everpro

Kenali 10 Contoh Iklan Produk Lokal dalam Bahasa Inggris

Produk lokal Indonesia semakin diminati oleh konsumen internasional. Hal ini tidak lepas dari kualitas produk yang semakin baik, serta strategi pemasaran yang semakin kreatif. Salah satu elemen penting dalam strategi pemasaran adalah nama brand, nama produk dan iklan promosi . Penggunaan Bahasa Inggris atau istilah asing lainnya pada nama brand, produk atau layanan  serta  iklan produk  dapat membantu menarik perhatian konsumen internasional dan meningkatkan penjualan produk.

Saat ini ada banyak brand lokal juga menggunakan bahasa inggris untuk nama produk dan juga cara promosinya supaya bisa setara dengan citra brand internasional . Artikel ini akan membahas manfaat  menggunakan bahasa inggris untuk iklan promosi lewat contoh produk-produk lokal yang sukses di pasar internasional.

Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Promosi 

Pentingnya bahasa Inggris dalam proses promosi suatu produk dari berbagai aspek. Terutama ketika produk atau layanan mentargetkan pasar internasional maka pengunaan bahasa inggirs untuk nama produk dan promosi adalah hal yang wajib.  Untuk lebih jelaskanya berikut adalah beberapa alasan mengapa bahasa Inggris menjadi kunci penting dalam pemasaran.

Akses ke Pasar Global

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang paling banyak digunakan di dunia bisnis dan perdagangan. Beriklan dengan menggunakan bahasa ini memungkinkan perusahaan untuk mencapai audiens yang lebih luas di berbagai negara karena mudah dipahami. 

Brand Image yang Global

Menggunakan nama brand, produk dan juga iklan promosi dalam bahasa Inggris dapat memberikan citra global pada merek atau produk. Hal ini membantu menciptakan kesan bahwa perusahaan memiliki pandangan yang luas dan dapat berkomunikasi dengan pelanggan dari berbagai latar belakang.

Pemasaran Digital dan Media Sosial

Bahasa Inggris dominan dalam dunia digital dan media sosial. Dengan menggunakan bahasa ini, perusahaan dapat mengoptimalkan kampanye pemasaran online mereka dan mencapai audiens global melalui platform-platform digital.

Kesesuaian dengan Standar Internasional

Banyak standar industri, perjanjian perdagangan, dan dokumen internasional diterbitkan dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, menggunakan bahasa ini mempermudah perusahaan untuk memahami dan berpartisipasi dalam pasar global.

Daya Saing Global

Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif, kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris memberikan keunggulan kompetitif. Perusahaan yang mampu beradaptasi dengan pasar global memiliki peluang lebih besar untuk berhasil.

Peluang Investasi dan Mitra Bisnis

Investor dan mitra bisnis internasional lebih cenderung berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, penggunaan bahasa ini dapat membuka pintu untuk peluang investasi dan kerjasama dengan perusahaan atau individu dari berbagai negara.

Edukasi dan Informasi

Dalam industri tertentu, Bahasa Inggris berperan sebagai sarana untuk menyediakan edukasi dan informasi terkini mengenai produk atau layanan kepada konsumen global.

Contoh Kalimat Iklan Bahasa Inggris dan Artinya

Ada berbagai jenis macam kalimat dalam bahasa inggris yang dapat digunakan untuk iklan. Setiap kalimat harus tetap memenuhi syarat-syarat kalimat iklan yaitu harus singkat, padat, jelas, dan menarik. Berikut beberapa contoh iklan bahasa Inggris yang sering  digunakan beserta terjemahannya.

Kalimat Menawarkan Diskon

Jika kamu sedang menjual produk diskon, coba cantumkan beberapa kalimat sakti di bawah ini untuk memengaruhi calon customer:

  • Buy 1 get 1 free ( beli 1 gratis 1)
  • Get 1 free item (dapatkan gratis 1 item)
  • Hot Double Combo ( Kombinasi Ganda)
  • We currently have our special promo offer available! (kami sedang ada promo spesial beli 1 gratis 1)
  • Buy one and get the second at half! (beli satu dan dapatkan satu lagi dengan setengah harga)
  • Get cashback bonus for selected item (dapatkan bonus kembalian untuk barang tertentu)
  • All our products come with free delivery! (seluruh produk kami gratis ongkir)
  • Order Now and Get Free shipping offer this week only! (Pesan Sekarang dan gratis ongkir kami hanya di pekan ini.)

Kalimat Info Penawaran Terbatas

Salah satu hal yang mendorong pembeli untuk melakukan transaksi adalah ketakutan mereka kalau produk yang diincar akan habis. Nah, berikut beberapa rekomendasi iklan yang bisa digunakan:

  • Limited edition! (edisi terbatas)
  • New arrival! (baru datang)
  • These special are only available today (harga spesial ini hanya berlaku hari ini)
  • We are clearing out last year’s models in our annual runout sale! (kami menghabiskan model tahun lalu di sale tahunan ini)
  • Exclusive and limited (eksklusif dan terbatas)
  • Come to our closing down sale this weekend! (datanglah ke sale penutupan akhir pekan ini)
  • Don’t delay! This offer ends soon! (jangan ditunda! Penawaran ini akan segera berakhir)
  • We have an exclusive offer for our members (kami punya penawaran eksklusif bagi anggota)

Kalimat Pernyataan Kualitas Terbaik

Harga memang penting, tapi kualitas dari sebuah produk jauh lebih penting. Karena semua orang tidak mau membeli sesuatu dengan kualitas yang buruk. Jadi  coba iklankan produkmu dengan beberapa kalimat powerful yang menjeaskan pernyataan kualitas produk seperti berikut ini:

  • Best quality (kualitas terbaik)
  • Trusted Seller! (Penjual Terpercaya)
  • You deserve the best! (kamu pantas mendapat yang terbaik)
  • Originally guaranteed! (jaminan original)
  • Best offer guaranteed! (dijamin ini penawaran terbaik)
  • Spoil yourself with our product! (manjakan diri kamu dengan produk kami)
  • Guarantee satisfaction! (kepuasan terjamin)
  • Privacy . That’s Iphone (Privasi. Milik Iphone)
  • Because you’re worth it! (karena kamu berharga)

Kalimat Dorongan untuk Cepat Membeli

Saya sebagai customer, tak jarang menunda-nunda untuk membeli produk karena berbagai alasan. Maka dari itu perlu sebagai produsen perlu membuat kalimat iklan dengan adanya urgensi sebagai doroangan customer untuk membeli . Untuk kalimat iklan menggunakaan dorongan dalam bahasa Inggris yang dapat ditiru agar konsumen  segera melakukan pembelian dapat melihat contoh seperti ini.

  • Don’t miss out our limited time offer (jangan sampai terlewat penawaran terbatas kami)
  • With prices this low, these deals won’t last (dengan harga semurah ini, penawaran tidak akan berlangsung lama)
  • It’s our once in a lifetime sale, don’t miss it! (gelaran sale ini hanya sekali, jangan sampai kehabisan)
  • Try it first and prove it yourself! (coba dulu dan buktikan sendiri)
  • A sale you don’t want to miss (sale yang tidak ingin kamu lewatkan)
  • Order Now Without Consultation ( Pesan Sekarang, Tanpa Konsultasi)

10 Contoh Iklan Produk Lokal dalam Bahasa Inggris

Agar lebih mudah membuat iklan berbahasa inggris, berikut ini ada beberapa contoh iklan produk lokal dalam bahasa inggris yang sukses memasuki pasar internasiona. Pelajari kunci sukses produk memasuki pasar internasional mulai dari bahan baku berkualistas, penamaan produk, pengemasan sampai strategi promosi iklan yang menggunakan bahasa ingris yang dapat Anda aplikasikan dan sesuaikan dengan brand ataupun produkmu.

1.Silverqueen

Brand coklat asal Indonesia ini sukses bersaing dengan produk internasional, yaitu dengan menciptakan produk coklat dengan kualitas bahan premium.  Selain itu juga secara strategi pemasaran brand ini juga menargetkan target customer dari kalangan menengah hingga atas. Maka untuk menjakau target customer tersebut pihak brand  membuat design packaing yang menarik, serta distribusi pemasarannya pun bekerja sama dengan beberapa  super market  premium, toko-toko mewah bahkan bandara-bandara inteernasional.

Terakhir yang paling penting yaitu untuk memunculkan citra sebagi coklat premium adalah iklan promosi menggunakan bahasa inggris entah itu dari headlinenya seperti contoh iklan coklat silverqueen terbaru demnggunakan headline ” #fellgood  with real & natural ingredients”. Serta proses produksi iklan creativenya  yang tayang lewat media televisi pun menggunakan dengan budget yang tinggi tidak heran kulitasnyapun baik.

Iklan Coklat Silverqueen
Sumber: Google.com

 

2.Emina

Berikut ini juga merupakan brand kecantikan lokal yang diperuntukan untuk remaja yang tampak seperti brand dari produk Korea Selatan. Hal tersebut teerjadi karena citra yang dibuat memang kearah sana, secara pengemasan dan penamaan produk pun menggunakan nama bahasa inggris. Berikut ini contoh iklan produk kecantikan cuci muka terbaru dari Emina dengan nama face scrub.

Dengan design minimalist membuat iklan ini sangat eye catching namun tetap fokus pada tujuan yaitu mengiklankan sebuah produk pembersih wajah. Informasi yang disampaikan terkait manfaat dalam bentuk point-point singkat dalam bahasa inggris. Serta tidak melupakan call to action sebagai dorongan untuk tujuan bisnis.

Face Wash Emina
Sumber: Google.com

3.Polytron

Untuk iklan produk-produk elektronik hampir semua menggunakan istilah-istilah dalam bahasa inggris dalam strategi iklan marketingnya. Upaya ini dilakukan agar membentuk citra bahwa produk terbuat dari bahan premium dan tidak kalah bersaing dengan produk lain di pasaran. Berikut ini contoh iklan Televisi dari brand/ merek Polytron dengan nama “Cinemax Soundbar” yang menjual keunggulan layar dan suara TV tersebut.

Iklan TV Polytron
Sumber: Google.com

4.Tolak Angin

Kualitas jamu Tolak Angin memang tak perlu diragukan lagi, bukan cuma laris manis di Indonesia. Produk jamu atau obat herbal dengan bahan-bahan alam nusantara ini juga ada di di Hong Kong, Australia, Belanda, sampai Amerika Serikat. Berikut adalah contoh kemasan produk Permen Tolak Angin dalam bahasa inggris dengan tagline yang singkat dan jelas “Soothing & Relieving Sensation”. Pengunaan tagline tersebut sudah bisa mengkomunikasikan efek yang akan terasa setelah memakan premen tersebut.

Iklan Premen Tolak Angin
Sumber: Instagram @tolak_angin

5.Eiger

Eiger adalah merek produk perlengkapan dan peralatan petualangan atau outdoor yang berasal dari Indonesia. Eiger menyediakan berbagai macam produk, mulai dari tas gunung, tenda, sleeping bag, jaket, celana, dan aksesori lainnya. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan teknologi yang canggih menghasilkan produk yang tahan lama dan dapat digunakan dalam berbagai kondisi cuaca dan medan.

Eiger telah meraih popularitas di Indonesia dan juga di pasar internasional, dengan memiliki toko-toko di beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, dan Vietnam. Maka dari itu brand ini pun mengiklankan produknya sebagian besar dalam bahasa inggris. Contohnya iklan promosi berikut mengkombinasiakan penggunaan Bahasa Inggirs dan Indonesia untuk informasi diskon akhir tahun untuk setiap pembelian 3 item produk Eiger minimal 500K akan mendapatkan free calender tahun 2023.

Iklan Eiger
Sumber: Instagram @eigeradventur

6.Terry Falmer

Brand Terry Palmer terkenal berkat handuknya yang berkualitas. Rata-rata produk ini bisa dipasarkan ke negara-negara seperti Jepang, Amerika Serikat, hingga Eropa. Berikut adalah contoh promosi iklan paket handuk Terry Palmer dalam bahasa inggris untuk kado pernikahan.

Iklan Caption Bahasa Inggris Handuk Terry Palmer
Sumber: Instagram @terrypalmer.id

8.Wakai

Wakai adalah salah satu brand lokal yang memproduksi sepatu slip-on, sneakers, dan sandal yang memiliki ciri khas desain yang simple dan unik. Bahan material yang digunakan pun cukup beragam seperti kanvas, kanvas denim, kulit, dan bahan tekstil lainnya yang berkualitas tinggi sehingga nyaman dan ringan saat digunakan. Desain sepatu terinspirasi oleh budaya pop Jepang, dengan tambahan aksen dan detail yang khas.  Cara membuat iklan promosi sepatu menggunakan huruf katakana dan juga caption dalam bahasa inggris contohnya sebagai berikut ini.

Iklan Sepatu Wakai
Sumber: Google.com

9.Jilbrave

Sejak 3 tahun terakhir Jilbrave masuk ke dalam top 5 clothing & outfit influencer Instagram di Indonesia. Hal tersebut terjadi berkat konten-kontent yang menarik  di Instagram. Selain itu dari segi kualitas produk pun memiliki model gamis yang sangat unik dan fresh setiap bulannya. Cara brand ini mempromosikan produknya dengan mengkombinasikan penggunaan bahasa indonesia dan bahasa inggris baik itu caption ataupun nama produknya.

Gambar. Promosi Baju Muslimah Jilbrave
Sumber: Instagram @Jibrave.official

10.Humblezing

Brand fashion outdoor asal Bandung ini pun sukses menembus pasar internasional. Berdasarkan hasil wawancara Rido sebagai Creative Director Humblezing dengan Tribun Jabar, Beliau mengatakan bahwa mereka memang menargetkan pasar di luar Indonesia, Bahkan saat ini penjualan sudah ke Skotlandia, Kanada, UK, dan Hongkong.  Karena target pasar yang ingin mereka tuju di luar Indonesia maka cara promosi  full menggunakan bahasa inggris, contohnya lewat iklan kataloh Daypack berikut.

Iklan Bahasa Inggris Daypack Humblezing
Sumber: Instagram @humblezing

Jasa Layanan Iklan Everpro Ads

Everpro adalah usaha yang menyediakan jasa atau pun layanan yang bisa membantu bisnismu semakin berkembang, salah satunya lewat layanan iklan Google Ads atapun Facebook Ads yang dikelola oleh pakar profesional dan terpercaya. Berminat bergabung? Untuk informasi lebih lanjut klik link berikut Customer Service Everpro untuk bisa berkonsultasi terlebih dahulu via whatsapp.

Picture of Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya