Terlengkap! Ini 5 Contoh Iklan Google Ads yang Bisa Jadi Referensi

Terlengkap! Ini 5 Contoh Iklan Google Ads yang Bisa Jadi Referensi

Bagaimana contoh iklan pada platform iklan Google Ads? Simak artikel ini untuk mengetahui contoh iklan Google Ads dan penjelasan mendalam seputar Google Ads!

Dalam dunia periklanan digital, Google Ads menjadi salah satu platform pilihan untuk memasarkan produk atau jasa secara online.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa contoh iklan Google Ads yang sukses dan memberikan panduan untuk membuat iklan yang menarik dan efektif.

Apa itu Google Ads?

google ads Sumber: google.com[/caption]

Google Ads merupakan layanan iklan yang ciptaan Google. Google Ads menampilkan iklan Anda di berbagai tempat di seluruh web, termasuk halaman hasil penelusuran Google, Situs mitra Google, dan aplikasi di handphone.

Pengiklan dapat menentukan kata kunci, lokasi, waktu, dan target pasar agar iklan mereka ditampilkan pada audiens yang tepat.

Google Ads bekerja berdasarkan sistem lelang, di mana pengiklan menawar harga yang ingin mereka bayarkan untuk setiap kali pengguna mengklik iklan mereka (Cost-Per-Click/CPC).

Dan sistem Google akan menampilkan iklan yang paling relevan dan memiliki tawaran tertinggi.

Dengan menggunakan Google Ads, pengiklan dapat meningkatkan visibilitas, lalu lintas, dan konversi di situs web mereka, dan memperluas jangkauan bisnis mereka secara online.

Mengapa Google Ads Penting?

contoh iklan google ads Sumber: unsplash.com[/caption]

Untuk memastikan keberhasilan kampanye Google Ads Anda, ada beberapa strategi yang perlu Anda terapkan. Berikut tips untuk strategi Google Ads biar iklan yang anda pasang efektif.

1. Menentukan Keyword

Pertama yang diharus dilakukan adalah menentukan keyword. pemilihan keyword yang relevan sangat penting. Keyword untuk iklan Anda berperan sangat penting, lho.

Jadi yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset kata kunci yang tepat dan menentukan kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan Anda agar iklan Anda ditampilkan pada audiens yang tepat.

2. Menentukan Target Pasar

Selanjutnya adalah menentukan target pasar yang spesifik juga penting, sehingga Google hanya akan menampilkan iklan Anda pada orang yang memenuhi kriteria tertentu, seperti lokasi geografis, usia, jenis kelamin, atau minat.

3. Buat Iklan yang Kreatif dan Menarik

Kemudian buatlah iklan yang menarik dan sesuai dengan brand image Anda, iklan yang menarik akan membantu meningkatkan tingkat konversi.

Iklan yang menarik akan lebih memikat pengguna untuk mengkliknya dan mengunjungi situs web Anda. Jadi jangan lupa buat iklan yang kreatif dan semenarik mungkin ya!

4. Membuat Landing Page

Strategi yang Terakhir yaitu membuat landing page yang efektif. Landing Page sangat penting, karena halaman ini adalah tempat di mana pengguna berinteraksi langsung dengan produk atau layanan Anda.

Buatlah Landing page yang dirancang agar mudah dinavigasi, memiliki isi yang relevan, dan memiliki call-to-action yang jelas.

Nah itu tadi strategi buat Anda yang ingin beriklan dengan Google Ads. Dengan menerapkan strategi-strategi ini, Anda dapat meningkatkan tingkat kesuksesan kampanye Google Ads Anda. Silahkan dicoba ya!

Nah, sebelum masuk ke pembahasan jenis dan contoh iklan di google ads, mari kita ketahui dulu layanan apa saja yang ada di Google Ads. Berikut layanan dari Google Ads, simak ya!

Baca selengkapnya

Jenis Beserta Contoh Iklan Google Ads

Setelah sebelumnya sudah membahas strategi-strateginya Google Ads, sekarang mari kita coba lihat contoh dari iklan di Google Ads. Berikut jenis dan juga contoh Iklan yang ada di Google Ads. Yuk simak selengkapnya!

1. Google Ads Text

Jenis Beserta Contoh Iklan Google Ads
Sumber: google.com

Iklan ini biasanya muncul di bagian atas atau bawah halaman hasil pencarian Google ketika seseorang mencari kata kunci tertentu. Iklan  berupa teks singkat dan link yang mengarahkan pengguna ke situs web atau halaman produk yang relevan.

2. Google Display Network

Jenis Beserta Contoh Iklan Google Ads
Sumber: google.com

Iklan ini muncul di situs web atau yang menjadi anggota Google Display Network. Biasanya, iklan ini berbentuk gambar, teks, atau kombinasi keduanya, dan ditampilkan di lokasi yang optimal untuk menarik perhatian pengguna.

3. Tipe Iklan Video

Jenis Beserta Contoh Iklan Google Ads
Sumber: google.com

Iklan ini muncul di situs web atau aplikasi yang merupakan bagian dari jaringan YouTube. Google akan menampilkan jenis iklan video sebelum, selama atau setelah video pada Youtube.

4. Ads Aplikasi Install

Iklan ini muncul di aplikasi seluler dan situs web seluler yang merupakan anggota Google Penelusuran dan jaringan Google Play. Jenis iklan ini bertujuan untuk mempromosikan aplikasi seluler dan mengarahkan pengguna ke toko aplikasi tempat mereka dapat mengunduh aplikasi.

5. Iklan Produk atau Shopping

Jenis Beserta Contoh Iklan Google Ads Sumber: google.com[/caption]

Iklan produk muncul di bagian atas atau samping laman hasil penelusuran Google saat seseorang menelusuri produk tertentu. Biasanya, iklan ini menampilkan gambar produk, harga, dan toko, serta mengarahkan pengguna ke situs web atau halaman produk yang sesuai untuk melihat produk lebih dekat.

Cara Memasang Iklan Google 

contoh iklan google ads Sumber: unsplash.com[/caption]

Itu tadi adalah penjelasan dari jenis dan contoh iklan Google Ads. berikut cara memasang iklan di Google Ads. Simak sampai habis ya!

  1. Pertama, daftarkan diri di Google Ads. Klik Mulai Sekarang di website Google Ads.
  2. Tentukan tujuan iklan Anda dengan mengklik salah satu objektif yang ditampilkan, kemudian klik Continue.
  3. Pilih jenis campaign atau jenis iklan sesuai kebutuhan.
  4. Atur campaign Anda dengan memberikan nama atau mengubah jenis campaign yang sudah dipilih.
  5. Pilihlah penargetan dan segmen audiens dari produk Anda. Pilihlah antara segmen Observation atau Targeting.
  6. Atur Budget dan Bidding anda sesuai kebutuhan. 
  7. Lalu tambahkan Ad Extensions atau tambahkan informasi terkait dengan bisnis anda seperti nomor telepon, akun sosial media Anda, alamat email dan lain-lain.
  8. Kemudian, masukkan kata kunci yang sesuai dengan produk dan layanan yang anda tawarkan.
  9. Isi komponen-komponen yang masih kosong yang diperlukan untuk tampilan iklan Anda nantinya. Seperti Headline, URL landing page, Display path serta komponen lain.
  10. Lalu selesaikan proses pembayaran dengan cara memilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Terdapat dua metode pembayaran yang tersedia yaitu Kredit dan Debit. Masukan kode voucher Promotional Code apabila ada.
  11. Jika proses pembayaran telah selesai, maka iklan Anda sudah siap untuk ditampilkan.

Berapa Biaya Memasang Google Ads dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Cara menghitungnya cukup sederhana, lho. Penghitungan biaya memasang Google Ads menggunakan rumus berikut ini:

Perkiraan Anggaran = volume pencarian bulanan x biaya per klik x ekspektasi CTR

Seperti contoh Anda memilih keyword sepatu murah di jakarta. Anggaplah CPCnya adalah Rp. 1,500, kemudian volume pencarian bulanannya adalah Rp 25,000 dan ekspektasi CTR iklan tersebut 10%. Maka hitungannya seperti ini 25,000 x 1500 x 10% = 3,750,000.

Begitulah beberapa informasi terkait Google Ads bagi Anda yang tertarik untuk mengiklankan produk atau jasa Anda. Keuntungan beriklan di Google Ads yang begitu banyak membuat produk Anda dapat lebih cepat terjual dan laris, lho. 

Artikel terkait

GRATIS

biaya layanan untuk 2 bulan pertama

GRATIS

biaya layanan untuk 2 bulan pertama

Setelahnya, admin fee hanya 3%, lho~

Menu
© 2024 Everpro by Evermos.