everpro

5 Contoh Iklan Produk Baju yang Menginspirasi di Social Media

Dalam era digital yang terus berkembang, peran social media dalam periklanan telah menjadi kunci sukses bagi banyak merek, khususnya dalam industri fashion. Berbisnis di bidang fashion seperti pakaian memiliki tingkat persainganya yang sangat tinggi. 

Maka dari itu Anda harus berusaha untuk menarik dan memenangkan hati konsumen lewat promosi atau iklan yang akan dipasarkan. Sebelum itu kalian harus tau kenapa social media penting untuk perkembangan bisnismu. Lewat artikel berikut ini akan menjelaskan tentang kenapa social.

Peran Social Media Untuk Bisnis?

Media sosial memberikan banyak manfaat untuk bisnis. Salah satu manfaat terbesar adalah menjangkau pelanggan di mana saja dan kapan saja. Dengan media sosial, kamu dapat membuat konten yang menarik dan membagikannya kepada audiens dalam hitungan detik. Mengutip dari Goodstats.id berdasarkan Data Reportal, di tahun 2023, terdapat total 167 juta pengguna media sosial. 153 juta adalah pengguna di atas usia 18 tahun, yang merupakan 79,5% dari total populasi.

Jika melihat dari jumlah angka pengguna social media yang terus meningkat maka dengan membuat akun media sosial dan memposting konten yang relevan dan menarik, dapat menarik perhatian orang-orang yang mungkin belum pernah mendengar tentang bisnismu sebelumnya. Semakin banyak orang yang tahu tentang bisnismu, semakin besar peluang untuk meningkatkan penjualan.

Cara Untuk Mempromosikan Produk Fashion di Media Sosial

Media sosial telah menjadi salah satu platform pemasaran yang paling efektif untuk bisnis fashion. Dengan menggunakan media sosial, bisnis fashion dapat menjangkau target audiens yang luas, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan. Berikut adalah beberapa cara untuk mempromosikan produk fashion di media sosial.

1.Buat Akun Bisnis

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun bisnis di media sosial yang Anda pilih. Akun bisnis akan memberikan Anda akses ke fitur-fitur khusus yang dapat membantu Anda mempromosikan bisnis Anda, seperti insights, analytics, dan iklan. 

2.Buat Konten yang Menarik

Konten adalah kunci untuk menarik perhatian audiens di media sosial. Buatlah konten yang menarik, informatif, dan relevan dengan target audiens Anda. Anda dapat menggunakan berbagai jenis konten, seperti foto, video, blog, dan infografis. Buatlah konten yang konsisten dan sesuai dengan target  audiens

3.Bangun Komunikasi dengan Pelanggan

Interaksi dengan pelanggan adalah penting untuk membangun hubungan yang kuat dengan mereka. Berikan tanggapan yang cepat dan sopan atas pertanyaan atau komentar pelanggan. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk mengadakan kuis, giveaway, live streaming, atau mengadakan diskusi dengan pelanggan lewat voting.

4.Gunakan Fitur Iklan

Fitur iklan di media sosial dapat membantu menjangkau target audiens yang lebih luas. Anda dapat menargetkan iklan berdasarkan demografi, minat, atau perilaku pengguna.

5.Lakukan Kerja Sama dengan Influencer (KOL)

Kerja sama dengan influencer adalah cara yang efektif untuk menjangkau audiens baru. Pilih influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan target audiens.

Tips Membuat Kalimat Promosi Untuk Iklan Produk Baju

Memaksimalkan copywriting dalam kalimat promosi iklan adalah sebuah elemen penting yang perlu diperhatikan agar bisa sesuai dengan tujuan bisnis. Copywriting memiliki dampak signifikan pada penjualan, terutama kalau kita bicara soal bisnis baju. Tanpa copywriting, akan sulit bagi suatu bisnis baju untuk laku penjualannya, mengingat sengitnya kompetisi bisnis baju saat ini. Berikut ini kalimat-kalimat persuasif dan menarik untuk contoh caption promosi iklan baju.

