Inilah Contoh Iklan FB Ads Terbaik, It Works!

contoh iklan fb ads

Ingin iklan Anda berhasil dengan menggunakan Facebook Ads? Pelajari contoh iklan FB Ads terbaik berikut ini.

Seperti yang kita ketahui Facebook sampai saat ini menjadi media sosial yang masih banyak dipergunakan. Khususnya di Indonesia sendiri menjadi pengguna terbesar ketiga di dunia.

Dengan memanfaatkan media sosial Facebook anda dapat memperbesar peluang dalam mengembangkan bisnis. Tentunya dengan mengoptimalkan layanan FB Ads itu sendiri.

Platform ini memiliki jangkauan yang luas, baik kalangan anak muda sampai orang tua masih menggunakannya. Begitupun dengan latar belakang yang berbeda-beda mulai dari pengusaha, pelajar, bos perusahaan besar, kalangan pemerintahan, dan masih banyak lagi.

Hal ini tentu menjadi potensi besar untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda miliki. Anda dapat menyesuaikan target audiens melalui Facebook Ads untuk memulai campaign iklan.

Jika masih bingung bagaimana menggunakan Facebook Ads secara optimal, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini anda akan mendapatkan contoh iklan Fb Ads terbaik yang bisa anda jadikan sumber referensi.

Sebelumnya pahami dulu apa itu Facebook Ads dan jenis-jenisnya.

Sekilas Mengenai Apa Itu Iklan FB Ads

contoh iklan fb ads
Sumber: pexels.com

Facebook Ads merupakan layanan iklan berbayar untuk mempromosikan produk atau jasa kepada pengguna Facebook sebagai target konsumen yang anda inginkan. Nantinya iklan akan tampil pada beranda atau sidebar.

Adapun tujuan dari mengiklankan produk dan jasa melalui Facebook Ads terbagi menjadi 3 kategori berikut:

Everpro

1. Awareness

Tujuan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran pengguna mengenai produk atau jasa dan brand Anda (brand awareness). Dengan tujuan ini anda dapat menjangkau target audiens bahkan orang baru yang kemungkinan besar akan tertarik pada bisnis anda.

Optimasi dari Awareness adalah pilihan fitur Brand Awareness dan Reach. 

Brand Awareness dapat anda gunakan jika ingin membangun perhatian audiens akan sebuah fitur tertentu. Keberhasilan iklan akan diukur dengan matriks Ad Recall Lift.

Artinya yaitu angka yang menunjukkan seberapa banyak orang yang mampu mengingat kembali iklan anda jika ditanyakan dalam dua hari kedepan.

Sedangkan Reach hanya bertujuan agar iklan dapat menjangkau audiens, tanpa bobot optimasi apapun dari sisi Facebook, intinya iklan hanya sekedar tayang di beranda pengguna. Pilihan ini cocok digunakan jika anda sudah benar-benar mengenal, membangun kedekatan, dengan target audiens.

2. Consideration

Pertimbangan atau consideration adalah salah satu tujuan dari Fb Ads yang membuat target audiens mulai memikirkan mengenai bisnis anda juga produk/layanan dan mulai mencari informasi lebih lanjut mengenai itu.

Tujuan ini sangat cocok jika target audiens sudah mengenal bisnis anda.

3. Conversion

Objektif ketiga yang bisa anda pilih dari layanan Facebook Ads adalah konversi. Tujuannya yaitu mendorong pengguna atau target audiens untuk membeli produk atau jasa bisnis anda.

Pilihan ini dapat anda gunakan jika target audiens sudah kenal dengan bisnis anda tapi belum ada rencana membeli. Selanjutnya anda dapat terus mengedukasi sampai target pasar tersebut menjadi siap membeli produk atau jasa anda.

Jenis-jenis Iklan FB Ads

contoh iklan fb ads
Sumber: google.com

Sebelum anda mulai menggunakan layanan Facebook Ads, kenali terlebih dulu jenis-jenis iklan Fb Ads yang ada. Hal ini sangat penting untuk dapat mengelola dan mengembangkan akun iklan anda.

Jadi anda dapat menilai jenis mana yang cocok dengan jenis produk atau jasa yang sedang dijalankan. Berikut jenis iklan Fb Ads yang perlu anda ketahui:

1. Image Ads

Image Ads merupakan salah satu jenis iklan Facebook yang paling umum anda temukan, yaitu berupa konten gambar yang bersifat sederhana. Untuk membuatnya, anda cukup memposting gambar dan keterangan, setelah itu melakukan boosting agar bisa dipromosikan.

Jenis ini sangat cocok untuk anda gunakan dalam mempromosikan suatu produk melalui gambar iklan yang menarik. Salah satu tipsnya adalah pastikan gambar yang anda buat tidak mengandung banyak teks, gunakan teknik copywriting agar mudah dibaca dalam sekali lihat.

Detail ukuran Image Ads yaitu:

  • Rekomendasi ukuran adalah 1080 x 1350 (beranda), 1200 x 1200 (kolom kanan, artikel instan, dan marketplace), dan 1080 x 1920 (stories)
  • Dimensi minimal yaitu 600 x 600 piksel, dengan ukuran maksimal 30 MB.
  • Proporsi teks dalam gambar maksimal 20%

2. Video Ads

Iklan berbasis video ini bisa muncul pada News Feed dan Stories. Jika video lebih panjang akan muncul sebagai in-stream ads. Jenis ini cocok untuk mempromosikan demo produk atau jasa anda.

Syaratnya yaitu, durasi 1 detik hingga 241 menit, ukuran file maksimal 4 GB, lebar dan tinggi minimal 120 piksel.

3. Slideshow 

Melalui jenis iklan ini anda dapat menayangkan iklan foto sekaligus video dalam satu postingan sampai dengan 10 slide. Dengan menggunakan format ini anda bisa menghemat data yang digunakan.

4. Carousel 

Jenis iklan ini sebenarnya serupa tapi tak sama dengan iklan slideshow. Apabila pada iklan slideshow menampilkan gambar satu per satu secara bergantian dalam satu postingan, jenis carousel ini mampu menampilkan deretan gambar dalam satu tampilan secara langsung.

Menariknya lagi anda dapat menambahkan tombol CTA pada setiap gambar, sehingga kesempatan untuk mendapatkan konversi lebih besar.

5. Instant Experience

Instant experience berguna untuk mengoptimalkan promosi iklan pengguna seluler karena iklannya lebih interaktif. Cara kerjanya hampir sama dengan swipe up pada iklan instagram yang bisa berupa gambar dan video promosi.

6. Collection

Jenis iklan ini sebenarnya hampir serupa dengan Instant Experience, namun tampilannya lebih fullscreen. Jadi audiens akan menemukan katalog beserta foto atau video promosi yang membuat audiens lebih mudah dalam mengenal produk.

Contoh Iklan FB Ads yang Menarik

#1 Contoh Iklan FB NIKE

contoh iklan fb ads
Sumber: google.com

 Contoh iklan Fb Ads terbaik pertama adalah NIKE yang menggunakan Image Ad. Jika anda perhatikan sebagian besar background gambar dari image Ad biasanya hanya berupa warna solid, seperti warna putih. 

Namun iklan NIKE ini menggunakan background colorful yang menarik perhatian untuk menahan jari audiens agar tidak scrolling lagi. Tidak sembarang latar yang berwarna tetapi juga mampu menonjolkan produknya itu sendiri.

Kekuatan pada iklan NIKE ini berasal dari visual yang eye-catchy, dengan deskripsi singkat mengenai apa yang akan calon konsumen rasakan dengan mengenakan sepatu tersebut. Juga telah dilengkapi tombol CTA untuk meningkatkan konversi.

#2 Contoh Iklan FB Canva

contoh iklan fb ads
Sumber: google.com

Iklan Facebook Ads dari Canva berhasil memadukan screenshots 2 produknya, headline, dan CTA dengan sangat baik. 

Copywriting yang simple dengan menyampaikan benefit seperti “kami akan mempublikasikan konten anda untuk anda” menjadi salah satu contoh headline singkat yang menarik perhatian audiens.

#3 Contoh Iklan FB Traveloka

contoh iklan fb ads
Sumber: google.com

Contoh iklan Fb Ads terbaik lainnya adalah iklan dari Traveloka. Melalui iklan ini terdapat dua elemen yang menonjol yaitu: emosi dan CTA. 

Dari segi emosi iklan Traveloka ini menggunakan kata “kangen” untuk menarik perhatian audiens atas kerinduan dalam bepergian, terutama ke Singapura. Ditambah dengan tawaran  menarik yaitu diskon hingga Rp 500 ribu yang memunculkan desire agar audiens ingin berlibur ke tempat itu.

CTA dan headline juga memiliki korelasi yang baik dan konsisten. Sebelum CTA “Book Now” Traveloka menekankan kembali emosi yang dimunculkan dengan pertanyaan “kangen sama Singapura”.

Itulah beberapa contoh iklan Fb Ads terbaik yang bisa menjadi referensi anda untuk mulai melakukan campaign. Anda dapat mempelajari elemen kekuatan yang ditonjolkan dari setiap contohnya.

Jangan khawatir jika masih bingung dan tidak memiliki gambaran, anda dapat melakukan metode Amati-Tiru-Modifikasi untuk mempermudah. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Sampai jumpa di artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?