualitas tinggi, apapun jenis device nya baik itu HP maupun komputer.

  • Visual yang Menarik

Anda juga perlu memaksimalkan tampilan visual email marketing agar lebih menarik perhatian penerima untuk terus membacanya. Hal ini untuk menghindari pesan segera dihapus atau resiko sama sekali tidak dibaca oleh penerima.

  • Perhatikan Pemilihan Kata

Anda dapat memaksimalkan teknik copywriting dalam mengirim pesan kepada penerima. Yaitu dengan kata-kata dalam subjek yang bisa menjadi ‘hook’ agar penerima langsung memperhatikan dan membuka email yang anda kirim.

Selain itu gunakanlah kata-kata umum yang tidak sulit dimengerti, pastikan serangkaian kata yang anda buat tidak memberikan kesan bingung pada yang membacanya.

  • Mengoptimalkan Call-to-Action

Elemen penting selanjutnya yaitu anda harus mengoptimalkan call-to-action di email yang anda kirim. Maksudnya berupa tombol atau hyperlink yang akan langsung terhubung ke website bisnis anda. 

Penggunaan ini menjadi poin penting untuk mendorong target audiens dalam melakukan aksi. Contohnya adalah “Klaim Kupon Anda”, “Ya! Saya Mau”, atau “Beli Sekarang”.

Contoh Email Marketing yang Menarik

Setelah anda memahami pentingnya email marketing dan elemen-elemennya, kini anda bisa mengamati contoh-contoh email marketing berikut sebagai bahan referensi anda.

1. Contoh Email Newsletter

# Duolingo

contoh email marketing
Sumber: google.com

Duolingo adalah salah satu aplikasi edukatif untuk belajar berbagai bahasa asing yang bisa anda unduh lewat HP. Melalui contoh Newsletter ini, Duolingo mengajak pengguna untuk terus berlatih.

Duolingo memberi CTA yang akan terhubung langsung dengan aplikasi penggunanya. Tampilan newsletter dengan ikon khasnya yaitu burung hantu, ditambah teks singkat berupa motivasi menjadikan newsletter ini terkesan sederhana namun menarik.

Berikut tips untuk membuat newsletter serupa Duolingo:

  1. Desain sederhana namun menarik.
  2. Perpaduan warna yang ‘nyaman’ dilihat dan tidak terlalu mencolok.
  3. Tidak terdapat banyak teks, dan langsung to the point.
  4. Terdapat CTA yang dapat langsung terhubung ke aplikasi.

# Tokopedia

contoh email marketing
Sumber: google.com

Contoh yang kedua yaitu Tokopedia sebagai salah satu ecommerce. Bisa anda perhatikan bahwa informasi yang diberikan berfokus pada penawaran spesial yang bisa memberi keuntungan pengguna dengan mendapat cashback dan diskon.

Selain itu tampilan visual yang atraktif dapat menarik perhatian pengguna. Tidak lupa juga disematkan CTA “Cek Sekarang” yang akan langsung terhubung ke aplikasi atau website Tokopedia.

# Tiket.com 

contoh email marketing
Sumber: google.com

Contoh newsletter yang ketiga adalah salah satu platform agen perjalanan yaitu Tiket.com. Konsisten dengan logo, tampilan visual juga serasi dengan kombinasi warna biru dan kuning. 

Selain itu email yang pendek dengan gambar yang tidak terlalu banyak membuat newsletter ini akan lebih mudah dimuat dan tidak membutuhkan waktu loading yang lama.

Meskipun begitu, penggunaan copywriting menarik dan CTA dapat mengarahkan pembaca untuk mendapatkan informasi lebih dengan klik tombol yang langsung terhubung ke aplikasi.

2. Contoh Email Pengenalan Produk atau Layanan

#GoJek

contoh email marketing
Sumber: google.com

Contoh yang pertama datang dari platform layanan transportasi Gojek. Dalam email marketing ini Gojek memperkenalkan layanan baru yang bekerja sama dengan Bluebird.

Isi pesan cukup singkat dan informatif langsung memberikan info promo dan cara penggunaannya. Selain itu tampilan visual juga tidak berlebihan dan merangkum isi pesan. Tidak lupa juga CTA yang langsung terhubung ke aplikasi.

#Loom

contoh email marketing
Sumber: google.com

Pengenalan produk dari Loom ini menjadi salah satu yang menarik, dengan visual yang memberikan kesan ‘merayakan sesuatu’, yaitu hadirnya produk baru yang membantu konsumen.

Email pengumuman produk baru ini dikemas dengan ceria, cerah, dan jumlah copy yang cukup. Juga terdapat konten visual, termasuk gambar, GIF, dan CTA.

Demikian beberapa contoh email marketing untuk menjadi bahan referensi dalam mengoptimalkan strategi promosi anda. Jangan lupa untuk gunakan metode Amati-Tiru-Modifikasi untuk mengimplementasikannya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?