Jelaskan Deskripsi Produk

Cara membuat kalimat promosi yang pertama yaitu dengan menuliskan deskripsi produk pada caption iklan. Informasi tentang deskripsi produk baju yang bisa dicantumkan diantaranya bahan, ukuran, warna, dan bisa menyisipkan cerita unik tentang produk tersebut yang bisa menarik konsumen untuk membeli. Deskripsi tersebut juga bisa mencantumkan keterangan pemesanan baju seperti open po, stock baju dan lainnya supaya memudahkan audience atau customer untuk langsung melakukan pemesanan tanpa harus chat admin terlebih dahulu.

  • Cardinan Tenun Jepara bahan katun halus, mudah menyerap keringat dan cocok dipakai ke berbagai occasion. Tersedia ukuran S, M, L, XL, dan XXL.       Note : Tali bisa lepas pasang
  • READY STOCK: Kemeja pria bahan flanel lembut dengan beragam pilihan motif dan warna. Sangat pas dipakai untuk sehari-hari. Ukuran: M, L, XL, XXL.
  • Jubah syar’i tersedia hanya dalam satu ukuran (all size fit XL).
  • OPEN PRE ORDER Batch 1 : T-shirt Ode To You Seventeen Bahan Catoon Combed 24s Premium, Sablon Plastisol, Tersedia dalam berbagai ukuran  S, M, L, XL, dan XXL. Close Batch 1 Januari 2024.
  • Scarf Outer Keong Mas Special White Base. Motif terinspirasi cerita rakyat popular dari Jawa Timur  yang mengisahkan Putri Chandar Kirana. Scarf segi empat ukuran 110 x 110 cm. Bahan Ultrafine voal, lembut, tidak panas dan ringan. Hadir dengan 4 varian warna : Red-Blue, Black – Grey, Pink-Lilac, Choco-Cream. 

Jelaskan Manfaat dan Keunggulan Menggunakan Produk 

Penting pula menjelaskan keunggulan produk pakaian tersebut saat dikenakan. Karena target audience produk baju sangat beragam mulai dari jenis kelamin, jenis pakaian yang dijual bahkan bahkan lifestyle pun mempengaruhi. Maka menyisipkan manfaat atau keunggulan menggunakan produk baju pada caption bisa menjadi pertimbangan audience untuk membeli. Berikut contoh caption promosi baju untuk toko preloved, klaim produk termurah dan manfaat lainnya.

  • Jaket Vintage Second Kode: J601. Size : L (P68x L60). Kondisi 9/10. Include : Loundy and Packing
  • Nikmati ketenangan saat menjelajahi alam bersama Mens Traverse Shirt 1.0, kemeja katun poplin yang nyaman untuk momen day hike Anda!. 
  • Blazer Termurah! Blazer Formal yang bahannya adem mulai 150 ribuan aja. 
  • Bomber jacket retro kualitas terbaik cuma 75 ribu! Detail bahan? Swipe postingan ini, ya!
  • T-shirt Custom Bahannya dingin dan menyerap keringat, dijamin nggak bakal kegerahan! Size: M, L, XL.
  • Casual cardigan bahan tidak kaku. Motifnya elegan dan tidak menerawang (hijab friendly). Tersedia 5 varian warna warna putih, hitam, cream, army
  • Kebaya dengan busa di bagian bahu, membuat bentuk tubuh. Ada resleting di bagian depan buat memudahkan pemakaian.
  • Daniya Dress Muslim Busui Friendly, Solusi Nyaman Menyusui di Luar Rumah

Tawarkan Diskon, Promo Cashback dan Gratis Ongkir

Setiap orang pasti senang jika mendapatkan diskon apalagi untuk barang-barang yang memang ingin dibeli. Selain itu Anda juga bisa menawarkan beberapa promo menarik seperti gratis ongkir, gratis kartu ucapan dan lainnya. Supaya toko baju selalu ramai, cobalah menawarkan diskon dengan menggunakan referensi kata-kata promosi iklan berikut ini.

  • Untuk 100 pembeli pertama yang melakukan Pre Order Gamis Sarimbit Batch 1 Dapat Diskon 10%. Promo berlaku sampai 25 Desember 2023.
  • Khusus untuk pembelian 10 baju bayi, Diskon 30%.
  • Dapatkan cashback 30% untuk pembelanjaan minimum Rp500.000
  • Tag 3 teman kamu untuk mendapatkan kupon potongan harga Rp20.000. Tunjukkan bukti tag ke kasir agar bisa klaim kuponnya.
  • Dapatkan gratis ongkir setiap belanja pakaian minimal Rp250.000 di thrift shop Ruang Dua.
  • Subsidi ongkir hingga Rp15.000 ke seluruh wilayah Pulau Jawa setiap pembelian minimal Rp200.000, beli banyak jadi lebih hemat!.
  • Spesial Idul Fitri, diskon menarik untuk 10 orang pertama.
  • Mau diskon menarik? Dapatkan diskon 50% dengan kupon MERDEKA45
  • Gratis ongkir ke seluruh Indonesia untuk semua pembelian baju di Elzatta. Buruan belanja!
  • Ingin memberikan kado baju yang lebih spesial? Tambahkan kartu ucapan kado dari [nama brand]!. Kartu ucapan kado Jilbrave tersedia dalam berbagai desain yang menarik dan elegan. Chat Admin untuk pilih desain kartu ucapan.

Tawarkan Paket Oneset Pakaian atau Bundling 

Pembeli pasti senang jika mereka bisa belanja lebih hemat tetapi mendapatkan banyak barang. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba menawarkan paket hemat atau bundling untuk pembelian pakaian tertentu. Strategi paket bundling ini biasa digunakan pada momen peringatan atau target konsumen tertentu. Bisanya caption ini banyak digunakan oleh penjual thrift shop, distributor baju supaya cepat laku. Berikut caption yang bisa jadi referensi untuk promosi iklan baju bundling.

  • Paket Usaha Thrift Cardinan 5 Pcs +1 Bonus Hanya 250K
  • Paket Seragam Bridesmaid, 2 meter Bahan Satin + 1,5 meter Tile Akar Mutiara  
  • BUY 1 GET 1 Kemeja ! Hanya berlaku sampai besok. Jadi, jangan sampai ketinggalan.
  • Batik Couple Modern: Oneset Kebaya Modern + Kemeja Batik Check-Out Now, Only 300K
  • Dapatkan potongan 15 ribu setiap pembelian kimono outer dan v-neck t-shirt all size. Silakan dibeli!

Gunakan Kalimat Bersifat Urgensi

Kalimat bersifat urgensi atau memaksa, Kalimat seperti ini bisa menghipnotis calon konsumen dan membuat mereka ingin segera membeli produk yang dijual. Strategi jualan baju seperti ini termasuk efektif karena membuat calon pembeli merasa terdesak dan takut kehabisan pakaian yang sedang dipajang di etalase. Ini contoh kata-kata promosi baju bersifat urgensi.

  • Restock Again Best Produk Marin Cotton Vest Rompi Wanita. Pesan sekarang sebelum kehabisan lagi!
  • Harga hanya 100rb per piece, stock banyak, yuk sebelum kehabisan!
  • Pesan saja gamisnya supaya nggak kehabisan stok.
  • Jangan sampai kehabisan baju daster best seller kami! Kapan lagi dapetin baju daster adem cuma 30 ribu? Yuk, buruan checkout sebelum diborong orang lain
  • Khusus hari ini, preloved branded turtleneck sweater grey murah cuma 100K. Stok terbatas, buruan angkut!

5 Contoh Kontent Untuk Iklan Baju

Sebuah iklan harus dibuat semenarik mungkin agar bisa mendorong orang membeli produk tersebut. Maka dari itu berikut ini ada 5 ide content untuk mengiklankan produk baju yang bisa jadi referensi buat Anda. 

1.Iklan Baju  Mix & Match

Iklan tidak harus melakukan promosi secara terang-terangan, Anda juga bisa mempromosikan produk baju Anda melalui konten-konten kreatif yang disukai oleh target audiens seperti konten mix & match.  Konten ini akan sangat dibutuhkan target audiens, mengingat mereka kan membeli baju juga karena ingin mix & match dengan pakaian yang sudah dimiliki sebelumnya. Nah, dengan menyuguhkan konten mix & match, Anda sebenarnya sedang membantu target audiens dalam mengatasi persoalan mereka.

Gambar Iklan Mix & Match Baju
Sumber: Instagram

2. Iklan Katalog Baju  1 Thema

Ketika membeli baju, ada juga konsumen tertentu yang ingin membeli baju dengan satu tema tertentu, misalnya satu tema warna, outfit untuk riding, hiking dan masih banyak lagi. Iklan seperti ini sesuai dengan target audiens dari bisnis baju. yaitu mencari baju berdasarkan jenis, bahan, dan deskripsi dari baju. Karena itu, Anda bisa menyuguhkan audiens konten-konten yang menunjukkan bagaimana produk pakaian Contohnya content berikut ini yang membuat katalog koleksi baju-baju yang dimiliki dengan tema warna earth tone.

Gambar Iklan Dress Collection Earth Tone Color
Sumber: Instagram

 

3. Iklan Baju Inspirasi OOTD

Content iklan baju ootd juga bisa menjawab kebutuhan konsumen, selain itu tren ootd sedang hype di social media saat ini. Banyak orang-orang berlomba memposting outfit ootd yang bisa menjadi inspirasi. Iklan baju ootd ini bisa dilakukan lewat jasa KOL ataupun model dari Brand itu sendiri lewat contoh iklan berikut ini.

Gambar Iklan Baju Inspirasi OOTD
Sumber: Instagram

4. Iklan Baju Promosi 

Selanjutnya konten iklan baju yang paling sering digunakan yaitu dengan bentuk promosi yang menawarkan diskon atau potongan harga pada momen tertentu saja. Strategi promosi seperti ini banyak diterapkan karena efektif membantu meningkatkan penjualan secara signifikan.  Jika ingin menerapkan iklan Promo, Diskon atau Giveaway tidak boleh asal-asalan, Perlu menentukan momen atau waktu memilih waktu saat toko sepi pengunjung agar bisa menarik atensi konsumen. Contohnya iklan baju muslim dari brand Jilbrave yang memberikan potongan harga untuk 200 customer tercepat yang melakukan pembelian. Deskripsi produk yang dijelaskan pada caption pun sudah jelas dan tambahan kalimat promosi dengan cetak tebal, dan emoji lainnya memudahkan fokus dan menarik audience dan customer.

Gambar Iklan Promosi Baju Muslimah Jilbrave
Sumber: Instagram @Jibrave.official

5. Iklan Baju Product Best Seller

Terakhir jika ukuran bisnis Anda sudah besar dan memiliki banyak konsumen tetap. Maka dengan media sosial ini mampu untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen. Kamu bisa bisa menggunakan jenis iklan seperti ini untuk menarik atensi konsumen atau istilahnya cek ombak apakah produk itu masih relevan dicari dan diminati konsumen. Iklan dengan menampilkan informasi tentang kelompok produk best seller dalam kurun waktu tertentu juga bisa menjawab kebutuhan konsumen. Berikut ini contoh iklan baju dari brand Jilbrave dengan strategi content best seller produk.

Gambar Iklan Promo Best Produk Jilbrave
Sumber: Instagram @Jibrave.official

Mulai Beriklan Produk Fashion di Everpro Ads

Berikut Benefit beriklan dengan menggunakan Everpro Ads

  • Partner Official Meta, minimalisir akun terbanned 
  • Edukasi Facebook Ads sampai ahli
  • Kemudahan dalam scale-up iklan
  • Transaksi terjamin Aman
  • Top Up Saldo Facebook Ads lebih Aman

DAFTAR SEKARANG

 

 

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya